Cara Transfer DANA ke Gopay 2022

Cara Transfer DANA ke Gopay
Cara transfer DANA ke Gopay bisa dilakukan dengan mudah, karena Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah saja.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, membuat transaksi dompet digital sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan setiap harinya oleh masyarakat.

Karena ada berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh dompet digital saat melakukan pembayaran melalui marketplace seperti membeli makanan, fashion, transportasi dan lainnya.

Di Indonesia sendiri ada berbagai dompet digital, namun yang akan kami bahas pada artikel ini adalah dompet digital yang bernama DANA dan Gopay.

DANA dan GoPay adalah dompet digital yang banyak digunakan oleh masyarakat sehingga cukup populer Indonesia.

Nah, berikut ini kami akan membahas dan membagikan informasi tentang cara transfer DANA ke Gopay serta informasi penting lainnya yang perlu diketahui.


1. Syarat dan Cara Transfer DANA ke Gopay

Cara Transfer DANA ke Gopay
Syarat dan Cara Transfer DANA ke Gopay
Sebelum proses transfer dari DANA ke Gopay, maka ada beberapa syarat yang harus diketahui serta dipenuhi terlebih dahulu guys.

Jika syarat tersebut belum terpenuhi, maka proses transfer tidak akan bisa dilakukan.

Untuk syarat dan cara transfer DANA ke Gopay yaitu sebagai berikut:


1. Syarat Transfer DANA ke Gopay

  • Pastikan terlebih dahulu jika akun sudah ter-upgrade ke fitur DANA Premium agar transaksi ke dompet digital ataupun bank lainnya bisa dilakukan.
  • Jumlah minimum transfer yang bisa dilakukan adalah Rp 50.000, sehingga sebelum melakukan transfer maka pastikan saldo Anda cukup.
  • Pastikan perangkat yang digunakan untuk menjalankan proses transfer sudah terhubung dengan jaringan internet seperti paket data atau WiFi agar transfer bisa dilakukan dengan cepat.


2. Proses Transfer DANA ke Gopay

  • Langkah pertama, silahkan buka aplikasi DANA pada smartphone Anda.
  • Kemudian pilih menu “Kirim” pada aplikasi DANA.
  • Setelah itu pilih kirim ke Rekening Bank Permata lalu masukkan kode 898 dan diiktui dengan nomor GoPay yang ingin dikirimkan.
  • Lalu isi kolom nama kemudian klik tombol Tambah Bank Baru.
  • Selanjutnya masukkan nomor virtual account dan untuk bisa mendapatkan kode virtual account, Anda bisa melihatnya melalui aplikasi Gojek pada menu Isi Saldo.
  • Lanjutkan langkah dengan pilih instruksi lalu pilih ATM kemudian pilih Pertama Bank
  • Anda bisa memasukkan sejumlah uang yang akan ditransfer melalui DANA ke GoPay kemudian pilih lanjut. Keterangan atau catatan juga bisa Anda tambahkan lalu pilih tombol kirim DANA.
  • Silahkan cek kembali nomor akun GoPay dan nominal transfer DANA ke Gopay.
  • Jika sudah benar, silahkan pilih konfirmasi kemudian masukkan PIN akun DANA.


2. Syarat dan Cara Transfer Gopay ke DANA

Cara Transfer DANA ke Gopay
Syarat dan Cara Transfer Gopay ke DANA
Tidak hanya cara transfer DANA ke Gopay, namun kami juga akan membagikan informasi tentang cara transfer Gopay ke DANA.

Sama seperti cara pertama, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar proses transfer dari Gopay ke DANA bisa dilakukan dan akan kami jelaskan pada ulasan ini.

Untuk syarat dan cara transfer Gopay ke DANA yaitu sebagai berikut:


1. Syarat Transfer Gopay ke DANA

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi yaitu sebagai berikut:


a. Akun Gopay Harus Upgrade ke Gopay Plus

Transfer saldo Gopay ke Dana baru bisa dilakukan setelah melalui tahapan upgrade akun terlebih dahulu menggunakan KTP ataupun Paspor.

Anda tidak perlu khawatir untuk menjalankan proses ini, karena semua data akan dijaga keamanannya.

Karena dengan melakukan upgrade akun, Anda bisa menikmati berbagai fitur layanan menarik seperti limit saldo bisa bertambah menjadi Rp 10 juta, mendapatkan penawaran promo yang lebih banyak, fitur transfer ke rekening bank lainnya bisa digunakan dan lainnya.


a. Akun Dana Tidak Wajib Upgrade

Untuk mendukung proses transfer saldo Gopay ke Dana, maka Anda tidak perlu mengupgrade akun DANA, karena hanya akun Gopay saja yang harus upgrade.

Karena proses transfer Gopay ke Dana ini juga tidak mempermasalahkan status pada akun penerima, pasalnya proses ini hanya fokus pada akun Gopay yang berperan sebagai pengirim saldonya.


d. Nomor DANA Harus Benar

Sebelum melakukan proses tranfer, pastikan nomor DANA yang Anda cantumkan harus benar guys.

Karena jika nomor DANA salah, maka secara otomatis proses transfer saldo ke akun Dana akan gagal.


2. Proses Transfer Gopay ke DANA

Setelah semua persyaratan yang kami sebutkan di atas terpenuhi, maka Anda bisa lanjut ke proses transfer Gopay ke DANA dan caranya yaitu sebagai berikut:


a. Buka Aplikasi Lainnya

  • Langkah pertama, silahkan buka aplikasi Gojek kemudian login ke akun Anda.
  • Kemudian buka menu Lainnya yang telaknya di bagian sebelah kanan atas kemudian pilih menu Transfer ke Dana.
  • Selanjutnya klik menu Tarik untuk transfer Gojek ke Dana lalu klik menu Tambahkan Bank Lain yang tersedia pada halaman.
  • Setelah itu, Anda akan dimintai untuk melakukan pemilihan bank terkait dan silahkan pilih bank yang telah sesuai dengan nomor virtual account yang sudah dibuat di aplikasi DANA.
  • Selanjutnya masukkan kode bank terkait agar bisa memproses transaksi transfer ke bank tujuan.


b. Isi Nama Pemilik Rekening Penerima dan Nominal Transfer

  • Dari pengisian kode bank, selanjutnya Anda akan diarahkan untuk mengisi nama dari pemilik rekening tersebut.
  • Silahkan Isikan nama sesuai dengan nama pemilik rekening dari akun DANA dan jika sudah, bisa dilanjutkan dengan melakukan pengisian nomor rekening sesuai pada kode virtual yang sudah disalin sebelumnya.
  • Kemudian lanjutkan langkah dengan memilih menu Centang lalu klik menu Simpan.
  • Selanjutnya isikan jumlah nominal saldo pada Gopay yang nantinya akan ditransferkan ke akun DANA.
  • Namun sebelumnya pastikan juga saldo Gopay yang Anda jumlahnya cukup untuk ditransferkan karena akan ada tambahan sebesar Rp 2.500 sebagai biaya administrasi yang dikenakan kepada pengguna.
  • Jika sudah, silahkan pilih menu Tarik.


c. Cek Data Transferan dan Konfirmasi dengan PIN

  • Selanjutnya Anda akan diarahkan menuju halaman konfirmasi yang isinya berupa data transferan. Cek terlebih dahulu semua data tersebut dan pastikan semua data sudah benar baik rekening dan nominal jumlah transfer.
  • Kemudian klik menu Konfirmasi jika semua data yang tercantum tersebut sudah benar agar transfer langsung diproses dan saldo langsung masuk ke saldo DANA penerima.
  • Langkah terakhir, silahkan masukkan 6 digit angka PIN akun Gopay Anda dan tinggal menunggu proses transfer tersebut berlangsung. Jika prosesnya sudah berhasil, maka Anda akan mendapatkan pemberitahuan bahwa transfer Gopay ke DANA sudah berhasil.


Biaya Admin Transfer Saldo Gopay ke DANA

Cara Transfer DANA ke Gopay
Biaya Admin Transfer Saldo Gopay ke DANA
Jika membahas tentang cara transfer DANA ke Gopay atau sebaliknya, maka tak lengkap rasanya jika tidak membahas berapa biaya admin yang akan dikenakan dari proses tersebut.

Karena seperti yang diketahui, setiap transaksi keuangan yang dilakukan secara online terutama proses transfer, pastinya akan dikenakan biaya admin.

Yang perlu diketahui, dalam melakukan transfer saldo dari Gopay ke DANA Anda akan dikenakan biaya beban administrasi sebesar Rp 2.500 per transaksi.

Sehingga apabila Anda ingin transfer saldo maka harus pastikan terlebih dahulu dananya cukup untuk biaya admin, Jika saldo tidak mencukupi, proses transfer akan mengalami kegagalan.


Manfaat Menggunakan DANA dan Gopay

Cara Transfer DANA ke Gopay
Manfaat Menggunakan DANA dan Gopay
Informasi penting lainnya yang harus diketahui sebelum menerapkan cara transfer DANA ke Gopay atau sebaliknya adalah manfaat apa saja yang akan didapatkan jika menggunakan kedua aplikasi dompet digital tersebut.

Ada banyak manfaat yang akan didapatkan bila menggunakan DANA dan Gopay, yang pastinya sulit didapatkan di aplikasi sejenis lainnya.

Untuk manfaat menggunakan DANA dan Gopay yaitu sebagai berikut:


1. Manfaat Menggunakan DANA

  • Promo Menarik. DANA adalah aplikasi dompet digital yang rutin memberikan promo menarik untuk semua pengguna setianya. Salah satu promo tersebut adalah diskon atau cahsback setiap melakukan transaksi di merchant-merchant yang bekerja sama. Bahkan Anda bisa mendapatkan cashback hingga 50% belanja di Ramayana atau Robinson seluruh Indonesia, dan bonus pulsa dengan upgrade akun jadi premium. Selain itu, Anda juga dapat mendapatkan voucher 50% untuk pembayaran tagihan Listrik, Air, Internet, Telepon, Asuransi, BPJS, Cicilan, Kabel TV, Telepon Pasca-bayar.
  • Dapat Bayar Tagihan. Dengan dompet digital DANA, Anda tidak perlu repot-repot untuk bayar tagihan di tempat lain. Beberapa tagihan yang bisa diantaranya Listrik, Air, Internet, Telepon, Asuransi, BPJS, Cicilan, Kabel TV, Telepon Pasca-bayar. Anda juga akan memperoleh voucher 50% pada pembayaran kedua maksimal Rp25 ribu jika membayar tagihan di DANA.
  • Bukalapak dan TIX ID. Saat ini DANA semakin mudah digunakan untuk belanja online, karena Anda dapat menggunakan DANA di aplikasi Bukalapak dan TIX ID.
  • Merchant. Anda tidak akan kesulitan jika menggunakan DANA untuk bertransaksi, karena layanan ini sudah bekerja sama dengan berbagai merchant.
  • Saldo. Anda tidak perlu khawatir untuk mengisi saldo DANA bila tabungan yang tersisa hanya sedikit, karena saldo DANA bisa diisi dengan mininal top up sebesar Rp10.000. Tidak hanya mengisi saldo, namun Anda juga dapat mentransfer saldo DANA ke teman Grameds yang mempunyai aplikasi DANA dengan memasukkan nomor handphone yang telah terdaftar.


2. Manfaat Menggunakan Gopay

Gopay juga memiliki beberapa kelebihan dan bisa dimanfaatkan oleh semua penggunanya jika bertransaksi menggunakan dompet digital ini.

Berbagai manfaat yang ada di Gopay berlaku untuk semua pelanggan baik pelanggan lama ataupun baru asalkan memenuhi syarat dan ketentuan berlaku.

Untuk manfaat menggunakan Gopay yaitu sebagai berikut:
  • Saldo Gopay bisa digunakan sebagai metode pembayaran utama untuk semua layanan yang tersedia di aplikasi Gojek.
  • Sehingga Anda tidak perlu mengatur dan membayar tunai ke pengemudi karena semuanya sudah dipotong secara otomatis dari saldo Gopay.
  • Sebagai pengguna, Anda dapat memperoleh diskon atau potongan harga untuk layanan Go Ride hingga 30%, Go Car hingga 20%, Go Food dan layanan lainnya.
  • Anda juga akan memperoleh bonus saat meningkatkan saldo Gopay dan bagi pelanggan baru yang melakukan top up, bonusnya bisa sampai 100% sehingga sangat menguntungkan.


Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang cara transfer DANA ke Gopay dan informasi penting lainnya yang perlu diketahui.

Ada banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan bila menggunakan kedua dompet digital baik DANA ataupun Gopay.

Dengan berbagai keuntungan Gopay yang telah kami sampaikan di atas, pastinya akan memudahkan Anda untuk menikmatinya.

Saat menggunakan aplikasi Gojek, Anda bisa memenuhi berbagai aspek kehidupan termasuk transportasi, makanan, layanan pesan antar, pulsa, jatah, bahkan pembayaran tagihan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel