Cara Daftar Gopay Plus 2022

Cara Daftar Gopay Plus
Cara daftar Gopay plus perlu diketahui bagi pengguna yang ingin memperoleh sejumlah fitur tambahan pada akun Gopay miliknya.

Terkait akan hal ini, beberapa pertanyaan yang sering muncul dikalangan pembaca adalah seperti apa sih perbedaan Gopay dan Gopay Plus? Upgrade Gopay plus berapa lama?

Tenang saja, karena pada kesempatan ini kami akan membahas seputar hal tersebut juga termasuk cara mendaftar Gopay plus.

GoPay merupakan platform dompet digital yang dimiliki oleh Gojek, seperti pada dompet digital umumnya yang dimana pengguna juga bisa menggunakan GoPay untuk melakukan transaksi.

Tentunya tanpa perlu mengeluarkan uang tunai atau Cashless.

Pengguna bisa menggunakan GoPay untuk melakukan transaksi via aplikasi Gojek, misalnya untuk GoFood atau GoRide.

Menggunakan GoPay, pengguna tak perlu hawatir lagi akan menyertakan uang tunai saat ingin membayar pesanan makanan via GoFood.

Tidak hanya itu, beberapa gerai dan cafe sekarang ini juga sudah menyediakan opsi pembayaran dengan GoPay.

Selain dengan kemudahan transaksi tersebut, Gojek biasanya juga menambahkan promo bagi pengguna yang menggunakan GoPay.

Promo tersebut seperti diskon harga makanan dan ongkos kirim yang ada di GoFood, untuk menikmati layanan itu anda harus registrasi atau daftar Gopay dulu melalui aplikasi Gojek.

Bagi anda yang belum tahu cara daftar GoPay plus, silahkan simak tutorialnya dalam pembahasan artikel dibawah ini. Simak sampai selesai yaa!


1. Cara Daftar Gopay Plus Terbaru

Cara Daftar Gopay Plus
Cara Daftar Gopay Plus Terbaru
Setelah mengetahui sedikit informasi seputar aplikasi Gojek diatas, kini akan kami uraikan langkah-langkah dari cara daftar gopay plus terbaru yaitu sebagai berikut:

Silahkan buka aplikasi Gojek yang sudah terpasang di Smartphone anda.
Berikutnya klik opsi "Eksplor" yang ada pada bagian atas aplikasi, disebelah opsi "Top-Up".
  • Lalu pada bagian ini, anda akan disajikan dengan menu pengaturan GoPay.
  • Jika belum mempunyai akun GoPay Plus, biasanya akan muncul Banner atau Poster yang bertuliskan "Upgrade ke GoPay Plus, gratis!".
  • Untuk meng-upgrade GoPay Plus, silahkan klik Banner tersebut.
  • Anda juga bisa meningkatkan akun ke Gopay Plus dengan menekan opsi "Pengaturan" yang berada didalam menu "Eksplor".
  • Setelah itu, tekan opsi "Gopay Plus" dan tekan "Upgrade Sekarang".
  • Selesai selamat mencoba!


2. Cara Upgrade Akun GoPay Plus

Cara Daftar Gopay Plus
Cara Upgrade Akun GoPay Plus
Setelah mengetahui cara daftar Gopay Plus, perlu diketahui juga cara meng-upgrade akun Gopay biasa agar menjadi GoPay Plus.

Pada dasarnya cara upgrade Gopay Plus via Banner atau opsi pengaturan itu sama, setelah menekan opsi pengaturan anda akan diminta untuk mengunggah foto e-KTP atau paspor.

Setelah itu, anda bisa mengikuti langkah-langkah yang kami uraikan dibawah ini yaitu sebagai berikut:
  • Silahkan unggah foto selfie dengan memegang e-KTP atau paspor, sesuaikan foto selfie pada bingkai foto yang sudah disiapkan dan sebisa mungkin jangan sampai keluar dari bingkai (Out of Frame).
  • Setelah berkas foto sesuai dan berhasil terunggah, Gojek akan memproses permintaan upgrade akun Gopay jadi Gopay Plus.
  • Untuk cara cek Gopay sudah premium atau belum bisa dilakukan lewat opsi "Pengaturan" yang ada di "Eksplor".
  • Status akun Gopay akan muncul disebelah opsi "Gopay Plus", jika sudah terverifikasi akan muncul keterangan berwarna hijau bertuliskan "Diterima".

Proses upgrade Gopay plus sampai bisa diverifikasi membutuhkan waktu paling lama 1 x 24 jam, namun proses upgrade Gopay Plus tidak selalu diterima.

Beberapa alasan kenapa upgrade Gopay plus gagal atau bisa ditolak adalah bisa saja karena katu identitas sudah habis masa berlakunya, mengalami kerusakan atau sebelumnya sudah digunakan untuk mendaftar Gojek.

Alasan lainnya juga karena faktor pengambilan foto selfie yang tidak sesuai ketentuan karena menutup muka, hasil foto blur, atau terlihat gelap karena tidak mempunyai pencahayaan yang cukup.

Akun Gopay ini mempunyai cukup banyak keuntungan jika dibandingkan dengan akun Gopay versi biasa.


Perbedaan GoPay dan GoPay Plus

Cara Daftar Gopay Plus
Perbedaan GoPay dan GoPay Plus
Setelah mengetahui cara daftar Gopay Plus, perlu diketahui juga perbedaan antara GoPay biasa dan Gopay Plus.

Gopay merupakan dompet digital yang disediakan oleh PT Dompet Anak Bangsa, bagian dari Grup PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk.

Mulai dari transaksi cepat untuk semua layanan Gojek dan ratusan Rekan Usaha, sampai mengirim atau menerima uang dengan mudah.

Bayar menggunakan Gopay bisa dilakukan dimana saja, mulai dari layanan Gojek, Restoran, Supermarket, eCommerce, hingga tagihan dan pulsa.

Sedangkan GoPay Plus merupakan tipe akun Gopay yang dapat diperoleh setelah melakukan upgrade akun.

Terdapat berbagai fitur tambahan dari GoPay sehingga transaksi keuangan pengguna akan semakin mudah jika dibandingkan dengan akun Gopay biasa.

Beberapa fitur yang ditawarkan setelah melakukan upgrade akun ke GoPay Plus diantaranya yaitu sebagai berikut:
  • Jaminan Saldo Kembali. Proteksi ekstra saldo GoPay bagi pengguna Gopay kalau terjadi kehilangan saldo karena penyalahgunaan akun Gojek diluar kendali anda.
  • Limit Lebih Besar. Menggunakan Gopay Plus, sekarang anda bisa menyimpan saldo Gopay sampai Rp 10 juta.
  • Kirim-kirim saldo Gopay. Kirim saldo Gopay untuk patungan makan siang dengan nomor, apakah bisa? Jika anda pengguna Gopay Plus, maka transfer saldo Gopay ke sesama cukup menggunakan nomor HP saja.
  • Transfer ke Rekening Bank. Dengan Gopay Plus, anda dapat men-transfer saldo Gopay ke rekening Bank baik ke orang tua, teman, ataupun diri sendiri.
  • Tarik Tunai Saldo GoPay Tanpa Kartu ATM BCA. Menggunakan Gopay Plus, anda bisa tarik tunai saldo Gopay langsung di ATM BCA tanpa kartu.
  • Promo Eksklusif. Anda bisa mendapatkan berbagai promo eksklusif khusus untuk pengguna akun Gopay Plus.


Upgrade GoPay Plus Gagal Terus

Cara Daftar Gopay Plus
Upgrade GoPay Plus Gagal Terus
Bagaimana, mudah bukan cara daftar Gopay plus? Lalu, bagaimana jika Upgrade yang anda lakukan gagal atau ditolak?

Jika upgrade Gopay ke Gopay Plus terus ditolak, maka pengguna akan mendapatkan notifikasi dan pesan pada Inbox aplikasi Gojek tentang alasan penolakan tersebut.

Adapun cara melihat alasan upgrade GoPay Plus gagal yaitu sebagai berikut:
  • Silahkan pilih "Eksplor" pada menu GoPay diberanda aplikasi Gojek.
  • Pilih "Plus" untuk mengakses halaman GoPay Plus dan melihat alasan penolakan (tekan "Fitur Lainnya" kalau anda tidak bisa menemukannya).

Beberapa contoh mengapa upgrade GoPay ke Gopay Plus gagal terus dan solusinya yaitu sebagai berikut:


1. Kerusakan Pada Foto ID yang anda unggah

Anda bisa menggunakan ID lainnya seperti eKTP/Paspor kalau ID sebelumnya memiliki kerusakan (huruf/kalimat, foto, dan tanda tangan tidak terbaca dengan jelas).


2. Bagian Foto Wajah atau Foto ID yang Blur

Anda bisa mencoba upgrade Gopay Plus lagi, pada bagian informasi dari kartu ID tidak tertutup jari atau terpotong di luar bingkai (Frame) kamera dan bagian kartu ID tidak menutupi bagian wajah saat selfie.


3. Dokumen Foto yang Digunakan untuk Upgrade Gopay Plus Tidak Sesuai Ketentuan

Anda bisa kembali mencoba upgrade Gopay ke Gopay Plus dengan memastikan dokumen foto yang anda unggah sesuai dengan ketentuan GoPay, diantaranya yaitu:
  • ID yang diterima untuk upgrade Gopay ke Gopay Plus adalah dokumen asli dari eKTP atau paspor.
  • Foto selfie yang diunggah harus memegang ID Dokumen asli yang digunakan ketika foto dokumen ID.
  • Foto wajah pada dokumen ID harus berupa foto eKTP asli dan bukan pas foto tempelan.
  • Data e-KTP yang digunakan untuk upgrade Gopay Plus tidak terdaftar atau tidak sesuai dengan data Dukcapil (Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil).
  • Kemungkinan perbedaan data terjadi kalau data pada eKTP pernahh diubah seperti nama, alamat, status perkawinan, foto dan lainnya.


Akhir Kata

Nah, kira-kira seperti itulah cara daftar Gopay Plus, cara upgrade akun Gopay ke Gopay Plus, perbedaan GoPay dan GoPay Plus, serta cara mengatasi kalau Upgrade akun Gopay gagal terus.

Semoga dengan adanya ulasan diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda seputar cara daftar dan upgrade akun Gopay biasa ke Plus.

Menggunakan Gopay Plus, anda bisa menikmati berbagai fitur tambahan dan layanan lainnya. Sekian dan semoga bermanfaat.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel