Cara Kirim Kode OTP DANA ke Email 2024

Daftar Isi
Cara Kirim Kode OTP DANA ke Email
Bagi anda yang sedang mencari bagaimana cara kirim kode OTP DANA ke Email, tenang saja karena di artikel ini kami sudah menyediakan pembahasannya untuk anda.

DANA merupakan salah satu dompet digital yang dapat mempermudah masyarakat untuk melakukan transaksi nontunai.

Kita bisa mengakses transaksi daring jenis apa pun melalui DANA hanya dengan menggunakan HP saja, seperti mentransfer saldo DANA ke sesama pengguna, mentransfer ke rekening bank, mengisi pulsa, membeli paket data internet,bahkan untuk membayar berbagai macam tagihan.

Dan saat ingin login ke aplikasi DANA, maka kita wajib untuk memasukkan kode OTP sebagai salah satu metode verifikasi keamanan akun.

Yang dimaksud dengan OTP (One Time Password) ini merupakan salah satu sistem keamanan transaksi keuangan dengan menggunakan kode berupa angka unik yang terdiri dari 4 sampai 6 digit yang dikirimkan melalui SMS pada nomor HP yang anda gunakan untuk daftar akun DANA.

Dan untuk kode OTP di aplikasi DANA akan digunakan apabila pengguna mengganti akun di HP yang sama atau untuk melakukan verifikasi akun saat login.

Sedangkan untuk verifikasi transaksi keuangan, DANA mengharuskan penggunanya untuk memasukkan PIN.

Dan sebagai bentuk keamanan aplikasi, DANA tidak akan memberikan izin pengguna untuk login tanpa kode OTP.

Dan kode OTP ini hanya akan dikirimkan ke nomor HP yang terdaftar di aplikasi DANA tersebut, akan tetapi bagaimana jika nomor HP yang terdaftar di akun DANA tersebut sudah tidak aktif lagi atau hilang sehingga secara otomatis tidak akan bisa menerima kode OTP.

Apabila kode OTP tidak diketahui, maka anda tidak akan bisa login ke akun DANA anda lagi, sehingga dalam hal ini banyak yang bertanya apakah bisa kode OTP DANA dikirim melalui Email?

Dengan munculnya pertanyaan tersebut, kami pun di artikel ini akan berbagi informasi mengenai cara kirim kode OTP DANA ke Email yang dapat anda simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Kirim Kode OTP DANA ke Email dengan Menghubungi CS DANA

Cara Kirim Kode OTP DANA ke Email
Cara Kirim Kode OTP DANA ke Email dengan Menghubungi CS DANA
Sebelumnya perlu anda ketahui bahwa untuk login DANA melalui Email sebenarnya tidak bisa, dikarenakan sistem login aplikasi DANA hanya menggunakan nomor HP dan PIN DANA, tidak ada terdapat opsi untuk menggunakan Email.

Namun jika anda mengalami masalah nomor HP yang terdaftar di akun DANA tidak aktif atau hilang, sehingga anda tidak bisa mendapatkan kode OTP akun DANA anda dan membuat anda tidak bisa login ke akun DANA anda lagi.

Maka solusinya anda bisa dengan menggunakan metode cara login DANA melalui Email yang kami jelaskan di bawah ini agar kode OTPnya dapat dikirimkan ke Email.

Langsung saja, di bawah ini adalah langkah-langkah untuk cara kirim kode OTP DANA ke Email dengan menghubungi Customer Service dengan alasan jika nomor HP yang terdaftar di akun DANA anda tersebut hilang atau sudah tidak aktif lagi, yaitu sebagai berikut:
  • Terlebih dahulu silahkan anda membuka aplikasi Gmail atau bisa juga dengan mengakses www.gmail.com.
  • Lalu silahkan anda login menggunakan Email dan password anda.
  • Kemudian silahkan anda mengirim pesan ke CS DANA dengan alamat tujuan Email yaitu help@dana.id.
  • Setelah itu di bagian "Subject Email" silahkan anda mengisi dengan permohonan untuk login DANA melalui Email.
  • Selanjutnya pada bagian "Body Email" silahkan anda mengisinya dengan nama pengguna, nomor HP yang terdaftar di DANA, dan pesan bahwa ingin login dengan Email karena nomor HP sudah tidak aktif.
  • Selanjutnya silahkan nada melampirkan data diri anda seperti foto KTP dan nomor HP yang sudah tidak aktif tersebut.
  • Jika sudah, silahkan anda mengirim Email tersebut, silahkan anda menunggu balasan dari pihak DANA.
  • Selesai.

Dalam hal ini anda harus bersabar menunggu balasan karena biasanya pihak DANA akan merespons keluhan dalam waktu 1x24 jam atau sesuai dengan nomor antrean pelayanan mereka.

Cara Mengatasi Kode OTP DANA Tidak Masuk ke SMS

Kami sudah menjelaskan cara kirim kode OTP DANA ke Email jika nomor HP yang terdaftar di akun DANA anda hilang atau sudah tidak aktif lagi.

Dan bagaimana jika memang nomor HP yang terdaftar di akun DANA anda masih aktif, tetapi tidak ada masuk SMS terkait kode OTP DANA anda.

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya bahwa tanpa kode OTP kita tidak akan bisa login ke akun DANA.

Karena kode OTP ini merupakan salah satu bentuk keamanan akun yang terdiri dari 4 sampai 6 angka unik yang dikirimkan ke SMS di nomor HP yang terdaftar.

Dengan kode OTP ini akan digunakan untuk melakukan verifikasi kepemilikan akun saat login atau jika mengganti akun di HP yang sama.

Aka tetapi terkadang kita mengalami masalah terhadap kode OTP yaitu kode OTP DANA tidak masuk ke SMS.

Dikutip dari situs resmi DANA, apabila anda sudah meminta kode OTP sebanyak tiga kali berturut-turut namun tetap saja belum masuk ke SMS.

Maka silahkan untuk memastikan apakah koneksi jaringan dan internet anda stabil, namun jika masih juga belum menerima kode OTP, maka silahkan untuk mengirim keluhan ke Email help@dana.id atau menghubungi Customer Care DANA untuk meminta bantuan lebih lanjut.

Dan untuk lebih jelasnya anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini untuk cara mengatasi kode OTP DANA yang tidak masuk ke SMS, diantaranya yaitu sebagai berikut:

a. Tunggu Sampai SMS OTP Muncul

Yang pertama yang harus anda lakukan untuk mengatasi OTP DANA yang tidak masuk ke SMS adalah menunggu dengan sabar sampai SMS OTP muncul.

Terkadang kode OTP DANA tidak langsung masuk ke SMS dikarenakan ada terjadi masalah dengan provider yang anda gunakan.

Dengan begitu silahkan anda untuk mencoba mengirim ulang permintaan kode OTP, kemudian anda tunggu SMS OTP DANA muncul kurang lebih selama waktu satu sampai 10 menit, karena biasanya kode SMS OTP akan muncul secara otomatis apabila permintaan verifikasi dikirim ulang.

b. Lepas dan Pasang Kembali Kartu SIM

Yang kedua untuk cara mengatasi kode OTP yang tidak masuk ke SMS adalah dengan melepas dan memasang kembali kartu SIM.

Karena bisa saja SMS kode OTP tidak muncul dikarenakan ada masalah yang terjadi pada kartu SIM, maka dari itu silahkan untuk melepas kartu SIM dari slot kartu.

Lalu silahkan anda mengecek apakah terdapat kerusakan pada kartu SIM anda, jika sudah silahkan anda memasang kembali kartu SIM dengan cara memasukan slot kartu ke HP.

Kemudian anda tunggu sampai Bar Sinyal di HP kembali pulih, jika sudah silahkan anda login akun DANA kembali untuk mendapatkan kode OTP.

Namun jika anda mengalami kartu yang anda gunakan untuk daftar akun DANA sudah tidak aktif lagi atau hilang.

Dan anda ingin melakukan verifikasi akun DANA anda, maka untuk mendapatkan kode OTP agar bisa login tanpa nomor HP, anda bisa dengan menggunakan metode cara kirim kode OTP DANA ke Email melalui CS DANA yang sudah kami jelaskan di atas.

c. Pastikan Sinyal SIM Aktif

Selanjutnya untuk cara mengatasi kode OTP tidak masuk ke SMS yaitu dengan memastikan bahwa sinyal SIM apakah aktif atau tidak.

Untuk melakukannya anda bisa dengan melakukan switch Mode Pesawat Data untuk merefresh sinyal SIM yang hilang.

Sinyal SIM hilang tersebut dikarenakan terjadi masalah pada provider, jika anda sudah melakukan maka anda tinggal menunggu Bar Sinyal pada kartu SIM di HP anda kembali pulih.

d. Pindahkan Kartu SIM OTP

Berikutnya untuk cara mengatasi kode OTP tidak masuk ke SMS yaitu dengan memindahkan kartu SIM OTP.

Apabila anda sudah mencoba dengan mencabut atau merefresh sinyal kode OTP DANA namun masih saja tidak muncul SMS yang berisi kode OTP.

Maka silahkan anda mencoba untuk memindahkan kartu SIM ke HP lain agar dapat menerima SMS OTP.

Untuk langkah-langkah cara mengatasi kode OTP tidak masuk ke SMS dengan memindahkan kartu SIM OTP yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama silahkan anda mencabut kartu SIM di HP anda menggunakan SIM Tray.
  • Kemudian silahkan anda mengambil kartu SIM dari slot kartu.
  • Lalu silahkan anda memasangnya pada slot kartu di HP lain.
  • Silahkan anda menunggu sampai provider normal kembali di HP yang baru.
  • Jika sudah, silahkan anda membuka aplikasi DANA, kemudian anda login.
  • Silahkan anda mengecek SMS kode OTP DANA di HP yang baru, jika memang berhasil muncul SMS yang berisi kode OTP maka silahkan anda memasukkannya untuk login ke DANA anda.
  • Selesai.

Namun jika anda mengalami nomor HP yang terdaftar di akun DANA anda hilang, dan ingin login ke akun DANA anda namun bingung untuk cara mendapatkan kode OTPnya agar bisa login ke akun DANA.

Hal tersebut dapat anda atasi dengan salah satu metode yang sudah kami jelaskan di atas mengenai cara kirim kode OTP DANA ke Email melalui CS DANA.

e. Atur Perizinan Aplikasi

Cara lain yang bisa nada terapkan untuk mengatasi kode OTP tidak masuk ke SMS adalah dengan mengatur perizinan aplikasi.

Biasanya pada saat menginstall aplikasi DANA maka anda akan mendapatkan notifikasi perizinan aplikasi.

Silahkan anda mengizinkan aplikasi ini yang mencakup Media, foto dan SMS atau Panggilan Masuk untuk verifikasi, silahkan anda mencentang izinkan agar biasa mendapatkan kode OTP melalui SMS.

Untuk melakukannya cara ini anda bisa dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini yaitu sebagai berikut:
  • Silahkan anda menekan lama icon aplikasi DANA.
  • Kemudian silahkan anda mengklik "Info Aplikasi".
  • Jika sudah silahkan pilih "Izin Aplikasi", lalu anda centang "Izin Aplikasi" dan silahkan untuk mencentang semua perizinan aplikasi DANA.
  • Jika sudah silahkan anda mengklik "Konfirmasi".
  • Setelah itu silahkan anda membuka aplikasi DANA, dan login kembali untuk mendapatkan kode OTP.
  • Selesai.

f. Restart HP

Anda juga bisa mengatasi kode OTP yang tidak masuk ke SMS dengan mencoba merestart HP yang anda gunakan.

Untuk melakukan restart HP agar bisa mendapatkan SMS kode OTP akun DANA yaitu dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini yaitu sebagai berikut:
  • Silahkan anda menekan tombol "Power" dyang ada dibagian sisi HP.
  • Kemudian silahkan anda menunggu sampai opsi Booting mucul di HP anda.
  • Jika sudah, silahkan anda mengklik "Restart" untuk menghidupkan ulang HP dan menunggu sampai proses booting selesai.
  • Jika HP sudah normal, silahkan anda membuka aplikasi DANA, dan anda login kembali untuk bisa mendapatkan kode OTP.
  • Selesai.

g. Pilih Kirim OTP Dana Lewat WhatsApp

Jika memang anda tidak bisa menerima kode OTP melalui SMS, maka anda bisa mengatasi hal ini dengan mendapatkan kode OTP melalu WhatsApp.

Karena DANA juga menyediakan verifikasi akun melalui WhatsApp, silahkan anda mengganti opsi verifikasi dengan mengirim verifikasi akun lewat WhatsApp, dengan langkah-langkah yaitu sebagai berikut:
  • Di halaman kode OTP DANA silahkan anda pilih Opsi "Verifikasi lain".
  • Jika sudah silahkan anda klik "Verifikasi lewat WhatsApp".
  • Kemudian anda tunggu sampai kode OTP DANA masuk melalui WhatsApp anda (Download Aplikasi WhatsApp untuk Android).
  • Jika nada sudah mendapatkannya maka silahkan anda langsung saja memasukkan kode OTP DANA tersebut untuk login.
  • Selesai.

Bagaimana jika kartu yang terdaftar di akun DANA anda tersebut sudah tidak aktif lagi dan ingin melakukan verifikasi akun DANA anda.

Apakah ada cara yang harus dilakukan untuk mendapatkan kode OTP agar bisa login akun DANA? Untuk hal ini anda bisa menerapkan dengan cara yang sudah kami jelaskan pada pembahasan judul pertama mengenai cara kirim kode OTP DANA ke Email dengan menghubungi CS DANA.

h. Hubungi CS DANA

Cara terakhir yang dapat kami informasikan untuk mengatasi kode OTP tidak masuk ke SMS adalah dengan menghubungi CS DANA.

Jika memang semua cara yang sudah kami jelaskan di atas sudah anda coba, namun tetap saja kode OTP tidak masuk ke SMS.

Maka silahkan anda menghubungi CS DANA, karena bisa saja hal tersebut terjadi karena ada terjadi masalah pada akun DANA anda.

Silahkan anda menghubungi CS DANA untuk menanyakan apa yang menyebabkan mengenai kode OTP yang tidak masuk ke SMS dengan melalui di bawah ini:
  • Email : Help@Dana.id
  • Telepon : 1500 445
  • WhatsApp : 08191 1500 445
  • Sosial Media : Dana Indonesia

Akhir Kata

Demikian yang dapat kami jelaskan di artikel ini mengenai cara kirim kode OTP DANA ke Email jika nomor HP yang etrdapat di akun DANA anda sudah tidak aktif lagi atau hilang.

Namun jika kode OTP tidak masuk ke SMS pada nomor HP yang terdaftar di akun DANA anda, padahal nomor atau kartu tersebut masih aktif, maka anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara yang sudah kami jelaskan di atas.

Semoga apa yang kami bahas di artikel ini memberikan manfaat untuk pembaca dan dapat menyelesaikan masalah anda dengan mudah terkait dengan masalah yang berhubungan dengan kode OTP akun DANA anda.