Cara Cek NISN Siswa 2022

Cara Cek NISN Siswa
Cara cek NISN siswa
yang akan kami bagikan informasinya pada kesempatan ini, bagi yang masih merasa kebingungan dalam hal ini, dengan artikel ini anda tidak akan mengalami kebingungan lagi.

Dan bagi anda yang belum mengetahui maksud dari NISN dan manfaat dari NISN ini, di artikel ini kami juga akan menjelaskannya.

Pada umumnya setiap orang memiliki NISN, dan NISN ini sudah terdaftar dari pertama kali daftar sekolah.

Siapa tahu sewaktu-waktu anda membutuhkan data NISN ini untuk suatu kebutuhan tertentu, dengan demikian anda jangan membaca artikel ini setengah-setengah.

Silahkan anda simak artikel ini sampai akhir agar anda mendapatkan informasi yang kami bagikan di artikel ini secara detail.

Tanpa harus menunggu lama anda bisa membaca di bawah ini mengenaa penjelasan tentang cara cek NISN siswa, maksud dari NISN tersebut, serta tujuan dan manfaat NISN.


1. Cara Cek NISN Siswa Berdasarkan Nama

Cara Cek NISN Siswa
Cara Cek NISN Siswa Berdasarkan Nama
Yang pertama kami akan menjelaskan kepada anda mengenai langkah-langkah cara cek NISN siswa berdasarkan nama yaitu sebagai berikut:
  • Hal pertama yang harus anda lakukan adalah silahkan anda membuka laman berikut ini nisn.data.kemdikbud.go.id.
  • Jika laman sudah terbuka, silahkan anda lanjutkan dengan pilih menu pencarian NISN yaitu "Pencarian Berdasarkan Nama".
  • Langkah berikutnya silahkan anda mengisi nama siswa, tempat lahir, tanggal lahir, dan nama ibu.
  • Jika seluruh kolom yang tersedia sudah anda mengisinya dengan lengkap dan benar untuk mencari nomor NISN, maka selanjutnya silahkan anda tekan tombol "Enter" atau "Cari".
  • Kemudian akan muncul NISN dari siswa yang anda cari.
  • Selesai.


2. Cara Cek NISN Siswa Berdasarkan Sekolah

Cara Cek NISN Siswa
Cara Cek NISN Siswa Berdasarkan Sekolah
Selanjutnya kami akan menjleaskan kepada anda langkah-langkah cara cek NISN siswa berdasarkan sekolah yaitu sebagai berikut:
  • Terlebih dahulu silahkan anda mengunjungi laman nisn.data.kemdikbud.go.id.
  • Jika laman pencarian NISN sekolah sudah terbuka, lalu silahkan anda pilih menu "Pencarian berdasarkan NISN".
  • Setelah itu silahkan anda memasukkan nomor NISN siswa yang akan anda cari nomor NISNnya.
  • Langkah selanjutnya silahkan anda memasukkan nama ibu kandung secara lengkap dan benar.
  • Lalu silahkan anda tekan tombol "Cari", maka pencarian NISN berdasarkan sekolah yang anda cari akan sesuai dengan kata kunci yang anda lihat.
  • Selesai.


Apa Itu NISN?

NISN ini adalah singkatan dari Nomor Induk Siswa Nasional yang diberikan atau dicantumkan pada siswa di Indonesia.

NISN ini akan dimiliki oleh setiap orang dari pertama kali masuk atau daftar seklolah, dan biasanya nomor NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dituliskan pada rapor dibagian depan maupun biodata.

Perlu anda ketahui bahwa NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) ini terdiri dari 10 digit angka yang unik, setiap orang atau satu orang dengan yang lainnya memiliki nomor NISN yang berbeda-beda.

Di dalam NISN ini akan dicantumkan angka kelahiran anda yang ditulis di bagian 3 digit paling belakang.

Dan untuk 7 angka di bagian depan adalah kode rahasia yang susunannya tidak dapat diketahui secara pasti hal tersebut.

Karena banyak juga yang belum mengetahui secra detail mengenai nomor tersebut dan terkadang ada yang berpikir salah persepsi.

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya bahwa setiap orang memiliki nomor NISN yang berbeda, serta tidak akan pernah berubah sampai kejenjang perguruan tinggi.

Karena pada saat anda pertama kali daftar sekolah maka akan langsung mendapatkan NISN dari pemerintah yang bersifat permanen.

NISN ini juga sebagai bukti atau tanda bahwa anda sudah terdaftar secara resmi sebagai siswa di Indonesia baik itu tingkat SD sampai perguruan tinggi.

Bahkan NISN ini juga terkadang diminta untuk dicantumkan oleh beberapa pendaftaran penting, dan bagi anda yang belum mengetahui nomor NISN (Nomor Induk Siswa Nasional ) anda.

Kami sudah menjelaskan dipembahasan sebelumnya mengenai cara cek NISN siswa berdasarkan nama dan berdasarkan sekolah, anda bisa terapkan cara tersebut untuk mengetahui nomor NISN anda.


Tujuan dan Manfaat NISN

Di atas sudah kami jelaskan mengenai cara cek NISN siswa dan penjelasan dari NISN itu sendiri, kami juga akan memberitahu anda mengenai tujuan dan manfaat dari NISN ini.

Adapun tujuan dan manfaat dari NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) yang dimiliki oleh setiap siswa yaitu sebagai berikut:
  • Untuk mengidentifikasi setiap individu siswa atau peserta didik di seluruh sekolah yang berada seluruh Indonesia secara standar, konsisten, dan berkesinambungan.
  • NISN ini adalah sebagai pusat layanan sistem pengelolaan Nomor Induk Siswa Nasional secara online bagi Unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah.
  • Bahkan sebagai pusat layanan sistem pengelolaan NISN secara online untuk sekolah yang bersifat standar, terpadu, dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  • NISN sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam melakukan pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan.
  • Bahkan juga dalam melakukan pengembangan dan penerapan program pendidikan lainnya baik ditingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten, sekolah, seperti BOS, Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.


Akhir Kata

Demikian penjelasan pada artikel ini yang menjelaskan mengenai cara cek NISN siswa, maksud dari NISN, serta tujuan dan manfaat NISN.

Semoga dengan pembahasan artikel kali ini dapat mempermudah anda untuk melakukan pengecekkan NISN anda dan dapat menambah wawasan anda.

Anda bisa membagikan informasi pada artikel ini dengan cara share di media sosial, karena tidak ada salahnya jika kita berbagi informasi penting kepada orang lain, apalagi bersifat membantu.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel