Cara Mengatasi Tombol Back Home dan Recent Tidak Berfungsi 2022

Cara Mengatasi Tombol Back Home dan Recent Tidak Berfungsi
Cara mengatasi tombol back home dan recent tidak berfungsi
kerap menjadi permasalahan pengguna HP, karena tombol daya atau tombol home tampaknya menjadi jantung dari perangkat HP.

Sebagian besar ponsel pintar atau smartphone saat ini pasti menggunakan layar sentuh penuh atau bisa dikatakan fullscreen, meskipun ada beberapa HP yang masih menggunakan hard tombol home.

Tahukah anda bahwa kinerja ponsel secara alami menurun seiring waktu berjalan, termasuk tombol back home dan recent tersebut, sehingga tidak dapat digunakan secara optimal.

Kerusakan tombol back home dan recent biasanya ditunjukkan dengan tombol yang terkadang dapat digunakan, tetapi lebih sering tidak dapat digunakan atau dalam keadaan parah, dan tombol tidak dapat digunakan sama sekali.

Hal tersebut bisa terjadi karena adanya bug pada software dan hardware atau sebagian besar kasus karena ponsel yang sering kepanasan (overheat) yang membuat tombol tibak bisa digunakan dengan baik.

Tidak berfungsinya pada tombol back home dan recent bisa terjadi di semua merk smartphone Android pada umumnya seperti Xiaomi, Oppo, Huawei, Sony, Samsung Galaxy, Asus Zenfone, Vivo, One Plus dan merek HP lainnya.

Satu-satunya cara untuk memperbaikinya yaitu dengan membawa ponsel ke pusat layanan atau service center HP, tentu saja itu tidaklah gratis, kecuali masih terdapat garansi karena ponsel akan dibongkar atau dibuka segelnya.

Bagi anda yang mengalami masalah ini dan tidak ingin mengeluarkan uang atau pergi ke service center? Anda dapat mencoba beberapa tips cara mengatasi tombol back home dan recent tidak berfungsi yang akan kami ulaskan sebagai berikut.


1. Gunakan Aplikasi Assistive Touch Android

Cara Mengatasi Tombol Back Home dan Recent Tidak Berfungsi
Gunakan Aplikasi Assistive Touch Android
Bagi pengguna iPhone atau iOS, mungkin sudah sangat familiar dengan aplikasi Assistive Touch karena semua ponsel iPhone sudah dibekali Assistive Touch ini, sedangkan untuk pengguna Android, anda harus menginstal aplikasi tersebut sebagai pengganti tombol kembali (back).

Dengan aplikasi ini maka anda bisa menggunakan tombol back home dan recent layaknya tombol asli yang sudah rusak atau tidak berfungsi tersebut, yang akan membuat lebih mudah dan praktis.

Anda dapat download aplikasi Assistivie Touch Android ini secara gratis dari Play Store atau melalui link berikut ini (Download Aplikasi Assistivie Touch untuk Android).

Atau anda juga bisa menggunakan aplikasi sejenisnya yang memiliki fungsi yang sama dan merupakan cara mengatasi tombol back home dan recent tidak berfungsi seperti Navigation Bar – Soft Keys, Pie Control, Button Savior No Root dan lain-lain.

Silahkan pilih salah satu aplikasi di atas sesuai dengan kebutuhan anda sendiri, mengganti tombol back home yang rusak yang untuk memudahkan dalam melakukan hal apapun di layar HP anda.


2. Unroot HP

Cara Mengatasi Tombol Back Home dan Recent Tidak Berfungsi
Unroot HP
Cara ini untuk anda yang baru saja melakukan root pada ponsel dan kemudian tombol back tidak berfungsi atau tiba-tiba error, hal ini memang menjadi salah satu penyebab kerusakan software yang bisa mengakibatkan tombol back tidak berfungsi.

Oleh karena itu, anda perlu melakukan unroot ke HP tersebut, agar tombol back home bisa berfungsi kembali dengan normal, tanpa repot-repot download aplikasi untuk mangatasi hal ini.

Perlu anda ketahui bahwa tombol back home dan recent tidak berfungsi juga dapat terjadi karena menggunakan custom ROM yang tidak kompatibel pada HP Android anda.

Dengan unroot HP merupakan cara mengatasi tombol back home dan recent tidak berfungsi pada HP Android yang kerap terjadi di semua merek, yang membuat tombol back home akan kembali normal


3. Reset HP

Cara Mengatasi Tombol Back Home dan Recent Tidak Berfungsi
Reset HP
Tahukah anda jika melakukan factory atau hard reset di semua tipe atau merek smartphone memiliki banyak manfaat diantaranya memperbaiki kerusakan tombol back home dan recent yang terjadi akibat kesalahan software.

Kesalahan biasanya disebabkan oleh pembaruan aplikasi yang mengganggu smartphone tersebut, factory reset atau reset ke pengaturan pabrik akan mengatur ulang ponsel ke pengaturan pabrik.

Namun, sebelum melakukan hal ini pastikan anda sudah membackup semua data penting di memori internal terlebih dahulu sebelum reset HP, karena semua data yang ada di HP akan hilang tanpa anda membackup dulu.

Hal ini merupakan cara mengatasi tombol back home dan recent tidak berfungsi yang sangat aman dan cara pertama yang harus dilakukan sebelum ke tempat layanan service.


4. Aktifkan Penghubung USB

Cara Mengatasi Tombol Back Home dan Recent Tidak Berfungsi
Aktifkan Penghubung USB
Cara mengatasi tombol back home dan recent tidak berfungsi yaitu dengan membuka pengaturan ponsel, kemudian pilih opsi Developer Options atau About Phone pada HP anda.

Setelah itu anda klik tombol Build Number pada HP sampai muncul pesan “You are now developer” atau “anda sekarang adalah pengembang” kemudian aktifkan Developer Options menjadi ON.

Lalu, cari opsi USB Debugging atau sambungan USB untuk diaktifkan ke HP anda yang mengalami kerusakan tombol back home akan teratasi dan akan kembali berfungsi.


5. Aktifkan Jadwal Power ON

Cara Mengatasi Tombol Back Home dan Recent Tidak Berfungsi
Aktifkan Jadwal Power ON
Jika perangkat anda mendukung mode ini, anda dapat mengeceknya di Settings atau Pengaturan, kemudian tinggal mengaktifkan Scheduled Power dari Off menjadi On.

Dengan mengaktifkan power on ini adalah cara mengatasi tombol back home dan recent tidak berfungsi yang kerap jadi masalah pada pengguna HP Android yang sering di keluhkan.


Akhir Kata

Itu tadi 4 cara mengatasi tombol back home dan recent tidak berfungsi 2022 yang kerap jadi permasalahan, dengan mengetahui cara-cara ini anda tidak perlu khawatir ataupun kesal.

Hanya dengan mengikuti beberapa langkah saja permasalahan tersebut dapat teratasi seblum anda bawa ke layanan tempat service abal-abal yang bisa memperparah kondisi HP anda.

Jangan lupa bagikan informasi artikel ini ke akun sosial media dan ke teman atau kerabat dekat anda yang belum tahu gara mereka bisa menambah wawasan dalam hal ini.

Itulah seluruh pembahasan kami pada artikel kali ini, tentang bagaimana cara mengatasi tombol back home yang tidak berfungsi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel