Cara Login DANA Lupa PIN 2024

Daftar Isi
Cara Login DANA Lupa PIN
detikcara.com - Bagi anda yang sedang mencari bagaimana cara login DANA lupa PIN, tenang saja karena di artikel kami sudah menyediakan pembahasannya untuk anda.

Aplikasi DANA ini adalah salah satu dompet digital yang banyak digunakan oleh masyarakat, mungkin diantara pembaca juga adalah salah satu pengguna setia aplikasi DANA.

Di DANA terdapat berbagai macam fitur transaksi seperti pembayaran di Merchant offline maupun online, membeli pulsa, membayar tagihan PLN, membeli paket data, dan lainnya.

Dengan semua fitur transaksi yang sudah disediakan oleh DANA, anda tidak hanya bisa melakukan layanan tersebut dengan memiliki saldo saja.

Namun anda harus memasukkan PIN agar bisa Login, seperti yang kita ketahui bahwa pada proses registrasi akun DANA para pengguna akan diminta untuk membuat password atau PIN dengan tujuan sebagai kode keamanan.

Dan PIN inilah yang nantinya akan anda butuhkan setiap kali login maupun menyelesaikan transaksi melalui aplikasi DANA.

Namun sewaktu-waktu bisa saja pengguna DANA mengalami lupa PIN DANAnya sehingga tidak bisa melakukan semua layanan yang telah disediakan oleh DANA.

Jika anda adalah salah satu pengguna DANA yang lupa dengan PINnya, sehingga mencari informasi terkait cara melakukan login DANA karena lupa dengan PIN.

Maka dapat dikatakan anda sedang berada di artikel yang tepat seperti yang sudah kami sampaikan di awal bahwa kami nantinya akan menyediakan pembahasan terkait hal tersebut.

Mungkin anda sudah tidak sabar lagi ingin mengetahui cara login DANA lupa PIN, maka anda bisa simak dengan seksama penjelasan kami di bawah ini.

Cara Login DANA Lupa PIN dengan Reset PIN

Cara Login DANA Lupa PIN
Cara Login DANA Lupa PIN dengan Reset PIN
PIN ini memiliki kepanjangan Personal Identification Number yang merupakan salah satu bentuk verifikasi berupa 6 digit angka unik yang dibuat untuk mengamankan transaksi di aplikasi DANA.

Sebagai contoh, PIN Dana yang terdiri 6 angka unik yaitu 456789 atau 123800, bahkan bisa lainnya sesuai dengan yang anda inginkan.

Pada dasarnya, PIN DANA ini akan anda gunakan pada saat pemilik akun DANA ingin menyelesaikan transaksi baik transfer, top up maupun menarik saldo di aplikasi DANA.

Dengan adanya PIN ini, maka untuk melakukan transaksi di aplikasi DANA akan semakin aman karena PIN hanya diketahui oleh pemilik Akun DANA tersebut.

Namun, jika mengalami masalah lupa PIN akun DANA, maka hal yang bisa anda lakukan agar dapat login kembali akun DANA anda lupa dengan PINnya adalah dengan melakukan reset PIN.

Dengan cara ini, nantinya anda akan bisa membuat PIN baru untuk Login ke aplikasi DANA, tetapi sebelumnya terlebih dahulu anda pastikan bahwa nomor HP yang digunakan untuk daftar akun DANA masih aktif.

Selain itu, anda juga harus menyiapkan pulsa minimal Rp. 2000 di dalam nomor HP tersebut karena pulsa tersebut akan digunakan untuk biaya penerima SMS kode OTP untuk reset PIN DANA.

Jika memang hal yang sudah kami sebutkan di atas sudah tersedia, maka anda bisa melakukan proses cara login DANA lupa PIN dengan reset PIN, untuk langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:
  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi DANA (Download Aplikasi DANA untuk Android).
  • Kemudian di halaman Login, silahkan anda memilih menu "Lupa PIN".
  • Setelah itu anda akan menerima SMS yang berisi 4 digit kode OTP, silahkan anda langsung saja memasukkan kode OTP tersebut sesuai dengan instruksi.
  • Apabila sudah, maka selanjutnya silahkan anda membuat PIN baru untuk Login ke aplikasi DANA.
  • Lalu silahkan anda memasukkan PIN baru sekali lagi untuk konfirmasi.
  • Jika sudah, maka anda sudah berhasil reset PIN DANA yang lupa sehingga anda sudah bisa Login DANA kembali menggunakan PIN baru yang sudah dibuat sebelumnya.
  • Selesai.

Itulah cara login akun DANA anda jika lupa PINnya, namun sebelum itu silahkan anda perhatikan terlebih dahulu tips untuk cara membuat PIN DANA baru agar anda tidak mudah lupa, diantaranya yaitu sebagai berikut:
  • Silahkan anda membuat PIN DANA dengan menggunakan kombinasi angka yang unik dan bersifat pribadi, dan tidak mudah untuk ditebak orang lain.
  • Jangan membuat PIN menggunakan informasi tanggal lahir, tanggal pernikahan atau moment tertentu, karena biasanya akan mudah untuk ditebak orang lain dan sebagai alternatif agar lebih terjamin keamanan akun DANA anda dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab.
  • Selain itu jangan juga membuat PIN DANA dengan kombinasi angka yang berurutan seperti 112233, 123456, atau 654321.

Cara Memastikan Akun DANA Aman Setelah Lupa PIN

Sekarang anda sudah mengetahui cara login DANA lupa PIN, dan kami ingatkan pada pengguna DANA yaitu jika sudah membuat PIN DANA, silahkan untuk mencatatanya dan menyimpan ditempat yang aman.

Dan jika anda sudah membuat PIN baru dan ingin memastikan akun DANA anda aman setelah lupa PIN DANA, sebaiknya silahkan anda mengaktifkan fitur face id login di aplikasi DANA, dengan langkah-langkah yaitu sebagai berikut:
  • Terlebih dahulu silahkan anda membuka aplikasi DANA.
  • Lalu silahkan anda membuka menu "Profil Saya".
  • Kemudian silahkan anda scroll ke bawah dan anda pilih "Pengaturan Profil".
  • Setelah itu silahkan anda menggeser menu ke bawah, kemudian anda pilih "Face Verification atau Verifikasi Wajah".
  • Silahkan anda mengaktifkan Face ID Login, dan masukkan PIN DANA.
  • Silahkan anda melakukan proses aktivasi verifikasi wajah dengan memindai wajah di depan kamera.
  • Dengan mengaktifkan fitur verifikasi wajah ini, maka hal ini akan lebih aman saat anda melakukan transaksi di akun DANA anda.
  • Selesai.

Cara Transfer DANA

Setelah kami menjelaskan cara login DANA lupa PIN dan cara memastikan akun DANA aman setelah lupa PIN, dan untuk melengkapi artikel ini agar lebih banyak informasi yang didapatkan seputar DANA maka kami juga akan menjelaskan terkait cara transfer melalui DANA.

Untuk melakukan transfer melalui DANA anda bisa dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama yang harus anda pastikan yaitu aplikasi DANA anda sudah premium.
  • Setelah itu anda langsung saja masuk ke akun DANA milik anda.
  • Lalu di layar utama, silahkan anda pilih menu "Send" yang terletak di kolom atas.
  • Kemudian silahkan anda memasukkan jumlah uang yang akan dikirim.
  • Langkah selanjutnya silahkan anda pilih "Send to".
  • Berikutnya silahkan anda pilih "Kontak", kemudian anda pilih nomor telepon yang akan menerima transferan atau uang.
  • Setelah itu langsung saja anda pilih "Send to".
  • Jika data sudah benar, anda bisa langsung pilih "Konfirmasi", dan silahkan anda memasukkan PIN.
  • Apabila berhasil, anda akan menerima laporan "Pembayaran sukses".
  • Selesai.

Akhir Kata

Itulah yang dapat kami jelaskan di artikel ini mengenai cara login DANA lupa PIN untuk anda terapkan jika mengalami lupa PIN.

Semoga semua yang kami jabarkan di artikel ini dapat dipahami dengan mudah serta dapat menambah wawasan pembaca seputar aplikasi DANA.

Kami rasa cukup sampai informasi yang dapat kami berikan, dan tidak lupa kami ucapkan terimakasih banyak sudah membaca seluruh isi pembahasan dalam artikel ini sampai selesai.