Cara Mengatasi Suara HP Hilang Karena Headset 2022

Cara Mengatasi Suara HP Hilang Karena Headset
Cara mengatasi suara HP hilang karena headset
cukup mudah, anda hanya tinggal mencolokan headset di lubang audio jact yang tersedia pada smartphone Android atau di iPhone.

HP yang dipasangi alat headset ini, diaman suara dari HP tidak akan muncul keluar melainkan hanya orang yang menggunakan headset itu saja yang bisa mendengar suara tersebut.

Biasanya saat headset dicolokan akan muncul icon headset pada menu notifikasi yang menandakan headset sudah aktif dan telah bisa digunakan, akan tetapi muncul masalah dimana suara HP hilang karena HP mengira headset masih terpasang.

Jadi suara hanya akan bisa didengar apabila pengguna memakai headset, hal ini tentu akan menyulitkan, terlebih lagi jika anda tidak memiliki headset. Lalu bagaimana mana cara mengatasi masalah ini?

Masalah ini biasanya ditandai dengan icon headset yang masih aktif padahal headset sudah tidak terpasang pada HP, tetapi suara HP tetap saja tidak bisa keluar dan didengar.

Untuk lebih jelasnya, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang cara mengatasi suara HP hilang karena headset yang cukup mudah, dan simak ulasan sebagai berikut.


1. Pasang Lepas Headset

Cara Mengatasi Suara HP Hilang Karena Headset
Pasang Lepas Headset
Metode pertama yang bisa dilakukan cukuplah mudah, adalah hanya dengan memasang dan melepas headset berulangkali pada HP, cara mengatsi suara HP hilang karena headset ini memang terlihat sederhana namun cukup efektif untuk mengatasi suara HP yang hilang.

Silahkan anda colokan lagi headset pada audio jact ponsel, dan jangan langsung dilepas coba anda tunggu beberapa detik sambil memutar-mutar konektor headset berulang kali.

Kalau bisa anda sambil mendengarkan musik atau video yang memunculkan suara, setelah suara tidak mucul di headset segera lepas headset dari HP, maka audio ponsel kembali normal.


2. Membersihkan Lubang Headset

Cara Mengatasi Suara HP Hilang Karena Headset
Membersihkan Lubang Headset
Apabila cara pertama belum bisa, maka anda bisa coba pakai cara mengatasi suara HP hilang karena headset ke dua ini, karena bisa jadi permasalahannya di dalam lubang headset.

Kenapa icon headset tidak menghilang dari layar HP, karena bisa jadi kotoran yang ada pada lubang headset membuat HP mengira bahwa headset masih terpasang di sana.

Sehingga suara tidak keluar dari HP, maka dari itu ada baiknya anda membersih lubang headset, sebelum menggunakan alat bantu kami sarankan untuk membersihkan dengan cara meniup terlebih dahulu.

Jika belum berhasil juga, maka anda bisa gunakan cotton bud atau tisu untuk membersihkannya, dan silahkan bersihkan dengan hati-hati agar tidak terjadi kerusakan pada lubang headset.


3. Install Aplikasi Headet Toggle

Cara Mengatasi Suara HP Hilang Karena Headset
 Install Aplikasi Headet Toggle
Metode yang bisa anda lakukan juga yaitu dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga bernama Headet Toggle, dimana aplikasi ini akan membantu mengeluarkan suara dari speaker ponsel sehingga bisa terdengar walaupun icon geadset masih belum hilang dari layar HP.

Lalu bagaimana cara menggunakan aplikasi ini? Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkah cara mengatasi suara HP hilang karena headset dengan install aplikasi Headet Toggle yang anda ikuti yaitu sebagai berikut:
  • Silahkan anda unduh dulu aplikasi di Playstore atau melalui link berikut ini (Download Aplikasi Headdet Toggle untuk Android).
  • Jika sudah install di Hp anda hingga porses selesai.
  • Berikutnya, buka aplikasi Headet Toggle di HP Android anda.
  • Nah pada tampilan awal, tekan icon Speaker untuk mengaktifkan agar bisa mengeluarkan suara pada HP.
  • Selesai, sekarang coba anda putar musik atau video, maka suara HP sudah muncul dan tidak harus menggunakan headset.

Akan tetapi sayangnya aplikasi membatasi pemakaiannya yakni hanya sebanyak 100 kali saja, atau jika anda ingin menggunakan aplikasi lain, bisa cobain aplikasi Earphone mode off.


4. Ganti Komponen IC

Cara Mengatasi Suara HP Hilang Karena Headset
Ganti Komponen IC
Metode terakhir jika memang semua cara di atas tidak tidak berhasil atau tidak berfungsi adalah mengganti komponen IC di lubang headset, karena biasanya suara HP tidak muncul karena terjadi konsleting di bagian IC audio.

Jika sudah begitu, mau tidak mau anda harus membawa ponsel ke tempat layanan service, biasanya petugas akan menyolder ulang atau bahkan menggantinya dengan yang baru jika kerusakan sudah terlalu parah pada HP tersebut

Dengan cara ini maka anda bisa mengembalikan suara HP yang hilang, dan metode ini merupakan cara mengatasi suara HP hilang karena headset yang terjadi akan teratasi.


Penyebab Ikon Headset Tetap Muncul

Cara Mengatasi Suara HP Hilang Karena Headset
Penyebab Ikon Headset Tetap Muncul
Ikon headset yang muncul menyebabkan suara speaker di HP anda tidak terdengar, akan tetapi jika menggunakan headset anda bisa mendengarkannya, jadi anda perlu mengetahui penyebab ikon haedset tetap muncul.

Simak penyebab ikon headset tetap muncul di layar HP, agar anda tahu cara mengatasi suara HP hilang karena headset, karena setiap masalah berbeda-beda cara mengatasinya yaitu sebagai berikut:


Headset Tidak Cocok

Ketika anda mencolokkan headset atau earphone yang tidak sesuai dengan type HP anda bisa jadi mengakibatkan masalah ini, ssehingga meskipun sudah di copot headset tersebut sistem masih tetap mendeteksi hardware.


HP Masuk Air

Ada banyak pengguna yang HP sering kali kemasukan air, dan setelah itu tiba-tiba muncul logo headset di layar, mungkin karena korslet dibagian port dan mungkin anda adalah salah satu korbannya.


Akhir Kata

Itu tadi beberapa cara mengatasi suara HP hilang karena headset 2022 yang penyebab ikon tetap muncul di layar HP anda, dan secara otomatis suara tetap tidak bisa terdengar.

Dengan seringnya anda menggunakan headset pada HP kemungkinan besar HP mengira haedset masih terpasang pada perangkatnya sehingga menimbul tidak bisa mengeluarkan suara.

Jangan lupa bagikan informasi artikel ini ke akun sosial media dan teman atau kerabat dekat anda yang belum tahu cara mengatasi permasalahan ini untuk menambah wawasan mereka dengan suara HP yang tidak bisa terdengar.

Itulah seluruh pembahasan kami pada artikel kali ini tentang cara mengatasi suara HP yang hilang karena headsed. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel