Cara Login DANA Tapi Kartu Hilang 2024

Daftar Isi
Cara Login DANA Tapi Kartu Hilang
detikcara.com - Bagi anda yang sedang mencari bagaimana cara login DANA tapi kartu hilang, tenang saja karena di artikel kami sudah menyediakan pembahasannya untuk anda.

Dengan semakin majunya teknologi sehingga sekarang untuk melakukan transaksi menjadi lebih mudah.

Dengan inovasi demi inovasi terus bermunculan, bahkan sekarang ini banyak sekali muncul e-wallet, salah satunya yaitu DANA.

Dengan DANA akan memudahkan kita untuk melakukan transaksi hanya dengan menggunakan HP saja.

Bahkan untuk membuat akun DANA ini terbilang sangat mudah dilakukan jiak dibandingkan dengan memebut rekening atau M-Banking.

Untuk sekarang ini memeng untuk transaksi keuangan melalui e-wallet sedang tren di Indonesia yang bersamaan dengan tren berbelanja secara online.

Dengan e-wallet seperti DANA, anda akan bisa melakukan berbagai macam transaksi seperti transfer bank, kartu kredit, mengisi pulsa, dan banyak transaksi lainnya yang bisa anda lakukan secara online.

Untuk nomor HP atau kartu yang anda gunakan memiliki peran penting pada aplikasi-aplikasi e-wallet seperti DANA.

Karena untuk melakukan pendaftaran, login aplikasi, dan menerima OTP pada saat melakukan transaksi semuanya pastinya menggunakan nomor HP atau kartu yang anda gunakan untuk mendaftar tersebut.

Ini adalah salah satu kemudahan yang diberikan oleh DANA, namun hal ini juga bisa dikatakan sebagai kekurangan karena nomor HP atau kartu yang anda gunakan sebagai akun DANA anda memiliki masa aktif yang dapat dikatakan pendek dan itu tergantung dengan pulsa yang kita miliki.

Karena seperti yang kita ketahui bahwa nomor HP atau kartu HP mudah habis masa aktifnya jika kita membeli pulsa untuk memperpanjang, dan belum tetu kita memiliki uang untuk membeli pulsa.

Bahkan jika dilihat dari ukuran kartu SIM tergolong kecil sehingga membuatnya mudah hilang, dan hal inilah salah satu masalah yang sering terjadi pada pengguna DANA.

Sehingga mereka pun mencari informasi mengenai cara mengatasi masalah tersebut, namun sekarang anda tidak perlu mencari informasi untuk mengatasi masalah tersebut.

Anda bisa mengatasinya dengan menyimak ulasan di bawah ini mengenai cara login DANA tapi kartu hilang.

Cara Login DANA Tapi Kartu Hilang dengan Mengganti Kartu SIM

Cara Login DANA Tapi Kartu Hilang
 Cara Login DANA Tapi Kartu Hilang dengan Mengganti Kartu SIM
Jika anda mengalami masalah kartu anda hilang atau sudah tidak aktif lagi alias hangus yang anda gunakan untuk akun DANA anda.

Maka anda bisa dengan cara mengganti kartu SIM anda tersebut agar bisa login kembali ke akun DANA anda.

Sebelum keprosesnya, terlebih dahulu silahkan anda menyiapkan beberapa hal di bawah ini agar proses penggantian kartu atau nomor DANA berjalan dengan lancar.

Adapun hal-hal yang harus anda siapkan untuk mengganti kartu atau nomor untuk akun DANA yaitu sebagai berikut:
  • Pertama silahkan anda menyiapkan nomor baru yang belum pernah terdaftar di DANA.
  • Kemudian silahkan anda menyiapkan foto KTP sesuai dengan foto KTP yang dulu digunakan untuk verifikasi akun DANA (dalam hal ini apabila akun DANA Premium yang akan diganti nomor atau kartunya).
  • Terkahir anda harus menyiapkan foto selfie sambil memegang KTP, KTP yang dipegang tersebut adalah KTP yang dulu digunakan untuk verifikasi akun DANA (syarat ini jika akun DANA Premium yang ingin diganti nomor atau kartunya).

Jika anda sudah menyiapkan semua yang kami sebutkan di atas, maka anda bisa lanjutkan ke proses langkah-langkah untuk cara login DANA tapi kartu hilang (untuk akun DANA Premium) dengan mengganti kartu SIM yaitu sebagai berikut:
  • Terlebih dahulu silahkan anda masuk ke aplikasi DANA untuk mencoba login (Download Aplikasi DANA untuk Android).
  • Jika anda ditanya OTP, maka silahkan anda pilih "Nomor Hilang".
  • Maka secara otomatis terbuka halaman penggantian nomor akun DANA, silahkan anda pilih "Ganti Nomor".
  • Lalu silahkan anda langsung saja pilih "Saya sudah tidak menggunakan nomor HP yang lama".
  • Setelah itu silahkan anda memasukkan alamat Email anda (apabila akun sudah tertaut alamat Email maka secara otomatis Email akan terkirim ke alamat Email yang tertaut dengan akun DANA tersebut, benar atau tidaknya kami kurang tahu).
  • Karena disini kami menerapkan cara ini dengan menghubungi Customer Service DANA.
  • Kemudian secara otomatis anda akan menerima Email dari Customer Service DANA, lalu silahkan anda mengikuti instruksi dan menjawab semua pertanyaan yang ada di Email tersebut.
  • Jika anda sudah mengikuti semua instruksinya dengan benar, maka anda akan mendapatkan Email balasan yang berisi pertanyaan konfirmasi penggantian nomor HP Akun DANA.
  • Silahkan anda membalas Email tersebut dengan konfirmasi bahwa anda ingin mengganti nomor HP akun DANA anda.
  • Berikutnya anda akan menerima link konfirmasi penggantian nomor akun DANA melalui SMS ke nomor HP atau kartu SIM baru yang digunakan.
  • Silahkan anda mengklik link tersebut untuk konfirmasi penggantian akun DANA dan mendapatkan OTP.
  • Lalu silahkan anda Login dengan nomor telepon baru atau kartu SIM baru dan OTP yang anda dapatkan tadi.
  • Selesai.

Sebenarnya ada cara lain, namun sama seperti di atas, akan tetapi bedanya yaitu dilangkah awal untuk mendapatkan Email instruksi penggantian nomor akun DANA dari Customer Service DANA yang berbeda.

Dan bagi akun DANAnya tidak tertaut Email atau sudah tertaut namun tidak mendapatkan Email instruksi dari pihak DANA maka anda bsia terapkan cara di bawah ini.

Ini adalah langkah-langkah untuk mendapatkan Email instruksi penggantian nomor atau kartu akun DANA dari Customer Service DANA yaitu sebagai berikut:
  • Langsung saja anda mengirimkan Email yang berisi permintaan penggantian nomor akun DANA anda, misalnya dengan menggunakan nomor akun DANA baru yaitu  085739383691, lalu anda kirim ke help@dana.id.
  • Jika anda sudah mengirim Email tersebut, maka Customer Service DANA akan membalas dengan Email yang memberitahukan terkait instruksi penggantian nomor akun DANA.

Dan apabila Customer Service DANA tidak kunjung membalas, maka anda bisa dengan menghubungi Customer Service DANA dan request penggantian nomor akun DANA melalui lewat kontak Customer Service DANA selain Email yaitu sebagai berikut:
  • Telepon : 1500445
  • Whatsapp DANA Care : 08191 1500 445

Untuk penjelasan cara login akun DANA namun kartu hilang yag di atas, itu untuk akun DANA Premium, lalu bagaiman untuk akun DANA bukan Premium yang mengalami masalah yang sama.

Untuk Ccranya sama saja seperti cara mengganti nomor akun DANA Premium, namun bedanya untuk penggantian nomor akun DANA bukan Premium anda tidak akan dimintai foto KTP dan foto selfie memegang KTP.

Tips Mengganti Nomor Akun DANA

Sekarang anda sudah mengetahui cara login DANA tapi kartu hilang yaitu salah satu cara dengan mengganti kartu SIM atau nomor untuk akun DANA anda agar tetap bisa login.

Bahkan kami juga sudah menjelaskan syarat-syarat yang harus disiapkan sebelum melakukan proses login DANA tapi kartu hilang tersebut.

Terkait syarat-syarat yang kami berikan tersebut, ada beberapa hal penting lainnya yang harus anda perhatikan, atau dengan kata lain tips mengganti nomor akun DANA agar berjalan dengan lancar saat melakukan prosesnya pergantian kartu atau nomor akun DANA.

Silahkan anda simak di bawah ini beberapa tips yang harus anda terapkan untuk sebelum melakukan proses mengganti kartu SIM atau nomor akun DANA yang disebabkan kartu hilang yaitu sebagai berikut:
  • Anda harus memastikan untuk mengambil foto KTP dan Foto Selfiesambil memegang KTP tidak buram.
  • Jangan sampai anda menggunakan KTP yang salah, silahkan anda menggunakan KTP yang dulu anda gunakan untuk verifikasi Akun DANA atau upgarde akun DANA menjadi akun DANA Premium.
  • Jangan menggunakan nomor atau kartu SIM yang pernah digunakan untuk daftar DANA.
  • Anda harus membalas Email dengan balasan yang benar, jelas dan singkat.
  • Anda harus membalas Email sekali saja dan harus sabar menunggu balasan agar hal ini tidak dianggap spam.

Akhir Kata

Hanya itu yang dapat kami jelaskan pada kesempatan ini mengenai cara login DANA tapi kartu hilang, semoga dapat dipahami dengan mudah semua penjabaran kami.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat dijadikan gambar bagi yang mengalami masalah terkait yang bingung untuk login akun DANA karena kartu hilang atau hangus, sehingga keberadaan artikel ini mempermudah anda untuk menyelesaikan masalah yang dialami.

Kami rasa cukup sampai disini yang dapat penulis jabarkan, terimakasih sudah setia membaca sampai akhir isi dari artikel ini.