Cara Mematikan Talkback Xiaomi 2022

Cara Mematikan Talkback Xiaomi
Cara mematikan Talkback Xiaomi
sering kali dicari oleh para pengguna HP Android termasuk dengan merek Xiaomi, nah kebetulan kali ini kami akan mengulas secara detail maka simak artikel ini sampai selesai.

Talkback merupakan salah satu software yang berasal dari Google dan mempunyai fungsi untuk membaca layar pada perangkat Android, biasanya hal ini sangat membantu para orang yang keterbatasan khusus.

Ini tidak terkecuali pada ponsel dengan merek Xiaomi, oleh sebab itu, setiap kali pengguna menyentuh serta memilih menu atau aplikasi di HP Xiaomi, maka akan muncul suara instruksi terkait menu yang di pilih.

Cara kerja dari software ini yaitu dengan mengkonversi perintah tulisan menjadi lisan atau melalui text ke audio, tetapi tidak semua perangkat Android memiliki fitur talkback di dalamnya.

Meskipun begitu, anda juga dapat memasang fitur Talkback ini secara manual dengan mendownload aplikasinya pada Google Play Store secara gratis tanpa harus membayarnya.

Namun fitur ini seringkali tidak berfungsi dalam aktivitas sehari-hari, dan banyak pengguna yang ingin menonaktifkan fitur Talkback pada perangkat Android mereka, tetapi masih banyak orang yang belum tahu cara menonaktifkannya.

Fitur Talkback ini merupakan salah satu fitur yang memungkinkan para pengguna smartphone yang mempunyai keterbatasan pada indera penglihatan mereka, sehingga tetap bisa mengoperasikan atau navigasi perangkat mereka dengan baik.

Dengan adanya fitur ini tentu sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kekurangan pengelihata, akan tetapi bagi pengguna normal, fitur ini bisa menggangu aktivitas mereka, sehingga mereka memilih untuk menonaktifkan saja.

Nah, kali ini kami akan membagikan informasi tentang cara mematikan Talkback Xiaomi yang bisa anda jadikan panduan untuk menonaktifkan fitur ini dan silahkan simak ulasan sebagai berikut.


1. Cara Mematikan Talkback Xiaomi Melalui Menu Tombol Volume

Cara Mematikan Talkback Xiaomi
Cara Mematikan Talkback Xiaomi Melalui Menu Tombol Volume
Cara ini dapat anda lakukan apabila aksesibilitas pintasan tombol volume aktif untuk fitur Talkback, namun jika tidak maka cara ini tidak dapat anda lakukan melalui tombol volume HP.

Simak langkah-langkah mudah yang dapat anda terapkan mengenai cara mematikan Talkback Xiaomi, dengan mengikuti tutorial yang kami berikan di bawah ini yaitu sebagai berikut:
  • Pertama nyalakan ponsel Xiaomi yang anda miliki.
  • Lalu buka kunci HP dengan cara geser layar ke atas menggunakan 2 jari, lalu masukkan sandi, pin, atau pola
  • Kemudian tekan dan tahan tombol volume atas dan volume bawah secara bersamaan kurang lebih selama 3 detik.
  • Maka secara otomatis fitur Talkback akan langsung mati atau dinonaktif.
  • Kemudian ponsel Xiamoi anda pun sudah bisa dioperasikan seperti biasanya.


2. Cara Mematikan Talkback Xiaomi dengan Menu Pengaturan

Cara Mematikan Talkback Xiaomi
Cara Mematikan Talkback Xiaomi dengan Menu Pengaturan
Pilihan kedua yang bisa anda coba juga adalah dengan menonaktifkan fitur Talkback melalui menu pengaturan ponsel yang kerap menjadi pilihan cara termudah yang sering digunakan oleh para pengguna Xiaomi.

Cara ini dapat dilakukan apabila cara melalui tombol volume tidak berhasil, dan simak langkah langkah cara mematikan Talkback Xiaomi dengan menu pengaturan yaitu sebagai berikut:
  • Nyalakan ponsel Xiaomi yang anda miliki.
  • Buka kunci HP dengan cara gulir layar ke atas dengan menggunakan 2 jari, kemudian masukkan pola, sandi, atau pin agar layar HP terbuka.
  • Selanjutnya, pilih Setelan atau pengaturan dengan cara menggeser dengan menggunakan 2 jari, tap 2 kali pada menu setelan untuk dapat membukanya.
  • Berikutnya, gulirkan layar ke atas dan pilih menu “Setelan tambahan” dengan tap 2 kali pada setelan tambahan tersebut untuk membukanya.
  • Selanjutnya pada menu Setelan Tambahan maka klik 2 kali pada menu Aksesibilitas untuk membuka.
  • Klik 2 kali pada menu penglihatan yang terdapat pada bagian atas layar HP.
  • Kemudian pilih “Talkback” dan ketuk 2 kali untuk membukanya.
  • Lalu klik 2 kali pada tombol aksesibilitas.
  • Setelah itu akan muncul kotak dialog “Hentikan Talkback” kemudian ketuk dua kali pada tombol “Hentikan” maka Talkback Xiaomi telah berhasil Anda nonaktifkan.
  • Selesai, dan HP telah bisa anda oprasikan seperti biasanya tanpa gangguan fitur Talkback ini.


Alasan Menonaktifkan Fitur Talkback

Cara Mematikan Talkback Xiaomi
Alasan Menonaktifkan Fitur Talkback
Setelah anda mengetahui bagaimana cara mematikan Talkback Xiaomi , anda juga bisa menerapkan cara ini ke HP Android lainnya karena caranya hampir sama.

Tahukah anda apa alasan para pengguna HP Xiaomi dalam menonaktifkan fitur Talkback ini di HP mereka? Tentu banyak alasan para pengguna dalam menonaktifkan fitur Talkback di HP Redmi dan HP Android lainnya.

Pada saat menggunakan ponsel Xiaomi dengan fitur Talkback aktif, maka ponsel anda akan selalu mengeluarkan suara setiap kali anda menyentuhnya, baik ketika membuka aplikasi, membuka kunci layar, menyalakan HP, membalas chat, dan lain sebagainya.

Bahkan pada saat pengoperasian layar di saat fitur Talkback ini dalam keadaan aktif, maka akan menjadikannya terasa berbeda dari biasanya, karena selalu mengeluarkan suara yang mungkin saka menggangu.

Untuk dapat mengoperasikan layar HP ketika fitur Talkback aktif, maka anda harus menyentuh layar dengan menggunakan 2 jari untuk dapat menggeser layar agar layar bisa terbuka.

Selain itu juga anda harus mengetuk 2 kali untuk membuka menu, aplikasi, atau fitur lainnya yang ingin dibuka ketika fitur Talkback aktif, jika anda mengetuk atau tap 1 kali tidak akan terbuka.

Dengan demikian, bagi anda atau para pengguna yang tidak terbiasa dengan cara ini, lebih memilih anda menonaktifkan fitur Talkback pada perangkat Xiaomi yang digunakan agar lebih praktis dan mudah.

Tetapi Talkback seringkali tiba-tiba aktif, hal ini dikarenakan oleh aksesibilitas kedua tombol volume tidak sangaja pengguna teka, atau memang sudah aktif sejak pembelian perangkat HP.

Alasan lainnya yaitu, banyak pengguna Redmi yang mengeluh jika mereka tidak dapat membuka layar kunci ketika fitur Talkback aktif, dimana pola sering kali tidak merespon serta terganggu dengan suara yang dikeluarkan.


Akhir Kata

Itu tadi penjelasan yang kami berikan untuk anda mengenai cara mematikan Talkback Xiaomi 2022 yang bisa anda coba ikuti apabila fitur Talkback ini sangat menggangu aktivitas sehari-hari.

Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang kami berikan dengan benar agar proses menonaktifkan ini bisa berhasil, tetapi sering kalo fitur ini tiba-tiba aktif, anda bisa mengulangi cara di atas untuk mematikannya kembali.

Jangan lupa bagikan informasi artikel ini ke teman atau kerabat dekat anda yang belum tahu cara menonaktifkan fitur Talkback ini dan jangan lewatkan informasi menarik lainnya di situs kami.

Itulah seluruh pembahasan kami pada artikel kali ini tentang cara mematikan Talkback di HP Xiaomi yang bisa anda jadikan untuk keperluan pribadi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel