Cara Copy Paste di Macbook 2023

Cara Copy Paste di Macbook
Cara copy paste di Macbook
sebetulnya tidak jauh berbeda dengan melakukan copy paste di laptop Windows, namun yang membedakan macbook yaitu hanyalah tombol Command dan Control.

Yang digunakan, biasanya fitur copy paste hanya berguna untuk memidahkan gambar, teks atau file dari satu folder ke folder lainnya baut pengguna Windows yang berganti ke Macbook.

Mungkin agak sedikit kesulitan dalam hal ini, salah satunya yaitu tidak mengetahui bagaimana cara melakukan copy paste di Macbook.

Anda dapat copy paste di Macbook dengan cara tekan tombol kombinasi di keyboard, hal seperti ini penting untuk diketahui dikarenakan ini adalah perintah dasar memakai Macbook.

Langsung saja anda ikuti artikel kali ini dimana kami akan menjelaskan cara copy paste di Macbook yang akan kami sampaikan sebagai berikut.


1. Cara Copy Paste di Macbook dengan Mouse

Cara Copy Paste di Macbook
Cara Copy Paste di Macbook dengan Mouse
Kalau anda sebelumnya dengan cara tekan kombinasi keyboard, namun anda dapat melakukan copy paste dengan menggunakan mouse dan simak langkah-langkah dibawah ini.

Cara copy paste di Macbook dengan mouse yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama anda pilih opsi Teks, gambar atau file yang hendak dicopy.
  • Jika sudah, silahkan anda klik kanan di pilihan itu nanti tinggal tekan Copy atau Cut.
  • Disana anda tinggal klik kanan dimana anda ingin menempelkan objek tersebut dan pilih opsi Paste.


2. Cara Copy Paste di Macbook dengan Tab Menu

Cara Copy Paste di Macbook
Cara Copy Paste di Macbook dengan Tab Menu
Penting untuk anda ketahui, kalau tidak semua aplikasi dapat melakukan hal-hal seperti itu jika anda tidak menemukan perintah yang tertulis di bawah.

Silahkan anda gunakan metode lain yang sudah dibagian sebelumnya untuk melakukan copy paste di Macbook dan langsung saja simak ulasan dibawah ini.

Cara copy paste di Macbook dengan tab menu yaitu sebagai berikut:
  • Nanti anda tinggal pilih opsi objek yang hendak disalin.
  • Kemudian anda tinggal tab menu pilih Edit dan silahkan klik Copy atau Cut.
  • Jika sudah, langsung saja klik kanan dimana anda hendak menempelkan objek tersebut kemudian pilih opsi Paste dari tab Edit.


3. Cara Copy Paste di Macbook Tanpa Mouse

Cara Copy Paste di Macbook
Cara Copy Paste di Macbook Tanpa Mouse
Akan tetapi sebelum anda melakukan perintah paste, pastikan anda melakukan perintah copy atau cut terlebih dahulu sedangkan buat pengguna Mac langsung saja simak dibawah ini.

Cara copy paste di Macbook tanpa mouse yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama sorot teks atau objek lain yang hendak disalin.
  • Nanti copy dengan cara tekan Command + C atau cut hanya dengan Command + X, keduanya akan menyimpan objek yang dipilih ke dalam papan tempel. Namun bedanya copy yang dimana membiarkannya di tempatnya sementara cut menghapusnya.


4. Cara Copy Paste di Macbook

Cara Copy Paste di Macbook
Cara Copy Paste di Macbook
Tidak itu saja jika anda sudah memperoleh teks, foto dan lain sebagainya dalam bentuk papan tempel langsung saja tekan tombol kombinasi di keyboard yakni Command + C.

Lalu anda tekan Command + V, sehingga anda bisa mengklik kanan atau klik tab pada bagian atas aplikasi untuk lebih jelasnya simak dibawah.

Cara copy paste di Macbook yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama anda harus memastikan sudah melakukan copy atau paste dengan langkah-langkah dimetode pertama diatas, kemudian letakkan kursor pada folder atau posisi yang diinginkan. Untuk bisa meletakkan file atau objek tersebut, silahkan anda klik secara bersamaan tombol keyboard Command + V.
  • Namun kenyataannya objek yang dipaste berbeda posisi atau lainnya, maka anda tinggal tekan Command + Option/Alt + Shift + V atau cukup Command + Shift + V kalau mendapati adanya perubahan pada saat paste.


5. Cara Copy Paste di Macbook Menggunakan Shortcuts Keyboard

Cara Copy Paste di Macbook
Cara Copy Paste di Macbook Menggunakan Shortcuts Keyboard
Walaupun mungkin terlihat berbeda, namun ada banyak fungsi macOS yang sama dengan Windows 10 seperti halnya sistem operasi Microsoft terdapat pintasan (shortcut) keyboard buat copy paste teks dll.

Cara copy paste di Macbook menggunakan Shortcuts Keyboar yaitu sebagai berikut:
  • Terlebih dahulu anda pilih opsi konten seperti teks atau file, jika sudah tekan pintasan keyboard Command + C untuk melakukan copy konten.
  • Setelah itu, anda tinggal pergi menuju tempat anda ingin melakukan paste konten tersebut dan gunakan pintasan Command + V buat menempelkannya.
  • Kalau memakai teks dan ingin mencocokkan style, maka silahkan gunakan pintasan Command + Shift + V buat menempelkan konten dengan style yang sama seperti bagian dokumen lainnya.


6. Cara Cut Paste di Macbook Menggunakan Shortcut Keyboard

Cara Copy Paste di Macbook
Cara Cut Paste di Macbook Menggunakan Shortcut Keyboard
Bukan hanya cara copy paste di Macbook saja, anda juga bisa memilih untuk cut teks dan gambar buat memindahkannya dari satu lokasi ke lokasi lain.

Tidak seperti melakukan copy yang dimana mempertahankannya teks yang disalin oleh perintah Cut akan menghilangkan teks pada file asli.

Cara cut paste di Macbook menggunakan Shortcut Keyboard yaitu sebagai berikut:
  • Langsung saja pilih teks atau gambar yang ingin dipotong.
  • Nanti tinggal tekan Command + X di keyboard.
  • Bahkan anda bisa mengklik kanan mouse di teks atau gambar yang dihighlight, kemudian pilih Cut dari menu pop-up.
  • Disana anda akan menemukan pilihan untuk memotong dari menu Edit pada sebagian besar aplikasi.
  • Tinggal tekan Command + V, sehingga anda akan menemukan pilihan buat paste dengan cara klik kanan diaplikasi. Kalau ingin paste teks tanpa mempertahankan format baik itu ukuran, font, warna dan lain sebagainya silahkan tekan Command + Shift + Option + V.


Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara copy paste di Macbook yang sudah kami sampaikan diatas untuk anda gunakan.

Jika ingin berhasil dalam menggunakan cara diatas, silahkan anda ikuti langkah-langkah dengan cermat supaya anda berhasil melakukannya.

Semoga dengan informasi yang kami sampaikan ini bisa membantu yang saat ini lagi kebingungan dalam melakukan copy paste di Macbook.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel