Cara Cek Sinyal TV Digital Lewat HP 2024

Daftar Isi
Cara Cek Sinyal TV Digital Lewat HP
Cara cek sinyal TV digital lewat HP
tidak begitu sulit untuk dilakukan, masyarakat yang sudah mengganti siaran TV analog ke TV digital bisa melakukan pengecekkan sinyal.

Yang tersedia pada masing-masing tempat tinggal lewat Aplikasi SinyalTVDigital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang sudah mengembangkan aplikasi SinyalTV digital.

Dimana bertujuan supaya publik memperoleh penyiaran yang berkualitas, TV digital mempunyai kualitas gambat yang terlebih lebih jernih, suara jelas dan teknologi lebih canggih.

Itu sebabnya Kominfo sudah menetapkan bahwa TV analog akan dicabut dimulai tanggal 2 November 2024, namun setelah melalui banyak pengunduran dan selama masa peralihan TV ke TV digital.

Masyarakat masih bisa menonton siaran TV analog, namun dianjurkan buat mulai berubah tangkapan sinyal antena di rumah dari siaran TV analog ke TV digital.

Namun untuk masyarakat yang masih memakai TV analog bisa dimigrasi ke TV digital dengan cara memasang set top box (STB) yang dimana berfungsi buat menjembatani sinyal TV digital.

Ketimbang berlama-lama langsung saja simak artikel kali ini mengenai cara cek sinyal TV digital lewat HP yang akan kami sampaikan dibawah ini.


1. Cara Cek Sinyal TV Digital Lewat HP dengan Aplikasi SinyalTVDigital

Cara Cek Sinyal TV Digital Lewat HP
Cara Cek Sinyal TV Digital Lewat HP dengan Aplikasi SinyalTVDigital
Jika anda ingin mengetahui ketersediaan layanan siaran TV digital di masing-masing daerah dan langsung saja simak dibawah ini.

Cara cek sinyal TV digital lewat HP dengan aplikasi SinyalTVDigital yaitu sebagai berikut:
  • Download dan install Aplikasi SinyalTVDigital terlebih dahulu di Google Play Store atau App Store bahkan bisa melalui link berikut ini (Download Aplikasi SinyalTVDigital).
  • Jika sudah, nanti anda pastikan sudah mengaktifkan lokasi di ponsel untuk mendeteksi daerah sinyal hanya dengan klik Bidik.
  • Kemudian anda tinggal membuka aplikasi dan klik Sinyal.
  • Nanti anda tinggal pilih nama stasiun TV, jika sudah silahkan klik See Mux Detail.
  • Sehingga ditampilan layar akan berisikan tentang informasi seperti kekuatan sinyal, jenis layanan, operator mux, frekuensi atau channel dan lain sebagainya.
  • Disana akan ada beberapa warna di layar anda, jika wilayah anda mempunyai sinyal kuat maka akan ditandai dengan ikon legenda berwarna merah di peta. Akan tetapi kalau berwarna hijau kekuningan itu artinya kekuatan sinyal sedang dan warna abu-abu atau biru menandakan bahwa sinyal lemah.
  • Namun jika anda ingin melihat konten yang disaksikan di TV, silahkan klik Galeri pada bagian kanan bawah layar. Nanti di TV analog pengecekkan melalui aplikasi dapat diakses lewat gawai akan terlihat. Apakah dilayarnya sudah tercover atau belum, kalau sudah itu artinya perangkatnya sudah dapat menerima atau mempunyai tuner TV digital buat langsung melakukan pemilihan siaran-siaran TV digital.


2. Cara Cek Sinyal TV Digital Lewat HP Menggunakan TV Digital atau STB

Cara Cek Sinyal TV Digital Lewat HP
Cara Cek Sinyal TV Digital Lewat HP Menggunakan TV Digital atau STB
Namun perlu diperhatikan cara cek sinyal TV digital lewat HP, supaya dapat menikmati siaran TV digital masyarakat harus memastikan bahwa televisi sudah bisa menangkap siaran TV digital.

Jika televisi tidak masuk ke dalam daftar, itu artinya TV anda belum dapat menangkap sinyal digital dengan begitu anda harus melakukan pembelian alat tambahan yaitu STB atau digital Box TV.

Yang dimana sudah didukung DVB-T2 (Digital Video Broadcasting - Second Generation Terrestrial), standar TV digital di Indonesia.

Pasalnya dekoder STB TV digital ini nantinya akan dibutuhkan, dikarenakan alat tersebut dapat mengubah sinyal digital menjadi gambar dan suara yang bisa ditampilkan di TV analog biasa.


Perangkat Audio Buat Nonton Siaran Digital

Cara Cek Sinyal TV Digital Lewat HP
Perangkat Audio Buat Nonton Siaran Digital
Jika anda sudah memastikan channel dengan menerapkan cara cek sinyal TV digital lewat HP diatas, anda juga dapat memakai berbagai macam perangkat pendukung.

Termasuk salah satunya yaitu dengan menggunakan perangkat audio untuk menonton tayangan favorit yang cukup baik dirumah bersama keluarga.

Untuk hal semacam ini, anda bisa saja memilih speaker tentu saja dengan kualitas yang terbaik namun speaker ini ada beberapa tipe yaitu home theater dan soundbar.

Dari keduanya memang mempunyai keunggulan masing-masing, kalau anda ingin memilih speaker yang ringkas akan tetapi berkualitas suara bagus sehingga speaker soundbar sangat disarankan lho.

Kini anda bisa memilih speaker soundbar seperti JETE S5 Pro Series, pasalnya dengan desain yang cukup keren dan berbagai macam fitur unggulan didalamnya membuat anda akan lebih nyaman.

Entah dari segi suara ataupun ketahannya terhadap air dan debu speaker tersebut pun juga ringkas, dikarenakan bisa dihubungkan dengan perangkat TV tanpa memakai kabel.


Cara Menonton Siaran Digital

Cara Cek Sinyal TV Digital Lewat HP
Cara Menonton Siaran Digital
Cara cek sinyal TV digital lewat HP tidak berlaku untuk yang mempunyai televisi analog, terlebih lagi tidak ingin mengganti televisi anda ke TV Digital itulah sebabnya anda bisa menggunakan cara satu ini.

Pasalnya Kominfo akan membagikan beberapa tips lewat siarandigital.kominfo.go.id dan untuk lebih jelasnya langsung saja simak dibawah ini.

Cara menonton siaran digital yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama anda harus memastikan bahwa sudah ada siaran televisi digital ditempat tinggalnya.
  • Lalu anda siapkan antena rumah biasa yakni antena UHF entah itu berupa antena luar rumah (outdoor) atau antena didalam rumah (indoor) yang juga biasa dipergunakan buat menangkap siaran televisi analog.
  • Namun anda harus memastikan televisi dirumahnya sudah dilengkapi dengan penerima siaran televisi digital DVBT2.
  • Jika perangkat televisi tersambung, maka pilih opsi Pengaturan/Setting lalu pilih auto scan buat memindai program-program siaran televisi digital yang disekitar daerah anda.


Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara cek sinyal TV digital lewat HP yang sudah kami sampaikan untuk anda gunakan diatas.

Ada beberapa cara yang kami sampaikan, silahkan pilih salah satunya namun jika ingin berhasil simak baik-baik setiap langkah-langkah diatas dengan cermat.

Semoga informasi yang kami berikan bisa berguna dan bermanfaat untuk anda gunakan dalam melakukan pengecekkan sinyal TV digital lewat HP.