Cara Membuat Surat Izin Sekolah Karena Ada Keluarga yang Meninggal 2024

Cara Membuat Surat Izin Sekolah Karena Ada Keluarga yang Meninggal
cara1001.com - Bagi anda yang sedang mencari bagaimana cara membuat surat izin sekolah karena ada keluarga yang meninggal, tenang saja karena di artikel ini kami sudah menyediakan pembahasannya untuk anda.

Terkadang para siswa tidak dapat mengikuti kegiatan di sekolah karena alasan tertentu, seperti ada keluarga yang meninggal, ada urusan mendadak, sakit, dan keperluan lainnya.

Jika mengalami kondisi tersebut sehingga siswa biasanya diharuskan untuk membuat surat izin tidak masuk sekolah untuk diserahkan pada pihak sekolah.

Walaupun sekarang ini teknologi komunikasi sudah sangat berkembang, akan tetapi penggunaan surat izin tidak masuk sekolah untuk meminta izin masih sering digunakan.

Maka dari itu anda harus mengetahui cara membuat surat izin tidak masuk sekolah yang benar, sebenarnya untuk membuat surat izin tidak masuk sekolah ini cukup sederhana.

Akan tetapi ada juga siswa yang belum mengetahui cara membuat surat izin tersebut, bagi yang belum mengetahui cara membuat surat izin sekolah tenang saja karena di artikel ini kami akan memberitahu anda.

Namun dalam artikel ini kami akan menjelaskan kepada anda mengenai cara membuat surat izin sekolah karena ada keluarga yang meninggal, tetapi untuk membuat surat izin karena alasan lainnya juga tidak jauh berbeda prosedurnya, anda cukup mengubah alasan yang terkait.

Cara Membuat Surat Izin Sekolah Karena Ada Keluarga yang Meninggal

Cara Membuat Surat Izin Sekolah Karena Ada Keluarga yang Meninggal
Cara Membuat Surat Izin Sekolah Karena Ada Keluarga yang Meninggal
Perlu anda ketahui bahwa dalam membuat surat izin tidak masuk sekolah dengan alasan tertentu seperti karena ada keluarga yang meninggal, dalam hal ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Karena untuk membuat surat izin tidak masuk sekolah dengan alasan apapun tidak dibuat sembarangan atau asal tulis.

Maka dalam kesempatan ini kami akan menjelaskan kepada anda mengenai cara membuat surat izin sekolah dengan benar.

Silahkan anda simak di bawah ini beberapa langkah yang harus anda perhatikan secara berurutan untuk cara membuat surat izin sekolah karena ada keluarga yang meninggal atau karena alasan apapun.

a. Tuliskan Tempat dan Tanggal Surat Tersebut Dibuat

Langkah pertama yang harus anda perhatikan dalam membuat surat izin tidak masuk sekolah adalah tempat dan tanggal dari surat.

Tanggal dan tempat tersebut anda harus menulisnya di atas surat tersebut sehingga menjadikan surat anda menjadi jelas.

Dalam hal tersebut akan membuat pembaca mudah untuk mengetahui dimana surat ini ditulis dan kapan waktunya.

Untuk contoh membuat tempat dan tanggal suratnya ini dapat anda tulis seperti Gerung, 5 Januari 2024, untuk tulisan tanggal dan tempat tersebut anda tulis di sebelah kanan pojok paling atas.

b. Jangan Lupa Tuliskan Tujuan Surat

Langkah kedua yang harus anda perhatikan untuk cara membuat surat izin sekolah karena ada keluarga yang meninggal adalah silahkan anda menulis tujuan surat.

Untuk tujuan dari surat ini adalah nama dan juga nama instansi penerima dari surat tersebut, anda juga harus menambahkan alamat yang ingin dituju atau tuliskan alamat instansi yang anda tuju.

Untuk surat izin karena berduka (keluarga ada yang meninggal) silahkan anda menuliskan nama wali kelas yang ada di kelas anda dan nama sekolah serta alamatnya.

Hal tersebut bertujuan agar penerima surat bisa mengkonfirmasi bahwa surat tersebut memang tidak salah kirim.

Maka dari itu anda harus dengan benar menuliskan beberapa hal di dalam bagian tujuan ini, karena jika salah maka bisa saja surat yang anda kirim tidak terbaca.

c. Membuat Salam Pembuka yang Sopan

Langkah berikutnya yang harus anda perhatikan dalam membuat surat izin tidak masuk sekolah adalah silahkan anda membuat salam pembuka dengan menggunakan bahasa yang sopan.

Anda bisa dengan menggunakan kalimat Kepada Yth., Assalamualaikum Wr.Wb., atau lainnya yang ingin anda gunakan, yang penting termasuk dalam kategori bahasa yang sopan maupun baku.

d. Langsung Tulis Isi Surat dengan Jelas

Langkah selanjutnya dari bagian salam pembuka untuk cara membuat surat izin sekolah karena ada keluarga yang meninggal adalah silahkan anda menulis isi surat dengan jelas.

Silahkan anda menulis isi surat ini untuk menjelaskan alasan mengapa anda tidak bisa mengikuti kegiatan atau aktivitas di suatu instansinya seperti biasa, atau anda juga bisa memasukkan poin-poin yang ingin anda sampaikan.

Dalam hal ini juga anda harus menggunakan bahasa yang baku, lugas, padat, singkat dan jelas, dengan kata lain jangan anda menggunakan bahasa yang berbelit-belit untuk membuat surat izin ini.

Silahkan anda menyampaikan saja poin-poin yang penting agar surat anda bisa dibaca dengan baik dan tujuan anda mengirim surat tersebut dapat tersampaikan dengan baik juga.

e. Membuat Penutup Surat dengan Bahasa yang Sopan

Jika anda sudah selesai menulis isi surat atau alasan mengapa anda tidak bisa masuk sekolah, maka anda akan masuk ke bagian penutup di surat tersebut.

Untuk kata penutup tersebut, anda bisa dengan mengucapkan terima kasih atau hal lainnya, jangan lupa untuk mengguankan vbahasa yang sopan juga

Maka jika anda ingin membuat salam penutup, anda bisa memulai dengan menggunakan kata "Dengan demikian surat yang kami buat ….".

f. Memberikan Salam Penutup

Jika anda sudah selesai menulis isi dan sudah membuat penutup surat, maka langkah berikutnya untuk cara membuat surat izin sekolah karena ada keluarga yang meninggal adalah membuat salam penutup.

Untuk membuat salam penutup tersebut anda silahkan anda menggunakan bahasa yang sopan, sama halnya dengan membuat salam pembuka.

Untuk salam penutup ini anda bisa menggunakan kata seperti Hormat Saya, Wassalam atau yang lainnya yang penting sopan dan baku.

g. Tambahkan Nama Pengirim dan Tanda Tangan

Langkah terakhir untuk membuat surat izin tidak masuk sekolah adalah silahkan nada menulis nama pengirim dan tanda tangan pengirim.

Nama pengirim ini sangat penting untuk diketahui oleh pembaca surat tersebut, maka jangan sampai anda melupakan bagian ini.

Sekarang anda sudah mengetahui cara membuat surat izin karena tidak masuk sekolah, mungkin ada yang masih bingung, maka dalam hal ini kami akan memberikan contohnya di bawah ini.

Contoh Surat Izin Sekolah Karena Ada Keluarga yang Meninggal

Cara Membuat Surat Izin Sekolah Karena Ada Keluarga yang Meninggal
Contoh Surat Izin Sekolah Karena Ada Keluarga yang Meninggal
Agar lebih mempermudah memahami cara membuat surat izin sekolah karena ada keluarga yang meninggal kami akan memberikan contohnya yaitu sebagai berikut;

(Nama kota ditulisnya surat, Tanggal surat ditulis)


Kepada Yth.

Wali Kelas (kelas dari siswa)

(Nama sekolah siswa)

(Alamat sekolah siswa)

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Dengan kedatangan surat ini bahwa kami selaku orang tua dari siswa yang bernama :

Nama : (nama siswa)
Kelas : (kelas siswa)
Alamat : (alamat tempat tinggal siswa)

Memberitahukan bahwa hari ini tidak bisa mengikuti kegiatan pembelajaran seperti biasanya dikarenakan ada keluarga yang meninggal, untuk itu kami berharap kepada Bapak/Ibu wali kelas dapat memaklumi dan memberikan izin.

Demikian surat ini kami sampaikan, kami ucapkan terima kasih atas perhatian dari Bapak/Ibu wali kelas.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb

(Nama orang tua siswa)

(Tanda Tangan)

Akhir Kata

Demikian yang dapat kami jabarkan pada artikel ini untuk cara membuat surat izin sekolah karena ada keluarga yang meninggal.

Semoga pembahasan dalam artikel ini dapat mempermudah anda untuk membuat surat izin sekolah bagi yang sebelumnya belum mengetahui caranya.

Terimakasih telah berkunjung di artikel kami dan membaca seluruh isi pembahasan dalam artikel ini sampai akhir.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel