Cara Cek NUPTK Aktif Menggunakan Nama 2024

Cara Cek NUPTK Aktif Menggunakan Nama
cara1001.com - Bagi anda yang mungkin pada saat ini ingin mnegetahui cara cek nuptk aktif menggunakan nama berarti anda masuk ke dalam artikel yang tepat, karena kami sudah menyediakan pembahasannya untuk anda di bawah ini.

NUPTK atau Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan merupakan nomor induk yang diberukan kepada guru PNS dan juga non PNS sebagai identitas resmi untuk bisa memudahkan semua proses administrasi dalam program pendidikan.

Setiap guru pastinya akan mendapatkan NUPTK dengan 16 digit angka unik yang tidak akan berubah walaupun tenaga pendidikan dari satu sekolah kesekolah yang lainnya maupun statusnya berubah dari Non PNS menjadi PNS.

Ketika seorang guru sudah mendapatkan NUPTK sebaiknya nomor ini di catat untuk disimpan pada tempat yang mudah untuk di cari, jadi ketika waktu-waktu dibutuhkan untuk pendapatan anda bisa langsung mengirimkannya tanpa perlu menunda karena harus melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Namun, sebenarnya tanpa dismpan pun, anda bisa dengan mudahnya melihat NUPTL secara online, cara ini tentinya jauh lebih praktis karena anda bisa melakukan pengecekkan kapanpun dan dimanapun asalkan sudah terhubung dengan jaringan internet.

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda bisa langsung saja simak ulasan mengenai cara cek NUPTK aktif menggunakan nama yang sudah ada di bawah ini sampai selesai yaa gess yaa!!!

Cara Cek NUPTK Aktif Menggunakan Nama Secara Online

Cara Cek NUPTK Aktif Menggunakan Nama
Cara Cek NUPTK Aktif Menggunakan Nama Secara Online
Bagi seorang guru yang sudah mendapatkan NUPTK namun masih belum mengetahui bagaimana cara untuk melakukan pengecekkan nomornya, anda bisa ikuti langkah di bawah.

Silahkan anda bisa langsung saja simak langkah-langkah mengenai cara cek NUPTK aktif menggunakan nama secara online yang sudah ada di bawah ini sampai selesai yaa gess yaa!!!
  • Tahap pertama yang harus dilakukan adalah membuka situs web Pencarian Data GTK melalui link yang sudah kami sediakan berikut ini (Kunjungi Situs Pencarian Data GTK).
  • Jika anda sudah berhasil masuk ke dalam situsnya, silahkan anda isi "nama GTK, Provinsi dan juga kota mengajar pada saat ini".
  • Apabila anda sudah selesai mengisi semua yang diminta, silahkan anda bisa lanjutkan dengan memilih opsi "semua status tegistrasi Akun SIMPKB" dan juga "semua status Sinkronisasi DAPODIK".
  • Setelah itu, dilanjutkan dengan mengkil "cari GTK".
  • Nantinya, anda akan langsung di arahkan ke dalam halaman profil yang sudah menampilkan informasi mengenai anda, termasuk juga dengan nomor NUPTK.
  • Selesai!!!
Nantinya di halaman profil tersebut anda bisa langsung saja menyalin kode NUPTK dengan 16 angka yang sudah ada di sana, lalu menyimpannya supaya anda tidak perlu lagi melakukan pengecekkan kembali pada halaman pencarian data GTK.

Apabila anda tidak mempunyai nomot NUPTK ataupun tidak yakin dengan nomor yang anda miliki adalah benar, maka anda bisa langsung saja menghubungi Dinas Pendidikan setempat atau Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/ kota tempat anda bekerja untuk meminta bantuan.

Atau, anda juga bisa langsung menghubungi operator sekolah untuk meminta mengecekkan nomor tersebut, dengan begitu pihak terkait akan langsung memberikan informasi lebih lanjut mengenai cara melakukan pengecekkan dan juga mengakses noor NUPTK anda.

Untuk bisa mengetahui apakah nomor NUPTK anda berstatus aktif atau tidak, anda bisa langsung mengunjungi (Situs gtk.data.kemendikbud) dengan langsung mengisi kolom yang sudah tersedia dengan kode NUPTK 16 digit lalu klik opsi cari, dengan begitu anda akan langsung mendapatkan informasi apakah ststus aktif atau tida valid.

Apabila ternyata status NUPTK tersebut tidak valid, maka anda bisa langsung saja menghubungi operator sekolah supaya permasalahan tersebut bisa dengan segera di atasi.

Bagi guru yang masih juga belum mendapatkan nomor tersebut, tidak perlu khawatir karena semuanya akan langsung diurus oleh operator sekolah dengan membawa syarat-syarat yang memang dibutuhkan untuk mendaftar.

Syarat Pengajuan Nomor NUPTK untuk GTK Baru

Cara Cek NUPTK Aktif Menggunakan Nama
Syarat Pengajuan Nomor NUPTK untuk GTK Baru
Berikut ini beberapa syarat dan juga dokumen yang harus dipersiapkan untuk mendaftar NUPTK bagi guru, namun sebelum itu tenaga pengajar juga harus menegtahui bagaimana cara untuk membuat akun PTK pada Dapodik.

Setelah mengetahui cara cek NUPTK aktif menggunakan nama, selanjutnya anda simak beberapa persyaratan dan langkah-langkah cara membuat akun PTK di Dapodik yang sudah ada di bawah ini, yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengunjungi halaman Dapodik melalui link yang sudah kami sediakan berikut ini (Kunjungi Situs Dapodik) kemudian login dengan menggunakan akun operator sekolah.
  • Jika anda sudah berhasil masuk, silahkan anda klik "menu akun" lalu anda tinggal menambahkan akun.
  • Silahkan anda isi semua kolom yang sudah ada di sana sesuai dengan identitas PTK anda.
  • Apabila semuanya sudah selesai diisi, silahkan anda klik opsi "simpan" untuk menyimpannya agar tidak terhapus.
  • Yang terakhir, anda tinggal melakukan "verifikasi akun" melalui email masing-masing.
  • Selesai!!!
Akun PTK sendiri bukan hanya bisa digunakan untuk mendaftarkan NUPTK saja, namun juga bisa digunakan untuk melakukan pengecekkan dan juga melihat Info GTK.

Info GTK atau Informasi Data Guru sendiri berisikan tentang informasi mengenai identitas guru, peraturan yang terkait, dan juga membantu guru dalam menampilkan daya dari aplikasi dapodik yang memang sudah disinkronkan.

Dikarenakan proses pendaftaran di lakukan secara online, maka dokumen yang anda miliki harus di scan dengan format PDF, berikut beberapa dokumen persyaratan yang harus anda persiapkan:
  • PTK terdapaftar dala Dapodik.
  • Belum memiliki NUPTK.
  • Kartu Tanda Penduduk atau KTP.
  • Scan ijazah SD, SMP, SMA, S1 atau D4 dengan menggunakan format PDF.
  • Selain itu, anda juga harus melakukan scan SK pengangkatan CPNS atau PNS dan juga SK penugasan dan Dinas Pendidikan.
  • Bagi yang non CPNS wajib untuk melampirkan SK pengengkatan 3 tahun terakhir dari Dinak Pendidikan dan Kebudayaan atau badan hukum yang lainnya.
  • Selesai!!!
Yang harus anda ketahuim bahwa syarat yang sudah kami berikan di atas bisa berbeda dengan GTK sekolah negeri dan juga swasta, oleh karena itu anda bisa cek ulang syarat-syaratnya melalui link berikut (Kunjungi Situs Syarat dan Ketentuan).

Alur Pengajuan untuk Mendapatkan NUPTK Baru

Cara Cek NUPTK Aktif Menggunakan Nama
Alur Pengajuan untuk Mendapatkan NUPTK Baru
Untuk melakukan pengajuan NUPTK tersebut tidak bisa dilakukan secara mandiri, karena pengajuan tersebut harus dilakukan oleh operator sekolah.

Setelah mengetahui cara cek NUPTK aktif menggunakan nama, selanjutnya anda harus simak langkah-langkah alur pengajuan untuk mendaoatkan NUPTK yang baru, yaitu sebagai berikut:
  • Satuan pendidikan akan melakukan input data pokok pendidikan melalui aplikasi Data Pokok Pendidikan atau Dapodik.
  • Selanjutnya satuan pendidikan juga akan melakukan sinkronisasi aplikasi Dapodik.
  • PDSPK juga akan melakukan verifikasi dan juga validasi data pendidik dan juga tenaga kependidikan melalui sistem aplikasi Verval PTK.
  • Data PTK hasil sinkronisasi aplikasi Dapodik tersebut kemudian akan di bandingkan dengan data PTK yang sudah ada pada database arsip dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Jika NUPTK valid, maka akan langsung di lakukan pencocokan data PTK sehinggan status NUPTK menjadi valid.
  • Namun jika NUPTK tidak valid dan NUPTK kosong, maka data PTK tersebut akan dijadikan sebagai calon penerima NUPTK.
  • Apabila NUPTK tidak valid dan juga NUPTK kososng, maka akan langsung di lakukan pencarian lebih lanjut dengan ketentuan pencocokan data PTK sehinggan status NUPTK menjadi valid, apabila data PTK tidak juga ditemukan maka data PTK tersebut akan di jadikan sebagai calon penerima NUPTK.
  • Satuan pendidikan juga akan memeriksa data PTK yang sudah masuk ke dalam daftar calon penerima NUPTK melalui sistem Verval PTK.
  • Kemudian, satuan dari pendidikan akan langsung memberitahukan pada PTK untuk menyiapkan dokumen perysaratan calon penerima NUPK.
  • Setelah operator sekolah melakukan proses verfikasi, langkah yang selanjutnya harus anda lakukan adalah masuk ke dalam proses penetapan PTK untuk bisa mendapatkan NUPTK.

Akhir Kata

Itulah dia informasi mengenai cara cek nuptk aktif menggunakan nama secara online yang bisa kami berikan untuk anda terapkan dengan sangat mudah.

Selain itu kami juga sudah menyediakan dokumen persyaratan dan juga alur pengajuan untuk bisa mendapatkan unptk baru yang bisa anda simak baik-baik.

Jika anda rasa ulasan yang sudah kami berikan penting, maka jangan lupa untuk membagikan atau share ke teman ataupun kerabat anda yang belum mengetahuinya.

Kami rasa sudah cukup sampai disini segala uraian yang kami berikan, sekian dan semoga bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba yaa gess yaa.
Dody S. Technology article editor, IT consultant. has been involved in the website and technology sector since 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel