Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Berfungsi Sebagian 2022

Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Berfungsi Sebagian
Cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi sebagian
tidak begitu sulit untuk dilakukan, terlebih lagi kerusakan seperti ini bisa menghambat akitivitas anda.

Misalnya saja kerusakan di layar HP yang sering terjadi seperti layar berubah menjadi kuning, putih hitam dan pudar hingga munculnya garis-garis di layar.

Yang cukup merepotkan lagi, dimana satu masalah ini sering kali terjadi oleh beberapa pengguna HP Android dikarenakan layar sentuh di HP tidak berfungsi sebagian ketika digunakan.

Contohnya dibagian kanan normal, akan tetapi yang kiri tidak berfungsi dengan normal begitu sebaliknya namun jangan cemas ada beberapa cara mengatasi masalah seperti itu.

Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi sebagian dan langsung saja simak ulasan sebagai berikut.


1. Penyebab Touchscreen Tidak Berfungsi Sebagian

Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Berfungsi Sebagian
Penyebab Touchscreen Tidak Berfungsi Sebagian
Supaya anda tahu cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi sebagian, anda harus tahu penyebab munculnya masalah tersebut dan untuk lebih lengkapnya simak dibawah ini.

Ada beberapa penyebab touchscreen tidak berfungsi sebagian yaitu sebagai berikut:
  • Terjatuh : Adanya benturan di HP pada saat terjatuh, hal seperti itu mengaktibatkan layar sentuh tidak berfungsi dengan baik. Jika benturan tersebut langsung mengenai layar HP.
  • Terkena air : HP yang terkena air, biasanya mengaktibatkan terjadinya masalah di layar dikarenakan air akan masuk ke bagian tertentu di layar dan mengaktibatkan touchscreen tidak bekerja sebagian.
  • Faktor HP : Umur HP biasanya akan menimbulkan berbagai macam masalah seperti mengalami keluhan layar HP yang tidak berfungsi sebagian.
  • Tertimpa Benda Berat : Jika HP terkena sebuah benda berat, mungkin saja akan mengalami kerusakan touchscreen termasuk jika terkena di bagian ujung layar HP.
Bukan hanya itu saja walaupun sebetulnya masalah seperti ini juga bisa dipicu oleh sistem pada HP contohnya RAM HP penuh, suhu HP terlalu panas dan masalah sistem lainnya.

Ditambah penggunaan charger yang tidak sesuai juga bisa menjadi salah satu pemicu munculnya masalah yang terjadi di touchscreen.


2. Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Berfungsi Sebagian dengan Membersihkan Layar HP

Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Berfungsi Sebagian
Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Berfungsi Sebagian dengan Membersihkan Layar HP
Untuk cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi sebagian yaitu dengan membersihkan layar HP menggunakan tisu atau lap hingga benar-benar bersih.

Kenapa harus dibersihkan? Hal seperti ini dikarenakan tidak menutup kemungkinan, jika layar HP yang kotor itu bisa mempengaruhi contoh terkena minyak atau terkadang juga ada kotoran tidak terlihat.

Menempel dilayar, dampaknya sudah pasti nantinya akan membuat jari kita tidak sepenuhnya akan langsung menyentuh ke bagian layar HP.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya juga buat membersihkan terlebih dahulu layar HP kita caranya siapkan tisu atau lap lalu tambahkan sedikit air dan gosok secara perlahan di layar HP.

Jika sudah, tinggal gosok lagi menggunakan tisu yang baru agar bagian layar kering dengan baik kalau cara ini tidak bisa sebaiknya simak cara selanjutnya.


3. Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Berfungsi Sebagian dengan Mencoba Menekan Layar

Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Berfungsi Sebagian
Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Berfungsi Sebagian dengan Mencoba Menekan Layar
Kalau kami peribadi sih sangat suka memakai cara satu ini, kenapa? Dikarenakan mungkin juga ada sebagain layar yang longgar, hanya dengan menekannya diharapkan bagian ini bisa kencang kembali.

Seperti sediakala, cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi sebagian yaitu tekan di setiap bagian layar tentu saja dengan hati-hati misalnya saja jepit menggunakan jari telunjuk dan jempol.

Dibagian layar yang tidak berfungsi atau tinggal tekan layarnya memakai jari dengan keras, namun tetap hati-hati ya.


4. Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Berfungsi Sebagian dengan Memeriksa dan Membersihkan Penggunaan RAM HP

Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Berfungsi Sebagian
Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Berfungsi Sebagian dengan Memeriksa dan Membersihkan Penggunaan RAM HP
Seperti yang sudah kami katakan, jika masalah di sistem juga bisa saja mempengaruhi penggunaan layar HP salah satunya dikarenakan memori RAM yang penuh.

Pada saat memori RAM di HP sudah penuh, secara otomatis respon di sistem akan menjadi berkurang ketika sudah seperti itu bug tertentu akan segera muncul dan ikut beroperasi didalamnya.

Dampak yang akan terjadi nantinya yaitu dimana layar tiba-tiba tidak berfungsi lagi, walaupun sangat jarang terjadi akan tetapi tidak ada salahnya juga jika kita coba cek terlebih dahulu penggunaannya.

Cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi sebagian dengan memeriksa dan membersihkan penggunaan RAM HP yaitu sebagai berikut:
  • Langsung saja buka Pengaturan di HP anda.
  • Jika sudah tinggal buka menu Memori.
  • Disana anda periksa penggunaan RAM.
  • Setelah itu, anda bisa langsung membersihkannya.
  • Selesai.
Kalau anda tidak ingin terlalu direpotkan, mungkin anda bisa mencoba memakai bantuan aplikasi lain atau aplikasi tambahan.


5. Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Berfungsi Sebagian dengan Menghentikan dan Hapus Aplikasi yang Tidak Perlu

Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Berfungsi Sebagian
Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Berfungsi Sebagian dengan Menghentikan dan Hapus Aplikasi yang Tidak Perlu
Biasanya ada beberapa aplikasi yang kita install di HP tidak akan selamanya nonaktif, walaupun tidak sedang dipakai pasalnya ada sebagian aktif dan berjalan pada latar belakang dengan sendirinya.

Hal seperti ini pastinya akan mempengaruhi kinerja HP kita, ditambah jika aplikasi yang berjalan di latar belakang itu dalam jumlah yang banyak.

Bisa dipastikan aplikasi yang berjalan di latar belakang ini akan memakai memori RAM di HP yang tidak sedikit, maka dari itu coba anda hentikan aplikasi berjalan dilatar belakang tersebut.

Cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi sebagian dengan menghentikan dan hapus aplikasi yang tidak perlu yaitu sebagai berikut:
  • Langsung saja anda buka menu Pengaturan yang ada di HP.
  • Lalu anda buka kembali lagi menu Daftar Aplikasi.
  • Nanti pilih aplikasi yang sering aktif pada latar belakang.
  • Kalau sudah, tinggal tekan menu Paksa Berhentu (Force Stop).
  • Selesai.
Bukan hanya RAM saja, namun aplikasi juga membutuhkan ruang penyimpanan buat menyimpan smeua data-data yang diperlukan.

Kalau ada aplikasi yang sudah tidak diperlukan lagi, langsung saja hapus aplikasi tersebut siapa tahu touchscreen kembali berfungsi seperti semula lagi.


6. Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Berfungsi Sebagian dengan Mengganti Charger HP

Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Berfungsi Sebagian
Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Berfungsi Sebagian dengan Mengganti Charger HP
Apakah anda saat ini sedang mengalami layar sentuh di HP tidak berfungsi sebagian ketika dicas? Kalau iya, kemungkinan besar penyebabnya yaitu charger yang dipakai.

Namun didalam beberapa kondisi tertentu, charger memang dapat berpengaruh menghilangkan respon tertentu dari HP salah satunya yaitu masalah touchscreen tidak berfungsi sebagian.

Untuk penyebabnya sendiri, pada dasarnya disebabkan tegangan yang tidak begitu sesuai sama charger ke HP hal seperti ini diakibatkan oleh penggunaan charger yang tidak tepat.

Biasanya dikarenakan terlalu tinggi yang diperlukan oleh HP, solusi dalam cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi sebagian yaitu silahkan gunakan charger lain atau menggantu dengan original dari HP.

Jangan sampai membiarkan terus-menerus hanya dikarenakan masalah touchscreen yang muncul disini, hanya dengan genjala pendek saja bisa memicu masalah lainnya lagi.

Seperti halnya baterai HP akan mengalami kerusakan, HP mati dengan sendiri dan lebih parahnya lagi HP tidak dapat menyala kembali atau mati total.


Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi sebagian yang sudah kami sampaikan secara rinci.

Namun sebelum anda menggunakan beberapa cara diatas, anda juga harus mengetahui penyebab touchscreen anda tidak berfungsi sebagian.

Jika sudah, anda bisa memilih cara diatas yang kami sampaikan akan tetapi jika semua cara diatas tidak bisa silahkan bawa ke tempat service HP.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel