Cara Mengatasi Akun TikTok Ditangguhkan 2023

Cara Mengatasi Akun TikTok Ditangguhkan
Cara mengatasi akun TikTok ditangguhkan
perlu juga diketahui bagi para pengguna TikTok, karena siapa tahu sewaktu-waktu akun TikTok anda tiba-tiba ditangguhkan.

TikTok merupakan layanan jejaring sosial yang saat ini sedang populer, yang dapat membuat video pendek berdurasi sekitar 15 sampai 10 menit.

Bahkan pengguna juga bisa menambahkan filter yang berbeda dan musik yang diinginkan di latar belakang video mereka, dan bisa juga menambahkan audio asli mereka di atasnya.

Selain itu aplikasi seluler TikTok juga juga bisa untuk melakukan mengirim pesan, video, dan emoji ke teman-teman mereka.

Apabila pengguna TikTok menemukan konten apa pun di platform yang merupakan spam atau tidak pantas, maka bisa melaporkan atau memblokir akun tersebut.

Aplikasi TikTok dapat anda jadikan salah satu untuk mencari hiburan di saat anda sedang santai, bahkan jika anda sedang bosan.

Akan tetapi terkadang tiba-tiba akun TikTok anda hilang, anda pun akan merasa panik, sebenarnya anda tidak perlu panik.

Mungkin saja ada terjadi sedikit kesalahan atau karena alasan lainnya sehingga akaun TikTok anda di Tangguhkan.

Dan anda tidak perlu khawatir apabila akun TikTok anda ditangguhan karena dalam kesempatan ini kami akan memberitahu anda mengenai cara mengatasi akun TikTok ditangguhkan.


Cara Mengatasi Akun TikTok Ditangguhkan

Cara Mengatasi Akun TikTok Ditangguhkan
Cara Mengatasi Akun TikTok Ditangguhkan
Bagi yang mengalami akun TikToknya ditangguhkan, maka untuk cara mengatasi akun TikTok ditangguhkan tersebut silahkan anda menghubungi pihak TikTok.

Anda bisa menghubungi pihak resmi TikTok di alamat Email Antispam@tiktok.com, kemudian anda jelaskan secara detail agar mereka mengembalikan akses akun TikTok anda.

Namun untuk menghubunginya silahkan anda menjelaskan secara detail menggunakan data-data yang dibutuhkan yaitu sebagai berikut:
  • Anda harus memberitahu nama pengguna atau username yang digunakan di aplikasi TikTok.
  • Silahkan anda menginformasi secara detail mengenai kapan waktu ditangguhkan, dan alasan terjadi kesalahan atau informasi terkait lainnya yang menurut anda penting.
  • Silahkan anda menjelaskan bahwa anda tidak pernah melanggar peraturan yang ada, serta riwayat anda secara pribadi di platform benar-benar bersih.

Apabila anda sudah mengirimkan Email dengan penjelasan yang detail, maka silahkan anda menunggu balasan dari pihak TikTok.

Untuk informasi berhasil atau tidaknya akan dikirimkan melalui alamat Email, dalam hal ini anda harus selalu mengecek Email anda secara rutin untuk notifikasi sewaktu-waktu.


Penyebab Akun TikTok Ditangguhkan

Di atas sudah kami jelaskan cara mengatasi akun TikTok ditangguhkan, anda juga perlu untuk mengetahui penyebab akun TikTok ditangguhkan.

Karena TikTok juga sama seperti platform lainnya yang memberikan beberapa aturan yang harus dipenuhi.

Apabila pengguna TikTok melanggar aturan yang sudah ditetapkan oleh TikTok, maka akan diberikan sanksi seperti akun akan ditangguhkan atau bahkan diblokir secara permanen.

Anda bisa simak di bawah ini mengenai beberapa penyebab akun TikTok ditangguhkan yaitu sebagai berikut:

a. Tidak Cukup umur

Penyebab pertama yang akan kami jelaskan akun TikTok ditangguhkan yaitu karena tidak cukup umur, karena batas minimal usia untuk pengguna aplikasi TikTok adalah 13 tahun.

Maka bila umur kurang dari 13 tahun, maka ini hal ini termasuk sudah melanggar ketentuan umur yang sudah ditetapkan oleh TikTok.

Hal ini sudah sering terjadi karena pada saat daftar biasanya pengguna dibiarkan untuk melanjutkan, akan tetapi sewaktu-waktu pihak platform akan mengetahuinya.

Kemudian akan langsung menangguhkan akun tersebut, maka anda bisa mencoba untuk cara mengatasi akun TikTok ditangguhkan dengan melalui alamat Email yang sudah kami cantumkan sebelumnya.

b. Spam

Akun TikTok ditangguhkan, bisa juga disebabkan oleh tindakan spammin, sebagi contoh membeli atau menjual penayangan (view), spam like, komentar, share, follower, dan jenis spam lainnya.

Tindakan spamming ini termasuk tindakan yang dianggap ringan sehingga akun TikTok biasanya akan ditangguhkan sementara saja, tidak ditangguhkan secara permanen.

Akan tetapi jika anda selalu mengulangi kesalahan ini, maka bisa-bisa akun TikTok anda akan ditangguhkan secara permanen.

Bahkan apabila anda meniru identitas dari pengguna lain yang bertujuan untuk menyesatkan, hal ini bisa membuat akun TikTok yang anda miliki ditangguhkan.

c. Tagar Sensitif

Pembuatan tagar atau tanda pagar yang dapat menyebabkan keributan atau intimidasi disebuah pihak atau golongan tertentu termasuk penyebab akun TikTok ditangguhkan.

Hal ini dilarang oleh TikTok agar tidak terjadi keributan yang parah dan tidak menyakiti orang, maka jika anda ingin menggunakan tagar agar tidak menyinggung atau menyakiti orang lain.

Kami sarankan juga jangan menggunakan tagar-tagar yang berbau seks atau pornografi karena hal itu juga membuat akun anda ditangguhkan.

Jika akun anda sudah ditangguhkan maka untuk cara mengatasi akun TikTok ditangguhkan anda bisa coba dengan cara yang sudah kami sampaikan dipembahasan sebelumnya di atas.

Jika anda berhasil mengembalikan akun TikTok yang sudah ditangguhkan, maka jangan anda mengulangi kesalahan yang menyebabkan akun TikTok ditangguhkan.

d. Penipuan

Penyebab selanjutnya akun TikTok ditangguhkan adalah terjadinya penipuan, apabila pengguna lain melaporkan bahwa ada indikasi terkait penipuan maupun pelanggaran terhadap TikTok anda.

Maka laporan tersebut akan ditinjau, jika sudah diterima oleh developer aplikasi TikTok maka akan ditindak lanjuti.

Dan apabila akun yang sudah dilaporkan terbukti pernah melakukan penipuan, maka akun TikTok tersebut akan langsung ditangguhkan atau bisa juga akan diblokir secara permanen.

e. Pelecehan dalam Konten

Penyebab lainnya akun TikTok ditangguhkan adalah karena melakukan pelecehan dalam konten untuk pihak lain, maka anda akan mendapatkan teguran langsung diakun dan video yang sudah diupload.

Karena tindakan seperti ini bisa mengakibatkan efek negatif dari para penonton yang melihat tayangan tersebut, sehingga developer juga akan menghapus video tersebut atau take down.

Bahkan bisa saja akun TikTok tersebut akan ditangguhkan, jika akun TikTok anda ditangguhkan karena kesalahan tersebut.

Maka anda bisa mencoba untuk cara mengatasi akun TikTok ditangguhkan dengan menghubungi melalui alamat Email yang sudah kami cantumkan di atas.

f. Konten Berkaitan dengan Narkoba

Penyebab berikutnya akun TikTok ditangguhkan yaitu jika konten memiliki indikasi terhadap obat-obatan yang dilarang seperti narkoba, akan mengalami penangguhan atau bahkan pemblokiran akun.

Akan tetapi hal tersebut tidak berlaku apabila video atau konten yang diunggah berisi seperti di bawah ini yaitu sebagai berikut:
  • Pengguna yang kontennya menjelaskan tentang bahaya menggunakan narkoba.
  • Jika sekedar menjelaskan mengenai merek obat-obat terlarang yang harus dihindari.

g. Provokasi atau Kriminal

Penyebab terakhir yang dapat kami jelaskan akun TikTok ditangguhkan yaitu karena konten yang mengandung tindakan kriminal atau provokasi.

Karena apabila hal tersebut dibiarkan begitu saja maka semakin lama akan mendatangkan terjadinya tindakan kejahatan di media sosial.

Karena dalam kebijakan dari pihak TikTok sudah tertulis bahwa akan melindungi semua pengguna dari tindakan kriminal atau kekerasan agar lebih aman dan nyaman.

Namun jika anda melakukan pelanggaran terhadap hal ini, maka akun anda akan ditangguhkan, jika anda ingin mengembalikan akun anda.

Maka anda bisa mencoba menghubungi pihak TikTok melalui alamat Emailnya, karena itu adalah salah satu cara mengatasi akun TikTok ditangguhkan.


Akhir Kata

Itulah yang dapat kami jelaskan mengenai cara mengatasi akun TikTok ditangguhkan dan penyebab akun TikTok ditangguhkan.

Sekarang anda sudah mengetahui penyebab akun TikTok ditangguhkan, maka dari itu anda jangan melakukan kesalahan-kesalahan tersebut agar akun TikTok anda aman.

Semoga dengan pembahasan artikel ini memberikan manfaat untuk pembaca dan menambah wawasan juga, sekian dan terimakasih.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel