Cara Menghapus Cache Instagram di iPhone 2024

Daftar Isi
Cara Menghapus Cache Instagram di iPhone
Cara menghapus Cache Instagram di iPhone perlu diketahui oleh para pengguna iPhone, mengingat semua aplikasi tentu mempunyai cache.

Apa yang dimaksud Cache? Cache merupakan salinan halaman web yang tersimpan dalam memori secara otomatis.

Kalau cache aplikasi anda penuh, biasanya perangkat elektronik anda akan bekerja lebih lambat atau biasa dikenal dengan lemot.

Karena itulah, anda harus rutin untuk menghapus cache dari perangkat elektronik dan salah satu aplikasi yang bisa anda hapus cache-nya adalah Instagram.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan anda tutorial cara menghapus cache Instagram di iPhone dengan tujuan agar HP tidak lambat lagi. Simak sampai selesai yaa!


Penjelasan Cara Mudah untuk Menghapus Cache Instagram

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara menghapus cache Instagram di iPhone, lebih dulu kami uraikan informasi seputar hal tersebut.

Dikutip dari buku Communi Preneur: Model-Model Komunikasi Kreatif di Era Industri 4.0 yang ditulis oleh Akhmad Muwafik Saleh, dkk (2020: 52).

Instagram merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk berbagi foto dan video yang memungkinkan penggunanya bertukar informasi.

Tidak hanya itu, Instagram juga menyajikan berbagai fitur unggulan seperti filter snapgram, reels dan lainnya.

Sekarang ini, Instagram memang sangat banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

Selain karena fitur unggulan yang beragam, namun Instagram juga memudahkan pengguna dengan berbagai pengaturan yang mudah di atur.


1. Cara Menghapus Cache Instagram di iPhone Melalui Aplikasi IG

Cara Menghapus Cache Instagram di iPhone
Cara Menghapus Cache Instagram di iPhone Melalui Aplikasi IG
Adapun cara menghapus cache Instagram di iPhone dengan mudah, anda bisa anda jadikan langkah-langkah dibawah ini sebagai panduan yaitu sebagai berikut:
  • Pertama, bukalah pengaturan iPhone terlebih dulu.
  • Selanjutnya cari menu "Kata Sandi & Akun".
  • Silahkan tekan salah satu aplikasi (pilih Instagram).
  • Tekan Hapus Riwayat dan Data.
  • Cache di setiap aplikasi akan terhapus.


2. Cara Menghapus Cache Instagram di iPhone Melalui Foto atau Video

Cara Menghapus Cache Instagram di iPhone
Cara Menghapus Cache Instagram di iPhone Melalui Foto atau Video
Pengguna iPhone tertentu pasti akan mendapati perangkatnya dalam memori yang habis atau penuh karena tidak pernah menghapus cache.

Bagi anda yang belum tahu cara menghapus cache Instagram di iPhone, silahkan simak dan ikuti langkah-langkah dibawah ini yaitu sebagai berikut:
  • Buka Pengaturan iPhone lebih dulu.
  • Kemudian cari menu Photo.
  • Pilih Foto atau Video yang masih tersimpan pada menu Backup 30 hari.
  • Selesaikan perintah hapus cache melaluo foto atau video.

Dengan menghapus cache dari suatu aplikasi anda bisa menambah ruang penyimpanan pada Smartphone anda.

Hal tersebut tentu juga bisa mencegah Smartphone anda lemot atau lelet.


3. Cara Menghapus Cache Instagram di iPhone Via Penyimpanan iPhone

Cara Menghapus Cache Instagram di iPhone
Cara Menghapus Cache Instagram di iPhone Via Penyimpanan iPhone
Instagram termasuk aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, merekam video, menerapkan filter digital dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial.

Satu fitur yang unik dari Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi sampai terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan Polaroid.

Hal ini tentu saja berbeda dengan rasio aspek 4:3 yang sudah umum digunakan oleh kamera pada peranti bergerak.

Untuk sekarang ini, Instagram merupakan aplikais sosial yang paling digemari karena selain untuk mengekspresikan diri anda juga dapat menghasilkan uang melalui aplikasi Instagram ini.

Untuk menghasilkan uang di Instagram biasanya orang-orang akan mendapatkan dari Endorsement atau Simpelnya, suatu Brand yang menggunakan jasa anda untuk mempromosikan produk mereka.

Nanti anda akan menerima bayaran oleh pemilik Brand atau Produk serta jasa tersebut.

Namun, pernahkan anda mengecek berapa banyak cache untuk aplikasi Instagram di iPhone yang tersimpan? Dimana cache yang tersimpan akan membuat sistem penyimpanan iPhone penuh dan sistem akan bekerja dengan lambat.

Untuk anda yang belum tahu, cache merupakan file Temporary atau file sementara yang menyimpan data hasil penjelajahan internet dan aplikasi online.

Dengan adanya file tersebut akan membuat kinerja sistem iPhone cepat dalam membuka situs internet atau aplikasi berbasis online.

Berikut akan kami bagikan cara menghapus cache Instagram di iPhone yang bisa anda coba terapkan, silahkan ikuti langkah-langkahnya dengan benar yaitu sebagai berikut:
  • Pertama, masuk ke "Pengaturan dan Penyimpanan iPhone".
  • Selanjutnya Scroll ke bawah dan tekan "Instagram > Dokumen dan Data", Cache dari Instagram akan terlihat dan klik "Hapus".
  • Tekan "Hapus App" dan buka "App Store" lalu download lagi aplikasi Instagram
  • Setelah selesai download, buka aplikasi IG dan Login menggunakan akun Instagram anda.
  • Setelah Login Instagram, masuk ke "Pengaturan > Penyimpanan iPhone".
  • Scroll ke bawah dan tap "Instagram > Dokumen dan Data", anda bisa lihat bahwa cache dari Instagram sudah berkurang dari sebelumnya.
  • Selesai! Selamat mencoba.

Alasan kami menyarankan anda untuk menghapus aplikasi Instagram adalah karena hal tersebut bisa dibilang lebih relevan pada perangkat iPhone sebelumnya.

Karena versi Instagram sebelumnya membuat ruang penyimpanan ponsel lebih ketat, sedangkan IG versi yang lebih baru dari aplikasi dan model ruang penyimpanan iPhone yang jauh lebih besar akan mengurangi dampak.


Akhir Kata

Demikianlah cara menghapus cache Instagram di iPhone dengan mudah yang bisa anda coba terapkan agar kinerja ponsel anda bisa berjalan lancar.

Melakukan penghapusan cache tentu saja untuk mengatasi kinerja HP yang terkadang dirasa sangat lemot dan bahkan membuat penggunanya emosi.

Anda bisa coba terapkan salah satu dari beberapa metode yang kami bagikan, gunakan dan menurut anda simpel dan tidak membutuhkan banyak waktu.

Kalau bermanfaat, anda bisa membagikan informasi ini kepada teman, saudara atau kerabat lainnya yang memang belum mengetahui caranya. Sekian dan semoga bermanfaat.