Download Driver WiFi Windows 7 2022

Download Driver WiFi Windows 7
Download driver wifi Windows 7 perlu dilakukan, salah satu driver yang sering digunakan dan perlu anda install secara manual di Windows 7 adalah Driver WiFi.

Hal tersebut perlu dilakukan terlebih saat anda sudah melakukan penginstallan ulang.

Perlu diketahui bahwa kelemahan melakukan install ulang Windows 7 memang tidaj terletak pada proses menginstall diver satu per satu, itu karena tidak ada fitur Update yang dapat mendeteksi dan menginstall driver secara otomatis.

Akan tetapi tidak perlu hawatir karena pada kesempatan ini kami akan membagikan anda cara install atau download driver wifi windows 7 dengan sangat mudah.


1. Cara Download Driver WiFi Windows 7,8 dan 10 dengan DriverPack Solution

Download Driver WiFi Windows 7
Cara Download Driver WiFi Windows 7,8 dan 10 dengan DriverPack Solution
Selain untuk download driver WiFi windows 7, metode ini juga bisa diterapkan pada windows 8 dan 10, adapun langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:
  • Silahkan downloa DriverPack Solution melalui link berikut (Download Online Installer / Download Offline Installer 35GB), selanjutnya jalankan aplikasinya.
  • Berikutnya pilih "Install Automatically" untuk menginstall keseluruhan driver yang diperlukan oleh Laptop anda, termasuk Driver WiFi.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses penginstalan selesai, proses ini setidaknya memakan waktu cukup lama dan anda harus selalu terhubung dengan koneksi internet.
  • Sampai tahap ini semua driver Laptop anda sudah berhasil di install, silahkan Restart terlebih dulu sebelum mulai menggunakannya kembali.

Sama halnya dengan tekhnologi Bluetooth yang terus dikembangkan, tekhnologi wifi juga tidak ada hentinya ditingkatkan sampai sekarang muncul WiFi 6 yang kabarnya 40% lebih cepat dari WiFi 5.

Performa wifi 6 juta lebih baik di lokasi yang ramai dimana hampir setiap orang menggunakan wifi untuk keperluannya masing-masing.

Tekhnologi wifi tidak hanya digunakan untuk terkoneksi dengan internet, namun wifi juga dapat digunakan untuk mengirim dan menerima file secara wireless.

Misalnya seperti memindahkan koleksi foto dari Smartphone ke Laptop atau sebaliknya.

Dalam hal ini menggunakan wifi akan lebih praktis daripada menggunakan kabel data, itu juga lebih menghemat biaya karena tidak perlu berulang kali membeli kabel data yang rusak atau hilang.


2. Cara Install atau Download Driver WiFi Windows 7 Tanpa Aplikasi

Download Driver WiFi Windows 7
Cara Install atau Download Driver WiFi Windows 7 Tanpa Aplikasi
Agar lebih jelasnya, silahkan simak langkah-langkah dari cara download driver WiFi Windows 7 tanpa aplikasi dibawah ini untuk dijadikan panduan yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka program Device Manager di Komputer anda dengan cara menekan tombol "Windows R" pada Keyboard dan ketik "devmgmt.msc".
  • Setelah itu, tekan OK atau klik tombol "Enter".
  • Pada program Device Manager anda akan melihat semua perangkat yang ada pada Laptop lengkap dengan Driver-nya.
  • Silahkan temukan perangkat WiFi anda, biasanya akan ada pada bagian Other Device atau Network Adapters dengan nama Network Controller.
  • Kemudian, klik kanan pada perangkat Network Controller dan pilih "Properties".
  • Pada jendela Properties, silahkan klik tab "Details" dan pada bagian Properties klik menu Dropdown lalu pilih "Hardware Ids".
  • Kode Hardware Ids akan muncul nanti, silahkan salin kode baris pertama dengan cara klik kanan dan pilih "Copy".
  • Langkah selanjutnya yaitu menemukan driver yang sesuai di internet menggunakan informasi Hardware Ids tadi dan download ke Komputer.
  • Silahkan masuk ke halaman situs berikut (https://driverpack.io/en/catalog).
  • Silahkan paste atau tempelkan kode Hardware Ids ke kolom pencarian dan tekan tombol "Find".
  • Situs akan mencari driver yang sesuiai, setelah itu pastikan anda memilih iwndows 7 x32 atau x64 sesuai dengan OS yang anda miliki.
  • Lanjut! Klik pada tombol "Download ZIP" untuk menyimpannya ke komputer.
  • Setelah mempunyai file Driver yang cocok, sekarang anda tinggal menginstallnya ke komputer bisa dilakukan melalui Device Manager.
  • Ekstrak lebih dulu file Driver Zip dengan menggunakan aplikasi Kompres dan Ekstrak seperti 7Zip atau WinRAR.
  • Tekan kanan pada file Zip > pilih 7Zip/WinRAR dan pilih "Extract To".
  • Kembali ke Device Manager dan klik kanan perangkat Network Controller, lalu pilih Update Driver Software.
  • Pada jendela, silahkan pilih opsi "Browse my Computer for Drivers", lalu klik pada tombol browse dan pilih folder driver wifi.
  • Pada hasil ekstrak tadi, silahkan klik tombol OK > Next > Next (Proses install driver akan berjalan).
  • Setelah selesai, kembali ke Device Manager dan periksa apakah driver WiFi sudah terpasang atau belum.
Setelah driver berhasil terinstall, seharusnya kini WiFi di Laptop atau PC anda sudah dapat berfungsi dengan normal kembali.


3. Cara Install atau Download Driver WiFi Windows 7 Melalui Situs Resmi

Download Driver WiFi Windows 7
Cara Install atau Download Driver WiFi Windows 7 Melalui Situs Resmi
Untuk mengakses sebuah jaringan wifi, komputer yang anda gunakan harus mempunyai wifi adapter yang harus dilengkapi dengan driver yang sesuai.

Umumnya Laptop yang sudah memiliki keduanya akan langsung terkoneksi dengan wifi, namun ada kalanya driver wifi yang digunakan mengalami masalah yang membuat laptop tidak bisa mengakses jaringan wifi seperti biasanya.

Agar wifi adapter dapat kembali digunakan dengan lancar, maka driver yang bermasalah tersebut harus segera diganti.

Anda dapat mencari driver wifi terbaru yang disediakan microsoft atau mencarinya di situs perusahaan yang memproduksi wifi adapter dan menginstall driver itu untuk menggantikan driver sebelumnya.

Dibawah ini adalah langkah-langkah untuk cara install atau download driver wifi Windows 7 melalui situs resmi yang bisa dijadikan panduan yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama adalah mengunduh driver wifi langsung melalui situs resmi Laptop anda, misalnya tipe Laptop anda adalah ASUS ROG GL503GE anda tinggal Google dengan kata kunci tersebut.
  • Berikutnya anda akan diarahkan ke halaman download driver Asus, masukkan kembali tipe Laptop dan sistem operasi yang digunakan.
  • Nantinya akan ditampilkan seluruh driver sesuai dengan tipe Laptop anda.
  • Carilah driver yang bernama Wireless (nama lain dari WiFi), cari ukurannya dalam MB karena mustahil driver wifi ukurannya KB kemudian pilih "Show All".
  • Pilih driver yang bernama "Intel Wireless LAN Driver yang ukurannya sekitar 135MB dan klik Download.
  • Setelah driver berhasil di download, silahkan ekctrack file drivernya dan lakukan penginstalan seperti biasa.

Note: Selain membuat Laptop tidak bisa terkoneksi sama sekali dengan wifi, perlu diketahui juga bahwa driver wifi yang bermasalah juga menyebabkan kecepatan wifi menjadi menurun.


Akhir Kata

Nah, itulah cara install atau download driver wifi Windows 7,8 dan 10 yang dapat kami bagikan untuk anda.

Tanpa adanya driver yang berfungsi dengan baik, maka sistem operasi dari sebuah perangkat tidak akan dapat berkomunikasi dengan Hardware sehingga tidak bisa digunakan.

Biasanya produsen hardware yang bersangkutan sudah menyediakan driver yang dibutuhkan.

Akan tetapi banyak juga driver yang memang dibuat oleh pihak lain berdasarkan spesifikasi yang sudah di tentukan produsen hardware.

Pastikan anda mengikuti setiap tahapan yang sudah kami uraikan diatas dengan benar dan sesuai agar perangkat anda bisa digunakan untuk menghubungkan jaringan wifi kembali. Sekian dan semoga bermanfaat.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel