Cara Cari Channel TV Digital 2022

Cara Cari Channel TV Digital
Cara cari channel TV digital
sudah kami rangkum untuk anda gunakan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mulai mengharuskan masyarakat memakai antena dan televisi digital.

Akan tetapi tidak sedikit yang masih menggunakan televisi lama dirumah mereka, buat pengguna jenis televisi tersebut pastikan akan membutuhkan set box.

Supaya dapat mencari saluran digital yang akan ditonton, jika anda belum tahu cara cari channel TV digital langsung saja simak ulasan sebagai berikut.


1. Cara Cari Channel TV Digital

Cara Cari Channel TV Digital
Cara Cari Channel TV Digital
Supaya bisa mendapatkan saluran digital ada beberapa tahap yang harus dilakukan dan lebih jelasnya simak ulasan dibawah ini.

Cara cari channel TV digital yaitu sebagai berikut:
  • Tekan tombol Menu yang ada pada remot televisi anda terlebih dahulu, kemudian anda gunakan saja tombol Enter atau OK untuk dapat beralih ke bagian Saluran.
  • Jika sudah, maka anda tinggal pilih opsi pemindaian saluran. Namun gunakan kembali tombol arah untuk menavigasikan ke opsi Pemindaian saluran yang ada di menu Saluran. Nanti anda cukup tekan tombol Enter atau Ok supaya bisa memilih opsi pemindaian saluran.
  • Setelah anda masuk ke opsi pemindaian saluran, langsung cari jenis saluran, anda bisa menggunakan kembali tombol arah untuk masuk ke opsi "Jenis Saluran" yang terdapat pada layar televisi anda. Dimana anda bisa memilih salah satu dari tiga opsi yaitu analog, digital atau semua saluran dikarenakan yang saat ini dicari yaitu siaran TV digital. Cukup pilih opsi semua saluran atau digital saja, lalu lanjutkan pencarian siaran televisi dengan tekan Enter atau OK.
  • Sehingga televisi akan memulai melakukan proses pemindaian saluran digital, pasalnya proses ini anda hanya perlu tunggu pemindaiannya sampai selesai. Biasanya proses seperti ini memakan waktu yang relatif sebentar.
  • Selesai.


2. Cara Cari Channel TV Digital Melalui Handphone

Cara Cari Channel TV Digital
Cara Cari Channel TV Digital Melalui Handphone
Tidak hanya itu saja, ada cara lain yang dapat anda gunakan salah satunya melalui Handphone dimana anda bisa menemukannya channel TV dengan mudah.

Cara cari channel TV digital melalui Handphone yaitu sebagai berikut:
  • Download dan install Aplikasi SinyalTVdigital terlebih dahulu di Google Play Store atau App Store bisa juga melalui link berikut ini (Download Aplikasi SinyalTVdigital). Akan tetapi sebelum memakai aplikasi, anda harus memastikan sudah mengaktifkan fitur "Lokasi" yang ada di Handphone.
  • Bila sudah, anda tinggal buka aplikasi sinyalTVdigital.
  • Kemudian anda klik ikon Bidik yang terdapat pada sisi tengah bawah.
  • Biasanya ikon ini nantinya akan berguna untuk mendeteksi lokasi pengguna lebih akurat.
  • Pasalnya anda akan melihat informasi tentang lembaga penyiaran multipleksing (mux) yang dimana menjangkau tempat tinggalnya. Contohnya saja, jika wilayah tempat tinggal pengguna dijangkau oleh pemancar (transmitter) dari TVRI.
  • Maka klik See Mux Detail untuk bisa melihat informasi detail tentang sinyal TV Digital yang ada didaerahnya, pasalnya informasi ini biasanya akan mencakup kekuatan sinyal, jenis layanan, operatur mux, frekuensi channel dan lain sebagainya.
  • Kalau wilayah tersebut mempunyai sinyal yang kuat, nanti akan ditandai dengan legenda warna merah dipeta namun apa bila legenda berwarna hijau-kuning. Sehingga kekuatan sinyal sedang dan sementara untuk abu-abu atau biru mengartikan sinyal lemah.
  • Pada tahap ini, silahkan klik ikon Galeri yang terdapat disisi kanan bawah layar nanti anda akan melihat daftar lengkap konten siaran TV Digital yang dapat disaksikan ditelevisi anda.


3. Cara Cari Channel TV Digital Pada TV Analog

Cara Cari Channel TV Digital
Cara Cari Channel TV Digital Pada TV Analog
Cara cari channel TV digital pada TV analog yaitu sebagai berikut:
  • Kalau TV anda masih tergolong TV analog, sehingga akan membutuhkan yang namanya perangkat set top box (STB) untuk dapat menangkap sinyal digital dan mengubahnya menjadi sinyal analog. Oleh sebab itu bisa disiarkan pada TV analog, namun jangan sampai lupa pula menyiapkan antena. Tapi pemilihan antena tidak perlu dilakukan secara khusus, dikarenakan antena apapun dapat menangkap sinyal analog ataupun digital.
  • Silahkan anda sambungkan perangkat STB ke TV analog.
  • Lalu anda pastikan bahwa TV sudah dalam keadaan mode AV, setelah itu pilih koneksi yang disesuaikan dengan STB kalau sudah maka anda bisa langsung menyalakan STB.
  • Tinggal pilih menu yang ada di remote STB.
  • Kemudian klik opsi Pencarian Saluran dan pilih pencarian otomatis. Jika sudah diamkan sejenak ketika proses pencarian saluran sedang dilakukan.
  • Ketika pencarian sudah selesai, namun jangan lupa klik opsi Simpan.


4. Cara Mengatasi Masalah Channel Tersimpan Namun Siaran TV Digital Tidak Terdeteksi

Cara Cari Channel TV Digital
Cara Mengatasi Masalah Channel Tersimpan Namun Siaran TV Digital Tidak Terdeteksi
Lewat cara cari channel TV digital barusan, anda sebetulnya sudah dapat menikmati berbagai macam acara favorit dengan kualitas yang baik.

Akan tetapi bisa saja ada beberapa masalah yang muncul pada saat anda sedang menikmati siaran televisi digital, termasuk yaitu channel yang sudah tersimpan namun siaran televisinya.

Tidak terdeteksi dengan baik, oleh sebab itu kalau anda mengalami permasalah seperti itu ada beberapa langkah yang harus diikuti dibawah ini.

Cara mengatasi masalah channel tersimpan namun siaran TV digital tidak terdeteksi yaitu sebagai berikut:
  • Biasanya penyebabnya siaran TV tidak terdeteksi yaitu antena yang geser secara tidak sengaja entah itu oleh angin, cuaca kurang baik atau ada burung yang bertengger. Ketika gambar siarannya sudah mulai tidak begitu jelas, anda bisa mengecek antena televisi kalau anda menemukan sedikit bergeser silahkan gerakkan sedikit demi sedikit hingga tampilan siarannya kembali seperti semula.
  • Kalau kabel antena yang putus atau rusak sering kali menjadi penyebab sinyal siaran televisi digital hilang, ketika masalah seperti itu menimpanya ganti dengan kabel antena televisi yang mempunyai kualitas tinggi. Bukan hanya sekedar meningkatkan kualitas gambar saja, namun kabel berkualitas tinggi dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.
  • Apa lagi jack penghubung kabel antena ke tuner televisi yaitu salah satu faktor yang dimana menyebabkan siaran tidak muncul. Dikarenakan tidak adanya jack penghubung membuat televisi tidak dapat menampilkan gambar, oleh sebab itu silahkan cek secara bertahap komponen tersebut dan ganti kabelnya jika sudah rusak.
  • Terlebih lagi masalah siaran TV digital yang tidak terdeteksi biasanya akan terjadi, dikarenakan kemampuan antena yang kurang begitu baik. Oleh sebab itu, permasalah seperti ini termasuk solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan membeli booster antena televisi. Bahkan penggunaan booster dapat meningkatkan sinyal TV digital, maka bisa menangkap siaran dengan baik.


Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara cari channel TV digital yang sudah kami sampaikan untuk anda yang belum paham.

Diatas kami sudah memberikan beberapa cara yang dapat anda pilih, namun untuk bisa berhasil menerapkannya simak baik-baik langkah yang kami sampaikan dengan cermat.

Semoga dengan informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk anda namun jangan lupa bagikan link artikel ini ke sosial media anda baik Facebook, Instagram dan lain sebagainya.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel