Cara Mengembalikan Reels ke Kisi Profil 2024

Daftar Isi
Cara Mengembalikan Reels ke Kisi Profil
Cara mengembalikan Reels ke kisi profil perlu diketahui bagi para pengguna media sosial Instagram, mengingat Reels sudah menjadi salah satu fitur populer di IG.

Reels memungkinkan penggunanya berbagi video pendek layaknya TikTok atau Snack Video.

Bahkan menu Reels juga tersedia di halaman utama aplikasi Instagram sehingga mempermudah lebih banyak pengguna dalam mengakses dan melihat video pendek buatan kreator lainnya.

Akan tetapi ada kalanya ketika mengunjungi akun pengguna Instagram lain, anda akan menemukan tab Reels berada di halaman atau kis profil masing-masing akun.

Mungkin beberapa dari anda ada yang baru menggunakan Instagram dan merasa sedikit bingung mengapa anda tidak mempunyai tab Reels di halaman profil.

Anda tentu tidak perlu bingung karena biasanya hal tersebut di sebabkan karena anda belum membuat reels sama sekali sehingga yang terlihat hanya Tab Post saja di kisi profil.

Untuk informasi yang lebih jelas tentang cara mengembalikan Reels ke kisi profil, silahkan simak pembahasan lengkapnya dalam ulasan dibawah ini.


1. Cara Mengembalikan Reels ke Kisi Profil dengan Membuat Video Reels

Cara Mengembalikan Reels ke Kisi Profil
Cara Mengembalikan Reels ke Kisi Profil dengan Membuat Video Reels
Tanpa banyak basa-basi, langsung saja simak langkah-langkah dari cara mengembalikan Reels ke kisi profil dengam membuat video reels yaitu sebagai berikut:
  • Pastikan aplikasi IG yang digunakan sudah versi terbaru.
  • Selanjutnya akses aplikasi Instagram di Smartphone anda dan Login akun
  • Lalu masuk ke menu "Reels" yang berikon segitiga di dalam kotak pada bagian bawah.
  • Pada halaman Reels, silahkan pilih "Take a Video" yang berikon kamera di bagian kanan atas.
  • Tentukan lagu, kecepatan, layout serta durasi yang diinginkan.
  • Setelah itu ambil video dengan menkan tombol Reels berlogi segitiga kotak dalam lingkaran.
  • Tekan tombol "Preview" dan lihat video yang sudak dibuat.
  • Lanjut! Tap tombol "Next" dan masuk ke halaman Share dan buatlah Caption menarik, tag teman, menambahkan lokasi dan lainnya.
  • Klik tombol "Share" dan tunggu sampai video berhasil diunggah.

Ketika video Reels berhasil dibuat dan diunggah di aplikasi IG, maka secara otomatis akan muncul Tab Reels di kisi profil.

Hal ini dibuat sistem untuk mempermudah anda atau orang lain saat ingin secara khusus mengakses video Reels yang sudah dibuat.

Dengan kata lain, minimal anda harus memiliki satu video kalau ingin tab Reels ada di kisi profil IG anda.

Sedangkan kalau anda menghapus video dan tidak menyisakannya sama sekali, maka secara otomatis tab Reels akan hilang juga.

Namun jika tidak secara sengaja menghapus semua konten Reels, ada cara yang bisa anda lakukan untuk mengembalikannya dengan mudah.


2. Cara Mengembalikan Reels yang Terhapus

Cara Mengembalikan Reels ke Kisi Profil
Cara Mengembalikan Reels yang Terhapus
Reels merupakan fitur yang dikembangkan IG dan memungkinkan pengguna mengunggah video pendek.

Fitur ini merupakan terobosan baru dari IG agar semakin variatif bentuk konten atau postingan yang bisa dinikmati pada aplikasi tersebut.

Akan tetapi, beberapa pengguna bisa melakukan kesalahan saat menekan fitur Reels seperti menghapus Reels.

Akibatnya, video Reels hilang dari profil! Akan tetapi tidak perlu hawatir karena kami akan membagikan tutorialnya.

Setelah mengetahui cara mengembalikan Reels ke kisi profil, ada juga trik untuk mengembalikan video Reels yang terhapus dengan tidak sengaja yaitu sebagai berikut:
  • Silahkan pilih menu "Profil" yang berikon "Foto Profil" pada bagian kanan bawah.
  • Lalu pada halaman profil, pilih menu "Options" yang berikon tiga garis pada bagian kanan atas.
  • Pada menu pop-up yang muncul, pilih opsi "Your Activity" dan pilih "Recently Deleted".
  • Cari dan pilih video Reels yang sudah dihapus tadi dan tekan tombol "More" berikon tiga titik dan pilih opsi "Restore".

Nah, sekarang anda sudah tahu cara membuat video Reels agar bisa memunculkan tab Reesl ke kisi profil.

Jika sewaktu-waktu anda mengalami hal serupa, anda bisa dengan mudah mengembalikannya karena tidak membutuhkan keahlian khusus agar Reels muncul lagi di tampilan profil.

Sedangkan kalau video tidak sengaja terhapus, anda bisa mengunjungi halaman Recently Deleted untuk mengembalikannya seperti sedia kala.

Karena itulah, pastikan untuk selalu menyisikan satu video kalau anda ingin tab Reels tetap ada di halaman profil.


Apakah Bisa Mengembalikan Postingan Reels yang Terhapus di IG?

Tentu saja anda bisa mengembalikan postingan Reels di IG yang tidak sengaja terhapus dengan catatan Reels yang anda hapus belum sampai 30 hari.

Karena kalau sudah lebih dari 30 hari, maka Reels itu sudah tidak bisa dikembalikan lagi.

Untuk mengembalikan postingan reels di Instagram atau IG yang dihapus, langkah-langkah diatas bisa anda ikuti.


Apakah Reels di Instagram Bisa Diarsipkan?

Untuk sekarang Reels tidak memiliki fitur untuk mengarsipkan reels seperti IGTV, karena itulah anda bisa menekan ikon Simpan dan pilih Hapus dari kisi profil kalau ingin menyembunyikannya.

Untuk melihatnya kembali, bukalah halaman profil dan pilih simpan lalu akan muncul Reels yang anda hapus dari kisi profil.

Namun dengan catatan tekan ikon simpan pada Reels tersebut baru hapus dari kisi agar postingan yang tersimpan dan muncul Reels tidak hilang permanen.


Akhir Kata

Nah, itulah sedikit informasi yang dapat kami bagikan untuk anda seputar cara mengembalikan Reels ke kisi profil dan cara mengembalikan Reels yang terhapus.

Semoga dengan adanya tutorial diatas dapat menambah pengetahuan anda untuk mengembalikan Reels IG yang terhapus dengan cepat dan mudah.

Anda juga bisa membagikan tutorial ini kepada teman, kerabat atau saudara yang juga sering mengalami hal ini dan tidak tahu cara mengembalikannya.

Untuk mendapatkan informasi terbaru dan terkait lainnya, anda bisa mengunjungi langsung website kami detikcara. Sekian dan semoga bermanfaat.