Download Python for Windows 2022

Download Python for Windows
Download python for Windows perlu diketahui, python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk memudahkan pengolahan data seperti data science dan membangun machine learning.

Tak hanya itu, Python juga digunakan oleh para developer untuk mengembangkan sistem, game, serta membangun GUI dekstop.

Cara menggunakannya sangat mudah bahkan bisa ditemukan di internet.

Belajar Python dapat dilakukan secara otodidak, akan tetapi kalau bingung mulai dari mana pemula bisa mengikuti kursus Science yang fokusnya memberikan materi Python step by step.

Bahasa pemrograman python bisa dijalankan melalui IDE dan code editor, beberapa diantaranya yaitu IDLE, Spyder, PyCharm, dan Visual Studio Code.

Apakah pyhthon bisa dipasang pada semua sistem operasi? Jawabannya adalah, ya! Python bisa dipasang di berbagai sistem operasi seperti MacOS, Windows dan juga Linux.

Seperti yang sudah diketahui bahwa Windows termasuk sistem operasi yang banyak digunakan baik untuk personal atau perusahaan.

Windows juga termasuk sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft yang menggunakan GUI.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak cara download Python for Windows dan install Python dibawah ini. Simak sampai selesai, OK!


Why Python?

Download Python for Windows
Why Python?
Ini adalah salah pertanyaan yang mungkin muncul di benak anda, Mengapa Python? Terlebih dulu akan kami ulas sedikit informasi tentang apa itu Python.

Python merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang menekankan pada keterbacaan kode.

Hal tersebut membuat pemrograman menjadi lebih fokus dalam mengembangkan pemrogramannya daripada menyusun kode.

Pasalnya Python digunakan untuk data Science karena mempunyai berbagai library yang mempermudah pengolahan data diantaranya seperti Pandas, Matplotlib, Numpy dan Scipy.

Struktur kode dan penerapannya juga cukup mudah dipelajari dan dipahami oleh pemula sekalipun.

Untuk memanggil library dengan akan digunakan, silahkan ketikkan perintah import (Misalnya saat anda ingin menggunakan library Pandas, maka gunakan Sintaks Import Pandas as pd).


Cara Download Python for Windows

Download Python for Windows
Cara Download Python for Windows
Pasalnya cara download Python for Windows sangat mudah, silahkan simak langkah-langkah dibawah ini yaitu sebagai berikut:
  • Pertama, anda bisa mengunduh file instalasinya langsung melalui situs resmi Python yaitu python.org.
  • Setelah itu langsung klik menu Download yang tersedia.
  • Nanti akan muncul pilihan sistem operasi yaitu Windows, MacOS, Linux/UNIX dan Platform lainnya.
  • Silahkan pilih sesuai sistem operasi yang terpasang di Komputer atau Laptop anda.
  • Karena pada kesempatan ini kami akan membahas Windows, maka silahkan klik pada opsi "Windows".
  • Lalu akan muncul beberapa versi yang dapat anda download, baiknya jika download versi paling terbaru yang ada paling atas.
  • Tekan versi Python terbaru yang ada pada pilihan paling atas dan tunggu sampai proses download selesai.


Install Python di Windows

Download Python for Windows
Install Python di Windows
Kalau file instalasi download Python for Windows sudah selesai, sekarang saatnya anda mengetahui cara menginstall Python pada sistem operasi Windows, adapun langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:
  • Silahkan Double Click file instalasi Python yang sudah di download.
  • Selanjutnya Checklist pilihan yang ada pada bagian bawah yaitu Install Launcher for All Users dan Add Python 3.6 to path.
  • Lanjut tekan Install Now dan tunggu sampai proses instalasi selesai.
  • Nanti akan muncul pilihan yaitu Disable path length limit, pengguna windows disarankan untuk menonaktifkan batasan ini.
  • Sampai tahap ini, proses instalasi python sudah berhasil dilakukan.

Setelah berhasil menginstall python, sekarang anda bisa menjalankannya melalui python IDLE Shell dan Command Prompt (CMD), carilah python pada kolom Search.


Tambahkan Library pada Python

Download Python for Windows
Tambahkan Library pada Python
Setelah mengetahui cara download Python for Windows dan cara installnya, perlu diketahui juga bahwa python mempunyai banyak library yang mendukung berbagai pengembangan program.

Umumnya library sudah otomatis terpasang ketika install Python.

Akan tetapi ada juga library yang dapat anda tambahkan dalam Python, anda bisa menggunakan perintah PIP di Command Prompt.

Perintahnya yaitu "pip install [nama_package]", andajuga bisa upgrade atau library yang sudah terpasang dan menghapus package atau library yang tidak dipakai.

Caranya sama dengan cara install yaitu "pip upgrade [nama_package]" untuk melakukan Upgrade, setelah itu perintah "pip uninstall [nama_package]" untuk menghapus package.


Pelajari Python Lebih Dalam untuk Data Analytics

Download Python for Windows
Pelajari Python Lebih Dalam untuk Data Analytics
Belajar Python untuk data Science harus dilakukan secara konsisten, anda bisa belajar dengan mencari tutorial di internet atau dari buku-buku.

Tutorial pemula data dimulai belajar dari Basic yaitu untuk memahami dasar-dasar Python, atau juga bisa dengan mengikuti kursus.

Anda akan memperlajari Python dari tingkat dasar sampai tingkat lanjut bersama para mentor data profesional, keren bukan?

Setiap module yang berhasil diselesaikan, maka anda akan mendapatkan sertifikat completion yang dapat anda upload ke media sosial sebagai pencapaian.

Menginstall Python merupakan langkah awal untuk belajar Data Analytics, baik bagi Role Programmer ataupun Non-Programmer.

Pasalnya bahasa pemrograman termasuk beginner friendly, sehingga banyak non-programmer yang menggunakan python untuk mengerjakan tugas yang berkaitan dengan data analytics seperti akuntan.

Dibawah ini kami sudah merangkum beberapa hal yang menjadikan Python banyak digunakan untuk Data Analytics, diantaranya yaitu:
  • Bahasa pemrograman Python bersifat fleksibel dan scalable.
  • Python mudah dipahami, dipelajari dan mempunyai Syntax sederhana.
  • Python mempunyai Community Support untuk membantu anda memecahkan berbagai jenis pertanyaan.
  • Ada Libraries untuk visualisasi data dan grafik untuk membangun Plots.
  • Python mempunyai banyak koleksi di Libraries-nya yang berfungsi untuk perhitungan numerik dan manipulasi data.


Akhir Kata

Demikianlah pembahasan seputar Python dan link download Python for Windows yang dapat kami bagikan untuk anda.

Diatas tadi juga sudah kami lengkapi dengan informasi cara install, library pada Python dan juga belajar sederhana untuk Data Analytics.

Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda seputar cara menggunakan Python. Sekian dan semoga bermanfaat.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel