Cara Mematikan Tanda Aktif di IG 2022

Cara Mematikan Tanda Aktif di IG
Cara mematikan tanda aktif di IG
kerap dicari oleh para pengguna sosial media populer ini, banyak orang belum tahu cara agar akun IG mereka tidak terlihat aktif di akun Instagram orang lain.

Instagram memiliki fitur online untuk setiap penggunanya, fitur ini muncul di bagian pesan Instagram,
dan fitur online di Instagram ini memudahkan pengguna untuk mengetahui akun lain sedang aktif.

Fitur online ini dapat dilihat melalui direct message alias DM Instagram, pengguna dapat melihat lingkaran hijau di foto profil yang artinya akun tersebut sedang online di Instagram.

Antar pengguna bisa mengobrol melalui pesan direct message ketika yang lain sedang aktif, selain itu fitur online membuat seseorang bisa melihat kapan terakhir kali akun orang lain aktif di Instagram.

Tetapi ada beberapa orang dari pengguna Instagram tidak nyaman jika berbagi status online di Instagram, karena setiap pengguna memiliki aktivitas berbeda ketika menggunakan IG.

Misalnya saja beberapa pengguna melihat Instagram hanya untuk melihat foto, video, dan Reels saja, dan mereka tidak ingin membalas pesan melalui DM yang dirasa hal tersebut sangat menggangu.

Nah kali ini kami akan membagikan informasi mengenai cara mematikan tanda aktif di IG untuk anda yang belum tahu cara menonaktifkan fitur tersebut, dan simak ulasan sebagai berikut.


1. Cara Mematikan Tanda Aktif di IG lewat Aplikasi

Cara Mematikan Tanda Aktif di IG
Cara Mematikan Tanda Aktif di IG lewat Aplikasi
Mematikan fitur online di IG berarti membuat tanda bulatan berwarna hijau di bagian kanan bawah foto profil mati, ketika fitur ini dimatikan pengguna lain tidak lagi melihat tanda online di akun sendiri atau akun orang lain.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak langkah-langkah cara mematikan tanda aktif di IG lewat aplikasi yang bisa anda ikuti tutorialnya dengan mudah yaitu sebagai berikut:
  • Buka aplikasi Instagram di HP anda.
  • Pilih ikon profil di pojok kanan atas layar.
  • Ketuk ikon Pengaturan atau garis tiga pada akun Instagram anda.
  • Lalu klik ikon Pengaturan.
  • Lanjutkan ke menu Privasi akun.
  • Gulir kebawah untuk mencari opsi Status Aktivasi dan ketuk menu tersebut.
  • Matikan tanda Tampilkan Status Aktivitas dengan menggeser tombol hijau ke kiri, sehingga warnanya menjadi abu-abu dan aktivasi online pada akun anda pun telah mati.
  • Selesai.
Itulah cara mematikan aktivasi online di Instagram sangat mudah bukan? Fungsi mematikan tampilan status online ini untuk mencegah orang lain tidak bisa melihat status aktivitas anda.

Dengan mematikan fitur ini juga membuat akun anda tidak bisa melihat status online pengguna lain, karena platfrom Instagram telah membuat peraturan tersebut untuk kebaikan para penggunanya agar seimbang.


2. Cara Mematikan Tanda Aktif di IG Lewat Browser

Cara Mematikan Tanda Aktif di IG
Cara Mematikan Tanda Aktif di IG Lewat Browser
Perubahan yang anda buat akan diterapkan secara otomatis dan orang tidak dapat lagi melihat status aktivitas online anda, namun hal lain yang perlu diingat saat anda mematikan status aktif di Instagram.

Hal tersebut berlaku dua arah yaitu jika orang lain tidak dapat melihat status aktivitas anda, maka sebaliknya anda juga tidak akan dapat melihat status orang lain di akun sendiri.

Selain melalui aplikasi anda juga bisa lewat browser untuk setting pengaturan aktivasi online tersebut, caranya pun sangat mudah dan anda bisa ikuti tutorial yang kami berikan.

Silahkan simak langkah-langkah cara mematikan tanda aktif di IG lewat brower yang bisa anda ikuti dengan mudah yaitu sebagai berikut:
  • Buka browser di laptop Ketika instagram.com atau klik melalui link berikut ini (Berikut Link Situs Instagram).
  • Masukkan email dan password untuk login ke akun Instagram anda.
  • Klik ikon gambar profil di pojok kanan atas layar HP anda.
  • Pilih menu Pengaturan pada akun Instagram.
  • Lalu klik Privasi dan Keamanan.
  • Kemudian hapus tanda centang pada Status Aktivitas.
  • Secara otomatis status aktivitas online akun akan dinonaktifkan oleh Instagram.


Alasan Status Online di Instagram Mengganggu?

Cara Mematikan Tanda Aktif di IG
Alasan Status Online di Instagram Mengganggu?
Sebetulnya ada banyak sekali alasan kenapa orang tidak menyukai fitur online ini, salah satunya adalah mereka merasa Instagram mengganggu privasi, karena ada kalanya seseorang membuka Instagram hanya untuk mencari informasi saja.

Tetapi fitur online membuat mereka dengan mudah mendadak diajak berbincang lewat DM, dan hal inilah yang akhirnya memicu rasa ingin tahu mengenai bagaimana cara mematikan tanda aktif di IG.

Tidak hanya itu saja, status sedang online membuat seseorang yang populer contohnya seperti selebritis, akan langsung diburu oleh para penggemarnya ketika ditahu akun mereka online.

Belum lagi bagi pasangan kekasih muda, saat mengetahui kekasih mereka tidak membalas pesan dengan alasan tidak punya paket data tapi malah asyik berselancar dan online di Instagram.

Tentu bisa memicu perdebatan dan pertanyaan besar mengenai hal tersebut, dan jika dibiarkan bukan tidak mungkin Instagram kehilangan pengguna karena fitur online-nya ini.

Terkait dari banyaknya keluhan akan status online dari pengguna lain, Instagram pun mencoba mengakomodasi keinginan para penggunanya untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Saat ini anda bisa dengan mudah mematikan status online sehingga tidak ada seorangpun yang tahu lagi dengan mengikuti langkah-langkah yang kami bagikan di atas.

Sebagai informasi, walaupun anda tidak menonaktifkan status aktivitas online pada akun IG, namun Instagram sudah melakukan batasan untuk menampilkan status aktivitas ke 25 pengguna pertama di daftar DM.

Tetapi catatan lainnya, ketika perubahan yang anda buat pada status aktif dapat kembali ke default saat anda memperbarui atau menginstal ulang aplikasi Instagram, tetapi anda bisa menyembunyikan kembali status aktif seperti langkah di atas.


Akhir Kata

Begitulah penjelasan yang kami berikan untuk anda mengenai cara mematikan tanda aktif di IG 2022 yang bisa anda ikuti langkah-langkahnya dengan benar agar berhasil.

Karena sebagian orang sangat tenggangu dengan aktivasi online di Instagram mereka, jadi banyak pengguna yang mencari cara agar aktivasi online tersebut di nonaktifkan atau mati.

Jangan lupa bagikan informasi artikel ini ke teman atau kerabat dekat anda yang belum tahu cara menonaktifkan aktivasi online akun Instagram, dan jangan lewatkan informasi menarik lainnya di artikel kami seputar akun Instagram.

Itulah seluruh pembahasan kami pada artikel kali ini tentang cara mematikan tanda aktif di Instagam yang bisa anda gunakan untuk keperluan pribadi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel