Cara Agar Pemilik WiFi Tidak Bisa Melihat History Dari Penggunanya di Android

Daftar Isi
Bagi anda yang sedang mencari bagaimana cara agar pemilik wifi tidak bisa melihat history dari penggunanya di Android, tenang saja karena di artikel ini kami sudah menyediakan pembahasannya untuk anda.

Bagaimana cara supaya pemilik wifi tidak dapat melihat history anda melalui perangkat Android? Mungkin pertanyaan ini sedang menghinggapi para pengguna wifi tanpa izin.

Sebenarnya ada saja trik yang dapat anda gunakan untuk melakukan hal tersebut, bahkan ada beberapa pendukung yang sengaja memberikan trik ini agar tidak ketahuan saat menggunakan wifi orang lain.

Sama halnya dengan cara masuk ke wifi orang tanpa kata password, pengguna HP Android juga dapat mengatasinya dengan beberapa tahapan.

Untuk menghapus story WiFi dapat dilakukan menggunakan fitur bawaan dari HP tersebut ataupun menggunakan aplikasi bantuan.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghapus atau menghilangkan riwayat pencarian internet.

Metode ini adalah cara yang paling ampuh agar bisa digunakan untuk menghapus pencarian pengguna terhadap jaringan wifi tersebut.

Untuk menghapus story pengguna wifi, tentu saja fitur tersebut harus diaktifkan terlebih dulu sebelum terhubung dengan internet.

Jadi sebelum terkoneksi, pastikan pengguna mengaktifkan fitur tersebut agar tidak ketahuan.

Cara Agar Pemilik WiFi Tidak Bisa Melihat History Dari Penggunanya di Android
Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan dibawah ini agar mengetahui bagaimana cara agar pemilik wifi tidak bisa melihat history dari penggunanya di Android. Simak sampai selesai yaa!

1. Menggunakan VPN

Cara agar pemilik wifi tidak bisa melihat history dari penggunanya di Android yang pertama kami rekomendasikan adalah dengan menggunakan VPN

Agar story penggunaan wifi publik anda tidak terlacak di Hotspot pemilik wifi, maka anda bisa memanfaatkan VPN.

Untuk aplikasi VPN sendiri bebas, yaa! Anda dapat memilih aplikasi VPN manapun di PlayStore untuk digunakan.

Pilihlah aplikasi yang menurut anda lebih cocok digunakan dan sesuai dengan perangkat anda sekarang ini.

Pastikan menjalankan aplikasi VPN terlebih dulu sebelum terkoneksi ke internet, cara ini dapat menjadi trik yang cukup ampuh dan aman.

Gunakanlah aplikasi VPN terbaik dengan server jaringan yang cukup luas.

2. Menggunakan Mode Incognito

Cara agar pemilik wifi tidak bisa melihat history dari penggunanya di Android yang berikut ini sangat cocok untuk anda yang suka menggunakan mode samaran pada browser.

Yaa! Mode Incognito adalah mode samaran yang ada pada Google Chrome yang mampu membuat pemindai wifi tidak mengetahui anda mengakses apa.

Pastikan anda menggunakan mode ini supaya riwayat pencarian tidak dapat diakses oleh pemilik wifi dengan mudah.

Hampir semua aplikasi browser di HP Android sekarang ini sudah dibekali dengan fitur yang satu ini yaitu, mode incognito.

Bagi pengguna Google Chrome bisa mengaksesnya pada bagian settingan di pojok kanan atas dan pilih penyamaran.

Pastikan anda masuk ke menu ini terlebih dulu baru mengkoneksikannya ke WiFi yang akan digunakan.

3. Menggunakan Aplikasi Tap To Browser

Cara agar pemilik wifi tidak bisa melihat history dari penggunanya di Android satu ini dilakukan menggunakan aplikasi yang bernama Tap To Browser.

Seperti dilansir dari situs insidetekno.com, aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi yang cukup efektif untuk dapat menonaktifkan riwayat penggunaan pemilik wifi.

Untuk menggunakannya, silahkan download aplikasi terlebih dulu pada Google Play Store atau langsung klik tautan yang kami sediakan.

- Download Aplikasi Tap To Browser

Kalau sudah, silahkan buka aplikasi dan berikan akses izin aplikasi untuk beberapa data pengguna.

Anda bisa langsung menggunakan browser ini untuk melakukan akses ke jaringan internet yang anda gunakan.

Namun sebelum itu, silahkan tutup terlebih dulu semua aplikasi yang sedang anda gunakan saat itu agar tidak terbaca pada sistem pemilik.

Apakah Pemilik WiFi Bisa Melihat History Dari Penggunanya?

Jika anda merasa penasaran apakah orang yang memiliki wifi bisa melihat riwayat pencarian anda atau tidak? Jawabannya adalah sangat bisa dan mudah dilakukan.

Karena itulah anda harus berhati-hati saat menggunakan wifi di tempat umum ataupun menumpang wifi-an pada teman sendiri.

Dengan kecanggihan tekhnologi sekarang ini, setiap wifi sudah terpasang Custom Firmware seperti OpenWrt sehingga pemiliknya bisa dengan mudah melihat riwayat pencarian oleh pengguna Android.

Namun beberapa operator akan mengalami kesulitan saat ingin memantau aktivitas wifi yang digunakan di internet karena sibuk dengan pekerjaan dan aktivitas lainnya.

Oleh karena itu dibutuhkan suatu metode untuk mengetahui aktivitas pengguna wifi selama menggunakan jaringan internet.

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penyusupan konten-konten yang tidak baik bagi mereka.

Walau begitu, rupanya cara untuk menyembunyikannya lebih banyak dicari dibandingkan dengan cara mengetahui riwayat pencariannya.

Namun bagi para pemilik wifi yang ingin mengetahui aktivitas pengguna wifinya, bisa menggunakan metode yang kami bagikan dibawah ini.

1. Menggunakan Router Logs

Router Logs dapat digunakan untuk melihat riwayat penelusuran jaringan publik, itu karena pada Router terdapat sebuah Log yang bertujuan untuk melihat apa yang di searching di internet.

Log Router merupakan catatan penggunaan wifi pada router, anda tidak hanya bisa melihat riwayat penelusuran saja melainkan juga aktivitas menggunakan wifi seperti menonton, bermain game dan lainnya.

Semua aktivitas yang dilakukan bisa direkam atau disimpan pada Log Router, untuk mengakses Log Router anda bisa mengikuti tahapan dibawah ini yaitu, sebagai berikut:
  • Buka browser menggunakan HP Android anda.
  • Selanjutnya, masukkan kode IP pada router di Search Browser.
  • Silahkan copy kode 192.168.0.1 atau 192.168.1.1 dan tempelkan pada browser anda.
  • Login menggunakan akun pengguna untuk melihat riwayat pencarian.
  • Kemudian lihat menu history penggunaan wifi.

Sebelum melihat Log Router ini, terlebih dulu anda harus memastikan bahwa fitur perekaman ini dapat berjalan atau aktif.

Kalau tidak, maka anda bisa mengaktifkannya pada area administrasi dan menemukan lalu mengaktifkan area Log.

Setelah itu, maka semua aktivitas penggunaan wifi dari semua perangkat yang terhubung dengan wifi akan direkam.

2. Melihat Riwayat Akses Pengguna WiFi di Android dan PC

Trik paling mudah untuk mengetahui aktivitas pengguna wifi adalah melalui History riwayat pencarian yang ada di browser.

Dengan ini anda bisa mengetahui aktivitas anak selama menggunakan HP, walaupun tidak memantau selama 24 jam namun anda bisa mengawasinya melalui history yang digunakan pada HP.

Adapun cara mengetahui aktivitas pengguna WiFi anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini yaitu, sebagai berikut:
  • Pertama, silahkan masuk ke browser yang ada di HP atau PC anda (Google Chrome, Opera, Mozila dan lainnya).
  • Setelah itu, klik pada bagian pojok kanan yang ada di icon titik tiga.
  • Kemudian pilih menu riwayat.
Anda juga bisa melihat riwayat pencarian dengan cepat melalui Shortcut, anda hanya perlu mengklik CTRL+H secara bersamaan dan akan muncul sebuah gambar yang berisi history penerlusuran.

Itulah kumpulan cara agar pemilik wifi tidak bisa melihat history dari penggunanya di Android yang perlu anda ketahui.

Menyembunyikan history pencarian perlu dilakukan agar terhindar dari operator yang tidak bertanggung jawab.

Bagi anda yang belum tahu caranya, silahkan simak pembahasan diatas dan ikuti setiap arahan yang diberikan dengan benar tanpa melewati satupun.

Pastikan anda sudah memahami kekurangan dan kelebihan yang dimilik setiap metode diatas agar terhindari dari resiko nantinya. Sekian dan semoga bermanfaat.