Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air 2022

Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air
Cara mengatasi speaker HP kemasukan air
perlu diketahui oleh pengguna, sebab ketika hal itu terjadi bakal mengganggu kualitas suara yang keluar dari perangkat, atau memengaruhi pengaturan volume hingga speaker HP rusak total.

Mengingat teknologi pada saat ini sudah jauh lebih hebat, banyak HP kini didesain untuk tahan terhadap paparan air yang bisa saja masuk, tetapi masih banyak orang yang menggunakan HP lama.

Artinya, speaker HP mereka berisiko mengalami kerusakan ketika terkena air atau tidak sengaja terjatuh ke genangan air, karena desainnya tidak didukung oleh teknologi kedap air seperti keluaran terbaru saat ini.

Speaker pada HP merupakan komponen yang berfungsi untuk mengeluarkan suara, komponen speaker HP yang terkena air bisa mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan.

Untuk lebih jelasnya, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi tentang cara mengatasi speaker HP kemasukan air yang kerap terjadi, dan simak ulasan sebagai berikut.


1. Bersihkan HP dari Air

Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air
Bersihkan HP dari Air
Cara mengatasi speaker HP kemasukan air yaitu membersihkan HP saat tercebur di air perlu dilakukan, hal ini untuk menghilangkan embun atau sisa debu yang menempel pada speaker tersebut.

Misalnya, membersihkan bagian luar yang bisa sedikit membantu menghilangkan suara kresek dari speaker yang terkena air, dan tunggu sampai sisa air yang ada di dalam kering.

Setelah sisa air mengering dengan sedirinya anda bisa cek kembali apakah suara kresek pada speaker masih atau tidak, dan speaker HP tersebut akan mengeluarkan suara normal kembali


2. Rendam di Beras

Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air
Rendam di Beras
Cara mengatasi speaker HP kemasukan air yaitu dengan rendam HP di beras, karena beras memiliki sifat yang mampu menyerap air dengan sangat baik, sehingga bisa mengeringkan komponen HP yang lembab termasuk speaker.

Untuk melakukannya sangatlah mudah, siapkan beras ke dalam mangkuk atau wadah yang cukup untuk bisa memasukan HP, kemudian kubur HP di dalam beras dan diamkan 1 jam agar air teserap dengan sempurna.

Apabila dirasa waktu telah cukup merendam HP pada beras, anda bisa mengambil HP tersebut di dalam tumpukan beras dan kemudian cek kembali apakah suara tidak kresek lagi.

Apabila suara masih kresek anda bisa merendam kembali HP ke beras, tetapi apabila HP masih saja dalam kondisi suara masih kresek anda bisa melakukan cara lain.


3. Keringkan dengan Kipas Angin atau Hairdryer

Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air
Keringkan dengan Kipas Angin atau Hairdryer
Langkah lainnya yang bisa dicoba, yakni melepas komponen dan letakkan di depan kipas angin, hal ini merupakan cara mengatasi speaker HP kemasukan air atau tidak sengaja terjatuh di genangan air.

Arahkan kipas angin agar fokus ke bagian speaker HP yang basah supaya pengeringan lebih maksimal, lakukan cara ini kurang lebih selama kurang lebih 5 jam sampai air di dalam speaker HP benar-benar kering

Selain menggunakan kipas angin, anda bisa memilih hairdryer yang menjadi salah satu solusi untuk mengatasi hal ini, sebab alat pengering rambut ini dapat mengeluarkan panas dan bisa digunakan untuk mengeringkan embun air yang menempel pada speaker HP.


4. Atur Volume Suara

Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air
Atur Volume Suara
Selanjutnya, cara mengatasi speaker HP kemasukan air yaitu cek pengaturan volume HP dengan membuka menu setting, kemudian pilih menu suara dan atur volumenya.

Hal ini, dilakukan untuk memastikan apakah suara yang dikeluarkan oleh speaker HP masih normal atau tidak, apabila suara masih jelas dan normal maka anda tidak perlu melakukan hal apapun.

Dengan begitu anda bisa menggunakan HP tersebut seperti biasa, dan anda tidak perlu khawatir ataupun marah dengan hal ini, karena cara mengatasinya pun sangatlah mudah.


Dampak Speaker HP Kemasukan Air

Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air
Dampak Speaker HP Kemasukan Air
Speaker HP adalah komponen yang berfungsi untuk mengeluarkan suara, komponen speaker HP yang terkena air bisa mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan dan di keluarkan.

Tidak hanya cara mengatasi speaker HP kemasukan air saja yang perlu anda ketahui, tetapi perlu diketahui apa dampak yang disebabkan oleh speaker HP kemasukan air yang perlu diwaspadai.


1. Suara yang Dikeluarkan Speaker Kecil

Salah satu dampak paling umum terjadi jika speaker HP kemasukan air yaitu suara yang dikeluarkan menjadi kecil, hal ini bisa terjadi karena membran speaker tertutup oleh air sehingga suara yang dihasilkan tidak maksimal.


2. Suara yang Keluar Tidak Jelas

Dampak lainnya dari speaker HP terkena air yaitu suara yang dihasilkan menjadi tidak jelas, pada kondisi ini pastinya sangat mengganggu terutama jika digunakan untuk menelepon atau komunikasi dengan orang lain.


3. Bunyi atau Suara Terdengar Pecah

Speaker HP yang terkena air bisa membuat suara yang dihasilkan atau dikeluarkan menjadi terdengar pecah, pada kondisi ini akan semakin parah jika anda menaikkan volume speaker ke level tinggi.


4. Bunyi yang Dikeluarkan Cempreng

Jika anda menemukan speaker HP tiba-tiba berubah menjadi cempreng, maka bisa jadi disebabkan oleh air yang masuk ke dalam, air yang membasahi permukaan speaker membuat gelombang suara yang masuk menjadi tidak dapat digetarkan dengan maksimal.

Alhasil, suara yang keluar menjadi cempreng sehingga anda perlu melakukan beberapa cara untuk membuat air keluar dari dalam speaker atau jenis lainnya untuk mengembalikan suara normal kembali.


5. Tidak Terdengar Suara Sama Sekali

Jika tidak segera lakukan tindakan sesaat setelah speaker HP terkena air yang menyebabkan speaker mati, kondisi umumnya terjadi ketika speaker sudah terlalu parah yang menyebabkan permukaanya robek dan tidak bisa mengeluarkan suara sama sekali.

Jika sudah seperti ini, segera anda bawa ke tempat service untuk mengetahui penyebab pasti dan jika diperlukan dilakukan penggantian speaker HP agar fungsinya bisa normal kembali.


Akhir Kata

Itu tadi beberapa cara mengatasi speaker HP kemasukan air 2022 dan dampak yang disebabkan apabila air masuk ke dalam speaker HP, dengan begitu anda bisa melakukan beberapa tahapan sebelum membawa ke tempat service.

Jangan lupa bagikan informasi artikel ini ke akun sosial media dan ke teman atau kerabat dekat anda yang belum tahu cara mengatasi dan berbagai hal lainnya untuk menambah wawasan mereka.

Itulah seluruh pembahasan kami pada artikel kali ini tentan cara mengatasi speaker HP terkena air, yang bisa anda gunakan untuk keperluan pribadi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel