Cara Isi Saldo Kartu KRL 2022

Cara Isi Saldo Kartu KRL
Cara isi saldo kartu KRL bisa dilakukan karena Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah pada aplikasi KRL Accsess atau melalui mesin yang tersedia di stasiun.

Bila Anda pengguna moda transportasi umum berbasis rel seperi KRL atau Commuter Line, maka sangat penting untuk mengetahui cara top up atau isi saldo kartu KMT di HP dengan praktis yang akan kami bagikan pada artikel ini.

Jika Anda tinggal di wilayah JABODETABEK ataupun sekitarnya dan merupakan pelajar, pekerja, atau rutin berkegiatan untuk kesibukan dan sering menggunakan moda transportasi berbasis rel seperti KRL, pastinya sudah tidak asing lagi dengan KMT.

KMT atau Kartu Multi Trip adalah sarana atau alat pembayaran elektronik di jaringan tarnsportasi Commuter Line ataupun MRT.

Sehingga kartu ini bisa digunakan mengakses tranportasi seperti KRL ataupun berpergian dengan moda transportasi lainnya, seperti MRT dan LRT.

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari www.krl.co.id, bahwa dengan mempunyai kartu ini maka Anda tidak perlu lagi antri diloket untuk membeli tiket.

Karena pembayaran tiket KRL bisa dilakukan dengan mudah dan cepat, sehingga hadirnya Kartu Multi Trip atau KMT ini menjadi sarana pembayaran elektronik di jaringan commuter line hingga MRT yang sangat mudah digunakan dan praktis.

Anda bisa melakukan transaksi pembayaran tiket tanpa perlu mengeluarkan dompet dan antri, tetapi kartu ini tidak bisa digunakan untuk berbelanja.

Nah, berikut ini kami akan membahas dan membagikan informasi tentang cara isi saldo kartu KRL yang perlu diketahui.


1. Cara Isi Saldo Kartu KRL menggunakan Aplikasi KRL Accsess

Cara Isi Saldo Kartu KRL
Cara Isi Saldo Kartu KRL menggunakan Aplikasi KRL Accsess
Seperti yang telah disebutkan di awal jika saldo kartu KRL bisa diisi melalui aplikasi KRL Accsess.

Sehingga bagi Anda yang sering merasa kurang yakin dengan sisa saldo, maka KMT tersebut kini bisa diisi dengan sejumlah saldo agar perjalanan lebih nyaman dan terhindar dari hal-hal yang dapat menghambat perjalanan menggunakan aplikasi tersebut.

Proses isi saldo atau top up kartu KRL menggunakan aplikasi KRL Accsess ini juga terbilang mudah, karena semua prosesnya bisa dilakukan melalui HP guys.

Kemudahan dalam proses top up ini juga memang sudah menjadi wacana pemerintah mengenai perencanaan dipermudahnya dalam mengisi ulang KMT seiring meingkatnya jumlah peminat KRL dengan menggunakan mode transaksi KMT.

Untuk cara isi saldo kartu KRL menggunakan aplikasi KRL Accsess yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, silahkan download dan install aplikasi yang dibutuhkan melalui link berikut ini (Download Aplikasi KRL Accsess).
  • Jika aplikasi sudah terinstall, Anda bisa ambil kartu KMT kemudian tempelkan pada HP untuk menggunakan fitur NFC.
  • Selanjutnya pilih opsi untuk mengisi saldo dan silahkan tentukan sendiri berapa nominal saldo yang ingin Anda isi.
  • Setelah proses isi ulang KMT sukses, maka Anda dapat melihat saldo KMT secara langsung di aplikasi KRL Accsess.
  • Mengisi saldo melalui aplikasi KMT Accsess ini merupakan satu cara yang sangat mudah dan praktis untuk diterapkan.
  • Tetapi perlu diketahui bahwa cara ini hanya bisa dilakukan jika HP Anda sudah didukung dengan fitur NFC.
  • Karena di beberapa perangkat HP ada yang belum didukung oleh fitur NFC, sehingga Anda harus menggunakan cara lain yaitu menggunakan mesin yang tersedia di stasiun untuk mengisi saldo ataupun cara lainnya.


2. Cara Isi Saldo Kartu KRL melalui Mesin di Stasiun

Cara Isi Saldo Kartu KRL
Cara Isi Saldo Kartu KRL melalui Mesin di Stasiun
Alternatif lainnya yang bisa dilakukan jika saldo KMT tidak mencukupi untuk perjalanan adalah dengan langsung top up KMT mesin mesin yang sudah tersedia di beberapa stasiun kereta.

Untuk cara isi saldo kartu KRL melalui mesin di stasiun yaitu sebagai berikut:
  • Silahkan letakkan KMT di bagian "Letakkan Tiket di Sini".
  • Kemudian tunggu layar monitor menampilkan sisa saldo KMT Anda.
  • Setelah itu Anfa bisa masukkan uang ke mesin.
  • Tunggulah sampai saldo KMT terbaru Anda muncul
  • Klik selesai untuk berhenti melakukan proses top up, silahkan klik Selesai.


3. Cara Isi Saldo Kartu KRL melalui ATM Bersama

Cara Isi Saldo Kartu KRL
Cara Isi Saldo Kartu KRL melalui ATM Bersama
Bila Anda tidak ingin atau tidak bisa menggunakan dua cara yang telah kami bagikan di atas untuk mengisi saldo kartu KRL maka Anda bisa menggunakan cara lain sebagai alternatifnya.

Cara yang kami maksud adalah mengisi saldo kartu KRL melalui ATM bersama guys.

Untuk cara isi saldo kartu KRL melalui ATM bersama yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, silahkan kunjungi mesin ATM Bank dengan logo ATM Bersama yang terdekat di lokasi Anda.
  • Kemudian masukkan kartu ATM lalu pilih menu Transfer.
  • Selanjutnya klik transfer ke Bank Lain kemudian masukkan Kode Bank: 987 dan Kode Layanan: 50070.
  • Lalu masukkan 13 digit nomor KMT mulai digit ke-4 sampai ke-16 lalu klik Benar saat konfirmasi. Tunggulah beberapa saat hingga proses top up kartu KRL atau KMT berhasil.


Manfaat Mode Transportasi KRL dan MRT Bagi Kaum Urban

Cara Isi Saldo Kartu KRL
Manfaat Mode Transportasi KRL dan MRT Bagi Kaum Urban
Setelah cara isi saldo kartu KRL, maka informasi penting selanjutnya yang akan kami bagikan adalah beberapa manfaat yang didapatkan oleh masyarakat dengan adanya mode transportasi KRL dan MRT.

Jika Anda termasuk generasi produktif ibu kota yang harus berangkat kerja atau berbisnis di luar rumah setiap hari pastinya sudah tak asing lagi dengan Kereta Rel Listrik (KRL) dan Mass Rapid Transit (MRT).

Dua moda transportasi umum tersebut memang akrab dengan masyarakat ibu kota dan orang-orang yang tinggal di daerah penyangga (Jabodetabek dan sekitarnya) namun beraktivitas di ibu kota.

Yang perlu diketahui, kapasitas KRL dan MRT bisa menampung banyak penumpang, masing-masing berkisar di angka 2.000 dan 1.950 penumpang.

Sedangkan rute MRT dan KRL melintasi banyak lokasi strategis di ibu kota dan daerah sekitarnya sehingga selalu ramai penumpang, terutama pada hari dan jam kerja.

Sehingga memberikan banyak manfaat untuk masyarakat terutama para kaum urban yang memang pengguna setianya.

Untuk manfaat mode transportasi KRL dan MRT bagi kaum urban yaitu sebagai berikut:


1. Membuka Banyak Lapangan Kerja

Kehadiran moda transportasi MRT dan KRL tentunya membuka banyak sekali lapangan atau peluang kerja bahkan sejak dalam fase perencanaan.

Hal ini terbukti bahwa realisasi MRT tahap 1 sudah menciptakan kurang lebih 40.000 peluang kerja, mulai dari tim perencanaan, pekerja konstruksi, hingga pekerja yang bertanggung jawab dalam proses operasional MRT.

Tentu manfaat yang satu ini jelas bermanfaat bagi generasi produktif di tanah air di tengah maraknya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat krisis selama pandemi.


2. Mengurangi Polusi Udara

Kondisi polusi udara di ibu kota Jakarta sudah sangat memprihatinkan, bahkan data AirVisual IQAir.com pada Juli 2020 lalu mencatat bahwa Jakarta menjadi kota penyumbang polusi udara terbesar di dunia setelah New Delhi.

Di Jakarta tercatat ratusan titik kemacetan yang menjadi biang keladi polusi udara akibat maraknya penggunaan kendaraan pribadi.

Memaksimalkan fungsi transportasi umum seperti KRL dan MRT menjadi salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi masalah polusi udara.

Maka jumlah kendaraan bermotor di jalan akan berkurang drastis sehingga emisi kendaraan pun akan berkurang jika banyak pengemudi kendaraan pribadi yang beralih menggunakan mode transportasi umum.


3. Waktu Perjalanan Menjadi Lebih Singkat

Waktu tempuh perjalanan saat menggunakan KRL dan MRT jauh lebih singkat daripada menggunakan kendaraan pribadi, ojek online, atau taksi online.

Tidak hanya jadwal kedatangan yang teratur, namun MRT dan KRL juga beroperasi di jalur khusus sehingga tidak terpengaruh kemacetan lalu lintas.

Maka Anda tak perlu berangkat lebih awal atau takut terlambat sampai di tempat tujuan jika waktu tempuhnya lebih singkat.


4. Perjalanan Bisa Ditempuh dengan Aman dan Nyaman

Dulunya, transportasi kereta api di ibu kota sangat identik dengan suasana yang tidak aman dan nyaman.

Karena sebagai penumpang, Anda harus berdesak-desakan, naik kereta bersama hewan ternak atau setumpuk barang, bahkan juga harus menanggung risiko kecopetan.

Tetapi berbeda halnya dengan MRT dan KRL, karena Anda bisa menempuh perjalanan secara aman dan nyaman karena MRT dan KRL dilengkapi pendingin ruangan (Air Conditioner atau AC).

Selain itu, Pengelola KRL dan MRT juga menerapkan peraturan ketat bagi seluruh penumpang.


5. Bisa Menghemat Pengeluaran Karena Tarifnya Lebih Terjangkau

Tarif MRT dan KRL juga sangat terjangkau dibandingkan ojek atau taksi online, yaitu mulai dari Rp 3.000 untuk KRL dan Rp 4.000 untuk MRT.

Namun besaran tarif yang harus dibayar berbeda-beda tergantung dari jarak yang akan Anda tempuh.

Semakin jauh jaraknya, maka semakin besar juga tarif KRL dan MRT-nya, tetapi tarif MRT dan KRL tersebut terbilang hemat bagi Anda yang setiap hari harus pergi dan pulang kantor.

Jika ingin mengemat pengeluaran, maka Anda bisa memanfaatkan layanan mode transportasi KRL dan MRT ini.


Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang cara isi saldo kartu KRL dan informasi penting lainnya yang bisa dipelajari dan diterapkan.

Anda harus mempunyai saldo yang cukup agar bisa menunjang perjalanan dengan aman dan nyaman.

Jika ingin mengisi saldo menggunakan aplikasi, pastikan terlebih dahulu HP Anda sudah dibekali dengan fitur NFT dan jika fitur ini tidak tersedia maka proses top up tidak akan bisa dilakukan, untuk mengatasinya silahkan pilih alternatif lain yang telah kami bagikan.

Ada banyak manfaat yang akan didapatkan bila menggunakan mode transportasi KRL dan MRT. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel