Cara Memasang Set Top Box Pada TV Digital 2022

Cara Memasang Set Top Box Pada TV Digital
Cara memasang set top box pada TV Digital
sangatlah mudah, tidak hanya TV digital saja yang akan kami berikan melainkan cara memasang set top box untuk TV analog, TV LCD maupun LED.

Perangkat set to box sangat diperlukan untuk TV analog baik yang masih tabung maupun TV LCD atau TV LED, menggunakan alat ini anda tidak perlu membeli TV baru untuk bisa menikmati siaran TV digital.

Seperti yang kita ketahui bahwa, Kementerian Komunikasi dan Informasi atau Kominfo telah mulai menghentikan siaran TV analog pada 30 April 2022 di beberapa daerah.

116 Kabupaten atau Kota masuk ke dalam wilayah yang dihentikan siaran televisinya pada tahap pertama oleh Kominfo, tetapi anda jangan khawatir dengan pemberhentian ini.

Pemilik TV lama atau TV analog tetap bisa menikmati siaran TV digital dengan mudah tanap perlu membeli televisi baru, cukup menambahkan perangkat set top box (STB) TV digital, dan anda pun bisa migrasi ke TV digital.

Antena UHF juga tidak perlu diganti sebab masih bisa digunakan saat migrasi ke siaran TV digital tanpa harus membeli UHF yang baru untuk bisa menikmati siaran TV digital.

Fungsi STB sendiri yaitu untuk mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan ke TV analog biasa, adapun cara memasang STB tetapi anda perlu memastikan perangkat yang digunakan.

STB yang lengkap memiliki Unit set top box (STB) yang lengkap seperti, kabel antena, charger atau adaptor, kabel RCA atau kabel audio video, kabel LAN atau WLAN, kabel HDMI (ada juga yang dijual terpisah), remote dan baterai serta buku petunjuk pemakaian.

Biasanya dalam STB terdapat beberapa port atau slot yang bisa digunakan diantaranya, Port ANT IN dan ANT OUT, Port adaptor, Port RCA, Port HDMI, Port USB, Port LAN, Slot microSD (tidak semua ada).

Untuk lebih jelasnya, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi tentang beberapa cara memasang set top box pada TV digital dan simak ulasan sebagai berikut.


1. Cara Memasang Set Top Box pada TV Digital dan TV Tabung atau TV Analog

Cara Memasang Set Top Box Pada TV Digital
Cara Memasang Set Top Box pada TV Digital dan TV Tabung atau TV Analog
Anda tidak perlu membeli televisi baru, anda bisa menikmati siaran TV digital dengan cara memasang set top box pada TV lama anda seperti TV analog atau yang sering disebut dengan TV tabung.

Sebelum dapat menayangkan siaran dari sinyal digital anda perlu mengatur set top box ke TV analog terlebih dahulu dengan mengikuti tutorial yang akan kami bagikan melalui artikel ini.

Silahkan simak langkah-langkah cara memasang set top box pada TV digital dan TV tabung atau TV analog yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama yang perlu dipersiapkan yaitu kabel antena.
  • Kemudian sambungkan satu ujung antena dan ujung lainnya ke port ANT IN pada set top box, sementara port ANT OUT atau loop sebenarnya tidak masalah jika tidak digunakan.
  • Setelah itu siapkan kabel RCA pada unit set top box, kabel ini biasanya memiliki tiga soket dengan warna merah, putih, dan kuning.
  • Lalu pasangkan soket tersebut pada lubang RCA di bagian belakang STB sesuai dengan warnanya.
  • Kemudian cek lubang AC pada TV analog, pasang kabel RCA sesuai dengan warnanya, beberapa merek TV memiliki lubang jack yang banyak, yang artinya memiliki mode AV lebih dari satu.
  • Selanjutnya pasangkan jack kabel adaptor pada set top box, biasanya ada keterangan pada lubangnya, kemudian pasang adaptor ke stop kontak.
  • Setelah adaptor terpasang, tekan tombol power pada set top box yang berada di depan, biasanya set top box mempunyai dua tombol power, di belakang dan depan.
  • Lalu nyalakan TV anda, kemudain pindahkan ke mode AV seperti menggunakan DVD player, jika tidak bisa maka ada kesalahan yang terjadi pada pemasangan kabel RCA.

Sebagai catatan, jika anda masih menggunakan TV analog sesekali, port antena pada TV sebaiknya disambungkan saja pada port ANT OUT pada set top box, walaupun port ANT OUT tidak masalah jika tidak digunakan.


2. Cara Memasang Set Top Box pada TV Digital, TV LED dan LCD

Cara Memasang Set Top Box Pada TV Digital
Cara Memasang Set Top Box pada TV Digital, TV LED dan LCD
Cara pasang set top box pada TV LCD maupun LED hampir sama dengan TV analog seperti yang kami jelaskan di atas, namun pemasangan set top box pada TV LED dan LCD lebih mudah karena bisa menggunakan kabel HDMI.

Karena dengan menggunakan kabel HDMI, anda tidak perlu lagi menggunakan kabel RCA, selain itu kabel HDMI juga menghasilkan kualitas gambar yang lebih jernih dan nyaman dipandang dibanding menggunakan RCA.

Untuk TV LED, setelah semuanya terpasang dan dinyalakan kemudian pindahkan ke mode HDMI, apabila HDMI 1 tidak muncul pada layar TV, maka coba HDMI 2 dan seterusnya.

Untuk cara memasang set top box pada TV digital, TV LED dan LCD anda bisa ikuti langkah-langkah pemasangan set top box pada TV analog di atas karena hampir sama.


Alasan Mengapa Harus Pindah ke TV digital

Cara Memasang Set Top Box Pada TV Digital
Alasan Mengapa Harus Pindah ke TV digital
Diberitakan sebelumnya, oleh Juru Bicara Kominfo Dedy Permadi mengatakan, ada 5 alasan mengapa masyarakat harus migrasi ke TV digital agar bisa menikmati siaran TV digital di TV lama mereka.

Kominfo sangat menyarankan masyarakat untuk melakukan migrasi ke TV digital, tetapi anda bisa menggunakan set top box dengan mengikuti tutorial cara memasang set top box pada TV digital di atas.

Hal ini dikarenakan untuk menghemat biaya dan anda tidak perlu membeli TV baru untuk bisa menikmati siaran digital karena hanya menyambungkan set top box ke TV analog.

Untuk lebih jelasnya, simak lima alasan mengapa masyarakat harus migrasi ke TV digital yaitu sebagai berikut:
  • Pertama, menjalankan amanat dari Pasal 60A Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran sebagaimana telah diubah oleh Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja.
  • Kedua, menghasilkan siaran televisi yang lebih berkualitas, tampilan yang jernih, dan bersih bagi masyarakat.
  • Ketiga, meningkatkan kualitas efisiensi penyelenggaraan siaran para lembaga penyiaran melalui infrastructure sharing.
  • Keempat, mengejar ketertinggalan Indonesia dari negara lainnya yang telah menyepakati penataan spektrum pada layanan televisi dan telah menyelesaikan ASO sehingga ASO perlu segera dilakukan untuk menghindari potensi permasalahan yang bisa saja terjadi di wilayah perbatasan.
  • Kelima, melakukan pemerataan akses internet di seluruh daerah, keperluan pendidikan, sistem peringatan kebencanaan atau kegunaan lainnya dari hasil efisiensi penggunaan spektrum frekuensi.

Selain kelima alasan di atas dalam melakukan migrasi ke TV digital yang harus dilakukan oleh masyarkat, yaitu migrasi TV analog ke TV digital juga dapat menghemat penggunaan pita frekuensi penyiaran (pita 700 Mhz) yang terbatas.


Akhir Kata

Begitulah cara memasang set top box pada TV digital 2022 dan lima alasan mengapa masyarakat harus migrasi ke TV digital, tetapi sebagian orang keberatan dengan hal tersebut.

Tetapi anda bisa menggunakan set top box agar bisa menikmati siaran TV digital di TV analog anda hanya dengan menyambungkannya, bisa mengikuti langkah-langkah di atas apabila belum tahu.

Jangan lupa bagikan informasi artikel ini ke teman atau kerabat dekat anda yang belum tahu dan jangan lewatkan informasi menarik lainnya di artikel kami mengenai seputaran TV digital.

Itulah seluruh pembahasan kami pada artikel kali pada kali ini tentang cara memasang STB pada TV digital, TV analog, TV LED dan LCD. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel