Cara Menyalakan Laptop ASUS yang Tidak Mau Menyala 2022

Cara Menyalakan Laptop ASUS yang Tidak Mau Menyala
Cara menyalakan laptop ASUS yang tidak mau menyala bisa dilakukan dengan mudah, namun belum diketahui oleh para pengguna laptop ASUS.

Sebenarnya, cara menghidupkan laptop yang benar adalah Anda cukup menekan tombol Power sekali saja.

Setelah itu tunggu sebentar hingga layar laptop menyala dengan sendirinya, namun ada beberapa laptop memang butuh waktu lebih lama.

Sehingga Anda tidak perlu menekan tombol Power berkali-kali karena justru tindakan tersebut bisa merusak laptop.

Tetapi yang namanya perangkat elektronik, walaupun selama sudah digunakan dengan hati-hati namun suatu saat pasti akan rusak juga.

Kerusakan tersebut bisa dilihat saat Anda menekan tombol dan menunggu lebih dari 2-4 menit, namun layar monitor tetap saja hitam dan tidak mau menampilkan apa-apa hingga aakhirnya laptop tersebut dipastikan benar-benar mati.

Namun Anda tak perlu panik, karena masalah tersebut bisa di atasi dengan beberapa cara dan kalau belum berhasil barulah di bawa ke tempat service.

Nah, berikut ini kami akan membahas dan membagikan informasi tentang cara menyalakan laptop ASUS yang tidak mau menyala.


1. Cara Menyalakan Laptop ASUS yang Tidak Mau Menyala dengan Memeriksa Baterai dan Charger atau Adapter Laptop

Cara Menyalakan Laptop ASUS yang Tidak Mau Menyala
Cara Menyalakan Laptop ASUS yang Tidak Mau Menyala dengan Memeriksa Baterai dan Charger atau Adapter Laptop
Cara menyalakan laptop ASUS yang tidak mau menyala yang pertama dilakukan bila mengalami masalah tersebut adalah dengan memeriksa baterai dan charger atau adapter laptop guys.

Karena laptop yang tidak mau menyala kemungkinan disebabkan karena baterainya habis dan Anda harus mengisi ulang baterainya.

Selain habis, kamungkinan baterai laptop tersebut juga sudah rusak sehingga tidak bisa digunakan dan harus diganti dengan yang baru.

Atau bahkan keduanya masih berfungsi dengan baik namun belum terpasang dengan benar.

Jika iya, maka pastikan semua sudah terpasang dengan baik dan bila tetap tidak mau menyala, cobalah untuk menggunakan baterai lain.

Bila tika tidak ada, Anda bisa mencopot kemudian nyalakan hanya dengan charger saja dan jika sudah seharusnya charger sudah berfungsi.

Kalau masih tidak bisa dihidupkan, maka Anda bisa pindah ke lubang colokan atau stop kontak lain.

Seharusnya laptop sudah bisa menyala dan digunakan dengan normal, kalau seandainya komponen di dalamnya tidak ada yang rusak dan masalah sumber daya ini sudah beres.


2. Cara Menyalakan Laptop ASUS yang Tidak Mau Menyala dengan Melakukan Power Reset

Cara Menyalakan Laptop ASUS yang Tidak Mau Menyala
Cara Menyalakan Laptop ASUS yang Tidak Mau Menyala dengan Melakukan Power Reset
Cara menyalakan laptop ASUS yang tidak mau menyala selanjutnya adalah dengan melakukan power reset.

Cara yang kedua ini cocok untuk mengatasi laptop tidak mau menyala karena reset power berfungsi untuk memutuskan semua aliran listrik yang ada dan kemungkinan menjadi penyebab laptop tidak bisa menyala dengan baik.

Untuk cara menyalakan laptop ASUS yang tidak bisa menyala dengan melakukan power reset yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, silahkan putuskan laptop dari semua sumber listrik seperti mencopot charger dan baterainya.
  • Setelah laptop dalam keadaan kosong, Anda bisa tekan tombol power selama 30 detik dan hal ini bertujuan agar listrik dalam laptop benar-benar tidak habis.
  • Kemudian pasang baterai dan colokan charger kembali setelah itu nyalakan laptop seperti biasa.


3. Cara Menyalakan Laptop ASUS yang Tidak Mau Menyala dengan Mode BIOS Recovery

Cara Menyalakan Laptop ASUS yang Tidak Mau Menyala
Cara Menyalakan Laptop ASUS yang Tidak Mau Menyala dengan Mode BIOS Recovery
Jika solusi atau cara di atas masih tidak dapat menyelesaikan masalah Anda, maka bisa mencoba menggunakan BIOS Recovery Mode untuk memperbarui BIOS di laptop tersebut guys.

Namun Anda memerlukan komputer lain untuk mengunduh file BIOS dan USB flash drive (Format USB flash drive harus FAT32) untuk menyimpannya.

Untuk cara menyalakan laptop ASUS yang tidak mau menyala dengan mode BIOS Recovery yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, silahkan buka situs dukungan ASUS untuk download file BIOS yang sesuai dengan model komputer yang bermasalah melalui link berikut ini (Kunjungi Situs Dukungan ASUS).
  • Setelah situs terbuka, Anda bisa download file BIOS.
  • Jika proses download selesai, silahkan klik kanan file BIOS kemudian pilih [Extract All].
  • Pilih [Extract] dan setelah ekstraksi selesai, Anda harus mengganti nama ekstensi nama file sebagai “.bin”.
  • Kemudian klik kanan file yang diekstrak lalu pilih [Rename].
  • Selanjutnya ganti nama file di mana setelah nama model menjadi “.bin”. (seperti B9450FAAS.305 → B9450FA.bin)
  • Setelah mengganti nama, Anda harus menghubungkan USB flash drive Anda ke komputer kemudian klik kanan tombol file “.bin”.
  • Lalu pilih [Send to] kemudian pilih USB flash drive Anda dan file BIOS akan disalin di bawah direktori root USB flash drive.
  • Hubungkan USB flash drive dengan file ".bin" ke komputer yang bermasalah kemudian hidupkan komputer, lalu tekan terus tombol function key (Ctrl + R) selama startup komputer. Jika BIOS Recovery Mode berhasil diaktifkan, maka komputer Anda akan restart kemudian masuk ke utilitas EZ Flash.
  • Jika sudah memasuki utilitas EZ Flash, silahkan pilih file “.bin” dari USB flash drive Anda.
  • Untuk memulai proses update BIOS, silahkan pilih [Yes]. Disarankan untuk memastikan bahwa kapasitas daya baterai harus lebih dari 20%, dan adaptor AC terhubung selama proses pembaruan BIOS pada unit Anda. Selain itu, sangat tidak disarankan untuk mematikan selama proses update untuk mencegah masalah apa pun.
  • Proses restart akan dilakukan secara otomatis setelah proses update BIOS selesai dan Anda bisa mengecek apakah masalah tersebut sudah teratasi atau belum.


Tips Aman Menggunakan Laptop Agar Awet

Cara Menyalakan Laptop ASUS yang Tidak Mau Menyala
Cara Menyalakan Laptop ASUS yang Tidak Mau Menyala
Tidak hanya cara menyalakan laptop ASUS yang tidak mau menyala, namun kami juga akan membagikan informasi lain yang tak kalah pentingnya.

Informasi yang kami maksud adalah tips aman menggunakan laptop agar awet atau tahan lama.

Tentu tips ini sangat penting untuk diketahui dan diterapkan agar laptop Anda tidak mudah rusak dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menjaga agar laptop tetap awet saat digunakan, yaitu sebagai berikut:
  • Bersihkan laptop dari debu secara rutin.
  • Menggunakan Antivirus yang terpercaya.
  • Tidak disarankan meletakkan benda yang berat di atas perangkat laptop.
  • Jangan meletakan laptop di atas permukaan yang lembut misalnya kasur.
  • Hindari perangkat laptop dari getaran dan alat elektromagnetik lain seperti Loudspeaker, Handphone, dan apapun yang bergetar dengan cukup kuat.
  • Perhatikan suhu ruangan saat Anda menggunakan laptop, jika memang terasa panas dan menggunakan laptop untuk waktu yang cukup lama maka disarankan untuk gunakan Cooling Pad.
  • Tidak disarankan untuk memperbaiki sendiri laptop, jika ada masalah atau terjadi kerusakan.
  • Tempatkan atau letakkan perangkat laptop di permukaan yang datar, karena saat laptop dalam kondisi menyala, piringan yang ada di dalam harddisk ada dalam kondisi berputar. Jika meletakan laptop pada sudut kemiringan tertentu, maka hal tersebut bisa saja menyebabkan head harddisk menggores piringan dan akanberujung kepada banyaknya badsector pada harddisk.
  • Hindari perangkat laptop dari benda cair, karena tidak hanya laptop saja namun semua barang elektronik memang harus dihindarkan dari benda cair karena bisa menyebabkan korsleting listrik.


Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang cara menyalakan laptop ASUS yang tidak mau menyala.

Jika cara yang kami bagikan di atasu sudah diterapkan satu persatu namun masih mengalami masalah, maka Anda bisa menghubungi Dukungan Produk ASUS untuk bantuan tambahan.

Bisa juga dengan membawanya ke tempat service terpercaya agar masalah yang terjadi pada laptop Anda bisa teratasi dengan tepat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel