Cara Mengetahui Alamat Pemilik Rekening 2022

Cara Mengetahui Alamat Pemilik Rekening
Cara mengetahui alamat pemilik Rekening
,namun dengan mengetahuinya anda bisa memastikan bahwa alamat yang diberikan adalah benar.

Dan banyak sekali kemudahan yang telah diberikan teknologi masa kini untuk mengakses segala hal termasuk informasi, salah satunya yaitu mengetahui alamat pemilik rekening.

Lalu bagaimana cara mengetahui alamat pemilik rekening dengan tepat? Sebelum kami menjawab pertanyaan tersebut, namun ada beberapa hal yang perlu diketahui, tindak kejahatan masa kini bisa saja terjadi kapan saja, salah satunya yaitu penipuan online.

Namun anda harus waspada apabila dimintai untuk transfer sejumlah uang dengan tujuan yang tidak bisa dipastikan.

Namun, apabila anda ternyata mengalami kesialan dan telah melakukan transaksi, bersikaplah tenang, lalu dinginkan pikiran anda, kumpulkan bukti baru bertindak secara hukum.

Nah dibawah ini kami akan membantu anda dalam menjelaskan cara mengetahui alamat pemilik rekening seseorang dengan tepat yaitu sebagai berikut ini:


1. Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Terjadi Penipuan Online

Cara Mengetahui Alamat Pemilik Rekening
Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Terjadi Penipuan Online
Sebelum anda mentransfer uang ke rekening orang tersebut lebih baik anda mengetahui terlebih dahulu apakah penipuan atau tidak.

Nah dibawah ini adalah cara mengetahui alamat pemilik rekening yaitu sebagai berikut:

a. Mengetahui Nomor Rekening

Sebelum Anda bertindak lebih jauh, cobalah untuk mengecek nomor rekening penipu, anda bisa melakukan pengecekan dengan memasukkan nomor rekening ke dalam situweb cekrekening.id.

Bahkan anda tidak akan merasa kesulitan dalam menemukan nomor rekening tersebut. Sebab, apabila anda memasukkan ke situs web tersebut, informasi yang Anda butuhkan akan muncul di peramban Anda. Sehingga, Anda akan bisa melangkah ke tahap selanjutnya.

b. Kumpulkan Barang Bukti

Setelah anda sudah memastikan bahwa nomor rekening tersebut masih aktif dan telah diketahui nama pemilik rekening tersebut, maka Anda bisa mencoba mengumpulkan barang bukti, hal ini menjadi bagian penting karena tanpa barang bukti maka Anda tidak bisa melangkah ke tahap selanjutnya.
 
Barang bukti yang bisa Anda kumpulkan yaitu seperti nomor dan nama pemilik rekening, isi pembicaraan melalui telepon atau aplikasi pesan, dan history pemilik rekening di media sosial. Apabila sudah terkumpul, maka Anda bisa bawa ke kepolisian.

c. Meminta Surat Pengantar dari Kepolisian

Langkah yang ketiga sangat mudah untuk dilakukan karena Anda hanya perlu ke wilayah kepolisian di manapun Anda berada.
 
Anda bisa jelaskan maksud kedatangan Anda ke pihak kepolisian, setelah itu dari pihak kepolisian akan mencatat seluruh ucapan serta melihat barang bukti yang Anda miliki, nah nantinya anda akan diberikan surat pengantar untuk melangkah ke bank sesuai pemilik rekening.


2. Kegunaan Cek Identitas Lewat No Rekening Bank

Cara Mengetahui Alamat Pemilik Rekening
Kegunaan Cek Identitas Lewat No Rekening Bank
Hampir setiap hari anda melakukan transaksi keuangan secara online, selain menggunakan aplikasi e-wallet, transaksi dengan rekening bank adalah yang paling sering dilakukan.
 
Bisa dibilang hampir semua orang memiliki setidaknya satu rekening bank untuk melakukan transaksi keuangan.

Dengan kemudahan ini tentunya mendatangkan konsekuensi yang tidak kalah besar, yaitu semakin tinggi pula risiko kejahatan.
 
Nah itu sebabnya, Anda perlu melakukan cek identitas lewat no rekening bank sebelum melakukan transaksi.
 
Untuk lebih lengkapnya, silahkan anda simak beberapa kegunaan cek identitas lewat no rekening bank.
Nah dibawah ini adalah cara mengetahui alamat pemilik rekening yaitu sebagai berikut:

a. Mencegah penipuan

Kasus penipuan menggunakan rekening bank ini terbilang sering terjadi, satu dari sekian banyak modus yang akan digunakan oleh para penipu.
 
Dengan anda melakukan pengecekkan identitas lewat no rekening bank sebelum mengirimkan uang, maka Anda tentu bisa meminimalkan risiko penipuan yang akan merugikan.

b. Memastikan dana terkirim pada orang yang tepat

Kerap melakukan pengiriman uang untuk berbagai kebutuhan, ada juga yang mengirimkan uang untuk keluarga, dan ada juga untuk supplier dalam usaha, namun anda perlu melakukan pengecekan sebelum mengirimkan dana bisa memastikan Anda tidak salah kirim uang.


3. Cara Cek Identitas Lewat No Rekening Bank

Cara Mengetahui Alamat Pemilik Rekening
Cara Cek Identitas Lewat No Rekening Bank
Lalu bagaimana caranya mengecek identitas pemilik rekening sebelum melakukan pengiriman uang? Nah untuk itu silahkan anda simak cara mengetahui alamat pemilik rekening yaitu sebagai berikut ini:

a. Cek identitas rekening lewat situs cekrekening.id

Cekrekening.id merupakan salah satu situs yang paling banyak digunakan untuk memeriksa nomor rekening apakah nomor rekening tertentu pernah terlibat penipuan atau tidak.
 
Nah untuk para pengguna yang pernah mengalami kasus penipuan rekening bank bisa melaporkan nomor rekening yang dicurigai atau terbukti menipu ke dalam database situs.

Apabila nantinya ada orang lain yang memeriksa nomor rekening tersebut, maka mereka akan tahu jika si pemilik rekening bank tertentu itu pernah terlibat tindak penipuan.
 
Cara cek identitas rekening lewat situs cekrekening.id pun terbilang sangat mudah.
 
Anda bisa mengikuti langkah-langkah cara mengetahui alamat pemilik rekening yaitu sebagai berikut ini:
  1. Langkah pertam anda kunjungi alamat situs cekrekening.id lewat ponsel atau PC
  2. Apabila halaman situs terbuka, maka anda tinggal pilih menu “Periksa Rekening”. Lalu pilih jenis akun yang akan diperiksa, apakah itu nomor rekening atau nomor e-wallet
  3. Kemudian anda masukkan nama bank atau penyedia layanan e-wallet, lalu masukkan nomornya
  4. Setelah itu konfirmasi captcha dan klik “Cek Sekarang”.
  5. Apabila nomor tersebut pernah terlibat tindak penipuan, maka hal tersebut akan terlihat pada hasil pencariannya.
  6. Jika Anda sudah terlanjur melakukan transaksi dan ternyata itu terbukti penipuan, maka Anda bisa langsung melaporkannya di halaman yang sama.

b. Cek identitas lewat no rekening bank langsung ke bank

Apabila Anda sudah terlanjur mengirimkan uang dan baru sadar jika itu penipuan, maka langkah yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat laporan ke bank. Caranya?

Nah dibawah ini adalah cara mengetahui alamat pemilik rekening yaitu sebagai berikut:
  1. Langkah pertama yang harus anda lakuka yaitu kunjungi kantor cabang bank dan informasikan tujuan kedatangan Anda pada satpam
  2. Setelah itu anda ambil nomor antrean dan sampaikan kejadian penipuan kepada customer service
  3. Kemudian anda ceritakan kronologi dan sertakan semua bukti
  4. Maka pihak bank akan memblokir nomor rekening tersebut agar tidak bisa digunakan lagi untuk melakukan tindakan yang sama.
  5. Namun perlu diketahui juga, sebelum membuat laporan ke bank, Anda harus membuat laporan terlebih dahulu ke kantor polisi, dari kantor polisi, maka Anda akan diberi surat pengantar untuk melapor ke bank.

c. Customer Service Mengecek Rekening

Dalam tahap ini, maka Anda hanya bisa menunggu karena customer service akan mengecek beberapa hal.
 
Misalnya, berapa saldo yang terakhir dalam rekening, nama dan alamat tempat tinggal Anda.
 
Lalu akan menanyakan pula berapa jumlah transaksi yang telah Anda lakukan kepada pemilik rekening. Proses ini dapat memakan waktu antara 5-10 menit.

d. Customer Service akan Memberikan Informasi

Setelah proses menunggu, maka customer service akan memberikan alamat pemilik rekening.
 
Kemudian barang bukti yang telah Anda berikan kepada pihak bank akan menjadi arsip sehingga apabila benar-benar terjadi tindakan penipuan, bank akan memblokir rekening pemilik.
 
Anda juga bisa berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk menyelesaikan masalah tersebut sebelum muncul korban serupa.
 
Transaksi online ini yang semakin mudah dan cepat disalahgunakan oleh berbagai pihak, maka anda perlu waspada akan hal itu.
 
Setelah anda membaca cara mengetahui alamat pemilik rekening di atas, maka Anda bisa mulai untuk memproteksi rekening Anda.
 
Agar rekening yang Anda butuhkan benar-benar masih aktif atau tidak, maka brick mengupayakan verifikasi API untuk mengetahui alamat rumah hanya melalui nomor telepon.


Akhir Kata

Nah demikian informasi atau cara mengetahui alamat pemilik Rekening penipu dengan sangat mudah dan anda bisa melaporkannya langsung.

Apabila cara tersebut berhasil untuk anda lakukan pengecekan maka jangan lupa untuk membagikannya kepada teman atau saudara anda.

Itulah seluruh bahasan kita pada artikel kali ini mengenai cara cek Identitas lewat no Rekening Bank 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel