Cara Mematikan Last Seen WA 2022

Cara Mematikan Last Seen WA
Cara mematikan last seen WA
ini kerap dicari oleh para pengguna Whatsapp yang merasa terganggu dengan salah satu fitur yang di berikan oleh aplikasi pesan instan ini.

Tetapi anda tidak perlu khawatir lagi dengan last seen ini, karena WhatsApp baru saja mengumumkan bahwa dirinya telah merilis fitur baru yang memungkinkan bagi penggunanya bisa menyembunyikan keterangan kapan terakhir pengguna.

Kehadiran fitur baru ini sangat dinanti-nanti oleh sebagian pengguna Whatsapp karena dirasa last seen ini sangat menggangu aktivitas mereka ketika menggunakan aplikasi ini.

Dengan demikian keterangan “terakhir dilihat” atau “last seen” bisa tersembunyikan dari orang-orang tertentu, begitu juga dengan anda tidak bisa melihat last seen orang lain.

Mungkin ada dari anda yang belum tahu apa itu last seen Whatsapp, maka kami akan memberikan penjelasan dengan detail mengenai last seen pada artikel kali ini.

Last seen adalah salah satu fitur yang ada di dalam Whatsapp yang berfungsi untuk menunjukkan kepada pengguna Whatsapp lain kapan terakhir kali anda membuka Whatsapp, dan kapan terakhir kali membaca pesan yang didapat.

Tidak hanya itu saja, di aplikasi Whatsapp sekarang ada fitur agar bisa cek dan periksa ulang untuk menandai bahwa pesan yang dikirimkan kepada anda,dengan begitu anda bisa membuat aktifitas terakhir di Whatsapp tidak terlihat dengan cara ini.

Untuk lebih jelasnya, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa informasi mengenai cara mematikan last seen WA, dan silahkan simak ulasan sebagai berikut.


1. Cara Mematikan Last Seen WA dari Orang Tertentu

Cara Mematikan Last Seen WA
Cara Mematikan Last Seen WA dari Orang Tertentu
Ada sebagian pengguna yang ingin menyembunyikan keterang "kapan terakhir dilihat" atau last seen di akun Whatsapp mereka karena satu atau dua alasan tertentu.

Munculnya fitur yang bisa menyembunyikan keterang status terakhir ini, banyak pengguna yang berburu mencari cara menonaktifkannya karena banyak orang yang belum tahu.

Silahkan simak langkah-langkah cara mematikan last seen WA dari orang tertentu melalui menu pengaturan WhatsApp, dan simak selengkapnya yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama buka aplikasi WhatsApp pada HP anda.
  • Selanjutnya klik “Pengaturan” pada pojok kanan bawah.
  • Klik “Akun” dari beberapa opsi pilihan yang ada.
  • Setelah itu klik “Privasi” pada pilihan atas dari beberapa opsi.
  • Kemudian anda klik “terakhir dilihat”.
  • Lalu pilih “Semua orang” jika mengizinkan semua pengguna WhatsApp untuk melihat keterangan kapan terakhir anda membuka WhatsApp.
  • Selanjutnya, pilihan “kontak saya” dengan memilih opsi ini maka keterangan terakhir bisa dilihat oleh kontak yang ada di buku alamat saja.
  • Dan opsi pilihan selanjutnya“Kontak saya kecuali” merupakan opsi yang harus digunakan jika ingin menyembunyikan keterangan terakhir dilihat dari orang tertentu.
  • Adapun opsi lain yang bisa dipilih yakni “Tidak Ada” maka keterangan terakhir dilihat tidak akan muncul untuk semua orang.


2. Cara Mematikan Last Seen WA di perangkat iOS

Cara Mematikan Last Seen WA
Cara Mematikan Last Seen WA di perangkat iOS
Untuk menonaktifkan last seen maka diperlukan jaringan internet, atau anda harus terhubung ke jaringan internet terlebih dahulu agar proses mematikan last seen bisa berhasil.

Karena tanpa jaringan internet proses menonaktifkan tidak dapat di proses atau tertunda, anda bisa mengulangai kembali jika telah terhubung ke jaringan internet.

Namun, ada saja pengguna iOS belum memahami bagaimana cara menonkatifkan last seen ini pada HP mereka, padalah dengan mengikuti prosesnya dengan baik dan benar maka anda bisa mematikan fitur tersebut.

Bagi anda yang belum tahu cara mematikan last seen WA di perangkat iOS, maka simak langkah-langkah yang kami bagikan ini dengan benar yaitu sebagai berikut:
  • Buka aplikasi Whatsapp pada perangkat iOS anda.
  • Setelah aplikasi terbuka, maka langkah selanjutnya anda harus memilih tombol Pengaturan di sudut kanan bawah layar.
  • Langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu pilih akun.
  • Lalu pilih privasi dari beberapa opsi pilihan yang ada.
  • Kemudian klik last seen.
  • Jika sudah sampai di tahap ini, maka anda bisa memilih siapa saja yang dapat melihat keterangan last seen anda dengan memilih salah satu opsi yant tersedia seperti di bawah ini:
  • Semua orang: dengan memilih opsi ini maka keterangan last seen bisa dilihat oleh semua pengguna Whatsapp.
  • Kontak saya: maka terangkan "terakhir dilihat" bisa muncul untuk setiap kontak anda saja.
  • Kontak saya kecuali: opsi ini tidak akan menampilkan keterangan "terakhir dilihat" kepada orang tertentu.
  • Tidak ada: dimana opsi yang akan anda pilih jika tidak ingin memunculkan keterangan "terakhir dilihat" untuk semua orang.

Ketika anda telah selesai memilih opsi yang diinginkan maka cukup kembali dari pengaturan tersebut dan kemudian fitur last seen Whatsapp sudah tidak akan bekerja secara otomatis.


3. Cara Mematikan last seen WA di Perangkat Android

Cara Mematikan Last Seen WA
Cara Mematikan last seen WA di Perangkat Android
Tidak hanya di perangkat iOS saja yang kami ulas, disini kami juga akan membagikan bagaimana cara menonaktifkan fitur last seen Whatsapp ini pada perangkat Android.

Untuk caranya hampir mirip dengan iOS hanya saja tombol ikon pengaturan dan terletak dibagian lain layar saja yang membedakan hal ini, dan langkah-langkah selanjutnya tetap serupa.

Tetapi jika anda belum paham, maka bisa simak langkah-langkah cara mematikan last seen WA di perangkat Android dengan mudah yang bisa anda ikuti yaitu sebagai berikut:
  • Buka aplikasi Whatsapp pada HP Android anda.
  • Kemudian klik ikon titi tiga pada pojok kana atas layar.
  • Kemudian pilih setting atau pengaturan.
  • Lalu pilih Akun dari beberapa opsi pilihan yang ada.
  • Setelah itu klik Privasi.
  • Kemudian pilih opsi last seen, lalu ubah keterangan last seen seperti yang anda inginkan.
  • Saat berada di tahap ini, anda bisa mengatur siapa saja yang dapat melihat gambar dan status profil pada Whatsapp.

Sebagai catatan: Jika anda menonaktifkan fitur ini atau menyembunyikan keterangan "terakhir dilihat" pada Whatsapp, maka anda juga tidak akan bisa melihat keterangan terakhir dilihat orang lain.

Walaupun anda mematikan fitur last seen ini, tetapi status online pada Whatsapp tetap akan muncul di Whatsapp orang lain, dan juga tidak menyembunyikan status "sedang mengetik" pada Whatsapp.


Akhir Kata

Itu tadi 3 cara mematikan last seen WA 2022 yang bisa anda ikuti apabila fitur tersebut sangat menggangu aktivitas anda ketika sedang menggunakan aplikasi Whatsapp.

Hal ini wajar-wajar saja dilakukan apabila fitur tersebut sangat menggangu, anda bisa mematikan atau menyembunyikan keterangan tersebut apabila hal tersebut penyebab masalah.

Jangan lupa bagikan informasi artikel ini ke teman atau kerabat dekat anda yang belum tahu cara menonaktifkan last seen ini, dan jangan lewatkan artikel menarik lainnya di situs kami.

Itulah seluruh pembahasan kami pada artikel kali tentang cara mematikan fitur last seen pada Whatsapp dengan mencoba 3 cara di atas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel