Cara Cek Suhu PC 2022

Cara Cek Suhu PC
Cara cek suhu PC perlu diketahui bagi beberapa pengguna PC yang sering mengalami CPU komputer miliknya terlalu panas.

Pasalnya hal seperti ini memang sering terjadi, akan tetapi kalau dibiarkan bisa menjadi masalah yang berakibat fatal pada PC milik anda.

Beberapa masalah yang sering terjadi karena CPU yang panas diantaranya yaitu PC mati secara tiba-tiba, terkunci, atau bahkan kinerja yang melambat.

Oleh karena itu, anda perlu mengetahui cara mengecek temperatur CPU di PC.

Mengawasi suhu atau temperatur CPU (Central Processing Unit) perlu dilakukan, terlebih saat anda melakukan Overclocking prosesor PC.

Tentu saja anda tidak ingin secara tidak sengaja mendorong pedal kinerja terlalu jauh ke logam ketika mengisi ulang Intel Core i9-12900KS atau AMD Ryzen yang mahal, bukan?

Perlu diketahui bahwa Windows tidak menawarkan cara apapun untuk memeriksa suhu CPU di PC (Personal Computer).

Anda bisa masuk ke BIOS sistem untuk menemukan informasinya, namun itu cukup merepotkan untuk menemukan pembacaan sensor sederhana.

Untungnya, ada beberapa program gratis yang memudahkan anda untuk melakukan cara cek suhu PC. Simak selengkapnya dibawah ini.


1. Cara Cek Suhu PC Menggunakan Core Temp

Cara Cek Suhu PC
Cara Cek Suhu PC Menggunakan Core Temp
Cara tercepat dan termudah untuk memeriksa suhu CPU adalah dengan menggunakan Core Temp, adapun langkah-langkah cara cek suhu PC yang bisa dijadikan panduan yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mulai menginstall Core Temp di PC, anda bisa mendapatkan aplikasinya melalui tautan berikut (Download Aplikasi Core Temp).
  • Setelah terinstall, bukalah Core Temp untuk melihat tampilan pada kondisi CPU milik anda sekarang ini (termasuk juga pembacaan temperatur CPU rata-rata pada bagian bawah).
  • Kalau ingin lebih detail, anda bisa klik tombol "Tampilkan" ikon tersembunyi pada baki sistem yang terletak pada tepi kanan Windows.
  • Disana anda akan melihat daftar suhu untuk setiap inti CPU individu di PC milik anda.

Menu "Pengaturan Core Temp" memungkinkan anda mengubah apa yang akan anda lihat pada baki sistem.

Akan tetapi konfigurasi default membuatnya mati untuk melihat apakah CPU terlalu panas atau berkinerja seperti yang diharapkan.

Tidak hanya Core Tempt, anda juga dapat menggunakan HWINfo yang merupakan aplikasi alat pemantauan sistem mendalam yang memberikan detail mendalam untuk setiap bagian dari perangkat PC milik anda.

Kalau anda memilih untuk menjalankannya dalam mode sensor, maka anda bisa mulai gulir ke bagian CPU dan akan melihat detail tentang informasi temperatur CPU pada PC milik anda.


2. Cara Cek Suhu PC Menggunakan Real Temp

Cara Cek Suhu PC
Cara Cek Suhu PC Menggunakan Real Temp
Real Temp juga termasuk aplikasi gratis yang bisa anda pakai sebagai cara cek suhu PC atau untuk mengukur suhu Hardware pada perangkat komputer atau Laptop.

Khususnya bagi anda yang menggunakan prosesor Intel, aplikasi ini bisa menjadi pilihan yang tepat dan berikut kami sediakan link downloadnya.

- Download Aplikasi Real Temp

Real Temp cukup kompatibel untuk prosesor single core, dual core, quad core, i3, i5, i7 dan i9, aplikasi ini akan menampilkan suhu prosesor anda secara real time.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga akan menampilkan suhu terendah dan suhu tertinggi sejak anda menghidupkan komputer.

Anda juga dapat mengaktifkan alarm sebagai pemberitahuan kalau suhu pada hardware terlalu tinggi.


3. Cara Cek Suhu PC Menggunakan Speedfan

Cara Cek Suhu PC
Cara Cek Suhu PC Menggunakan Speedfan
Cara cek suhu PC yang berikutnya yaitu dengan memanfaatkan aplikasi Speedfan, ini adalah aplikasi gratis lawas bahkan sebelum adanya Windows XP.

Tidak hanya untuk menampilkan suhu prosesor, kecepatan dan dan tegangan, rupanya Speedfan juga dapat digunakan untuk mengontrol kecepatan fan pada komputer anda.

Anda juga akan mendapatkan notifikasi kalau suhu prosesor terlalu tinggi.

Speedfan juga mempunyai fitur grafik yang berfungsi untuk menganalisa lebih dalam suhu dan tegangan pada hardware.

Anda bisa mendapatkan aplikasi Speedfan melalui tautan berikut secara gratis (Download Aplikasi Speedfan Uptodown).


4. Cara Cek Suhu PC Menggunakan AIDA64 Extreme

Cara Cek Suhu PC
Cara Cek Suhu PC Menggunakan AIDA64 Extreme
Cara cek suhu PC mengunakan aplikasi satu ini bisa anda coba, AIDA64 Extreme adalah aplikasi yang cocok bagi anda yang senang mengutak-atik komputer atau laptop anda.

Selain dapat mengukur suhu setiap hardware, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mem-benchmark perangkat anda.

Tidak heran, ukuran dari aplikasi ini terbilang jauh lebih besar kalau dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya yaitu hampir 50MB.

- Download Aplikasi AIDA64 Extreme

Dengan menggunakan AIDA64 Extreme, anda bisa melihat performa RAM dan juga GPU serta mendeteksi apakah terjadi masalah dengan perangkat tersebut.

Antar muka yang ditawarkan oleh AIDA64 Extreme ini dapat dikatakan hampir mirip dengan Microsoft Console Management, anda bisa download Aida64 dan coba trial selama 30 hari.


5. Cara Cek Suhu PC Menggunakan Open Hardware Monitor

Cara Cek Suhu PC
Cara Cek Suhu PC Menggunakan Open Hardware Monitor
Cara cek suhu PC pakai aplikasi Open Hardware Minitor ini sebenarnya sama dengan HWMonitor, akan tetapi memiliki tambahan fitur.

Tidak hanya menampilkan berapa suhu pada hardware anda, open hardware juga menampilkan frekuensi prosesor dan GPU, informasi RAM sampai status pada hardisk atau SSD.

Open Hardware monitor juga bisa dikustomisasi, misalnya untuk me-rename atau menyembunyikan value dan merubah offset.

Kalau tertarik, anda bisa klik link yang tersedia untuk mengunjungi laman download aplikasi (Download Aplikasi Open Hardware Monitor Uptodown).


6. Cara Cek Suhu PC Menggunakan HWMonitor

Cara Cek Suhu PC
Cara Cek Suhu PC Menggunakan HWMonitor
HWMonitor merupakan salah satu aplikasi gratis yang paling simple untuk digunakan untuk cara cek suhu PC.

- Download Aplikasi HWMonitor Uptodown

Aplikasi pengukur suhu komputer buatan CPUID ini bisa memantau suhu Motherboard, Prosesor, Harddisk dan GPU.

Selain suhu, HWMonitor juga dapat menampilkan berapa voltase dan watt yang digunakan oleh prosesor, juga bisa mengekspor data yang sudah dimonitor kedalam text Document.

Kalau anda membutuhkan aplikasi pengukur suhu yang tidak merepotkan, maka HWMonitor adalah jawaban yang tepat.


7. Cara Cek Suhu PC Menggunakan CPU Thermometer

Cara Cek Suhu PC
Cara Cek Suhu PC Menggunakan CPU Thermometer
CPU Thermometer adalah aplikasi terakhir yang digunakan untuk cara cek suhu PC atau memantau suhu hardware paling minimalis dan mudah digunakan.

Aplikasi ini hanya menampilkan informasi suhu pada prosesor, karena keminimalisannya CPU Thermometer hanya berukuran kurang dari 300KB.

Bagi anda yang ingin tahu berapa suhu pada prosesor Komputer atau Laptop anda, maka download aplikasi ini sekarang juga pada Hardware anda (Download Aplikasi CPU Thermometer).


Akhir Kata

Nah, itulah beberapa cara cek suhu PC menggunakan aplikasi yang dapat kami rekomendasi dan bagikan untuk anda.

Anda bisa menggunakan salah satu dari beberapa aplikasi diatas untuk digunakan, gunakan aplikasi sesuai kebutuhan dan tidak berat dipasang pada perangkat anda.

Pastikan anda sudah membaca ulasannya dahulu sebelum menginstall aplikasinya, dengan begitu anda tahu mana aplikasi yang cocok digunakan.

Untuk mendapatkan aplikasinya, anda bisa langsung mengklik tautan yang disediakan pada masing-masing ulasan. Sekian dan semoga bermanfaat.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel