DANA Gangguan Hari Ini 2022

DANA Gangguan Hari Ini
DANA gangguan hari ini
disebabkan adanya beberapa penyebab yakni masalah koneksi, akun atau server dari aplikasi DANA.

Apa lagi DANA termasuk ke salah satu dompet digital yang sering kali dipakai dalam melakukan transaksi pembayaran, top up dan tagihan berbagai macam merchant offline dan online.

Terlebih sekarang ini DANA sudah dipakai oleh hampir 100 juta pengguna aktif di Indonesua dengan 7 juta transaksi setiap harinya.

Namun dengan angka tersebut, pastinya aplikasi DANA tidak bisa lepas dari namanya kendala gangguan atau error pada saat digunakan.

Untuk mengetahui penyebab DANA gangguan hari ini dan cara mengatasinya, langsung saja anda ikuti artikel dimana kami akan menjelaskan sebagai berikut.


1. Penyebab Akun DANA Gangguan Hari Ini

DANA Gangguan Hari Ini
Penyebab Akun DANA Gangguan Hari Ini
Sebetulnya DANA gangguan bukan hal yang pertama terjadi, namun gangguan atau error seperti adalah salah satu hal yang wajar terjadi disetiap aplikasi dengan ribuan pengguna diseluruh Indonesia.

Apa lagi hampir dari setiap dompet digital tentu saja akan mengalami hal serupa, jadi jangan khawatir akan hal tersebut.

Ada beberapa penyebab akun DANA gangguan hari ini yaitu sebagai berikut:


1. Server Error

Alasan pertama yang dimana menyebabkan aplikasi DANA gangguan hari ini yakni dikarenakan server DANA sedang mengalami error.

Pasalnya ada perbaikan yang terjadi di server (maintenance) atau update di aplikasi (updating apps), namun sebelum pihak developer DANA melakukan maintenance atau updating.

Biasanya akan langsung disampaikan pemberitahuan melalui web atau medsos tentang adanya kemungkinan aplikasi error ketika digunakan pada saat maintenance server.


2. Koneksi Internet Lemot

Biasanya koneksi internet juga akan memperngaruhi kecepatan dalam memakai aplikasi DANA, apa lagi makin lancar koneksi internet yang dipakai.

Sehingga kemungkinan terjadinya error pada saat menggunakan aplikasi tersebut akan makin kecil, begitu pun sebaliknya kalau koneksi internet lemot.

Maka bisa menyebabkan DANA gangguan hari ini pada saat transfer atau top up saldo yang ditandai dengan munculnya sebuah notifikasi.


3. Akses Crowded

Apakah anda tahu bahwa setiap server mempunyai kapasitas untuk menampung akses maksimal, nah hal itu bisa kejadian DANA gangguan hari ini pada saat transaksi.

Terlebih lagi hal itu bisa juga terjadi, dikarenakan akses aplikasi DANA pada waktu tersebut memang sangatlah padat pada dasarnya hal tersebut terjadi di jam-jam sibuk penggunaan aplikasi.


4. Cache DANA Full

Cache adalah data khusus yang menyimpan kegiatan sementara pengguna pada saat memakai aplikasi DANA, biasanya cache ini tidaklah membuat apk DANA menjadi error.

Akan tetapi kalau cache sudah begitu menumpuk terlalu lama, dikarenakan pengguna aplikasi DANA yang terlalu sering akan menyebabkan DANA makin lemot atau error pada saat dipergunakan.


5. Belum Update Aplikasi DANA

Pada saat proses update aplikasi, biasanya akan ada penambahan fitur-fitur didalam aplikasi maka dari itu semua pengguna aplikasi wajib mengupdate aplikasi.

Kalau pembaharuan sudah tersedia, apa lagi jika aplikasi DANA tidak di update sehingga fitur akan bertahan pada versi lama.

Yang dimana terkadang sudah tidak kompatibel dengan OS atau tipe ponsel, apa lagi transaksi yang anda pilih.


2. Cara Mengetahui Kenapa Aplikasi DANA Gangguan Hari Ini

DANA Gangguan Hari Ini
Cara Mengetahui Kenapa Aplikasi DANA Gangguan Hari Ini
Biasanya indikasi adanya gangguan di Aplikasi DANA pada saat melakukan top up atau transfer saldo hari ini bisa diketahui dengan notifikasi error yang muncul ketika sedang melakukan transaksi.

Tidak hanya melalui notifikasi, anda juga bisa mengetahui apakah DANA gangguan hari ini atau tidak yaitu sebagai berikut:


1. Cek Melalui Tools

Untuk bisa mengetahui apakah ada masalah di server maka DANA error, anda tinggal memakai bantuan tools online yakni Downdetector kalau memakai website ini.

Maka anda dapat melihat perkembangan server aplikasi DANA secara nyata, untuk lebih jelasnya simak ulasan dibawah ini.

Cara cek DANA gangguan hari ini melalui tools yaitu sebagai berikut ini.
  • Pertama-tama anda buka website downdetector atau melalui link berikut ini (https://downdetector.id/), jika sudah cari aplikasi DANA.
  • Kemudian cek status server berdasarkan range waktu yang sudah ditetapkan.


2. Cek Melalui Media Sosial

Biasanya jika terjadi error atau aplikasi DANA gangguan hari ini akan langsung diupdate pada akun media sosial resmi dari DANA Indonesia.

Disana anda tinggal melakukan pengecekkan kendala aplikasi melalui Facebook, Instagram atau Twitter Official DANA.


3. Cek Lewat Akun DANA Lain

Cara termudah untuk bisa mengetahui apakah DANA gangguan hari ini atau sedang error yakni dengan cara membuka aplikasi DANA di Handphone lain.

Bahkan anda bisa meminjam ponsel temannya atau saudara untuk dapat melihat, apakah aplikasi DANA mereka mengalami crash seperti yang anda alami.


3. Cara Mengatasi DANA Gangguan Hari Ini

DANA Gangguan Hari Ini
Cara Mengatasi DANA Gangguan Hari Ini
Ada beberapa cara untuk mengatasi DANA mengalami error hari ini seperti halnya melakukan pengecekkan status server DANA, re-open apk DANA, restart atau update OS ponsel.

Sampai menghapus cache aplikasi yang menumpuk, pastinya anda harus mencoba satu persatu supaya DANA bisa digunakan kembali lagi.

Cara mengatasi DANA gangguan hari ini yaitu sebagai berikut:


1. Re-Open Aplikasi DANA

Untuk dapat mengatasi DANA gangguan hari ini yaitu anda tinggal menutup kemudian buka kembali (re-open) Aplikasi DANA, bahkan cara ini terbilang sangatlah mudah dilakukan.

Caranya re-open aplikasi DANA yaitu sebagai berikut:
  • Kalau aplikasi DANA sedang terbuka, langsung saja tutup aplikasi tersebut.
  • Kemudian Hapus aplikasi dari daftar Recent Apps.
  • Jika sudah, langsung saja buka kembali aplikasi DANA.
  • Silahkan anda coba beberapa transaksi untuk bisa memastikan aplikasi DANA sudah dapat digunakan kembali lagi.
Tujuan re-open aplikasi DANA yaitu untuk dapat menghapus bug yang bisa menyebabkan aplikasi DANA error tidak dapat dibuka kembali.


2. Cek Koneksi Internet

Tidak itu saja, ada cara lain untuk mengatasi DANA gangguan hari ini yakni dengan memastikan koneksi internet yang dipakai baik.

Bahkan anda bisa melakukan pengecekan kecepatan koneksi internet secara nyata memakai tools fast.com, aklau ternyata koneksi anda buruk maka sebaiknya tingkatkan kualitas koneksi anda.

Caranya cek koneksi internet yaitu sebagai berikut:
  • Ganti opsi koneksi yaitu pakai Wifi atau hotspot portable untuk memperoleh kualitas koneksi internet yang lebih baik.
  • Switch data yaitu anda juga dapat merestart data dengan cara melakukan pertukaran (switch) antara data seluler ke mode pesawat atau bisa sebaliknya.
  • On/off data/Wifi yaitu menonaktifkan kemudian hidupkan data seluler/Wifi atau restart di router Wifi.


Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai DANA gangguan hari ini yang sudah kami sampaikan secara detail untuk mengatasi masalah tersebut.

Ada beberapa cara dalam mengatasi DANA error yang telah kami sampaikan, termasuk penyebabnya terjadi gangguan di aplikasi DANA.

Tunggu apa lagi silahkan anda coba terapkan siapa tahu berhasil, ketimbang anda khawatir tidak bisa melakukan transaksi apapun.

Semoga dengan informasi bisa berguna dan menambah wawasannya namun jangan lupa bagikan link artikel ini ke sosial yang dimiliki seperti Facebook, Instagram dan lain sebagainya.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel