Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri 2022

Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri
Cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri
bisa anda lakukan dengan mudah, apa bila anda salah satu pengguna perangkat dengan fitur touchscreen.

Mungkin anda pernah mengalami yang namanya layar sentuh bergerak dengan sendiri, pasalnya touchscreen paling sering terjadi error yang dimana sering dialami oleh para pengguna.

Lantas, bagaimana sih cara mengatasi touchscreen bermasalah dan respon kurang baik? Masalah layar sentuh yang bergerak sendiri dan tidak merespon pun biasanya disebabkan oleh berbagai macam hal.

Termasuk ada yang error dikarenakan kesalahan pengguna seperti terkena air, bahkan ada juga yang mengalami ghost touch saat dicharge atau dicas.

Untuk memperbaiki masalah yang terjadi, kami akan membagikan beberapa tips cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri dan simak saja ulasan sebagai berikut.


1. Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri dengan Kalibrasi Layar

Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri
Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri dengan Kalibrasi Layar
Cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri dengan kalibrasi layar yaitu sebagai berikut:
  • Download dan install aplikasi Touchscreen Calibration terlebih dahulu Google Play Store atau melalui link berikut ini (Download Aplikasi Touchscreen Calibration).
  • Jika sudah selesai anda tinggal membuka aplikasi tersebut.
  • Namun berbeda dengan aplikasi pada umumnya, Aplikasi Touchscreen Calibration ini bisa digunakan tanpa perlu lagi mengatur preferensi atau hak ases apapun.
  • Setelah terbuka, anda lanjutkan dengan mengklik tombol CALIBRATE untuk memulai kalibrasi touchscreen.
  • Apa bila sudah selesai, langsung anda mulai langkah selanjutnya yaitu dengan melakukan sentuhan sesuai perintah dari TEST PAD. Nantinya anda akan menemukan beberapa macam sentuhan perintah antara lain geser, ketukan ganda, sentuhan lama dan lain sebagainya.
  • Selanjutnya ketika melakukan pengujian pada jenis sentuhan, maka aplikasi akan memperlihatkan keakuratan dari jenis sentuhan.
  • Sehingga akan muncul notifikasi Calibration Successfully, jika sudah selesai langsung saja klik OK di notifikasi tersebut.
  • Pada tahap terakhir ini silahkan restart Handphone Android anda untuk mengaplikasikan hasil kalibrasinya.
Informasi tambahan, proses kalibrasi touchscreen di Handphone Android ini tidak langsung memperbaiki kerusakan perangkat keras pada touchscreen ya guys.

Pasalnya aplikasi ini hanya membantu pengguna mendeteksi jenis sentuhan pada area touchscreen, tidak itu saja nantinya akan membantu mendefinisikan kembali jenis sentuhan tersebut.


2. Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri dengan Melakukan Reboot

Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri
Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri dengan Melakukan Reboot
Untuk cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri selanjutnya yaitu anda dapat mencoba untuk merestart perangkat yang mengalami error.

Hal seperti ini dimaksudkan untuk mengistirahatkan perangkat sejenak setelah menggunakannya dalam waktu yang cukup lama.

Kemungkinan memang ghost touch itu disebabkan oleh Smartphone bekerja diluar batasnya maka dari itu mengalami overheat atau semacamnya.


3. Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri dengan Mengganti Charge

Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri
Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri dengan Mengganti Charge
Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, ada beberapa kasus layar sentuh bergerak sendiri hanya saat dicas jika hal seperti ini erjadi kemungkinan masalah ada pada charger dari Smartphone-nya.

Apa bila pada saat HP di cas dan touchscreen mengalami error anda bisa mencoba untuk mengganti chargernya dengan yang asli sebab cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri ini paling cocok.

Sedangkan untuk penggunaan charger KW yang kualitasnya tidak terjamin bisa menyebabkan berbagai masalah termasuk kerusakan pada perangkat.


4. Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri dengan Memeriksa Kapasitas RAM

Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri
Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri dengan Memeriksa Kapasitas RAM
Cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri dan tidak berfungsi dengan baik yakni dengan mengecek kapasitas RAM pada Smartphone yang anda gunakan.

Sebab masalah tidak hanya terjadi pada hardware saja akan tetapi juga bisa saja terjadi dikarenakan softwarenya periksalah kapasitas RAM pada Smartphone anda apakah masih longgar atau tidak.

Apa bila touchscreen pada Smartphone anda tidak berfungsi dengan baik maupun tidak responsif pada saat digunakan mungkin hal seperti ini terjadi.

Dikarenakan kapasitas RAM pada Smartphone anda sudah terlalu penuh, sebab pada umumnya Smartphone Android merupakan salah satu platform yang memakan banyak kapasitas memori.

Untuk bisa mengatasi masalah tersebut, maka cobalah cek RAM HP Android anda apa bila sudah terlalu penuh hapuslah aplikasi-aplikasi yang menurut anda tidak begitu penting atau jarang dipakai.

Pasalnya apa bila kapasitas RAM pada Smartphone anda sedikit longgar sehingga touchscreen akan berjalan dengan baik dan juga responsif.

Hal seperti ini tentu saja sangatlah efektifk untuk menerapkan cara mengatasi touchscreen ghost touch tersebut, akan tetapi tidak ada salahnya jika ingin menggunakannya.


5. Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri Menggunakan Touchscreen Tester

Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri
Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri Menggunakan Touchscreen Tester
Kemungkinan terjadi kerusakan pada touchscreen anda yang kurang responsif atau tidak berfungsi dengan baik yakni dikarenakan memiliki masalah dengan multi touch nya.

Maka dari itu Smartphone anda terlihat rusak padahal touchscreen pada Smartphone-nya hanya mengalami lag atau lemot saja.

Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan sebuah aplikasi sebab aplikasi ini dapat anda gunakan yakni dengan aplikasi MultiTouch Tester.

Yang dimana anda bisa mendownload secara gratis di Google Play Store, apa bila anda menggunakan aplikasi ini anda bisa mengetahui apakah touchscreen pada Smartphone Android anda rusak atau tidak.

Untuk bisa cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri, langsung saja anda buka aplikasi MultiTouch Tester lalu tempelkan lima jari anda apakah terhitung semua atau tidak.

Biasanya aplikasi MultiTouch Tester akan mendeteksi sebanyak 5 jari atau 10 jari bahkan sampai lebih namun tergantung dari Smartphone yang digunakan.

Oleh sebab itu sehingga anda bisa mengetahuia apakah touchscreen Smartphone anda rusak atau tidak, jika anda menggunakan aplikasi tersebut.

Silahkan kunjungi melalui link berikut ini (Download Aplikasi MultiTouch Tester).


6. Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri dengan Memperbaiki Firmware

Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri
Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri dengan Memperbaiki Firmware
Sistem Android atau biasanya disebut dengan firware yang mungkin sedang mengalami beberapa masalah tertentu yang akan berdampak pada kinerja Smartphone Android.

Itupun akan terjadi baik itu pada layar, file yang tersimpan, kamera, aplikasi yang digunakan atau lain sebagainya untuk bisa menggunakan cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri.

Kami akan menjelaskannya untuk anda, untuk solusinya yaitu anda dapat melakukan upgrade sistem Android yang dimiliki ke sistem yang terbaru atau versi baru.

Sehingga dengan anda melakukan upgrade semua sistem, dengan begitu semua bugs dan masalah yang terdapat pada sistem akan hilang dengan sendirinya.


7. Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri dengan Factory Reset

Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri
Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri dengan Factory Reset
Untuk cara mengatasi touchscreen bergerak dengan sendiri terakhir yaitu anda bisa me- reset Smartphone anda mungkin cara ini dapat membuat Smartphone kalian kembali pada tampilan default.

Namun sebelum anda melakukan upgrade pada sistem Smartphone-nya, pastikan anda melakukan backup pada semua file yang terdapat pada Smartphone anda.

Cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri dengan Factory Reset yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama anda buka Menu Pengaturan atau Setting.
  • Setelah itu silahkan anda pilih opsi Setelan Tambahan.
  • Kemudian pilih opsi Buat Cadangan dan Reset.
  • Jika sudah pilih opsi tap “Hapus Data Aplikasi dan aplikasi yang langsung bisa di Bongkar"
  • Selesai.


Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri yang sudah kami sampaikan untuk anda gunakan.

Ada beberapa cara yang sudah kami berikan diatas tinggal pilih salah satu yang menurutnya mudah dilakukan namun anda harus cermat dalam hal ini supaya berhasil.

Jika menurutnya informasi sangatlah berguna dan bermanfaat langsung saja bagikan link artikel ke sosial media yang dimiliki seperti Instagram, Facebook dan lain sebagainya.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel