Cara Login SDGs Desa 2024

Daftar Isi
Cara Login SDGs Desa
Bagi anda yang sedang mencari bagaimana cara login SDGs desa, tenang saja karena di artikel ini kami sudah menyediakan pembahasannya untuk anda.

Sebagai Pembina dan Ketua Pokja Relawan Pendataan Desa, tentu banyak bertanya tentang bagaimana cara bisa melihat hasil input data yang sudah dimasukkan kedalam aplikasi SDGs Desa.

Sudah berapa banyak data yang dimasukkan oleh Tim Relawan Desa? Kalau salah bagaimana cara mengeditnya, menghapus, dan memperbaikinya?

Lalu, bagaimana cara mengeksport untuk memahami data yang lebih dari rinciannya?

Masih banyak lagi pertanyaan lainnya yang mungkin ada dibenak para Relawan Tim Pendata yang belum diketahui cara mengatasinya.

Akan tetapi tidak perlu hawatir, karena dengan memanfaatkan api.sdgs/kemendesa.go.id, anda bisa melihat semua data yang sudah diinput ke aplikasi SDGs Desa.

Mulai dari penginputan data pada level Desa, Rukun Tetanggan (RT), Keluarga, sampai ke level Warga! Intinya semua bisa anda lihat pada Dashboard aplikasi tersebut.

Hal ini tentu berbanding lurus dengan apa yang sudah diatur dalam Permendesa PDTT Nomor 21/2020 Pasar 20 yang menyebutkan "Data SDGs Desa adalah milik Desa".

Untuk Tim Relawan pendata lain, sepertinya memang tidak diizinkan atau tidak diatur Username dan Passwordnya oleh Kementerian PDTT untuk bisa masuk ke Dashboard tersebut.

Bagi anda yang belum tahu bagaimana cara login SDGs Desa, terus simak ulasan dalam artikel dibawah ini sampai selesai.

Cara Login SDGs Desa

Cara Login SDGs Desa
Cara Login SDGs Desa
Bagi anda yang menjabat sebagai admin di desa, anda dapat melihat hasil inputan para petugas enumerator SDGs Desa secara online melalui situs SDGs Desa yang dikembangkan oleh Kemendesa.

Sebelum bisa melihat hasil tersebut, tentunya anda harus masuk terlebih dahulu ke SDGs Kemendesa go.id.

Bagi anda yang belum tahu, sebenarnya beberapa waktu lalu sedang dilakukan perawatan atau Maintence terhadap Dashboard SDGs ini.

Selama masa Maintence, anda masih bisa melihat hasil inputan data yang dilakukan oleh enumator, hanya saja anda sudah tidak bisa mengakses alamat (https://api-sdgs.kemendesa.go.id/) seperti biasa.

Banyak orang yang belum mengetahui adanya perubahan dari alamat situs SDGS Desa, bagi mereka yang sudah tahu sekalipun terkadang ada saja yang belum bisa Login karena bingung dengan tampilan barunya.

Untuk lebih jelasanya terkait cara masuk ke Dashboard admin aplikasi SDGs Desa, dibawah ini akan kami bagikan tahapannya.

Adapun langkah-langkah cara login SDGs Desa dengan mudah yang bisa anda ikuti sebagai panduan, yaitu sebagai berikut:
  • Pertama, kunjungi alamat URL berikut (https://api-sdgs.kemendesa.go.id) pada mesin pencarian di Smartphone anda seperti (Chrome, Yahoo, Ask, Opera dan lainnya).
  • Setelah halaman terbuka, silahkan Login ke SDGs Kemendes.
  • Silahkan masukkan Username menggunakan Nomor Induk (NIK) dan Password menggunakan Nomor HP yang didaftarkan dan kirimkan kepada Tenaga Pendamping Profesional (TPP) dulu.
  • Kemudian, klik "Login".
  • Jika Nik dan No HP anda sudah berhasil terekam di Kementerian Desa, maka tampilan home atau beranda akan langsung muncul.
  • Namun jika belum berhasil Login, silahkan tunggu atau berkordinasi denga Pendamping Lokal Desa dan TPP yang lain.
  • Nantinya mereka akan menyampaikan ke jenjang yang lebih tinggi ke Kemendesa PDTT.
  • Jika mengalami kendala atau masalah terkait tentang aplikasi, silahkan langsung saja hubungi nomor dibawah ini:

Danar : 0813-1122-0914
Dwi Bani : 0812-131-4857
  • Lanjut! Jika ingin mengedit atau menghapus dan mengeksport data tersebut, silahkan piih menu "Data Survey" dan pilih salah satu data Survey yang ingin dilihat (Survey Individu) misalnya.
  • Setelah menekan Survey Individu, klik "Tampil" dan akan muncul data yang sudah pernah anda masukkan pada aplikasi SDGs Desa.
  • Lalu, anda bisa mengeksport melalui tanda yang kami beri angka (1), View diangka (2), Edit diangka (3), Delete diangka (4), serta print hasil survey diangka (5).
  • Anda bisa melakukan pengecekan dan memonitoring secara harian, apa yang sudah dikerjakan oleh masing-masing TIM Pendata di Desa anda.
  • Selesai! Semoga bermanfaat.

Cara Login SDGs Desa dengan Dashboard Baru SDGs Desa (Update)

Cara Login SDGs Desa
Cara Login SDGs Desa dengan Dashboard Baru SDGs Desa (Update)
Setelah mengetahui bagaimana cara login SDGs Desa dengan mengikuti tahapan diatas, berikut kami bagikan juga cara masuk SDGS dengan alamat URL terbaru atau Update.

(https://dashboard-sdgs.kemendesa.go.id)

Setelah melakukan beberapa kali Maintence, Dashboard baru SDGs Desa sekarang tidak hanya bisa digunakan untuk memasukkan data secara online, namun juga untuk memasukkan Kuisioner Hard Manual Survey.

Syarat utamanya adalah, pada perangkat HP atau tablet anda harus sudah terhubung dengan koneksi internet.

Bagi Desa yang sudah melakukan pendataan SDGs Desa melalui kuisioner hard copy/kertas, silahkan masukkan data ke https://dashboard-sdgs.kemendesa.go.id menggunakan Username: NIK admin Desa dan Password: No HP admin Desa yang sudah dimiliki.

Bagi admin Desa yang tidak bisa Login ke Dashboard baru SDGs Desa, kemungkinan masalahnya pada Username dan Password yang sering diubah oleh Admin Desa.

Untuk mengatasi masalah tersebut, silahkan reset menggunakan Username: NIK admin Desa dan Password: No HP admin Desa yang dimiliki.

Jika Username dan Password tetap tidak bisa Login walau sudah direset, maka anda bisa langsung menghubungi Sapa Desa atau Nomor HP berikut ini: 081218806075.

Terakhir, perlu diketahui bahwa data SDGs Desa ini akan segera digunakan sebagai basis rekomendasi bagi desa, penyelenggaraan Musdes RKPDes dan bahan Akuntabilitas Kinerja pemanfaatan dana desa.

Kementerian Desa PDTT siap mendukung analisis data tertentu untuk kebutuhan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat level desa, kecamatan, kabupaten, provinsi dan nasional.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Login SDGs Desa

Cara Login SDGs Desa
Cara Mengatasi Tidak Bisa Login SDGs Desa
Sering kali ditemukan kasus seperti dimana anda sudah membuka alamat website dan menuliskan username dan password, namun belum bisa Login ke dalam Dahsboard.

Bagaimana solusinya? Simak informasi ini jika anda belum tahu cara mengatasi tidak bisa masuk Dashboard SDGs Kemendesa go id.

Kemungkinan yang pertama adalah anda salah dalam menuliskan NIK atau Nomor HP ketika hendak Login.

Ini terjadi biasanya karena tergesa-gesa sehingga anda salah dalam menekan tombol, salah satu huruf atau angka saja bisa membuat anda gagal masuk ke dalam Dashboard SDGs Desa.

Oleh karena itu, pastikan anda memasukkan data yang benar.

Selain itu, ada juga kejadian dimana anda sudah mengetikkan Username dan Password dengan benar namun tetap tidak bisa Login ke SDGs Kemendes.

Apabila terjadi seperti ini, maka langsung saja lakukan daftar ulang ke Pusdatin Kemendes.

Atau juga bisa mendaftarkan ulang NIK dan Nomor HP milik anda yang masih aktif ke alamat Email Pusdatin@kemendesa.go.id.

Selain menggunakan layanan Email, anda juga bisa mendaftar ulang menggunakan WhatsApp pada nomor 081218806075.

Silahkan ikuti prosedur dan format dalam mendaftar ulang, dan tunggu informasi bahwa proses daftar ulang yang anda lakukan sudah berhasil.

Kalau sudah, artinya anda sudah bisa Login kembali ke SDGs Kemendesa go.id.

Akhir Kata

Itulah pembahasan seputar cara login SDGs Desa dengan mudah yang dapat kami bagikan dan perlu anda ketahui.

Dengan adanya alamat website baru diatas, anda menjadi memiliki alternatif untuk masuk menggunakan salah satunya.

Semoga dengan adanya tutorial diatas anda bisa dengan mudah masuk dan melakukan input data supaya bisa tersimpan di server SID Kemendesa. Sekian dan semoga bermanfaat.