Cara Setting PCSX2 Agar Tidak Lag 2022

Cara Setting PCSX2 Agar Tidak Lag
Cara Setting PCSX2 Agar Tidak Lag bisa anda simak pada pembahasan yang kali ini, dan langsung saja ke ulasannya.

Para pecinta game Playstation tentunya akan sangat mengenal sekali dengan game Playstation 2 ini.

Dan Playstation 2 ini begitu populer sekali di tahun 2005 sampai 2010an loh, bahkan masih digunakan dan juga dimainkan oleh beberapa orang sampai saat ini.

Meskipun permainan yang terdapat di dialam Playstation 2 ini kurang mendukung di dalam segi grafik, akan tetapi pada zamannya game yang sudah disuguhkan mempunyai plot cerita yang sangat seru.

Misalnya seperti Game populer yang dari Playstation terdaoat GTA Sanandreas atau game The Warriors yang mempunyai alur cerita yang begitu seru seklai untuk anda mainkan.

Sekarang ini, ada banyak sekali para veteran pecinta Playstation 2 yang juga ingin memainkan game-game yang ada di PS 2 ini lagi.

Namun rasanya akan begitu sulit sekali untuk bisa membeli lagi konsol PS2 apabila hanya mau memainkannya sesaat saja.

Sekarang ini, ada sebagian orang yang memainkan game PS2 ini di Laptop atau komputernya masing-masing dengan memakai emulator PCSX2.

Emulator PCSX2 adalah emulator yang berfungsi untuk bisa menjalankan game-game yang ada di dalam PS2.

Untuk bisa memainkan game yang berasal dari PS2 ini, wajib sekali mempunyai iso game yang dimana nantinya akan dipakai untuk bisa meload game itu. Jika anda ibaratkan, iso ini seperti sebuah kaset.

Hanya dengan anda menginstal PCSX2 dan juga mengunduh iso game, anda sudah dapat memainkan game PS2 pada Laptop atau komputer yang sesuai dengan keinginan mu.

Untuk spesifikasi yang diperlukan untuk penginstalan emulator ini tidak perlu mempunyai spek yang bagus, akan masih bisa berjalan dengan sangat baik di perangkat yang mempunyai spesifikasi standar atau middle.

Akan tetapi, di saat anda menjalankan emulator PCSX2 tersebut, tidak semuanya akan busa berjalan dengan sangat mulus.

Di beberapa macam kasus yang sering sekali ditemukan, yaitu game sering sekali mengalami lag dan juga patah-patah sehingga akan bisa mengakibatkan permainan game menjadi tersendat-sendat.

Hal itu terjadi sebab berbagai macam faktor, ya bisa disebabkan karena faktor spesifikasi yang berasal dari laptop atau komputer yang dipakai mempunyai beban memori yang sudah penuh, faktor file iso, atau dapat juga karena sebuah konfigurasi emulator yang tidak sesuai.

Ya memang, seharusnya begitu sebelum anda memulai menjalankan atau memainkan game PS2 di dalam emulator PCSX2 ini sangat wajib sekali untuk melakukan konfigurasi pada pengaturan emulator yang sudah disesuaikan dengan komputer atau laptop yang dipakai.

Supaya pada saat akan menjalankan game di emulator tidak akan mengalami lag atau mengelana patah-patah.

Dan rasanya tidak akan karuan apabila bermain game dengan tampilan yang patah-patah dan juga ngelag, antara mau menyudahi dan ingin melanjutkan permainan.

Dan langsung saja ke ke pembahasan cara setting PCSX2 agar tidak lag berikut ini.


Cara Setting PCSX2 Agar Tidak Lag Mudah

Cara Setting PCSX2 Agar Tidak Lag
Cara Setting PCSX2 Agar Tidak Lag Mudah
Untuk bisa melakukan konfigurasi di emulator PCSX2 ini sangat mudah sekali, Anda hanya tinggal mengikuti saja langkah-langkah yang ada dibawah ini ya.

Apabila anda belum mempunyai PCSX2, maka bisa mendownloadnya di sini => Unduhan PCSX2 1.4.0

Dan berikut ini adalah langkah-langkah cara setting PCSX2 agar tidak lag dengan mudah:

Untuk langkah pertama yang perlu anda atur yaitu mengaktifkan fitur Widescreen Patches.

Sesudah itu anda dapat masuk ke dalam bagian Config => Video (GS) => Windows Settings, setelah itu ubah Aspect Ratio tersebut menjadi Widescreen dan ganti resolusinya itu menjadi 1920 x 1080 atau busa sesuaikan dengan layar laptop atau komputer milik anda.

Pengaturan ini merupakan untuk pengaturan resolusi atau tampila yang begitu baik (HD) disaat bermain game.

Akan tetapi anda dapat melewatkan langkah yang kali ini dan tidak akan kami rarankan apabila dirasa laptop atau komputer anda itu kurang memadai dan juga hal tersebut dianggap tidak begitu perlu.

Masih pada bagian Windows Settings, sekarang anda dapat menuju ke dalam Speedhacks (yang berada di bagian sebelah kiri bawah) setelah itu anda dapat mengatur speedhacks itu dari angka 2 (atau Safe (faster)) ke angka 3 (atau balanced).

Sekarang anda kembali ke dalam menu awal, Silahkan masuk lagi ke dalam bagian Config => Video (GS) => Plugin Settings dan silahkan sesuaikan pengaturan atau Settingan PCSX2 anda, untuk resolusinya di sesuaikan saja.

Di pengaturan juga akan ada Enable HW Hacks, anda dapat mengaktifkan opsi tersebut untuk memperoleh hasil yang maksimal akan tetapi terkadang di beberapa macam PC ada yang tidak bisa mendukung opsi tersebut.

Jadi silahkan terlebih dahulu untuk anda coba agar bisa mengaktifkannya, apabila tidak cocok anda dapat menonkatifkannya lagi.

Apabila anda akan mengaktifkan opsi Enable HW Hacks tersebut, maka anda harus melakukannkonfigurasi lagi dengan cara klik opsi Configure Hacks dan Silahkan sesuaikan.

Masih di dalam Config +> Plugin atau BIOS Seelctor, Masuk lagi di dalam Config => Audio (SPU2) => Plugin Settings, Silahkan di sesuaikan. Lanjut ke dalam Config => Controllers (PAD) => Plugin Settings. Silahkan sesuaikan kembali.


Akhir Kata

Itulah dia keseluruhan isi pembahasan kami pada artikel yang kali ini tentang cara setting PCSX2 agar tidak Lag. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya.

Ya seharusnya dengan adanya pengaturan di atas ini anda sudah dapat bermain game PS2 di dalam perangkat PC tanpa adanya lag.

Harus diperhatikan biasanya untuk pengaturan yang ada di atas ini tidak akan selalu bisa bekerja dengan baik di beberapa game yang berat contohnya seperti game Shadow of The Collosus.

Perihal game yang berat, mengatur PCSX2 dengan menggunakan pengaturan yang ada di atas ini tidaklah cukup. Akan tetapi anda juga harus spesifikasi PC yang sangat memadai.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel