Cara Daftar Kartu Prakerja Dapat Uang 600 Ribu Secara Online 2023

Cara Daftar Kartu Prakerja Dapat Uang 600 Ribu Secara Online
Cara daftar kartu prakerja dapat uang 600 ribu secara online perlu diketahui supaya mendapatkan bantuan senilai 600 ribu setiap bulannya.

Sudah tahukah anda cara mendaftar kartu prakerja? Bagi anda yang belum tahu bisa menyimak informasi dibawah ini sampai selesai.

Dilansir dari akun Instagram resmi Kartu Prakerja @ prakerja.go.id, pendaftaran kartu prakerja gelombang 45 sudah di tutup pada kamis (15/9/2022) lalu.

Sambil menunggu pembukaan gelombang selanjutnya, anda dapat menyimak informasi tentang cara daftar kartu prakerja dapat uang 600 ribu secara online sebagai langkah awal persiapan anda.


1. Cara Daftar Kartu Prakerja Dapat Uang 600 Ribu Secara Online

Cara Daftar Kartu Prakerja Dapat Uang 600 Ribu Secara Online
Cara Daftar Kartu Prakerja Dapat Uang 600 Ribu Secara Online
Seperti yang diketahui bahwa sekarang ini sebagian masyarakat menantikan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 46 supaya bisa mendapatkan uang 600 ribu 4 kali ditambah 150 ribu.

Terlebih, proses pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 46 cukup mudah dan cepat dilakukan, bisa secara online via HP dengan hanya Login ke link yang kami sediakan.

Lalu, bagaimana cara daftar kartu prakerja dapat uang 600 ribu secara online pada gelombang 46? Simak tahapan yang kami uraikan dibawah ini, yaitu sebagai berikut:
  • Pertama, silahkan Login ke (www.prakerja.go.id).
  • Siapkan Kartu Keluarga, Nomor Induk Kependudukan, dan data diri lengkap.
  • Silahkan ikuti petunjuk untuk menyelesaikan proses verifikasi akun.
  • Siapkan alat tulis untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar.
  • Setelah mengikuti tes secara online, silahkan tekan "Gabung" pada gelombang Kartu Prakerja yang dibuka.
  • Kemudian tunggu beberapa saat sampai pengumuman lolos program Kartu Prakerja.

Tak hanya itu, pastikan anda memenuhi syarat untuk mendaftar Kartu Prakerja yang dilansir dari situs resmi prakerja.go.id.

Pendaftar yang lolos seleksi akan diberitahu melalui email dan SMS, mereka juga dapat Login www.prakerja.go.id secara berkala.

Jangan lupa membeli pelatihan maksimal 30 hari sejak lolos seleksi agar akun anda tidak diblokir dan uang 600 ribu 4 kali dapat cair.

Uang senilai Rp.600 4 kali dan tambahan 150 ribu itu hanya akan cair melalui nomor rekening atau e-wallet yang sudah terafiliasi dengan kartu prakerja, seperti:
  • BCA
  • BNI
  • OVO
  • GoPay
  • DANA
  • LinkAja

Silahkan ikuti semua prosedur yang ada di Dashboard Kartu Prakerja gelombang 46 agar uang Rp 600 ribu tersebut bisa dicairkan semua.


Syarat Daftar Kartu Prakerja

Cara Daftar Kartu Prakerja Dapat Uang 600 Ribu Secara Online
Syarat Daftar Kartu Prakerja
Supaya anda lolos saat melakukan cara daftar kartu prakerja dapat uang 600 ribu secara online, maka anda harus memenuhi beberapa persyaratan dibawah ini.

Penerima Kartu Prakerja gelombang 46 yang mengikuti semua prosedur sampai selesai akan mendapatkan uang tunai Rp.600 ribu selama 4 kali yang dicairkan setiap bulannya.

Mereka juga akan menerima uang tambahan senilai Rp.150 ribu setelah mengisi survei evaluasi sebanyak 3 kali yang ada di www.prakerja.go.id.

Untuk lebih jelasanya, berikut akan kami uraian beberapa syarat yang harus dipenuhi jika ingin mendapatkan bantuan Kartu Prakerja, diantaranya yaitu:
  • WNI berusia 18 tahun ke atas.
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  • Sedang mencari kerja, pekerja buruh atau yang terkena PHK, pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja seperti (pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah), termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.
  • Tidak merupakan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi Covid-19.
  • Tidak menjadi Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
  • Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang berhak menjadi Penerima Kartu Prakerja.


Kapan Pengumuman Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 46 Dibuka?

Cara Daftar Kartu Prakerja Dapat Uang 600 Ribu Secara Online
Kapan Pengumuman Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 46 Dibuka?
Berdasarkan pantauan berita DIY, pendaftaran kartu prakerja gelombang terbaru biasanya akan dibuka dalam kurun waktu 3-4 hari sejak gelombang sebelumnya di umumkan.

Akan tetapi prediksi tersebut belum tentu benar, mengingat pengumuman Kartu Prakerja gelombang 45 kemarin juga mundur lebih lama dibandingkan gelombang sebelumnya.

Walau begitu, tidak ada salahnya bagi masyarakat untuk mempersiapkan diri dengan mengetahui syarat sampai dengan cara daftarnya yang sudah kami uraikan diatas.


Pertanyaan Seputar Kartu Prakerja

Cara Daftar Kartu Prakerja Dapat Uang 600 Ribu Secara Online
Pertanyaan Seputar Kartu Prakerja
Mungkin masih banyak dari masyarakat kita yang belum tahu apa itu prakerja, siapa penerima manfaat kartu prakerja dan pertanyaan lainnya.

Nah, dibawah ini akan kami bagikan beberapa pertanyaan yang memang kerap ditanyakan oleh masyarakat yang tidak akrab dengan perkembangan tekhnologi.


Apa itu Kartu Prakerja?

Program Kartu Prakerja merupakan bantuan pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja sasaran penerima yang berusia 18 tahun ke atas dan sedang tidak kuliah/sekolah.

Perlu diketahui bahwa bantuan ini hanya akan diberikan sekali seumur hidup untuk setiap peserta.


Apa Tujuan Kartu Prakerja?

Kartu Prakerja hadir dengan tujuan mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas serta daya saing angkatan kerja.


Apakah Kartu Prakerja Menggaji Pengangguran?

Tidak! Kartu Prakerja merupakan program biaya pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kerja, jadi bukan untuk menggaji pengangguran yaa!


Siapa yang Dapat Menerima Manfaat Kartu Prakerja?

Anda dapat mendaftar melalui tautan yang disediakan jika merupakan WNI yang berusia 18 tahun keatas dan tidak sedang sekolah atau kuliah.

Akan tetapi, program ini di prioritaskan untuk pengagguran muda.


Siapa yang Melaksanakan Operasional Kartu Prakerja dan Memberikan Persetujuan Manfaat Kartu Prakerja?

Management Pelaksana yang berada di bawah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI dan semua kebijakan Kartu Prakerja dirumuskan oleh Komite yang terdiri dari 8 (delapan) Menteri.


Tes dan Seleksi

Apakah pendaftar harus menjalani tes untuk mendapatkan bantuan Kartu Prakerja? Tentu saja! Anda harus mengikuti tes di situs resmi Kartu Prakerja untuk memenuhi keseluruhan proses daftar.

Bahkan, tes merupakan salah satu komponen yang mempengaruhi akan kelolosan anda sebagai penerima bantuan dari Kartu Prakerja.


Akhir Kata

Demikianlah pembahasan seputar cara daftar kartu prakerja dapat uang 600 ribu secara online yang perlu diketahui.

Bagi anda yang ingin mendaftar sebagai penerima Kartu Prakerja, terlebih dulu pastikan bahwa anda tidak sedang menjalankan atau berada pada beberapa posisi dalam persyaratan diatas.

Anda bisa Login secara berkala pada link pendaftaran Kartu Prakerja untuk mengetahui apakah pendaftaran gelombang 46 sudah dibuka. Sekian dan semoga bermanfaat.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel