Cara Agar Aplikasi Tidak Update Otomatis 2022

Cara Agar Aplikasi Tidak Update Otomatis
Cara agar aplikasi tidak update otomatis bisa dilakukan dengan mudah karena Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah saja.

Mungkin Anda pernah merasa kesal ketika sistem di Android memperbarui berbagai aplikasi secara auto-update (otomatis) dan tanpa persetujuan Anda.

Hal ini tentunya sangat menyebalkan, terutama jika kuota atau paket data sudah menipis dan masih banyak keperluan lain yang harus diselesaikan dengan sisa kuota tersebut.

Namun Anda tak perlu khawatir, karena update otomatis pada aplikasi bisa diatasi dengan menonaktifkan fitur updatenya.

Nah, berikut ini kami akan membahas dan membagikan informasi tentang cara agar aplikasi tidak update otomatis yang perlu diketahui.


1. Cara Agar Aplikasi Tidak Update Otomatis di Android

Cara Agar Aplikasi Tidak Update Otomatis
Cara Agar Aplikasi Tidak Update Otomatis di Android
Bila Anda pengguna Android, maka bisa menghentikan update otomatis pada aplikasi, sehingga tidak akan mengupdate aplikasi tanpa persetujuan Anda.

Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan agar aplikasi di ponsel Android tidak melakukan auto-update lagi.

Untuk cara agar aplikasi tidak update otomatis di Android yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, silahkan buka Google Play Store pada ponsel atau tablet Anda, kemudian pilih ikon tiga strip (navigation) lalu pilih Settings.
  • Di Google Play Setting, silahkan ketuk pilihan Auto-update apps (pilihan paling atas).
  • Setelah Anda pilih Auto-update apps, maka akan muncul pop-up yang berisi tiga pilihan diantaranya Do not auto-update apps (jangan perbarui aplikasi secara otomatis), Auto-update apps at any time, Data charge may apply (Lakukan pembaruan aplikasi secara otomatis, kapanpun) dan yang ketiga adalah Auto-update apps over Wi-Fi only (Pembaruan hanya dilakukan saat terhubung dengan Wi-Fi).
  • Silahkan pilih yang pertama (Do not auto-update apps) dan dengan cara ini, maka perangkat Android akan memperbarui aplikasi secara manual.
  • Jika ingin perangkat memperbarui aplikasi secara otomatis tetapi tidak ingin menggunakan kuota data, maka Anda bisa pilih opsi Auto-update apps over Wi-Fi only.

Proses ini akan membuat ponsel Anda baru akan memperbarui aplikasi jika sudah terhubung dengan koneksi Wi-Fi.

Namun jika Anda sudah memilih opsi pertama agar aplikasi tidak diperbarui secara otomatis, maka bisa melakukannya secara manual.


2. Cara Update Aplikasi Secara Manual

Cara Agar Aplikasi Tidak Update Otomatis
Cara Update Aplikasi Secara Manual
Tidak hanya cara agar aplikasi tidak update otomatis, namun kami juga akan membagikan cara update aplikasi secara manual.

Untuk cara update aplikasi secara manual yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, silahkan masuk ke menu Navigation, kemudian pilih Apps & games category, lalu pilih My Apps & games.
  • Setelah itu Anda akan melihat tab view di aplikasi, yakni berbagai aplikasi yang terpasang di smartphone. Akan ada kategori Updates, Recently Updates, dan Up-to-date di bagian Installed.
  • Sedangkan aplikasi yang bisa diupdate terletak di bagian paling atas dan Anda bisa pilih untuk memperbarui satu per satu aplikasi tersebut atau memperbarui semuanya secara sekaligus dengan memilih Update All (pilihan paling atas).


Manfaat Update Aplikasi

Cara Agar Aplikasi Tidak Update Otomatis
Manfaat Update Aplikasi
Sebelum memutuskan untuk menerapkan cara agar aplikasi tidak update otomatis, maka sangat perlu untuk mengetahui apa saja manfaat yang akan didapatkan jika update aplikasi rutin dilakukan.

Tak bisa dipungkiri jika saat ini banyak orang yang malas untuk melakukan update terhadap aplikasi di smartphone mereka karena seringkali tidak menemukan perubahan berarti dan merasa hanya buang-buang kuota aja.

Padahal, menjaga aplikasi di smartphone agar tetap up to date ternyata bisa memberikan berbagai manfaat bagi para penggunanya, baik dari user experience ataupun aspek-aspek lain.

Untuk beberapa manfaat yang akan didapatkan jika update aplikasi dilakukan secara rutin yaitu sebagai berikut:


1. Meningkatkan Keamanan

Menjaga aplikasi tetap up to date sangat penting untuk dilakukan karena bertujuan untuk menjaga keamanan smartphone.

Karena jika aplikasi out of date, maka akan banyak celah yang nantinya dimanfaatkan para hacker untuk mencuri data-data penting di dalamnya.

Tidak hanya mencuri informasi penting tentang Anda, namun hacker juga bisa menyusup untuk mengirimkan pesan-pesan palsu melalui email ataupun aplikasi perpesanan lain, bahkan menggunakan akun pembayaran uang elektronik milik Anda.


2. Memperbaiki Bug

Saat dirilis, setiap aplikasi pastinya selalu mempunyai bug yang bisa menyebabkan eror saat tengah digunakan.

Baik itu layar jadi nge-freeze, force close sendiri atau bahkan bisa membuat smartphone restart secara otomatis.

Sedangkan untuk mengatasi hal tersebut, pihak developer biasanya akan memberikan update secara berkala untuk menutup dan menangani bug-bug yang ada.


3. Mencegah Terjadinya Masalah

Bagi Anda pengguna Android, penggunaan aplikasi pihak ketiga biasanya bisa menyebabkan beberapa masalah terhadap smartphone.

Jika masalah tersebut terjadi, maka mengharuskan Anda untuk melakukan restart ke dalam safe mode.

Hal ini juga terjadi karena dua hal, pertama coding yang buruk, dan juga aplikasi yang tidak up to date sehingga menyebabkan crash yang berpengaruh kepada smartphone.


4. Meningkatkan Performa

Mungkin Anda pernah merasakan jika aplikasi yang digunakan sering lemot, hal tersebut biasanya terjadi karena aplikasi belum diupdate sehingga tidak bisa mendapatkan performa maksimal.

Sedangkan update sendiri biasanya dilakukan oleh pihak developer untuk menyempurnakan dan meningkatkan performa aplikasi mereka agar lebih efektif saat digunakan.


5. Mendapatkan Fitur Baru

Untuk meningkatkan performa dan menyempurnakan aplikasi, maka pihak developer biasanya akan memberikan fitur-fitur baru untuk memudahkan pengguna dan membuat aplikasi agar terlihat beda dari yang lain.

Oleh karena itu, jika Anda ingin mendapatkan fitur baru dan merasakan peningkatan performa di aplikasi smartphone maka sangat penting untuk melakukan update secara rutin.


Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang cara agar aplikasi tidak update otomatis dan informasi penting lainnya yang bisa dipelajari dan diterapkan.

Update aplikasi sangat perlu dilakukan secara rutin, karena performa aplikasi sangat ditentukan apakah aplikasi tersebut dalam versi baru atau tidak.

Oleh karena itu, tetap perbarui aplikasi prioritas walaupun menggunakan kuota jika ingin sebuah aplikasi berfungsi dengan baik dan lancar.

Untuk menonaktifkan update otomatis dan melakukan proses update, Anda bisa menerapkan cara yang telah kami bagikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel