Cara Mengembalikan Keyboard HP OPPO Seperti Semula 2022

Cara Mengembalikan Keyboard HP OPPO Seperti Semula
Cara mengembalikan keyboard HP OPPO seperti semula
dapat anda lakukan dengan sendiri tanpa perlu membawanya ke tempat servis.

Sehingga anda dapat menggunakan Smartphone ini lagi dengan lancar keyboard HP OPPO memang bisa di-kustomisasi dengan mudah namun disesuaikan sama keinginan penggunanya.

Akan tetapi, sayangnya ada beberapa dari mereka lupa bagaimana cara mengembalikannya supaya terlihat seperti sediakan kala lagi.

Tidak itu saja, anda juga bisa mengatur secara manual atau langsung saja membuatnya terlihat seperti dalam keadaan semula.

Untuk lebih jelasnya, pada artikel kali ini kami akan membagikan informasi mengenai cara mengembalikan keyboard HP OPPO seperti semula sebagai berikut.


1. Cara Mengembalikan Keyboard HP OPPO Seperti Semula dengan Mengubah Keyboard ke Pengaturan Default

Cara Mengembalikan Keyboard HP OPPO Seperti Semula
Cara Mengembalikan Keyboard HP OPPO Seperti Semula dengan Mengubah Keyboard ke Pengaturan Default
Anda bisa mengubah pengaturan keyboard supaya dapat kembali seperti sediakala dan untuk lebih lengkapnya langsung saja simak dibawah ini.

Cara mengembalikan keyboard HP OPPO seperti semula dengan mengubah keyboard ke pengaturan default yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama anda harus masuk ke dalam menu 'Setting' HP OPPO anda, jika sudah selesai, lalu klik 'Additional Settings'.
  • Jika sudah selesai, cukup klik 'Keyboard & Input Method' dan pilih opsi 'Current Keyboard'.
  • Sehingga akan segera muncul jendela kecil, kemudian pilih opsi 'Default Keyboard'.


2. Cara Mengembalikan Keyboard HP OPPO Seperti Semula Secara Manual

Cara Mengembalikan Keyboard HP OPPO Seperti Semula
Cara Mengembalikan Keyboard HP OPPO Seperti Semula Secara Manual
Apa bila anda ingin mengembalikan keyboard HP OPPO dengan cara manual, anda dapat melakukan kustomisasi dengan cara mengubahnya ke pengaturan default.

Tidak itu saja, anda juga bisa kustomisasi keyboad HP OPOO dengan cara manual dan untuk lebih jelasnya langsung saja simak dibawah ini.

Cara mengembalikan keyboard HP OPPO seperti semula secara manual yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama yang harus dilakukan yaitu buka menu 'Settings' di HP OPPO anda dan lalu klik 'Additional Settings'. Jika sudah selesai maka anda tinggal pilih opsi 'Keyboard & Input Method'.
  • Kemudian anda klik tombol yang terdapat pada bagian bawah 'Available Keyboards', setelah itu pilih 'Look & Feel' dan dilanjutkan klik 'Candidate Size'. Bahkan anda bisa kustomisasi bentuk keyboard supaya kembali seperti semula.


3. Cara Mengembalikan Keyboard HP OPPO Seperti Semula dengan Hapus Cache dan Data

Cara Mengembalikan Keyboard HP OPPO Seperti Semula
Cara Mengembalikan Keyboard HP OPPO Seperti Semula dengan Hapus Cache dan Data
Masalah yang biasanya saja terjadi di HP OPPO merupakan keyboard yang tidak berfungsi seperti semula, hal seperti ini disebabkan adanya error di HP OPPO.

Anda dapat mengatasinya dengan beberapa cara salah satunya yaitu menghapus data dan cache, untuk lebih jelasnya langsung saja simak dibawah ini.

Cara mengembalikan keyboard HP OPPO seperti semula dengan hapus cache dan data yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama anda tinggal klik menu 'Setting' di HP OPPO dan lalu masuk ke dalam 'Manajemen Aplikasi' kemudian anda pilih opsi 'TouchPal for OPPO'.
  • Kemudian anda lanjutkan dengan mengklik 'Penggunaan Memori' dan lalu hapus data beserta cache dengan cara mengklik 'Hapus Data' dan 'Hapus Cache'.


4. Cara Mengembalikan Keyboard HP OPPO Seperti Semula dengan Restart Ponsel

Cara Mengembalikan Keyboard HP OPPO Seperti Semula
Cara Mengembalikan Keyboard HP OPPO Seperti Semula dengan Restart Ponsel
Tidak hanya itu saja, anda juga bisa melakukan restart ponsel apa bila terjadi masalah pada keyboard Handphone OPPO.

Cara mengembalikan keyboard HP OPPO seperti semula dengan restart ponsel yaitu sebagai berikut:
  • Silahkan anda tekan dan tahan tombol 'Power' sampai pesan untuk mematikan ponsel muncul, jika sudah lalu geser ke bagian bawah buat mematikannya.
  • Untuk bisa kembali menghidupkan ponsel, silahkan tekan dan tahan tombol 'Power' sampai anda melihat logo OPPO.


5. Cara Mengembalikan Keyboard HP OPPO Seperti Semula dengan Memperbarui Sistem

Cara Mengembalikan Keyboard HP OPPO Seperti Semula
Cara Mengembalikan Keyboard HP OPPO Seperti Semula dengan Memperbarui Sistem
Adanya bug dapat menyebabkan keyboard di HP OPPO bermasalah, salah satu cara dalam membersihkan bug yakni dengan melakukan upgrade sistem ke dalam versi terbaru.

Cara mengembalikan keyboard HP OPPO seperti semula dengan memperbarui sistem yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama anda buka 'Settings' di HP OPPO anda dan kemudian klik 'Pembaruan Sistem' atau 'Pembaruan Perangkat Lunak'.
  • Apa bila anda melihat anjuran untuk melakukan upgrade ke dalam versi terbaru, silahkan klik dan tunggu sampai proses selesai.


6. Cara Mengembalikan Keyboard HP OPPO Seperti Semula Karena Error

Cara Mengembalikan Keyboard HP OPPO Seperti Semula
Cara Mengembalikan Keyboard HP OPPO Seperti Semula Karena Error
Ada beberapa alasan mengapa pengguna HP OPPO mencoba mencari cara untuk mengembalikan keyboard HP OPPO seperti sediakala.

Dikarenakan keyboard yang error atau bermasalah, untuk anda yang tengah mengalami hal yang sama dan jika ingin memulihkannya langsung saja anda simak dibawah ini.

Cara mengembalikan keyboard HP OPPO seperti semula karena error yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama cek keyboard HP OPPO anda, apakah menggunakan pengaturan bawaan ponsel maupun tidak dengan cara membuka menu Pengaturan kemudian pilih opsi Keyboard & Metode Input.
  • Jika keyboard HP OPPO bermasalah, maka anda bisa memperbarui Gboard lewat Play Store sebab dimana anda bisa memakai keyboard pengganti untuk mengatasi masalah yang terjadi.
  • Kalau masalah yang terjadi pada keyboard HP OPPO dikarenakan Gboard yang sudah lama, maka anda silahkan cobalah update atau justru pasang ulang kembali.
  • Pasalnya menghapus file data dan cache yang tersimpan di Handphone untuk memperbaiki masalah di Gboard, cukup anda masuk ke bagian Manajemen Aplikasi kemudian aplikasi Gboard nantinya anda bisa menghapus data dan cache.
  • Setelah itu, anda bisa memaksa berhenti aplikasi Gboard, selanjutnya anda dapat mengaturnya dengan masuk ke Manajemen Aplikasi lewat menu Pengaturan. Sehingga akan ada opsi untuk memilih Paksa Berhenti aplikasi. Jika sudah berhenti, maka cobalah untuk restart HP.
  • Jika ingin melakukan restart HP menggunakan mode Recovery.
  • Kalau masalah tetap terjadi, silahkan cobalah untuk memperbarui perangkat lunak yang sudah terpasang.
  • Untuk langkah terakhir ini yaitu dengan melakukan reset Handphone ke dalam pengaturan pabrik.


Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara mengembalikan keyboard HP OPPO seperti semula yang sudah kami sampaikan untuk anda gunakan.

Ada beberapa cara yang telah kami sampaikan untuk anda gunakan, tinggal pilih salah satu yang menurutnya sangatlah mudah untuk dilakukan.

Jika informasi yang kami berikan ini sangatlah bermanfaat dan berguna langsung saja bagikan link artikel ini ke sosial media anda miliki seperti Facebook, Instagram dan lain sebagainya.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel