Cara Melihat Arsip di Gmail 2022

Cara Melihat Arsip di Gmail
Cara melihat arsip di Gmail
sangatlah mudah, tentu anda tidak perlu khawatir apabila tidak sengaja menekan tombol arsip pada salah satu data penting anda.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Gmail merupakan layanan email milik google yang sangat mudah digunakan dan paling banyak digunakan saat ini untuk melakukan berbagai hal seperi membuat akun sosial media dan lainnya.

Gmail juga memiliki banyak kelebihan yang dapat anda rasakan ketika menggunakannya, dimana anda bisa membersihkan kotak masuk tanpa harus menghapus email tersebut.

Anda juga bisa mengarispkan atau tidak menampilkannya kemudia email akan dipindahkan ke label yang bernama "Semua Email", pastinya anda bisa melihatnya kembali bahkan mengembalikannya lagi.

Fitur Arsip yang ada di email ini bisa anda manfaatkan untuk menghilangkan pesan email lama tanpa harus menghapusnya, sehingga email-email tersebut tidak akan muncul serta anda tidak akan terganggu dengan pesan lama tersebut.

Untuk mengarsipkan email ini sebenarnya cukup mudah, namun bagi pengguna baru mungkin akan kesulitan apabila mereka tidak sengaja menekan tombol arsip dan merek kesulitan menemukan pesan yang sudah terlanjur diarsipkan tadi.

Namun anda jangan khawatir karena di dalam artikel ini kami akan memberikan beberapa cara yang bisa anda coba untuk dapat menemukan arsip pesan email yang telah terlanjur masuk ke dalam arsip Gmail.

Oleh sebab itu simak informasi ini mengenai cara melihat arsip di Gmail karena tutorial ini sangat penting, sebab tidak ada cara lain yang bisa kita terapkan dalam mengetahui secara visual apakah pesan telah diarsipkan atau tidak.


1. Cara Melihat Arsip di Gmail Melalui Website

Cara Melihat Arsip di Gmail
Cara Melihat Arsip di Gmail Melalui Website
Pesan yang diarsipkan bisa muncul kembali di layar perangkat anda sebagai hasil pencarian apabila anda mengetahui pengirim, subjek, bagian body pesan dan hal lain dari pesan Email tersebut.

Dalam trik ini anda cukup mengetikan nama pengirim dari pesan tersebut, subjek email atau bagian isi dari pesan melalui bar pencarian di bagian atas halaman Gmail.

Ketika mengetikan salah satu body pesan tersebut anda akan ditampilakan beberapa label dari hasil pencarian, jika label diterapkan untuk pesan yang diarsipkan maka pesan tersebut masih bisa ditemukan.

Dengan diurutkan berdasarkan lebel maka pesan bisa anda temukan langsung apabila memang pesan tersebut diarsipkan, jika ingin menelusuri label anda bisa melihat sisi kiri halaman.

Tidak hanya dengan menggunakan trik di atas namun kami memiliki cara melihat arsip di Gmail dengan metode lain yaitu melalui “More”, dimana More merupakan salah satu menu yang ada di Gmail.

Di dalam metode More ini anda akan menemukan menu menu All mail dan pilih “All Mail”, di fitur ini akan menampilkan semua pesan email di akun Gmail serta email yang telah diarsipkan akan muncul di daftar All Mail.

Perlu anda tahu bahwa pesan yang diarsipkan tidak diindikasikan oleh label atau indikator lain, namun pesan yang diarsipkan hanya memiliki label “Inbox” yang dihapu yang membuat pesan tidak lagi muncul di kotak masuk.

Pesan yang diarsipkan akan muncul ke kotak masuk atau inbox kembali dengan klik "Move to Inbox" cara ini akan menampilkan email yang sudah diarsipkan kembali dan diurutkan berdasarkan tanggal aslinya.

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas bahwa pesan yang telah di arsipkan akan disembunyikan sementara apabila anda ingin menampilakannya kebali pada kotak masuk bisa melalui folder Semua Email.


2. Menggunakan App Mobile

Cara Melihat Arsip di Gmail
Menggunakan App Mobile
Hal pertama yang harus anda lakukan untuk menerapkan cara melihat arsip di Gmail di trik yang kedua ini yaitu membuka aplikasi Gmail dan jangan lupa login ke akun Gmail Anda.

Seperti yang telah kami jelaskan pada trik pertama tadi bahwa pesan yang diasipkan akan tetap muncul sebagai hasil pencarian apabila anda masih mengingat body pesan seperti pengirim, subjek dan bagian isi pesan.

Dengan mengetikakan body dari pesan tersebut pada kotak pencarian dengan mengetuk icon kaca pembesar di bagian atas layar dan kemduian anda akan menemukan email itu kembali.

Kemudian lihat melalui label, dimana label akan diterapkan untuk pesan yang diarsipkan tentu itu masih bisa ditemukan dan diurutkan berdasarkan label pencarian tersebut.

Caranya sama persis dengan metode di atas, dengan begitu anda bisa mengikuti trik di atas untuk melajutkan langkah-langkah di metode kedua ini dengan menekan tombol menu di pojok akan atas layar kemudian gulir kebawah untuk menelusuri label.

Setelah itu tekan tombol menu dan tekan menu "All Mail" maka akan menampilkan semua pesan yang ada di akun Gmail serta pesan yang telah diarsipkan sekalipun.


Cara Mengarsipkan Email

Cara Melihat Arsip di Gmail
Cara Mengarsipkan Email
Nah bagi anda yang belum tahu cara mengarsipkan Email lama maupun Emal baru yang memang sudah tidak diperlukan lagi, maka anda bisa menyembungikannya tanpa menghapusnya.

Anda bisa mengarsipkan pesan dengan dua cara, yang harus anda tahu adalah ketika pesan yang sudah di arsip akan kembali muncul apabila salah satu membalas pesan tersebut.

Setelah mengetahui cara melihat arsip di Gmail maka anda juga perlu tahu cara mengarsipkan email, maka silahkan simak langkah-langkah di bawah ini yaitu sebagai berikut:
  • Buka aplikasi Gmail di HP anda.
  • Login ke akun Gmail.
  • Setelah masuk ke akun akan ada garis tiga di maka klik bagian menu tersebut.
  • Kemudian piliha setelan atau setting.
  • Lalu klik setelan umum.
  • Berikutnya, klik tindakan default Gmail.
  • Kemudian klik asrip atau hapus, maka klik arsip untuk menyembunyikan pesan tersebut.
Dalam melakukan arsip pesan bisa dengan mengeser ke kana atau kiri dari kotak masuk, ini merupakan tips tercepat dengan mengubah setelan Gmail untuk bisa langsung melakukan tindakan ini.


Akhir Kata

Itu tadi penjelasan mengenai cara melihat arsip di Gmail 2022 dan cara mengarsipkan Email apabila anda belum tahu atau anda baru saja menggunakan Gmail.

Email yang telah diarsipkan bisa dimunculkan kembali degan mengikuti langkah-langkah yang kami berikan, dan mengikuti tutorial tesebut dengan benar.

Jangan lupa bagikan informasi artikel ini ke teman atau kerabat dekat anda yang belum tahu cara melihat email yang sudah di arsipkan dan jangan lewatkan informasi menarik lainnya melalui situs kami.

Itulah seluruh pembahasan kami pada artikal kali ini tentang cara melihat pesan yang telah diarsip pada Gmail yang bisa anda ikuti. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel