Cara Membuat Proposal Penelitian 2023

Cara Membuat Proposal Penelitian
Cara membuat proposal penelitian
perlu diketahui agar proposal yang diajukan tersebut bisa diterima langsung oleh pihak yang terkait.

Proposal penelitian adalah salah satu jenis karya ilmiah yang bertujuan untuk mengusulkan proyel penelitian, baik dalam bidang sains maupun untuk kepentingan akademik.

Biasanya proposal dibuat oleh par mahasiswa yang sedang menempuh tugas akhir dan peneliti profesional agar penelitiannya didanai oleh pihak terkait.

Oleh karena itu, proposal harus disusun secara sistematis dan bersifat ilmiah sehingga proposal yang akan diajukan menggunakan kalimat yang sesuai dengan tujuan proposal yang dibuat.

Tidak hanya itu, proposal penelitian yang dibuat harus bersifat objektif sehingga kebenarannya dapat dipertanggung jawabkan.

Maka dari itu, membuat proposal penelitian perlu diperhatikan akademisinya sehingga anda bisa menyampaikan maksud dan tujuan penelitian dengan jelas dan runtut.

Nah, pada artikel kali ini kami akan membagikan informasi mengenai cara membuat proposal penelitian termasuk urutan penulisan yang benar.


Jenis Proposal Penelitian

Sebelum kita berbicara terkait cara membuat proposal penelitian yang baik dan benar, ada beberapa jenis proposal penelitian yang harus anda ketahui.

Proposal penelitian memiliki beragam jenis, berikut ini adalah 4 jenis proposal penelitian yang bisa anda pelajari yaitu sebagai berikut:

a. Proposal Penelitian Pengembangan

Jenis proposal penelitian pertama adalah proposal penelitian pengembangan yang dibuat untuk kegiatan yang menghasilkan suatu rancangan atau produk yang digunakan untuk memecahkan masalah aktual.

Contoh proposal penelitian pengembangan ini seperti skripsi, proposal tesis dan proposal disertasi yang ditulis berdasarkan hasil kerja pengembangan sesuai aturan format dan sistematika yang beragam.

b. Proposal Penelitian Kajian Pustaka

Jenis proposal penelitian selanjutnya adalah proposal penelitian pustaka yang berisi tentang telaah pustaka yang dibuat dengan mengumpulkan data atau informasi dari berbagai sumber pustaka.

c. Proposal Penelitian Kualitatif

Jenis proposal penelitian ketiga adalah proposal penelitian kualitatif yang dibuat untuk mengungkapkan gejala secara holistik-kontekstual.

Proposal penelitian kualitatif ini bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisi pendekatan induktif.

d. Proposal Penelitian Kuantitatif

Jenis proposal penelitian selanjutnya yaitu proposal penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan dedukatif-induktif.

Proposal jenis kuantitatif ini biasanya dibuat berdasarkan suatu kerangka teori lalu dilanjutkan dengan pemahaman peneliti berdasarkan pengalamannya.


Cara Penulisan Proposal Penelitian

Cara Membuat Proposal Penelitian
Cara Penulisan Proposal Penelitian
Secara umum, penulisan proposal penelitian bisa disusun dengan langkah yang sederhana, namun semua bagian harus benar-benar disusun secara detail dan terperinci.

Proposal penelitian merupakan dasar yang digunakan sebagai permulaan penelitian, ketika proposal disetujui sehingga anda bisa melakukan penelitian untuk mendapatkan data yang diperlukan.

Pertanggung jawaban atas penggunaan sumber daya yang sudah diajukan juga harus dilakukan, hal ini dilakukan sebagai bentuk kredibilitas anda sebagai peneliti yang mengajukan proposal.

Sebelum kami membagikan cara membuat proposal penelitian, untuk kerangka proposal penelitian secara sistematis adapun rancangannya yaitu sebagai berikut:

a. Pendahuluan

Tahapan penulisan proposal penelitian yang pertama adalah pendahuluan yang masuk di bab pertama.

Pendahuluan ini menjelsakan alasan melakukan penelitian dan apa hasil yang ingin di capai dari penelitian tersebut.

b. Latar Belakang

Selanjutnya adalah latar belakang penelitian yang juga masuk di bab pertama, sesuai namanya latar belakang menjelaskan alasan pemilihan topik penelitian.

Anda bisa menjelaskan alasan dengan sekasama, idelanya menggunakan alasan yang jelas dan konkrit dan menggunakan pengalaman serta penilaian pribadi sebagai latar belakang.

c. Rumusan Masalah

Rumusan masalah biasanya berbrntuk daftar pertanyaan yang menjadi asalan mengapa topik penelitian diambil.

Misalnya, mengajukan pertanyaan mengenai apa itu diabetes?dampak bagi pasien diabetes?serta solusi apa yang tepat untuk menjaga pasien diabetes.

d. Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini isinya cukup menjelaskan jawaban dari pertanyaan didalam rumusan masalah, dengan begitu tujuan penelitian jelas yakni menjawab berbagai pertanyaan yang melatarbelakangi topik.

e. Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian juga perlu dicantukam didalam proposal yang akan diajukan ke pihak penyedia dana penelitian.

Melalui bagian ini, anda bisa menjelaskan arti penting dan manfaat besar jika penelitian berhasil ditemukan.

f. Tinjauan Pustaka

Selanjutnya adalah bab tinjauan pustkan, pada bab ini anda menjabarkan berbagai serta teori peneliti yang digunakan sehingga relevan dengan penelitian.

Dengan begitu, proses untuk menjelaskan teori penelitian di bab landasan teori yang kemudian digunakan sebagai dasar penelitian.

g. Landasan Teori

Landasan teori adalah seluruh teori hasil penelitian sebelumnya yang bisa menjadi dasar penelitian maupun yang memperkuat topik penelitian yang diambil.

Tanpa adanya landasan teori maka topik penelitian dianggap kurang relevan, tidak memiliki tingkat urgensi dan tidak bisa dilaksanakan.

h. Metode Penelitian

Proposal peleitian juga menggunakan metode tertentu, metode ini perlu dijelaskan didalam proposal penelitian sehingga masuk ke bab khusu metode penelitian.

Didalamnya menjelaskan metode penelitian yang digunakan serta alasan mengapa metode tersebut digunakan.

Dengan begitu, penelitian yang dilakukan jelas dan terstruktur karena sudah memilih metode yang dirasa paling sesuai.

i. Kerangka Penelitian

Isi proposal penelitian selanjutnya adalah bab kerangka penelitian, bab ini merupakan ringkasan dari seluruh bab didalam proposal yang dijelaskan lebih singkat dan jelas.

j. Penutup

Tahap penulisan proposal penelitian terakhir adalah bab penutup yang berisi kesimpulan dari rencana kegiatan penelitian yang diajukan.

Selain berisi kesimpulan, bab ini juga berisi daftar pustaka yang mencantukan seluruh referensi yang menjadi dasar penelitian


Cara Membuat Proposal Penelitian

Cara Membuat Proposal Penelitian
Cara Membuat Proposal Penelitian
Proposal penelitian yang diajukan akan sangat menentukan nasib skripsi yang disusun, jika proposal baik dan benar sehingga bisa disetujui oleh dosen.

Dengan begitu, anda bisa segera berlanjut je penyusuanan skripsi dan bisa mempercepat penyelesaiannya.

Lalu, seperti apa cara membuat proposal penelitian agar bisa disebut baik dan benar?anda bisa simak dan mempraktekkan panduan membuat proposal penelitian yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, silahkan anda tentukan judul dengan melihat kajian pustaka dan tema bersangkutan, sesuaikan juga dengan tujuan dan dasar penelitian anda.
  • Kemudian buat latar belakang yang jelas, mencangkup mengapa penelitian tersebut harus dilakukan, apa tujuannya dan apa masalah yang ingin dipecahkan.
  • Rancangan langkah penelitian, mulai dari pengumpulan materi awal, pencarian sumber materi, analisis data awal yang dimiliki, cara pengambilan data, perkiraan data, margin error yang mungkin terjadi, hipotesa awal dan kebutuhan penelitian.
  • Buat menjadi satu proposal penelitian yang padat, singkat dan jelas.
  • Setelah itu anda bisa ajukan langsung ke pihak yang berkepentingan.
  • Selesai.


Contoh Judul Proposal Penelitian

Dalam pembuatan proposal penelitian anda harus memperhatikan struktur pembuatan proposal agar sesuai dengan aturan yang telah ditentukan.

Selain itu, cara membuat proposal penelitian yakni penting bagi anda untuk memilih atau menyusun judul proposal dengan baik dan benar.

Judul proposal yang ideal biasanya menyampaikan topik penelitian dan menambahkan lokasi penelitian dilakukan.

Adapun beberapa contoh judul proposal penelitian yaitu sebagai berikut:
  • Analisis Tingkat Pemahaman Siswa Kelas 2 SD Melati dalam Pembelajaran Bab Keluarga Menggunakan Permainan Ular Tangga.
  • Pengaruh Pengajaran Vocabulary Menggunakan Metode Total Physical Response Terhadap Prestasi Belajar Vocabulary.
  • Faktor-Faktor yang Melatarbelakangi Siswa Tidak Ingin untuk Berkonsultasi Kepada Guru Pembimbing.
  • Perbedaan dari Pembelajaran Bermodel Konstruktivisme dengan Metode Eksperimen dan Metode Oral Ditinjau dari Prestasi Belajar Fisika Siswa.
  • Perbedaan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Biologi dengan Metode Diskusi dan Metode Ceramah.
  • Perbandingan Prestasi Belajar Antara Siswa yang Diajar dengan Alat Peraga dan Tanpa Alat Peraga pada Bidang Studi IPS.


Akhir Kata

Itulah seluruh isi pembahasan yang dapat kami jabarkan kepada anda seputar cara membuat proposal penelitian dengan benar.

Bagi anda yang sedang menyipakan proposal penelitian bisa memahami ulasan yang telah kami bagikan diatas agar proposal penelitian anda diterima.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan kepada anda mengenai cara membuat rancangan proposal penelitian pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Ikuti terus info dan tutorial menarik lainnya yang ada di situs cara1001.com ini ya.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel