Cara Agar Hotspot Tidak Mati Sendiri di HP Xiaomi 2023

Cara Agar Hotspot Tidak Mati Sendiri di HP Xiaomi
Cara1001.com - Bagi anda yang sedang mencari bagaimana cara agar hotspot tidak mati sendiri di HP Xiaomi, tenang saja karena di artikel ini kami sudah menyediakan pembahasannya untuk anda.

Hostspot merupakan salah satu fitur bawaan dari semua HP sekarang ini, tidak terkecuali terhadap Xiaomi yang merupakan HP yang bersistem operasi Android.

Hotspot ini sangat berguna sekali jika ada teman maupun keluarga yang sangat membutuhkan koneksi internet dari anda yang memiliki paket data, karena mereka tidak memiliki kuota atau paket data untuk mengakses sesuatu yang mereka butuhkan.

Sehingga mereka meminta bantuan untuk mendapatkan koneksi internet dengan cara hotspotan tersebut, seperti yang kita ketahui juga penggunaan hotspot seluler di Android merupakan suatu hal umum dilakukan.

Akan tetapi terkadang penggunaan hotspot ini tidak lepas dari berbagai masalah, seperti hotspot sering mati sendiri secara otomatis.

Banyak hal yang menyebabkan hotspot seluler mati secara otomatis, misalnya seperti karena banyak cache pada perangkat, penghemat baterai dihidupkan, melewati periode waktu tetap pada pengaturan batas waktu, penggunaan data bersama yang sudah mencapai batasan waktu, dan lainnya.

Matinya hostspot dengan sendiri adalah hal yang sangat tidak diinginkan apalagi pada saat itu anda sedang benar-benar sedang fokus mengakses sesuatu.

Lalu bagaimana caranya agar hotspot tidak mati sendiri? namun anda tenang saja dalam hal ini, bagi pengguna HP Xiaomi kami akan memberitahu anda cara agar hotspot tidak mati sendiri di perangkat Xiaomi.

Cara Agar Hotspot Tidak Mati Sendiri di HP Xiaomi

Yang benar-benar ingin mengetahui informasi tentang cara agar hotspot tidak mati sendiri di HP Xiaomi silahkan simak ulasan di bawah ini sampai akhir.

1. Mengubah Pengaturan Batas Waktu Hotspot

Cara Agar Hotspot Tidak Mati Sendiri di HP Xiaomi
 Cara Agar Hotspot Tidak Mati Sendiri di HP Xiaomi dengan Mengubah Pengaturan Batas Waktu Hotspot
Cara pertama yang dapat anda lakukan agar hotspot di HP Xiaomi anda tidak mati sendiri adalah dengan mengubah pengaturan batas waktu hotspot.

Karena beberapa HP Android memiliki Pengaturan "Timeout" untuk mematikan hotspot internet secara otomatis apabila tidak ada perangkat yang terhubung.

Maka dari itu silahkan anda memeriksa pengaturan Hotspot Seluler HP Xiaomi anda untuk mengkonfigurasikan pengaturan batas waktu.

Adapun langkah-langkah untuk cara agar hotspot tidak mati sendiri di HP Xiaomi dengan mengubah pengaturan batas waktu hotspot yaitu sebagai berikut;
  • Langkah pertama silahkan anda membuka menu "Pengaturan" di HP Xiaomi anda, lalu silahkan anda pilih "Jaringan & Internet".
  • Setelah itu silahkan anda pilih "Hotspot & tethering".
  • Langkah berikutnya silahkan anda pilih “"Hotspot".
  • Kemudian silahkan anda ketuk tombol "Lanjutan".
  • Selanjutnya silahkan anda mematikan opsi "Matikan hotspot secara otomatis".
  • Selesai.

Perlu kami ingatkan apabila anda melihat merek Never timeout, Always Keep Wi-Fi hotspot on, atau Unlimited, maka silahkan anda memilih salah satu dari opsi ini pada pengaturan Hotspot Seluler anda, lalu anda menonaktifkan batasan waktu apa pun yang ditempatkan pada perangkat anda.

Anda juga bisa mengonfigurasi "Pengaturan Timeout" agar tetap lebih lama, dapat dikatakan sekitar 30 menit atau lebih lama.

Perlu anda ketahui bahwa jika membiarkan hotspot seluler diaktifkan tanpa perangkat terhubung maka dapat menguras baterai HP lebih cepat.

2. Menonaktifkan Penghemat Baterai

Cara Agar Hotspot Tidak Mati Sendiri di HP Xiaomi
Cara Agar Hotspot Tidak Mati Sendiri di HP Xiaomi dengan Menonaktifkan Penghemat Baterai
Cara kedua yang bisa anda lakukan agar hotspot tidak mati sendiri di HP Xiaomi adalah dengan menonaktifkan penghemat baterai.

Untuk hotspot seluler dan penghemat baterai ini berada di sisi yang berlawanan atau tidak dapat berjalan bersamaan.

Maka dari itu, apabila penghemat baterai diaktifkan kemungkinan membuat hotspot mati sendiri, maka silahkan anda menonaktifkan penghemat baterai tersebut.

Anda bisa simak di bawah ini beberapa langkah untuk cara agar hotspot tidak mati sendiri di HP Xiaomi dengan menonaktifkan penghemat baterai yaitu sebagai berikut:
  • Terlebih dahulu silahkan anda pergi ke menu "Pengaturan" atau "Setting" di HP Xiaomi anda.
  • Lalu silahkan anda pergi ke opsi "Baterai".
  • Setelah itu silahkan anda menonaktifkan ikon dan beri nama "Penghemat Baterai".
  • Selesai.

3. Merestart Ulang Perangkat

Cara Agar Hotspot Tidak Mati Sendiri di HP Xiaomi
Cara Agar Hotspot Tidak Mati Sendiri di HP Xiaomi dengan Merestart Ulang Perangkat
Cara ketiga yang bisa anda lakukan untuk cara agar hotspot tidak mati sendiri di HP Xiaomi adalah dengan
merestart ulang perangkat anda.

Para ahli pun sangat menyarankan untuk memulai ulang atau restart perangkat anda sebelum memulai semua jenis operasi berat atau memulai game.

Karena hotspot mati secara otomatis bisa saja dikarenakan oleh beberapa kesalahan file internal, maka dengan restart dapat menyelesaikan masalah ini secara instan.

4. Menggunakan IPv4

Cara Agar Hotspot Tidak Mati Sendiri di HP Xiaomi
Cara Agar Hotspot Tidak Mati Sendiri di HP Xiaomi dengan Menggunakan IPv4
Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk cara agar hotspot tidak mati sendiri di HP Xiaomi adalah dengan menggunakan IPv4.

Anda harus mengatur setting IP dengan benar yaitu dengan cara mengatur pengaturan pada IP anda ke IPV4.

Jangan anda memilih opsi "IPV5 dan IPV6", karena apabila anda memilihnya maka hotspot wifi anda akan mati secara otomatis.

5. Menghapus File Cache

Cara Agar Hotspot Tidak Mati Sendiri di HP Xiaomi
Cara Agar Hotspot Tidak Mati Sendiri di HP Xiaomi dengan Menghapus File Cache
Cara berikutnya yang bisa anda lakukan agar hotspot tidak mati sendiri di HP Xiaomi adalah dengan menghapus file cache.

Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk cara agar hotspot tidak mati sendiri di HP Xiaomi dengan menghapus file cache yaitu sebagai berikut:
  • Terlebih dahulu silahkan anda pergi ke opsi "Pengaturan" di HP Xiaomi anda.
  • Kemudian silahkan anda ke opsi "Penyimpanan".
  • Lalu silahkan anda klik pada "Data cache".
  • Maka sebua Pop up akan muncul untuk meminta konfirmasi anda untuk menghapus data.
  • Selanjutnya silahkan anda mengklik "OK" untuk menghapus data.
  • Selesai.

6. Perbarui Firmware HP

Cara Agar Hotspot Tidak Mati Sendiri di HP Xiaomi
Cara Agar Hotspot Tidak Mati Sendiri di HP Xiaomi dengan Perbarui Firmware HP
Cara terakhir yang bisa kami informasikan untuk cara agar hotspot tidak mati sendiri di HP Xiaomi adalah dengan perbarui firmware HP.

Firmware ini merupakan perangkat lunak terprogram yang disediakan atau ditempatkan pada perangkat keras untuk mengontrol perangkat lunak dan fungsi intinya.

Misalnya, firmware pada Android bisa membuat perangkat keras untuk berkomunikasi dengan benar dengan sistem operasi Android dan melakukan suatu pekerjaan yang diinput oleh pengguna.

Firmware ini tertanam dalam perangkat dikarenakan penting untuk perangkat agar bisa menjalankan sistem operasi.

Apabila anda menghapusnya maka bisa saja menyebabkan kerusakan serius pada perangkat Android, termasuk HP Xiaomi anda.

Jadi dengan memperbarui firmware Android, maka akan bisa menyelesaikan segala masalah paling umum yang sering terjadi pada Android, termasuk untuk mengatasi masalah hotspot yang mati sendiri.

Akhir Kata

Itulah 6 cara yang dapat kami bagikan informasi mengenai cara agar hotspot tidak mati sendiri di HP Xiaomi untuk anda terapkan.

Semoga dengan adanya penjelasan mengenai hal tersebut dapat membantu bagi yang mengalami hotspot di HP Xiaominya mati dengan sendiri.

Silahkan anda membagikan informasi penting ini di media sosial agar pengguna Xiaomi atau Android lainnya yang mengalami masalah terkait dalam ulasan di artikel ini dapat terbantu setelah membaca artikel ini.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel