Cara Cek Mutasi di ATM BRI 2022

Cara Cek Mutasi di ATM BRI
Cara cek mutasi di ATM BRI
adalah cara untuk bisa mengetahui rincian transaksi di rekening, apa lagi hal seperti ini patut diketahui pasalnya mutasi rekening kerap dibutuhkan sebagai tanda bukti transaksi.

Mutasi rekening merupakan fitur perbanka yang dimana para nasabah bisa melihat riwayat transaksi seperti transaksi masuk, transaksi keluar dan keuangan yang terpotong.

Terlebih lagi cek mutasi BRI biasanya akan dibutuhkan, ketika nasabah akan melakukan perjalanan ke luar negeri apa lagi mutasi rekening biasanya diminta pada saat mengajukan visa ke negara tujuan.

Bukan hanya itu, mutasi rekening bisa dipakai untuk menjadi alat bukti transaksi dan syarat pengajuan pinjaman ke bank oleh sebab itu nabsabah Bank BRI perlu tahu.

Maka dari itu pada artikel kali ini kami akan membagikan cara cek mutasi di ATM BRI dan langsung saja simak ulasan sebagai berikut.


1. Kegunaan Mutasi Rekening BRI

Cara Cek Mutasi di ATM BRI
Kegunaan Mutasi Rekening BRI
Sebelum kami jelaskan cara cek mutasi di ATM BRI, penting anda tahu kegunaan mutasi rekening BRI yang dimana bertujuan merekam aktivitas keuangan di rekening.

Ada beberapa kegunaan mutasi rekening BRI yaitu sebagai berikut:
  • Merekam Transaksi Finansial : Pada dasarnya, mutasi rekening BRI nantinya akan memberikan bukti aktivitas dan masuk dana pribadi ataupun bisnis. Nah, dari sinilah pebisnis bisa melakukan cross check atau mencatat transaksi keuangan supaya seluruh dana dapat termonitor dengan baik.
  • Dokumen Pengajuan Visa : Ketika akan mengajukan visa ke beberapa negara tertentu, biasanya anda diharuskan melampirkan mutasi rekening meliputi aktivitas keuangan selama 3 bulan terakhir. Walaupun tidak semua negara, namun bukti rekening koran tersebut dipakai untuk memastikan anda mempunyai cukup uang ketika berada di luar negeri.
  • Sebagai Bukti Dalam Kasus Hukum : Biasanya dalam situasi tertentu dimana anda mempunyai masalah terkait aktivitas keuangan, bahkan anda dapat memakai bukti mutasi rekening BRI sebagai dokumen pendukung buat menguatkannya di persidangan. Misalnya saja, anda belum menerima pembayaran suatu barang namun pihak terkait bersihkeras sudah mengirimkan pembayaran maka anda dapat mencetak rekening koran sebagai dokumen.
  • Persyaratan Untuk Mengikuti Lelang Proyek : Sedangkan kegunaan mutasi rekening BRI satu ini dapat diterapkan kepada anda para pebisnis, dikarenakan kalau mengiuti lelang proyek baik pemerintah ataupun swasta. Apa lagi biasanya pihak yang terlibat nantinya diharuskan melampirkan bukti rekening koran supaya bisa berpartisipasi didalamnya.
  • Dokumen Pengajuan Kredit : Tidak hanya itu saja, mutasi rekening BRI bisa berguna untuk keperluan pribadi maupun bisnis yang dimana didalamnya ada pengajuan kredit. Biasanya kemampuan keuangan seseorang akan dibuktikan lewat rekening koran, maka dari itu siapkan saja dokumen mutasi rekening koran juga ya pada saat mengajukan pinjaman.
  • Audit Keuangan untuk Bisnis : Bisnis yang berskala tertentu pastikan akan membutuhkan proses audit keuangan perusahaan, nah dari audit atau pemeriksaan keuangan biasanya mensyaratkan akan ada mutasi rekening koran. Nah dari sinilah bisa diketahui semua arus masuk dan keluar maka transaksi yang mencurigakan dapat terlihat jelas.


2. Cara Cek Mutasi di ATM BRI

Cara Cek Mutasi di ATM BRI
Cara Cek Mutasi di ATM BRI
Para nasabah Bank BRI bisa melakukan pilih cek mutasi BRI di ATM BRI, pasalnya dalam hal ini mesin ATM BRI sangat mudah ditemukan dimanapun itu.

Akan tetapi dengan cara satu ini yang dimana mempunyai kekurangan, dikarenakan para nasabah hanya bisa melihat riwayat transaksi sebanyak 5 kali dari transaksi terakhir yang dilakukan.

Cara cek mutasi di ATM BRI yaitu sebagai berikut:
  • Pastikan pertama-tama anda masukkan kartu ATM BRI ke dalam mesin ATM.
  • Jika sudah, nanti tinggal pilih opsi Bahasa dan masukkan PIN ATM BRI.
  • Kemudian anda cukup pilih opsi menu Transaksi Lain.
  • Setelah itu silahkan tekan menu Mutasi Rekening.
  • Tinggal menunggu sampai struk transaksi keluar dari mesin ATM.
  • Silahkan ambil struk dan ambil kembali kartu ATM, biasanya didalam struk ATM tersebut akan berisikan kode Debit (D) untuk transaksi masuk dan Kredit (K) buat transaksi keluar.


3. Cara Cek Mutasi BRI dengan Mendatangi Kantor Cabang

Cara Cek Mutasi di ATM BRI
Cara Cek Mutasi BRI dengan Mendatangi Kantor Cabang
Jika cara cek mutasi di ATM BRI belum mencakup semuanya, anda bisa langsung mendatangi kantor cabang Bank BRI terdekat dengan membawa buku tabungan dan kartu identitas seperti KTP.

Setelah itu anda katakan kepada teller Bank BRI ingin melakukan cek mutasi BRI periode bulan yang anda inginkan dan silahkan serahkan buku tabungan beserta KTP ke teller bank.

Kemudian anda ikuti instruksi teller bank dan tinggal menunggu prosesnya sampai selesai, kalau sudah selesai maka mutasi rekening akan langsung tercetak di buku rekening disesuaikan sama permintaan.


4. Cara Cek Mutasi BRI Melalui SMS Banking

Cara Cek Mutasi di ATM BRI
Cara Cek Mutasi BRI Melalui SMS Banking
Bukan hanya itu saja, anda juga bisa melakukan cek mutasi BRI yang satu ini yang dimana memungkinkan para nasabah melakukan cek mutasi BRI.

Tanpa perlu keluar rumah, akan tetapi biasanya metode ini ada kekurangan seperti cara cek mutasi di ATM BRI yakni hanya bisa menampilkan riwayat transaksi sebanyak lima transaksi terakhir saja.

Sedangkan untuk mengecek mutasi BRI melalui SMS Banking, para nasabah hanya perlu memastikan mempunyai pulsa yang mencukup untuk mengirim dan menerima SMS Banking BRI.

Cara cek mutasi BRI melalui SMS Banking yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama buka menu perpesanan atau SMS yang ada diponsel anda.
  • Nanti anda tinggal ketik pesan SMS dengan menggunakan format sebagai berikut : INFO MUTASI (spasi) PIN SMS Banking Nasabah.
  • Setelah itu tinggal mengirimkan SMS tersebut ke nomor 3300.
  • Maka sistem akan langsung menampilkan riwayat transaksi terakhir melalui SMS.


5. Cara Cek Mutasi BRI Melalui Internet Banking

Cara Cek Mutasi di ATM BRI
Cara Cek Mutasi BRI Melalui Internet Banking
Apa bila cara cek mutasi di ATM BRI, kantor cabang dan SMS Banking mempunyai kekurangan para nasabah bisa menggunakan cara satu ini yaitu melalui internet Banking.

Cara cek mutasi BRI melalui Internet Banking yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama langsung saja kunjungi melalui link berikut ini (https://bri.co.id/internet-banking).
  • Nanti anda login dengan memasukkan user ID, password dan validation.
  • Kemudian anda klik ikon 3 garis berwarna orange untuk dapat memunculkan submenu.
  • Lalu anda lanjutkan pilih opsi menu Rekening dan pilih opsi menu Mutasi Rekening.
  • Jika sudah maka anda langsung saja pilih opsi Tanggal dan bulan cek mutasi BRI yang diinginkan.
  • Maka anda tinggal pilih opsi Tampilkan.


Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara cek mutasi di ATM BRI yang telah kami sampaikan untuk anda gunakan dalam mengecek mutasi terakhirnya.

Ada banyak kegunaan jika anda mengecek mutasi Bank BRI, oleh sebab itu tinggal anda pilih salah satu cara yang ingin digunakan.

Namun jika ingin mendapatkan diperiode sebelumnya lebih lengkap, sebaiknya anda mendatangi langsung kantor cabang yang ada diwilayah anda.

Semoga dengan informasi yang kami berikan bisa bermanfaat dan berguna untuk anda yang ingin mengecek mutasi Bank BRI anda.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel