Cara Mengetahui TV Digital atau Analog 2022

Cara Mengetahui TV Digital atau Analog
Cara mengetahui TV digital atau analog
yang akan kami informasikan pada artikel ini, maka bagi yang sedang mencari tentang hal tersebut sedang berada di artikel yang tepat.

Silahkan anda membaca artikel kami ini sampai akhir agar anda bisa mendapatkan informasi pada artikel ini secara detail.

Sekarang ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sudah menjalankan program migrasi siaran TV analog ke TV digital atau Analog Switch Off (ASO) di Indonesia.

Menurut Kominfo bahwa siaran TV digital ini agar masyarakat bisa mendapatkan kualitas tayangan yang lebih jernih, bersih, dan teknologi yang lebih canggih.

Akan tetapi hal ini masih membuat banyak orang merasa kebingungan karena masih banyak masyarakat yang tidak mengerti apakah TV yang digunakannya merupakan TV digital atau belum.

Dan untuk lebih jelasnya silahkan anda menyimak ulasan dibawah ini mengenai cara mengetahui TV digital atau analog.


1. Cara Mengetahui TV Digital atau Analog melalui Laman Kominfo

Cara Mengetahui TV Digital atau Analog
Cara Mengetahui TV Digital atau Analog melalui Laman Kominfo
Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mencari tahu apakah TV anda digital atau analog adalah anda bisa dengan mengunjungi laman Kominfo.

Karena dalam laman tersebut, anda akan bisa mengetahui bahwa TV yang yang anda miliki bisa menangkap siaran digital atau belum.

Bahkan di dalamnya juga anda bisa manfaatkan untuk mengecek perangkat tambahan lainnya yang bisa menangkap siaran digital dengan baik.

Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk cara mengetahui TV digital atau analog dengan melalui laman Kominfo yaitu sebagai berikut:
  • Terlebih dahulu silahkan anda membuka laman resmi Kominfo di siarandigital.kominfo.go.id.
  • Setelah itu silahkan anda mencari menu "Perangkat TV Digital" di laman tersebut.
  • Selanjutnya silahkan anda pilih menu "Pilih Kategori", lalu silahkan anda mengklik "Televisi".
  • Kemudian silahkan anda memasukkan merek TV dan tipenya pada kolom pencarian.
  • Untuk tipe TV akan tertera apabila sudah termasuk ke dalam siaran digital.
  • Apabila belum terdaftar, maka akan muncul keterangan yang berisi "Mohon maaf, perangkat yang anda cari tidak terdaftar di database kami atau belum mempunyai sertifikasi perangkat".
  • Dan apabila belum terdaftar, maka anda harus set top box untuk menerima sinyal TV digital.
  • Selesai.


2. Cara Mengetahui TV Digital atau Analog melalui Bagian TV

Cara Mengetahui TV Digital atau Analog
Cara Mengetahui TV Digital atau Analog melalui Bagian TV
Cara kedua yang bisa anda lakukan untuk mencari tahu apakah TV yang anda miliki termasuk digital atau analog adalah melihat dari bagian TV.

Bagian TV yang dimaksud tersebut yaitu sticker yang berada di belakang layar TV dan remote TV tersebut, inilah cara mengetahui TV digital atau analog.

Apabila di belakang layar TV milik anda bertuliskan DVB-T2, ATSC, DTV, Digital Ready, HD Ready, HDTV, Digital Tuner, Digital Tuner Built-In, Integrated Digital Tuner, atau Digital Receiver.

Maka itu artinya TV tersebut sudah termasuk TV digital karena menangkap sinyal mandiri, selain itu anda juga bisa melihat di remote TV tersebut.

Jika pada remote bawaan tersebut terdapat tombol DTV, maka itu artinya TV tersebut termasuk TV digital karena menangkap sinyal digital.


3. Cara Mengetahui TV Digital atau Analog melalui Buku Manual

Cara Mengetahui TV Digital atau Analog
Cara Mengetahui TV Digital atau Analog melalui Buku Manual
Cara ketiga yang bisa anda terapkan untuk mengetahui TV anda termasuk digital atau analog adalah dengan melihat buku manual yang diberikan pada saat anda membeli TV tersebut.

Karena di dalam buku manual atau buku panduan tersebut berisimengenai berbagai macam informasi, termasuk informasi mengenai TV digital atau analog.

Bahkan anda juga bisa untuk cara mengetahui TV digital atau analog adalah dengan mencermati kardus pembelian karena biasanya terdapat informasi mengenai spesifikasi barang yang anda beli.


4. Cara Mengetahui TV Digital atau Analog melalui Daftar Channel

Cara Mengetahui TV Digital atau Analog
 Cara Mengetahui TV Digital atau Analog melalui Daftar Channel
Cara selanjutnya untuk cara mengetahui TV digital atau analog adalah dengan melihat daftar channel TV anda.

Karena dengan melihat siaran yang ada di TV bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui TV digital atau analog.

Caranya yaitu silahkan anda melihat apakah terdapat siaran bertuliskan HD di belakang atau depan stasiun TV, apabila ada itu artinya TV tersebut sudah termasuk TV digital.

Dan apabila TV anda tidak menangkap siaran HD, maka itu artinya TV tersebut belum mendukung siaran digital.

Bahkan TV yang belum menerima siaran digital juga bisa terjadi karena disebabkan oleh perangkat pendukungnya seperti antena.


5. Cara Mengetahui TV Digital atau Analog melalui Internet

Cara Mengetahui TV Digital atau Analog
Cara Mengetahui TV Digital atau Analog melalui Internet
Cara terakhir yang bisa anda lakukan untuk cara mengetahui TV digital atau analog adalah dengan pencarian melalui internet.

Untuk melakukannya silahkan anda memasukkan kata kunci khusus dengan memasukkan kata kunci spesifik "TV (merek x) yang sudah digital".

Kemudian anda akan bisa menemukan daftar tipe TV mana saja yang sudah termasuk ke dalam TV digital.

Apabila tipe TV milik anda tidak tercantum di dalamnya, maka kemungkinan perangkat tersebut masih termasuk TV analog.


Perbedaan TV Digital dan Analog

Di atas sudah kami jelaskan mengenai cara mengetahui TV digital atau analog, jadi sekarang anda sudah mengetahui apakah TV yang anda miliki tersebut sudah termasuk digital atau analog.

Dan untuk lebih jelasnya, anda juga perlu untuk ketahui informasi mengenai perbedaan TV digital dan analog, agar memudahkan anda untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari setiap TV tersebut.

Yang pertama kami akan menjelaskan beberapa hal yang terkait mengenai TV analog yaitu sebagai berikut:
  • TV analog hanya menangkap sinyal analog saja.
  • TV analog memiliki kualitas gambar yang standar dan rentan mengalami gangguan, hal ini dikarenakan oleh sinyal yang ditangkap TV analog sama seperti sinyal radio.
  • TV analog rata-rata bentuknya seperti tabung atau biasa disebut dengan TV tabung, walaupun demikian tidak menutup kemungkinan TV layar datar juga masuk dalam kategori TV analog.
  • TV analog membutuhkan STB untuk menangkap sinyal TV digital.

Yang kedua, di bawah ini kami akan menjelaskan beberapa hal yang bersangkutan mengenai TV digital yaitu sebagai berikut:
  • TV digital dapat menangkap sinyal analog maupun digital secara sekaligus.
  • TV digital memiliki kualitas gambar lebih bagus dan jernih.
  • TV digital gratis tidak berbayar.
  • TV digital terdapat sistem DVB-T/T2.
  • TV digital memiliki fitur lebih lengkap dan canggih.

Sekarang sudah sangat jelas sekali perbedaan dari TV analog dan digital tersebut, sehingga anda bisa memilih ingin menggunakan TV analog atau digital.


Akhir Kata

Itulah 5 cara yang bisa anda terapkan untuk cara mengetahui TV digital atau analog yang ada dirumah anda, kami juga menjelaskan mengenai perbedaan dari TV analog dan TV digital.

Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat mempermudah anda untuk mengetahui apakah TV yang anda miliki termasuk TV digital atau analog.

Jangan lupa untuk mengunjungi situs kami jika ingin mencari informasi lainnya, dan semoga isi dari artikel kali ini bermanfaat untuk anda semua, sekian dan terimakasih.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel