Cara Hapus Cache IG di iPhone 2022

Cara Hapus Cache IG di iPhone
Cara hapus cache IG di iphone bisa dilakukan dengan beberapa cara yang terbilang mudah untuk diterapkan.

Hampir setiap aplikasi pasti memiliki cache termasuk Instagram dan harus dihapus atau dibersihkan secara rutin agar kinerja aplikasi tetap optimal.

Cache merupakan Salinan halaman web yang tersimpan dalam memori secara otomatis dan jika cache aplikasi penuh, maka biasanya perangkat elektronik akan bekerja lebih lambat atau biasa dikenal dengan lemot.

Oleh karena itu, Anda harus rutin untuk menghapus cache dari perangkat elektronik dan salah satu aplikasi yang bisa dibersihkan atau dihapus cache-nya adalah Instagram.

Karena Instagram adalah aplikasi sosial media yang paling populer saat ini dan hampir semua pengguna smartphone menggunakannya.

Nah, berikut ini kami akan membahas dan membagikan informasi tentang cara hapus cache IG di iPhone yang perlu diketahui.


1. Cara Hapus Cache IG di iPhone melalui Aplikasi

Cara Hapus Cache IG di iPhone
Cara Hapus Cache IG di iPhone melalui Aplikasi
Instagram merupakan sebuah aplikasi sosial yang digunakan untuk berbagi foto dan video yang memungkinkan penggunanya bertukar informasi.

Menariknya Instagram juga menyajikan berbagai fitur unggulan seperti filter snapgram, reels, dan lainnya.

Maka tak heran jika saat ini, Instagram sangat digemari oleh masyarakat Indonesia.

Tidak hanya dibekali dengan berbagai fitur unggulan, namun Instagram juga memudahkan penggunabya dengan berbagai pengaturan yang mudah diatur dan salah satunya menghapus cache.

Cache di Instagram bisa dihapus secara langsung melalui aplikasi Instagram itu sendiri dan akan kami bagikan metodenya pada uraian ini.

Untuk cara hapus cache IG di iPhone melalui aplikasi yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, silahkan buka pengaturan iPhone.
  • Kemudian cari menu kata Sandi & Akun.
  • Lalu klik salah satu aplikasi dan pada tahap ini silahkan pilih Instagram.
  • Selanjutnya klik Hapus Riwayat dan Data.
  • Jika sudah, maka cache di setiap aplikasi akan terhapus.


2. Cara Hapus Cache IG di iPhone melalui Foto atau Video

Cara Hapus Cache IG di iPhone
Cara Hapus Cache IG di iPhone melalui Foto atau Video
Tidak hanya melalui aplikasi, namun cache Instagra, di iPhone juga bisa dihapus melalui foto atau video guys.

Sedangkah prosesnya juga tidak terlalu sulit, karena Anda hanya memanfaatkan menu atau fitur yang ada di perangkat iPhone saja.

Untuk cara hapus cache IG di iPhone melalui foto atau video yaitu sebagai berikut:
  • Buka pengaturan iPhone terlebih dahulu.
  • Kemudian cari menu Photo.
  • Lalu pilih Foto atau Video yang masih tersimpan di menu Backup 30 hari.
  • Selanjutnya selesaikan perintah hapus cache melalui Foto atau Video.


Fungsi Cache

Cara Hapus Cache IG di iPhone
Fungsi Cache
Tidak hanya cara hapus cache IG di iPhone, namun kami juga akan membagikan informasi penting lainnya yaitu fungsi cache.

Cache atau tembolok adalah sebuah tempat penyimpanan data yang sifatnya sementara ketika Anda membuka sebuah aplikasi seperti game, sosial media, browser dan lainnya di perangkat iPhone ataupun Android.

Cache ini ini nantinya akan merekam semua data hasil dari aktivitas yang pernah Anda lakukan pada aplikasi yang dibuka tersebut.

Sedangkan fungsi cache adalah sebagai alat perekam data pada sebuah aplikasi yang terinstall di semua perangkat seperti Android, iPhone ataupun PC.

Contoh misalnya, jika Anda memiliki browser yang terpasang di Android dan sering digunakan untuk browsing berbagai informasi.

Maka saat Anda masuk ke berbagai situs yang memberikan jawaban dari apa yang Anda cari di internet, data dari situs-situs tersebut berupa gambar dan lainnya akan tersimpan secara otomatis ke dalam cache di aplikasi browser.

Sedangkan manfaatnya, jika Anda mengunjungi kembali situs yang sebelumnya pernah dikunjungi dalam keadaan cache yang belum terhapus, maka akses akan lebih cepat.

Hal ini terjadi karena data pada situs tersebut sudah terekam atau tersimpan secara otomatis di dalam cache.

Namun, jika cache yang tersimpan dibiarkan terus-menurus dan tidak dihapus dalam jangka waktu yang lama, maka cache akan menumpuk dan menurunkan kinerja perangkat.

Oleh karena itu, untuk menjaga agar kinerja perangkat tetap baik maka cache yang menumpuk harus segera dihapus.


Manfaat Menghapus Cache

Cara Hapus Cache IG di iPhone
Manfaat Menghapus Cache
Jika membahas tentang cara hapus cache IG di iPhone, maka tak lengkap rasanya jika tidak membahas tentang manfaat apa saja yang akan di dapatkan.

Karena cache yang tidak dihapus dalam jangka waktu lama akan membuat cache tersebut menyimpan data yang ukurannya semakin membesar.

Jika dibiarkan, maka bisa dipastikan ruang penyimpanan di perangkat akan lebih cepat penuh dan kemungkinan perangkat akan mengalami hang atau lemot.

Untuk manfaat menghapus cache yaitu sebagai berikut:
  • Manfaat atau efek menghapus cache pada aplikasi adalah mengembalikan kapasitas memori pada perangkat yang sudah terpakai oleh cache.
  • Proses menghapus cache juga sangat menguntungkan bagi Anda yang mempunyai smartphone dengan spesifikasi rendah, karena processor dan RAM tidak terlalu dibebankan untuk membaca cache yang menumpuk.
  • Loading pada aplikasi seperti browser misalnya menjadi sedikit lebih lama jika cache pada aplikasi atau perangkat dihapus. Karena cache sudah terhapus dan harus memulai loading dari awal lagi untuk memuat data pada suatu situs web di aplikasi browser.
  • Cache yang semakin membesar datanya jika dibiarkan bisa membuat baterai boros, sehingga dengan menghapusnya maka akan menghemat penggunaan baterai.


Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang cara hapus cache IG di iPhone dan informasi penting lainnya.

Pengguna iPhone terkadang tanpa sadar sering mendapati memori perangkatnya sudah habis atau penuh karena tidak pernah dibersihkan.

Dengan menghapus cache dari suatu aplikasi, maka Anda dapat menambah ruang penyimpanan pada perangkat tersebut.

Tentu hal ini juga bisa mencegah perangkat iPhone Anda menjadi lemot atau lelet, karena sampahnya sudah dihapus. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel