Cara Menambah Pinjaman di Bank BRI 2022

Cara Menambah Pinjaman di Bank BRI
Cara menambah pinjaman di bank BRI bisa dilakukan asalkan memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh bank BRI.

Sedangkan menambah atau memperpanjang pinjaman di bank sering dilakukan oleh beberapa nasabah karena keadaan yang mendesak, turunnya pendapatan tetapi peningkatan kebutuhan hidup, dan lainnya.

Karena tidak semua orang meminjam uang untuk tujuan negatif atau hal-hal tidak bermanfaat seperti foya-foya ataupun untuk memenuhi keinginan dan gengsi.

Tetapi sebagian dari mereka meminjam uang biasanya untuk memenuhi kebutuhan hidup karena pendapatan menurun, ingin mengembangkan usaha, Kredit Pemilikan Rumah (KPR), kredit kendaraan, biaya pendidikan, dan lainnya.

Jika alasannya seperti itu, maka meminjam uang di bank bisa menjadi solusi terbaik daripada ke lintah rentenir ataupun orang lain seperti keluarga, teman, dan tetangga.

Salah satu bank yang memberikan pinjaman dengan bunga rendah melalui program KUR (Kredit Usaha Rakyat) adalah BRI.

Para nasabah yang telah meminjam melalui program KUR ini merasa sangat terbantu karena pengajuan pinjamannya sangat mudah.

Nah, berikut ini kami akan membahas dan membagikan informasi tentang cara menambah pinjaman di bank BRI dan informasi penting lainnya yang perlu diketahui.


1. Syarat Menambah Pinjaman di Bank BRI

Cara Menambah Pinjaman di Bank BRI
Syarat Menambah Pinjaman di Bank BRI
Sebelum cara menambah pinjaman di bank BRI, maka ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu dan akan kami bahas pada uraian ini.

Proses untuk menambah pinjaman di bank BRI tidak sesulit yang dibayangkan, karena hal paling penting yang harus dilakukan adalah memenuhi semua persyaratan yang telah ditetapkan oleh pihak BRI.

Jika persyaratan sudah terpenuhi, maka bisa dipastikan pengajuan untuk menambah pinjaman akan diterima oleh pihak BRI.

Untuk syarat menambah pinjaman di bank BRI yaitu sebagai berikut:
  • Menyiapkan bukti pembayaran angsuran bulanan serta dokumen pendukung lainnya dan dokumen ini wajib dibawa apabila hendak diperpanjang atau menambah pinjaman. Karena pihak bank perlu mengetahui sudah seberapa besar hutang yang berhasil dibayarkan kepada pihak bank.
  • Bisa dipastikan pihak bank tidak dapat menyetujui pengajuan penambahan pinjaman yang Anda ajukan, apabila hutang yang sebelumnya belum lunas. Maka syarat agar penambahan tersebut disetujui adalah Anda harus melunasi pinjaman sebelumnya terlebih dahulu.
  • Ajukan nimonal penambahan pinjaman yang masuk akan, terutama mengenai nominal hutang sebelumnya yang harus dibayarkan sebelum jatuh tempo.
  • Tetapi jika Anda dalam kondisi mendesak dan tetap harus melakukan perpanjangan walaupun pinjaman sebelumnya belum bisa dibayar lunas, mengajukan top up bisa dilakukan sebagai solusinya. Karena dengan mengajukan top up kredit, maka pihak bank bisa memberikan tambahan besar kredit atau plafon.


2. Cara Menambah Pinjaman di Bank BRI

Cara Menambah Pinjaman di Bank BRI
Cara Menambah Pinjaman di Bank BRI
Sebelum mengajukan penambahan pinjaman,ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan walaupun semua persyaratan sudah terpenuhi.

Hal utama yang harus dipikirkan secara matang-matang adalah apakah hutang tersebut nantinya mampu Anda setor atau bayarkan.

Karena jika tidak mampu, maka lebih baik dibatalkan saja agar tidak menyulitkan diri Anda sendiri.

Kalau sudah benar-benar yakin untuk lanjut, maka Anda bisa menerapkan cara yang akan kami bagikan.

Untuk cara menambah pinjaman di bank BRI yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, silahkan datanglah ke kantor cabang BRI terdekat dan pastikan untuk membawa dokumen berupa persyaratan dan bukti pembayaran angsuran bulanan.
  • Kemudian mmbil nomor antrian setelah berada di kantor cabang BRI dan Anda akan diarahkan oleh Security untuk mengisi formulir antrian.
  • Tunggulah giliran sampai nama Anda dipanggil untuk menuju Customer Service.
  • Jika sudah dipanggil, silakan mendatangi Customer Service sesuai dengan instruksi dan beritahu Customer Service bahwa Anda hendak mengajukan perpanjangan atau penambahan pinjaman dana.
  • Ajukan penjadwalan kredit atau reschedule credit kepada Customer Service lalu Anda akan diarahkan untuk menemui debt collector.
  • Saat sudah menemui petugas debt collector, Anda akan diminta untuk menjelaskan secara rinci mengapa harus memperpanjang pinjaman di bank BRI.
  • Setelah itu tunjukkan keseriusan niat bahwa pinjaman atau hutang pasti dilunasi, agar pengajuan penambahan pinjaman bisa segera disetujui oleh pihak BRI.
  • Apabila ingin menambah pinjaman, maka Anda wajib melunasi hutang sebelumnya terlebih dahulu. Setelah lunas, maka barulah Anda bisa mengajukan penambahan pinjaman kepada pihak BRI.
  • Tunggulah sampai prosesnya disetujui oleh pihak bank BRI.


Alasan Menambah Pinjaman di Bank BRI Diajukan

Cara Menambah Pinjaman di Bank BRI
Alasan Menambah Pinjaman di Bank BRI Diajukan
Setelah syarat dan cara menambah pinjaman di bank BRI diketahui, maka Anda juga perlu mengetahui cara memberikan alasan yang benar kepada pihak bank agar pengajuan cepat disetujui.

Para nasabah yang meminjam uang dibank seperti BRP pastinya mempunyai berbagai alasan yang menjadi latar belakang mereka berhutang.

Beberapa alasan tersebut seperti karena ada kebutuhan yang mendesak, membutuhkan modal tambahan dan lainnya.

Apapun alasannya, namun saat mengajukan pinjaman ke bank Anda harus tetap memberikan alasan yang logis agar bisa diterima dengan akal sehat.

Karena menunjukkan itikad baik perihal melunasi semua hutang pun juga harus dilakukan, terutama jika memang sebelumnya Anda terpaksa menunggak dan tetap ingin melunasinya berapapun nominalnya.

Oleh karena itu, sebelum mengajukan penambahan pinjaman ke bank BRI, disarankan untuk memikirkannya dengan matang terlebih dahulu.

Apakah dengan menambah pinjaman akan memberikan dampak yang baik bagi perekonomian Anda atau justru sebaliknya.

Apabila Anda seorang pelaku bisnis dan sedang dalam kondisi terdesak karena pinjaman sebelumnya sangat terbatas untuk memenuhi kebutuhan toko sekaligus konsumen.

Maka bisa mengajukan bukti berupa proposal kepada pihak bank BRI agar dijadikan bahan pertimbangan untuk disetujui.

Karena sebenarnya, meminjam modal di bank bukan satu-satunya cara yang tepat mendapatkan pinjaman uang.

Pasalnya Anda bisa mencoba cara lain yang resikonya lebih ringan seperti mengajak orang lain bekerja sama dan keuntungan yang didapatkan bisa dibagi dengan sistem bagi hasil.

Atau mungkin kalau Anda memilih aset berharga seperti perhiasan, tanah, kendaraan dan lainnya bisa dijual saja.

Walaupun menjual barang mungkin tidak dengan cepat mendatangkan uang tapi bisa jadi lebih cepat jika Anda langsung menemukan konsumen. Tetapi cara ini bisa dicoba apabila perpanjangan ataupun penambahan pinjaman tidak disetujui oleh pihak bank.


Apakah Menambah Pinjaman di Bank BRI Bisa Dilakukan?

Cara Menambah Pinjaman di Bank BRI
Apakah Menambah Pinjaman di Bank BRI Bisa Dilakukan?
Jika membahas tentang cara menambah pinjaman di bank BRI, pastinya akan muncul pertanyaan lain.

Pertanyaan tersebut adalah apakah proses tersebut bisa dilakukan dan apakah bisa disetujui? Jawabannya tentu bisa.

Karena menambah pinjaman di bank BRI sebenarnya bisa dilakukan, namun dengan catatan atau syarat khusus.

Jadi, jika Anda ingin mengajukan penambahan pinjaman maka hendaknya untuk melunasi hutang sebelumnya yang belum lunas.

Pasalnya pihak bank BRI akan melakukan pengecekan riwayat kredit terhadap data debitur yang mengajukan penambahan peminjaman kembali.

Apabila ada kemacetan pembayaran atau kredit karena sering menunggak dan ada riwayat hutang lainnya maka bisa dipastikan pihak BRI tidak dapat mengabulkan permintaan tersebut.


Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang cara menambah pinjaman di bank BRI dan informasi penting lainnya yang perlu diketahui.

Sebelum mengajukan penambahan pinjaman di bank BRI, maka penuhi beberapa persyaratan seperti yang telah kami sebutkan di atas.

Yang terpenting, lunasi hutang sebelumnya terlebih dahulu agar pengajuan bisa disetujui dengan cepat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel