Cara Tethering HP ke PC 2023

Cara tethering hp ke pc
Cara tethering hp ke pc sangatlah mudah untuk dilakukan, salah satunya bisa anda lakukan dengan menggunakan kabel data.

Menyambungkan handphone ke laptop pada umumnya bisa dilakukan untuk dua kebutuhan yaitu memindahkan data ataupun file dan untuk menghubungkan jaringan internet.

Memindahkan data ataupun file dari handphone ke laptop biasanya dilakukan untuk mengurangi kapasitas penyimpnan yang ada pada handphone supaya tidak penuh.

Sehingga anda bisa menampung file-file baru yang anda miliki, umumnya file yang besar datang dari foto ataupun video anda.

Lalu untuk kebutuhan keduanya yaitu dengan menyambungkan jaringan internet, anda bisa melakukannya dengan memanfaatkan fitur hostpot yang sudah tersedia pada perangkat handphone.

Cara supaya bisa terhubung dengan jaringan handphone ke laptop tersebut bisa dikenal dengan sebutan tethering.

Karena hal tersebut sudah menajdi opsi yang sangat banyak digunakan jika koneksi wifi yang sudah terhubung ke laptop mendadak terputuskan.

Tethering handphone ke dalam laptop sangatlah mudah dan bisa dilakukan dengan sangat cepat tanpa ribet.

Selain dengan menggunakan metode tersebut, cara untuk menguhubungkan internet dari handphone ke dalam laptop juga bisa dilakukan dengan menggunakan kabel USB.

Dengan menggunakan kabel USB tersebut bisa dibilang sebagai cara yang paling mudah dan efektif yang bisa anda lakukan.

Dikarenakan anda hanya membutuhkan kabet data USB dengan begitu anda akan mendapatkan internet yang jauh lebih baik.

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda bisa simak cara tethering hp ke pc yang sudah ada di bawah ini sampai selesai yaa gess yaa!!!


1. Cara Tethering HP ke PC dengan Menggunakan Kabel Data

Cara Tethering HP ke PC
Cara Tethering HP ke PC dengan Menggunakan Kabel Data
Cara untuk menguhubungkan handphone ke laptop dengan kabel data sangat mudah untuk dilakukan loh guys.

Akan tetapi sebelum anda melakukan langkah tersebut pastikanlah handphone android yang akan anda gunakan sudah berlangganan paket data internet dan sudah terdeteksi pad PC atau laptop.

Jika masih belum terdeteksi dan membutuhkan perangkat lunak tertentu sebaiknya anda menginstall terlebih dahulu driver sesuai dengan merk handphone yang anda gunakan.

Silahkan anda bisa simak langkah-langkah mengenai cara tethering hp ke pc dengan menggunakan kabel data, yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menghubungkan handphone android anda ke komputer atau laptop dengan menggunakan port USB.
  • Setelah itu anda tinggal membuka menu "settings" lalu anda buka "wireless and networks".
  • Khususnya untuk para pengguna handphone samsung, silahkan anda bisa memilih opsi "tethering and portable Hostpot" lalu anda tinggal mengaktfkan USB tethering.
  • Silahkan anda tunggu sampai aktif yang ditandai dengan muncul tulisan "Tethered".
  • Selesai!!!
Jika sudah berhasil, silahkan anda bisa langsung cek perangkat anda apakah PC atau Laptop anda sudah bisa menggunakan koneksi internet dengan cara mengklik ikon Netswork pada PC.

Apabila anda berhsil menjadikan handphone sebagai modem maka anda akan melihat tulisan networl internet accesss.

Cara untuk menguhubungkan handphone ke laptop dengan menggunakan kabel data tersebut pada umumnya bisa dilakukan untuk semua handphone android.

Akan tetapi terdapat beberapa handphone yang mempunyai pengaturan yang berbeda.

Supaya jauh lebih jelas dan tidak terjadi kesalahan pada saat anda akan mencobanya ada baiknya anda membaca terlebih dahulu buku panduan dari handphone anda.


2. Cara Tethering HP ke PC dengan Menggunakan WiFi Hostpot

Cara Tethering HP ke PC
Cara Tethering HP ke PC dengan Menggunakan WiFi Hostpot
Selain anda bisa menggunakan USB anda juga bisa menggunakan hostpot handphone yang ada para perangkat anda.

Cara untuk hostpotan dari handphone ke dalam laptop sangat mudah dan bisa anda lakukan sendiri dengan sangat cepat dan praktis.

Dikarenakan cara tethering handphone ke dalam perangkat laptop bisa dilakukan hanya dengan menyiapkan handphone yang sudah mempunyai paket data internet yang aktif.

Di bawah ini sudah ada langkah-langkah mengenai cara tethering hp ke pc dengan menggunakan WiFI Hostpot, yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama silahkan anda masuk ke dalam menu "setting" kemudian anda bisa klik pada bagian "Connection" atau jaringan yang lainnya.
  • Setelah itu anda tinggal memilih opsi "tethering dan juga portable hostpot".
  • Silahkan anda bisa menyelakan atau mengaktifkan "hostpot wifi" yang ada pada handphone anda.
  • Hal penting yang harus anda perhatikan adalah anda haris memberikan nama jaringan atau network SSID, pengaman atau security pilih WPA2-PSK dan juga passowrd lalu simpan.
  • Jika usdah menyalakan "wireless" yang ada pada laptop, silahkan anda tinggal cek dan sambungan tersebut sudah berhasil.
  • Apabila ID sudah terbaca, silahkan anda klik opsi "connest".
  • Jika sudah anda bisa memasukkan "security key" atau "kata sandi".
  • Selesai!!!
Itulah dia cara untuk hostpotan dari handphone ke dalam perangkat laptop atau komputer yang bisa langsung anda coba terapkan.

Kami ingatkan kembali, pastikanlah baterai handphone anda masih cukup banyak karena menggunakan android sebagai modem membuat baterai anda akan cepat habis.


3. Cara Tethering HP ke PC dengan Menggunakan Bluetooth

Cara Tethering HP ke PC
Cara Tethering HP ke PC dengan Menggunakan Bluetooth
Selain dua cara yang sudah kami berikan di atas, terdapat satu cara atau metode yang akan memudahkan anda untuk memberikan koneksi internet pada laptop ataupun komputers melalui android.

Anda bisa saja menggunakan koneksi bluetooth sebagai jembatan jaringan nirkabel sharing internet.

Didalam sistem operasi android, selain bisa digunakan untuk berbagi internet melalui jaringan wifi bisa anda lakukan dengan menggunakan sambungan dari bluetooth.

Adapun langkah-langkah mengenai cara tethering hp ke pc dengan menggunakan bluetooth yang bisa anda terapkan dengan sangat mudah, yaitu sebagai berikut:
  • Pertama yang harus anda lakukan adalah menghidupkan atau mengaktifkan bluetooth yang ada pada handphone anda.
  • Setelah itu anda tinggal masuk ke dalam "pengaturan atau setelah" yang sudah tersedia pada perangkat handphone anda.
  • Selanjutnya anda tinggal masuk ke dalam menu "jaringan" kemudian anda tinggal mencari fitur "menambahkan dan hostpot portable".
  • Dilanjutkan dengan anda klk untuk ke dalam pilihan tersebut.
  • Apabila sudah berhasil masuk, silahkan anda bisa centang opsi "penambatan Bluetooth".
  • Selesai!!!
Jika terdapat handphone lain yang ingin bergabung dengan hostpot dari handphone anda, pastinya harus mengaktifkan fitur tethering dengan menggunakan bluetooth pada perangkah handphone nya.

Cara untuk menghubungkan internet handphone ke dalam perangkat laptop sangatlah mudah untuk dilakukan.

Sehingga anda bisa berbagi internet walaupun jaringan wifi pada salah satu perangkat handphone tidak tersedia atau rusak.

Walaupun cara untuk melakukan pengaturan dan penggunanaanya sangatlah mudah, akan tetapi terdapat sedikit kekurangan pada cara tersebut.

Kecepatan internet dengan menggunakan bluetooth jauh lebih lambat jika di bandingkan dengan menggunakan wifi atau melalui hostpot.


Akhir Kata

Itulah dia beberapa metode atau cara tethering hp ke pc yang bisa kami berikan untuk anda terapkan dengan sangat mudah loh guys.

Silahkan anda bisa menggunakan salah satu dari beberapa metode yang sudah kami berikan untuk anda di atas, gunakanlah metode yang menurut anda paling mudah untuk dilakukan.

Bila anda rasa ulasan yang sudah kami berikan di atas penting, maka anda jangan lupa untuk membagikannya ke teman atau kerabat anda yang belum mengetahuinya.

Cukup sudah seluruh pembahasan yang bisa kami berikan untuk anda pada artikel kali ini, sekian dan semoga bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba yaa gess yaa.
Ikuti terus info dan tutorial menarik lainnya yang ada di situs cara1001.com ini ya.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel