Cara Membuat Antena TV Digital Segala Arah 2022

Cara Membuat Antena TV Digital Segala Arah
Cara membuat antena TV digital segala arah
perlu untuk diketahui bagi memiliki TV digital, karena dengan membuat antena sendiri menjadi pilihan fleksibel apalagi bagi yang berlokasi susah sinyal.

Untuk membuat antena TV digital segala arah bisa untuk outdoor maupun indoor, dan jika membuat antena TV digital sendiri untuk outdoor atau luar ruangan akan lebih bagus dalam menangkap sinyal.

Sementara untuk antena TV indoor lebih mudah untuk diletakkan di dalam rumah, anda bisa menyesuaikan sendiri seperti apa model antena yang dibutuhkan.

Langsung saja kami akan mejelaskan di bawah ini tentang cara membuat antena TV digital segala arah yang dapat anda coba.


1. Cara Membuat Antena TV Digital Segala Arah

Cara Membuat Antena TV Digital Segala Arah
Cara Membuat Antena TV Digital Segala Arah
Jika anda ingin membuat antena TV digital segala arah sendiri, anda harus menyiapkan peralatan-peralatan yang dibutuhkan, baru kita bisa memulai proses pembuatan antena TV digital.

Peralatan tersebut untuk membantu dalam pembuatan antena TV agar menghasilkan tayangan yang jernih dan bagus.

Di bawah ini adalah beberapa beberapa peralatan yang harus disiapkan untuk membuat antena TV digital segala arah yaitu sebagai berikut:
  • Gunting seng yang akan digunakan untuk memotong seng.
  • Seng nisplang atau seng biasa yang berukuran 1 meter.
  • Obeng, palu, kayu balok, paku kabel antena, dan baut.

Jika semua peralatan tersebut sudah anda siapkan, maka selanjutnya anda bisa melakukan langkah-langkah proses cara membuat antena TV digital segala arah yaitu sebagai berikut:


a. Memotong Seng untuk Antena

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk membuat antena TV digital adalah silahkan anda memotong seng dengan desain potongan yaitu sebagai berikut:
  • Pertama, potongan persegi panjang 1 buah dengan ukuran yaitu 35 cm dan 50 cm untuk masing-masing panjang dan lebar.
  • Kedua, potongan trapesium 2 buah, silahkan anda memotong seng berbentuk trapesium sama kaki, ukuran alas atau sisi bawah 22cm, sisi atas 5cm, dan panjang kaki-kakinya yaitu 13,5cm.


b. Merangkai Seng

Langkah kedua untuk melakukan proses cara membuat antena TV digital segala arah adalah merangkai seng.

Untuk seng nisplang dengan bentuk persegi tersebut silahkan anda meletakkannya di bawah, lalu untuk bagian atasnya dipasang balok kayu dengan panjang 11cm.

Kemudian silahkan anda memasang seng nisplang trapesium dengan sisi yang berlawanan, setiap seng trapesium dipasang dengan sisi atas seng yang memiliki panjang 5cm yang dipasangkan ke balok kayu.

Silahkan anda memberikan jarak antar seng sekitar 2cm untuk tempat kabel antena, untuk membuat rangakaian tersebut silahkan anda menggunakan obeng, paku, dan palu.

Dalam membuat rangkaian tersebut, anda harus melakukan pemasangan dengan benar dan kuat, agar hasilnya sesuai keinginan.


c. Uji Coba Antena

Jika anda membuat antena TV digital di daerah susah sinyal maka kita harus mengetahui posisi penempatan antena yang tepat.

Maka langkah selanjutnya, silahkan anda pastikan koneksi kabel driver dan kabel jack untuk antena TV sudah kencang.

Silahkan anda meletakkan antena pada ketinggian yang tepat yang dapat menangkap sinyal TV dengan lebih baik.

Dan alangkah baiknya juga menggunakan kabel antena yang berkualitas agar hasil tangkapan antena juga bagus.

Jika anda sudah memasang antenanya, maka selanjutnya silahkan anda mengecek antena TV yang sudah dibuat tersebut dengan menyalakan TV.

Apabila hasilnya masih kurang bagus, maka anda bisa memindahkan lokasi penempatan antena sampai mendapatkan sinyal yang bagus atau pas.


d. Antena Siap Digunakan

Jika semua proses cara membuat antena TV digital segala arah sudah dilakukan dengan benar sampai hasil gambar TV bagus dan jernih, maka anda sudah berhasil membuat antena TV digital segala arah.


Faktor Penyebab Tayangan TV Tampak buruk

Di atas sudah kami menjelaskan mengenai cara membuat antena TV digital segala arah, anda juga perlu untuk mengetahui penyebab tayangan gambar TV digital kurang bagus.

Adapun penyebab yang dimaksud jika tayangan TV digital kurang bagus atau buruk yaitu sebagai berikut:
  • Jika posisi dan ketinggian antena TV tersebut tidak tepat.
  • Jika anda meletakkan antena pada arah yang tidak tepat.
  • Berpengaruh juga terhadap kualitas kabel antena.


Kelebihan Membuat Antena TV Digital Sendiri

Selanjutnya kami akan memberitahu anda kelebihan jika membuat antena TV digital sendiri, jika anda sudah mengetahui kelebihan, dan anda merasa diuntungkan, maka anda bisa mencoba membuatnya.

Anda bisa melakukannya dengan cara seperti yang sudah kami jelaskan dipembahasan sebelumnya mengenai cara membuat antena TV digital segala arah.

Anda bisa simak di bawah ini beberapa kelebihan jika membuat antena TV digital segala arah sendiri yaitu sebagai berikut:
  • Anda bisa menyesuaikan ukuran antena dengan kebutuhan diri sendiri, misalnya membuat antena yang berukuran kecil maupun besar.
  • Anda bisa mengatur posisi antena sesuai keinginan.
  • Jika membuat antena TV digital sendiri maka anda akan mengeluarkan biaya yang lebih murah, namun anda harus penuh kesabaran dan rangkai dengan usaha yang maksimal.
  • Menghasilkan gambar yang bagus jika dibuat dengan benar.


Akhir Kata

Itulah seluruh penjelasan yang dapat kami bagikan mengenai cara membuat antena TV digital segala arah, selamat mencoba.

Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat anda jadikan gambaran jika ingin membuat antena TV digital segala arah sendiri.

Jika isi dari artikel ini menurut anda penting untuk diketahui banyak orang, maka silahkan anda membagikan informasi dalam artikel ini dengan share di media sosial.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel