Cara Unroot HP Xiaomi 2023

Cara Unroot HP Xiaomi
Tekno9.com
 - Bagi anda yang sedang mencari bagaimana cara unroot HP Xiaomi, tenang saja karena di artikel ini kami sudah menyediakan pembahasannya untuk anda.

Pada umumnya yang memiliki HP pintar melakukan root adalah suatu hal yang biasa, karena dengan melakukan root di HP banyak memberikan efek baik bagi para penggunanya.

Seperti untuk lebih menghemat RAM dengan greenify, dapat menghapus aplikasi bawaan dan memasang costom room di HP anda.

Jika anda sudah telanjur melakukan root terhadap HP Xiaomi anda dan anda tidak bisa mengembalikannya, maka anda bisa melakukan unroot terhadap HP Xiaomi tersebut.

Karena unroot ini adalah untuk mengembalikan HP keadaan awalnya atau semula seperti sebelum di root, atau untuk menghilangkan akses penuh sistem yang berasal dari root.

Melakukan unroot pada HP memiliki cara yang berbeda-beda, namun di artikel ini kami akan memberikan informasi mengenai cara unroot HP Xiaomi semua tipe.


1. Cara Unroot HP Xiaomi Menggunakan Aplikasi Super SU

Cara Unroot HP Xiaomi
Cara Unroot HP Xiaomi Menggunakan Aplikasi Super SU
Yang pertama, anda bisa mencoba unroot HP Xiaomi dengan menggunakan aplikasi Super Su yang merupakan aplikasi untuk memanage akses root.

Oleh karena itu anda bisa mengatur keperluan root mulai dari aplikasi ini, di bawah ini adalah langkah-langkah cara unroot HP Xiaomi dengan menggunakan Super SU yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama silahkan anda mendownload dan menginstall aplikasi Super SU di Google Play Store (Download Aplikasi Super SU untuk Android).
  • Jika proses install sudah selesai dilakukan, lalu silahkan anda membuka pengaturan atau setting aplikasinya, kemudian silahkan anda pilih opsi "Unroot penuh".
  • Selanjutnya silahkan anda menunggu beberapa saat karena HP Xiaomi anda akan melakukan restart dengan sendirinya.
  • Jika proses restart selesai, maka secara otomatis sistem HP Xiaomi anda akan kembali menjadi seperti semula atau seperti sebelum anda melakukan root.
  • Selesai.


2. Cara Unroot HP Xiaomi Menggunakan Aplikasi Kingroot

Cara Unroot HP Xiaom
Cara Unroot HP Xiaomi Menggunakan Aplikasi Kingroot
Kedua anda bisa mencoba menggunakan aplikasi Kingroot untuk unroot HP Xiaomi anda, Kingroot ini adalah aplikasi root, aplikasi ini banyak sekali mendukung tipe HP, termasuk HP Xiaomi.

Seperti dilansir dari situs detikcara.com, aplikasi Kingroot ini tidak hanya bisa anda gunakan untuk memberi akses root, namun bisa juga untuk unroot.

Adapun langkah-langkah untuk cara unroot HP XIaomi dengan menggunakan aplikasi Kingroot yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama silahkan anda mendownload dan menginstall aplikasi Kingroot melalui sistem resmi (Download aplikasi Kingroot untuk Android).
  • Jika anda sudah selesai menginstallnya, ilahkan anda membuka aplikasi Kingroot tersebut.
  • Lalu silahkan anda masuk ke menu, kemudian silahkan anda ketuk "Remove Root Permission".
  • Setelah itu silahkan anda menunggu sampai proses selesai.
  • Jika sudah selesai, maka akses root di HP Xiaomi anda akan hilang dan anda tinggal restart saja.
  • Namun apabila opsi Remove Root Permission tidak ada, maka anda bisa mencoba ketuk Uninstall Kingroot, tetapi anda jangan lupa untuk menggunakan versi terbaru.
  • Selesai.


3. Cara Unroot HP Xiaomi Menggunakan Aplikasi Magisk

Cara Unroot HP Xiaomi
Cara Unroot HP Xiaomi Menggunakan Aplikasi Magisk
Selanjutnya anda bisa unroot HP Xiaomi anda dengan menggunakan aplikasi Magisk yang merupakan aplikasi rooting serta untuk management root.

Aplikasi ini memang banyak sekali yang menggunakannya terutama bagi yang terinstall custom ROM di HPnya.

Untuk langkah-langkah cara unroot HP Xiaomi dengan menggunakan aplikasi Magisk yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama silahkan anda membuka aplikasi Magisk yang ada di HP Xiaomi anda (Download Aplikasi Magisk untuk Android).
  • Setelah itu silahkan anda mencari opsi "Uninstall".
  • Lalu silahkan anda menunggu sampai proses selesai.
  • Selesai.


4. Cara Unroot HP Xiaomi dengan Flash Ulang HP Xiaomi

Cara Unroot HP Xiaomi
Cara Unroot HP Xiaomi dengan Flash Ulang HP Xiaomi
Selain dengan menggunakan aplikasi yang sudah kami jelaskan di atas untuk melakukan cara unroot HP Xiaomi, anda juga bisa dengan cara mengflash ulang HP Xiaomi anda.

Karena perlu anda ketahui bahwa metode flash ini adalah metode paling efektif untuk menghapus akses root dari HP Xiaomi.

Karena dengan flash ulang termasuk metode yang akan mengganti sistem menjadi custom atau dapat dikatakan bebeda dengan pabrik.

Dengan cara ini untuk unroot HP Xiaomi maka sistemnya akan benar-benar terganti, sehingga data-data sistemnya secara otomatis akan berubah.


5. Cara Unroot HP Xiaomi dengan Reset HP Xiaomi

Cara Unroot HP Xiaomi
Cara Unroot HP Xiaomi dengan Reset HP Xiaomi
Cara terakhir yang bisa kami informasikan untuk unroot HP Xiaomi adalah dengan mereset HP Xiaomi anda.

Karena jika anda mereset HP Xiaomi anda, maka HP Xiaomi anda akan kembali seperti semula, untuk langkah-langkah cara unroot HP Xiaomi dengan meresetnya yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama silahkan anda membuka setelan HP Xiaomi anda.
  • Kemudian silahkan anda masuk ke Cadangkan dan Setelan Pabrik.
  • Selanjutnya silahkan anda klik "Mengembalikan ke setelan pabrik".
  • Selesai.


Manfaat Unroot HP Xiaomi

Di atas sudah kami jelaskan beberapa cara yang bisa anda coba untuk cara unroot HP Xiaomi, dalam kesempatan ini juga kami akan meberikan anda informasi mengenai manfaat unroot HP Xiaomi.

Anda bisa simak di bawah ini beberapa manfaat jika anda melakukan unroot terhadap HP Xiaomi yaitu sebagai berikut:

a. Garansi Akan Kembali

Manfaat pertama jika anda unroot HP Xiaomi anda adalah garansi HP Xiaomi anda akan kembali sehingga anda bisa mengeklaim garansi ke distributor secara resmi.

karena pada dasarnya setiap distributor HP yang berbasis Android, termasuk Xiaomi melarang para penggunanya untuk melakukan root.

Apabila melakukan root, maka pengguna tidak akan diberikan untuk melakukan klaim garansi ke distributor.

b. Menghindari Bootloop

Manfaat kedua jika anda melakukan proses cara unroot HP Xiaomi anda adalah anda dapat menghindari bootloop terhadap HP Xiaomi anda.

Bootloop ini merupakan hal yang menyebabkan HP Xiaomi tidak bisa masuk ke menu dan hanya bisa berhenti dibagian logo pada saat HP dinyalakan.

Dan salah satu penyebab hal tersebut adalah karena proses rooting tidak berjalan dengan sempurna, lalu untuk mengatasi hal tersebut, anda harus menginstall ulang HP Xiaomi anda.

c. Menghindari Kerusakan Sistem

Manfaat berikutnya jika anda melakukan unroot HP Xiaomi anda adalah dapat menghindari kerusakan sistem di HP Xiaomi anda.

Jika anda melakukan root akan mengeksplorasikan bagian dari Android atau Xiaomi anda sampai ke dasar sistem.

Dan didalam sistem tersebut terdapat banyak file penting, dan hal ini tentunya terhubung secara langsung dengan kinerja Android.

d. Untuk Update OS

Manfaat terakhir yang bisa kami informasikan jika anda melakukan unroot terhadap HP Xiaomi anda yang sudah telanjur di root adalah and akan bisa update OS.

Sebagai contoh, anda ingin mengubah sistem operasi dari Android Naugat ke sistem Android Oreo, maka hal ini untuk update OS hanya bisa dilakukan di HP dalam kondisi bawaan saja.

Oleh karena itu, apabila HP Xiaomi anda sudah di root maka anda harus melakukan proses cara unroot HP Xiaomi terlebih dahulu.


Akhir Kata

Itulah beberapa cara unroot HP Xiaomi yang bisa anda terapkan dan beberapa manfaat jika anda melakukan unroot terhadap HP Xiaomi anda.

Bagi yang sebelumnya belum mengetahui cara unroot terhadap HP Xiaomi, semoga dengan artikel ini dapat anda jadikan gambaran untuk mencobanya bagi yang ingin melakukan unroot HP Xiaominya.

Silahkan anda membagikan informasi pada artikel ini kepada teman maupun keluarga anda, siapa tahu mereka sedang mencari informasi menyangkut pembahasan dalam artikel ini.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel