Cara Setting Set Top Box 2022

Cara Setting Set Top Box
Cara setting set top box
ini sangat dicari-cari oleh pengguna TV digital, TV digital merupakan era baru penyiaran di seluruh dunia termasuk di Indonesia, dengan kecanggihan alat yang sangat tinggi pada saat ini.

TV digital dapat menghadirkan tayangan berkualitas secara gratis walaupun bukan layanan streaming internet maupun TV kabel berlangganan yang sering kali banyak digunakan.

Apakah Televisi (TV) di rumah anda masih analog? Model jadul? Ayo, segera ganti TV analog anda ke TV digital (Analog Switch Off/ASO) tidak perlu beli TV baru untuk bisa menikmati tayangan siaran TV digital, tinggal pakai perangkat digital khusus yang disebut set top box.

TV Digital merupakan penyiaran yang menggunakan standar Digital Video Broadcasting-Terrestrial Second Generation (DVB-T2) yang artinya menggunakan frekuensi radio VHF atau UHF, seperti halnya TV analog akan tetapi dengan format konten yang digital.

Kalau TV analog semakin jauh posisi antena dari lokasi stasiun pemancar TV, maka sinyal akan semakin melemah dan gambar siaran yang diterima pun semakin buruk dan berbayang.

Tetapi tidak dengan TV digital ini, TV digital menyajikan gambar dan suara yang lebih jernih dibanding TV analog, jadi tidak ada lagi yang namanya gambar berbayang atau bintik-bintik semut pada monitor TV digital ini.

Inilah perbedaan TV analog dengan TV digital pada umumnya yang perlu anda ketahui, dimana TV digital ini pun hanya mengenal dua status, yaitu Terima (1) atau Tidak (0).

Selagi set top box masih dapat menangkap sinyal dengan baik maka program siaran akan diterima, sebaliknya bila sinyal tidak diterima set top box maka gambar dan suara siaran TV digital tidak muncul.

Untuk lebih jelasnya, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi tentang cara setting set top box pada pada TV digital dan TV analog dengan sangat mudah, dan simak ulasan sebagai berikut.


Kelebihan TV Digital

Cara Setting Set Top Box
Kelebihan TV Digital
Beberapa kelebihan TV digital dibanding TV analog yang perlu anda ketahui sebelum memastikan untuk membeli TVbaru, karena kelehiban dari setiap TV berbeda-beda.

Sebelum menerapkan cara setting set top box ini anda perlu simak kelebihan TV digital dibandingkan TV analog di antaranya yaitu sebagai berikut:
  • Kualitas gambar dan suara pada TV digital lebih jernih dan jelas
  • Canggihan dalam teknologinya, karena tersedia fasilitas tambahan seperti EPG (Electronic Program Guide) untuk mengetahui acara yang telah dan akan ditayangkan kemudian.
  • TV digital terdapat kemampuan penyediaan layanan interaktif, di mana anda dapat secara langsung memberi rating terhadap suara program siara tersebut.
  • Ada teknologi parental lock sehingga orangtua dapat mengatur program acara sesuai usia anak mereka.
  • Bisa menikmati siaran TV digital lebih lengkap karena banyak pilihan channel, dan jumlahnya bisa mencapai ratusan channel.
  • Pada TV digital memiliki program siaran yang bermutu untuk masyarakat.
  • TV digital ini gratis, tanpa anda membutuhkan kuota internet atau berbayar setiap bulan karena merupakan layanan free to air.


Set Top Box TV Digital

Cara Setting Set Top Box
Set Top Box TV Digital
Set top box TV digital merupakan perangkat penerima siaran TV digital yang bisa digunakan pada TV digital maupun TV analog, TB TV digital ini adalah komponen penting dalam migrasi TV analog ke TV digital.

Set top box ini juga bisa disebut dengan receiver TV digital atau dekoder, lengkapnya set top box TV digital merupakan peranti teknologi informasi yang tugas utamanya yaitu memproses sinyal digital menjadi sinyal analog.

Sebelum ke cara setting set top box anda harus mengetahui cara kerja STB TV digital, adalah dengan mengolah input (sinyal yang ditangkap antena UHF) siaran digital, kemudian dikeluarkan dalam bentuk gambar dan suara ke TV analog.

Jadi, anda tinggal pasang set top box di TV analog, kemudain anda bisa menikmati siaran TV digital secara gratis, dan tanpa membeli TV baru untuk bisa menikmati siaran TV digital ini.

Set top box TV digital juga mampu menyajikan fitur tambahan seperti informasi kebencanaan, siarannya juga bisa disesuaikan dengan usia penontonnya seperti anak-anak, sehingga orangtua dapat mengatur apa saja yang boleh ditonton anak mereka.

Set top box berbeda sesuai jenis penyiaran TV yang diberikan, ada STB DVB-C (kabel), DVB-S (satelit), DVB-IPTV (internet protokol TV) dan untuk TV digital menggunakan STB DVB-T2.


Jenis Merek Set Top Box TV Digital Terbaik dan Harga

Cara Setting Set Top Box
Jenis Merek Set Top Box TV Digital Terbaik dan Harga
Set top box TV digital terbaik yaitu set top box yang memiliki sertifikasi dari Kominfo, dimana STB TV digital yang sudah bersertifikat dijamin bahwa STB pasti bisa digunakan dan semua fitur di siaran digital tersebut bisa berfungsi dengan optimal.

Selain itu, cara aman pilih set top box TV digital terbaik adalah dengan pilih STB yang ada tulisan DVB-T2, di kemasan STB TV digital terdapat tulisan “Siap Digital,” yang merupakan tanda siap digital, ada juga tambahan pada kemasan yaitu gambar MODI yang menjadi log Siap Digital.

STB TV digital sudah bisa anda beli di toko elektronik maupun situs belanja online, harga set top box TV digital sangat bervariasi mulai dari Rp 100 ribuan sudah dapat STB, remote control, dan kabel AV.

Sebelum menerapkan cara setting set top box ini perlu mengetahui jenis dan harga dari set top box untuk melakukan perbandingan kualitas, dan kami akan rekomendasi Set Top Box TV Digital Terbaik dan Harganya yaitu sebagai berikut:
  • Nexmedia (NA1300/DVB-T2 MPEG4 HD) mulai dari Rp 250.000
  • Polytron (PDV 600T2) mulai dari Rp 264.000 – Rp 1.000.000
  • Ichiko (8000HD) mulai dari Rp 234.000 – Rp 696.000
  • Akari (ADS-2230) mulai dari Rp 250.000 – Rp 485.000
  • Venus (Brio) mulai dari Rp 270.000 – Rp 449.000
  • Tanaka (T2) mulai dari Rp 189.000 – Rp 265.000
  • Matrix (Apple) mulai dari Rp 182.000 – Rp 295.000
  • Evercross (STB1) mulai dari Rp 178.000 – Rp 275.000
  • Nextron (NT2000-D) mulai dari Rp 200.000 – Rp 300.000
  • Evinix H1 mulai dari Rp 188.000 – Rp 235.000
  • Akari (ADS-168) mulai dari Rp 447.000 – Rp 1.400.000
  • Akari (ADS-210) mulai dari Rp 404.000 – Rp 636.000
  • Nextron (TR 1000) mulai dari Rp 342.000 – Rp 373.000
Informasi tentang STB yang sudah bersertifikat Kominfo bisa anda lihat di aplikasi SIRANI (Aplikasi Mobile Sertifikasi Perangkat Telekomunikasi) tersedia di Google Play Store, atau akses melalui situs siarandigital.kominfo.go.id.

Apabila anda penasaran anda bisa klik di sini untuk mengetahui setiap jenis STB yang telah bersertifikat Kominfo yaitu melalui link berikut ini (Berikut Link Situs Sirandigital) atau download aplikasi melalui link berikut ini (Download Aplikasi SIRANI untuk Android).


Cara Setting Set Top Box dari TV Analog

Cara Setting Set Top Box
Cara Setting Set Top Box dari TV Analog
Untuk mengetahui cara setting TV digital dari TV analog ini terlebih dahulu harus menghubungkan set top box (STB), anda bisa melihat tutorial di bawah apabila penasaran dengan hal ini.

Simak langakah-langkah cara setting set top box TV digital dari TV analog yang bisa anda ikuti yaitu sebagai berikut:
  • Pindahkan kabel antena TV ke bagian lubang yang terdapat di belakang STB terlebih dahulu.
  • Kemudian, sambungkan kabel HDMI ke STB.
  • Untuk TV yang tidak ada kabel HDMI, anda dapat menggunakan kabel berjenis AV pada pemasangan ini, biasanya paket STB sudah dilengkapi dengan kabel AV dan remote control.
  • Sambungkan kabel AV ke TV maupun ke STB sesuai dengan warna masing-masing.
  • Kemudian, nyalakan TV.
  • Setelah itu, pilih setting.
  • Lalu, pilih menu HDMI atau AV.
  • Berikutnya, STB akan terinstal secara otomatis.
  • Selesai.
Setelah melakukan cara-cara di atas anda bisa sepuasnya menonton channel yang di inginkan pada layanan TV digilal ini, dan juga bisa menonton film-film kesukaan secara gratis.


Akhir Kata

Itu tadi cara setting set top box 2022 dan berbagai penjelasan yang menarik juga untuk anda ketahui agar menambah wawasan mengenai TV digital dan kegunaan set top box.

Set top box ini sangat membantu untuk tanyangan serial TV digital dari TV analog, anda pun tidak pelu membeli TV baru untuk bisa menikmati serial TV digital tersebut.

Jangan lupa bagikan informasi artikel ini ke akun sosial media dan keteman atau kerabat dekat anda yang belum tahu kelebihan dan rekomendasi jenis-jenis dari set top box terbaik.

Itulah seluruh pembahasan kami pada artikel kali ini, tentang cara menghubungkan set top box pada TV analog maupun TV digital. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel