Biaya Unlock IMEI Bea Cukai 2023

Biaya Unlock IMEI Bea Cukai
Cara1001.com - Bagi anda yang sedang mencari tentang biaya unlock IMEI Bea Cukai, tenang saja karena di artikel ini kami sudah menyediakan pembahasannya secara detail untuk anda lho.

Namun bagi anda yang belum tahu apa itu IMEI Bea Cukai maka sebaiknya simak ulasan ini sampai selesai, karena kami akan memberikan beberapa informasi mengenai hal tersebut.

Seperti yang diketahui bersama, saat ini telah banyak merek penjualan ponsel dengan harga yang sangat murah sehingga membuat masyarakat tergiur untuk membelinya.

Apakah anda mengetahui lebih lanjut mengenai kondisi ponsel yang dibeli tersebut terutama soal IMEI? Jadi kami sarankan harus tetap waspada ketika tempat lain memberikan harga yang murah.

IMEI ini sangat penting anda ketahui, jika IMEI ponsel anda belum terdaftar maka sewaktu-waktu anda akan kehilangan sinyal karena IMEI terblokir oleh pemerintah.

Untuk lebih jelasnya, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa informasi menarik mengenai biaya unlock IMEI Bea Cukai dan simak ulasan sebagai berikut.

Apa Itu IMEI?

Biaya Unlock IMEI Bea Cukai
Apa Itu IMEI?
IMEI sendiri singkatan dari kata International Moblie Equipment Identity yang merupakan nomor internasional yang terdiri dari 15 digit angka yang ada di perangkat ponsel baik Android maupun iPhone.

Nomor internasional tersebut di hasilkan dari 8 digit type Allocation Code yang dialokasikan oleh Global System for Mobile Association untuk mengindentifikasi perangkat HKT yang terhubung ke jaringan bergerak seluler.

Saat pertama membeli ponsel maka sebaiknya lakukan pengecekan terhadap nomor IMEI dan pastikan nomor tersebut telah terdaptar di Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Fungsi IMEI sangat penting sebeb itu IME harus terdaptar ke dalam Kemenperin, dengan begitu perangkat bisa terhubung dengan layanan operator seluler yang beroperasi di Indonesia.

Jika IMEI tidak terdaftar ke laman Kemenperin kemungkinan besar perangkat akan mengalami beberapa kendala seperti terbatasnya akses dan jaringan seluler bisa terblokir.

Dari informasi yang kami dapat di laman Kominfo, kebijakan pengendalian IMEI telah sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 1 Tahun 2020 mengenai Pengendalian Alat atau Perangkat Telekomunikasi yang Tersambung ke Jaringan Bergerak Seluler lewat identifikasi IMEI.

Jadi gadget yang dibawa dari luar negeri harus melakukan pendaftaran atas Internasional Mobile Equipment Identity (IMEI) agar dapat digunakan di dalam tanah air.

Pendaftaran dilakukan dengan menyampaikan formulir permohonan secara elektronik kepada Ditjen Bea dan Cukai (DJBC) melalui situs resmi mereka.

Lalu, apakah pendaftaran IMEI dipungut biaya atau tidak? Untuk biaya unlock IMEI Bea Cukai bisa anda lihat melalui penjasalan berikutnya di bawah ini.

Biaya Unlock IMEI Bea Cukai

Biaya Unlock IMEI Bea Cukai
Biaya Unlock IMEI Bea Cukai
Seperti yang telah kami jelaskan di atas, setiap gawai atau gadget yang dibawa dari luar negeri perlu melakukan pendaftaran atas IMEI-nya, usai didaftarkan maka pengguna bisa langsung terhubung dengan layanan operator seluler.

Pendaftaran IMEI dilakukan dengan mengisi dan menyampaikan formulir permohonan secara online lewat laman beacukai.go.id atau melalui link berikut ini (Berikut Link Situs Beacukai.go.id).

Mengenai biaya unlock IMEI Bea Cukai kami menegaskan bawah tidak ada atau tidak dipungut biaya, namun ada kewajiban yang harus dipenuhi untuk impot HKT (Handphone, Komputer, Tablet) berupa biaya masuk dan pajak yang harus dipenuhi.

Hal tersebut di ungkapkan oleh pihak DJBC melalui saluran mesia sosial resminya @bravobeacukai, ketentuan tersebut telah di atur dalam Peraturan Dirjen Bea Cukai PER-13/BC/2021.

Peraturan tersebut mengenai pungutan bea masuk dan PDRI yang perlu dibayarkan daat mendaftarkan IMEI atas HKT sebagai barang bawaan penumpang ke tanah air.

Pungutan bea tersebut antaranya adalah bea masuk 10% dari nilai padean, PPN 11% dari nilai impor dan juga PPH Pasal 22 impor sebesar 10% dari nilai impor jika penumpang memiliki NPWP.

Jika penumpang tidak memiliki NPWP maka pungutan sebesar 20% dari nilai impor, dan hanya itu saja yang harus anda bayar ketika HKT sebagai barang bawaan.

Cara Menemukan Nomor IMEI melalui Menu Pengaturan

Biaya Unlock IMEI Bea Cukai
Cara Menemukan Nomor IMEI melalui Menu Pengaturan
Untuk memasikan bahwa ponsel anda telah terdaftar ke dalam laman Bea Cukai maka perlu untuk melakukan pengecekan nomor IMEI mengingat pentingnya status ponsel yang dimiliki legal atau tidak.

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk cek nomor IMEI dan biasanya nomor IMEI tertera pada kemasan atau dus ponsel, namun jika kemasan telah hilang bisa cek melalui menu pengaturan ponsel anda.

Jika ponsel anda belum terdaftar ke laman Bea Cukai maka segera lakukan pendaftaran melalui link yang sudah kami berikan di atas agar ponsel tidak mengalami pemblokiran oleh pemerintah.

Mengingat biaya unlock IMEI Bea Cukai tidak dipungut biaya maka sebaiknya segara lakukan ya gays, namun jika belum menemukan nomor IME maka sebaiknya ikuti langkah-langkah cara cek nomor IMEI melalui menu pengaturan yaitu sebagai berikut:
  • Buka menu Pengaturan ponsel anda terlebih dahulu.
  • Klik opsi Tentang Ponsel atau About Phone.
  • Anda akan menemukan kode IMEI pada menu Pengaturan tersebut.
  • Setiap merek HP memiliki pengaturan yang berbeda dalam mengecek nomor IMEI.
  • Anda bisa memilih bantuan untuk menemukan nomor iMEI pada fitur pencarian dengan menuliskan IMEI saja.
  • Maka akan muncul nomor IMEI yang anda cari.

Cara Cek Nomor IMEI di Halaman Kemenperin

Biaya Unlock IMEI Bea Cukai
Cara Cek Nomor IMEI di Halaman Kemenperin
Ketika sudah berhasil menemukan nomor IMEI ponsel anda maka sebaiknya segera lakukan pengecekan untuk antisipasi ponsel anda terdaftar ke dalam barang ilegal.

Meskipun belum terdaftar anda bisa mendaftarkannya secara personal mengingat biaya unlock IMEI Bea Cukai gratis, jadi langsung saja lakukan di laman beacukai.go.id.

Namun sebaiknya cek terlebih dahulu nomor IMEI ponsel melalui halamn Kemenperin, jika masih bingung maka simak langkah-langkah cara cek nomor IMEI di halaman Kemenperin yaitu sebagai berikut:
  • Buka halaman situs resmi Kemenperin lewat https://imei.kemenperin.go.id/ atau melalui link berikut ini (Berikut Link Situs Kemenperin).
  • Jika sudah berada di laman situs masukkan 14 sampai 16 digit nomor IMEI yang tertera pada kemasan atau ponsel anda.
  • Selanjutnya klik ikon Search.
  • Tunggu hingga proses loding selesai.
  • Jika nomor IMEI ponsel anda terdaftar maka keterangan berupa "IMEI terdaftar di database Kemenperin" namun jika sebaliknya maka akan muncul tampilan "IMEI tidak terdaftar di dalam database Kemenprint".

Akhir Kata

Itu tadi penjelasan singkat yang kami berikan mengenai biaya unlock IMEI Bea Cukai yang perlu anda ketahui jika ingin membawa HKT sebagai barang bawaan ke tanah air.

Kami tegaskan kembali bahwa pendaftaran atas International Mobile Equipment Identity atau IMEI tidak dipungut biaya melainkan harus ada pungutan biaya lainnya.

Anda bisa melihat dengan teliti pungutan biaya yang akan anda keluarkan di artikel di atas, jadi anda harus siap dengan pungutan tersebut jika ingin membawa barang HKT ke tanah air.

Itulah seluruh pembahasan pada artikel kali ini tentang biaya unlock IMEI ke dalam Dirjen Bea Cukai dan jangan lewatkan informasi menarik lainnya di situs kami. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel