Cara Mengatasi Registrasi Kartu SIM Gagal 2022

Cara Mengatasi Registrasi Kartu SIM Gagal
Cara mengatasi registrasi kartu SIM gagal
segera lakukan langkah ini, kartu SIM merupakan suatu benda yang sangat penting dalam sebuah smartphone, meskipun benda ini terpisah dari bagian inti smartphone tersebut, tapi keberadaannya sangat diperlukan.

Kartu SIM yang baru memerlukan aktivasi sebelum bisa anda gunakan, namun bagaimana jika tidak bisa registrasi kartu Telkomsel? Lakukan cara ini agar berhasil tanpa gagal.

Proses regritrasi kartu Telkomsel memang tidak selalu mulus, terkadang satu atau dua proses tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya pada saat pendaftaran, lalu bagaimana cara mengatasinya.

Untuk lebih jelasnya, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi tentang tips cara mengatasi registrasi kartu SIM gagal dan simak ulasan sebagai berikut.


1. Periksa Kembali Data Pribadi

Cara Mengatasi Registrasi Kartu SIM Gagal
Periksa Kembali Data Pribadi
Pendaftaran kartu SIM dilakukan dengan mengirimkan SMS ke nomor 4444, untuk format pendaftarannya sendiri setiap operator seluler memiliki sistem dan format pendaftaran yang berbeda-beda.

Saat mendaftarkan kartu SIM ada beberapa data pribadi sang pemilik kartu dimasukkan untuk didaftarkan, beberapa data diantaranya seperti NIK dan juga Nomor KK.

Ketika memasukkan nomor NIK dan KK, pastikan anda mengecek kembali nomor yang dimasukan tadi dan hal ini merupakan cara mengatasi registrasi kartu SIM gagal.

Pastikan juga nomor KK anda sudah tervalidasi dan masuk kedalam database dari dinas kependudukan dan pencatatan sipil, bisa jadi data yang belum tervalidasi sebagai sumber penyebab utama dari registrasi yang selalu gagal.


2. Kirim SMS Registrasi Ulang

Cara Mengatasi Registrasi Kartu SIM Gagal
Kirim SMS Registrasi Ulang
Jika dirasa pengiriman SMS registrasi sudah dilakukan dengan benar namun registrasi selalu gagal, tidak perlu panik, anda cukup mengirimkan ulang pesan yang sama kurang lebih sebanyak 5 kali.

Meskipun mengirimkan SMS berkali-kali pada saat registrasi, tetapi pulsa akan tetap aman dan tidak akan terpotong sama sekali karena layanan ini dilakukan secara gratis.

Fungsi dari mengirimkan SMS selama 5 kali ternyata bisa membuat operator mengirimkan pesan balasan registrasi anda dan merupakan salah satu cara mengatasi registrasi kartu SIM gagal.

Saat operator membalas pesan tersebut, pesan balasan akan berupa operator memastikan bahwa pengguna sudah mengirimkan nomor KTP dan KK yang benar dan sah, dan jika jawaban anda setuju maka harus bertanggung jawab saat data sudah dikirim.


3. Tunggu Beberapa Saat

Cara Mengatasi Registrasi Kartu SIM Gagal
Tunggu Beberapa Saat
Saat setelah melakukan registrasi dan dinyatakan gagal registrasi SIM akan ada jeda, anda perlu bersabar dalam melakukan registrasi kartu SIM agar tidak terjadi gagal lagi.

Tunggu beberapa saat sebelum mengirimkan registrasi kartu SIM ulang sambil menunggu beberapa menit, sembari menghidupkan ulang smartphone anda terlebih dahulu agar prosesnya lebih lancar.

Setelah menunggu beberapa menit, barulah anda mengirimkan SMS registrasi kembali pada operator yang dituju, ada kemungkinan besar jika sistem sedang sibuk dan SMS registrasi terlewatkan sehingga membuat registrasi gagal.

Jika melakukan spam SMS secara terus menerus kemungkinan sistem akan semakin parah dan semakin lama membalas SMS yang dikirimkan tersebut jadi perlu cara mengatasi registrasi kartu SIM gagal dengan menunggu beberapa saat atau memberi jeda.

Agar proses registrasi anda bisa sukses dan diterima oleh operator, dengan begitu kartu SIM bisa digunakan untuk SMS, menerima telephone maupun mendaftar aplikasi chat seperti Whatsapp.


4. Registrasi Melalui Situs Web

Cara Mengatasi Registrasi Kartu SIM Gagal
Registrasi Melalui Situs Web
Setiap operator pastinya mempunyai situs website masing-masing, pada web tersebut juga pastinya disediakan fasilitas untuk mendaftarkan kartu SIM agar mempermudah setiap penggunanya.

Begitu juga dengan operator Telkomsel yang menyediakan layanan serupa untuk mendaftarkan kartu perdana agar bisa digunakan oleh penggunanya, anda hanya membuka situs resmi Telkomsel dan bisa langsung melakukan pendaftaran.

Dalam halaman registrasi ini anda akan disediakan formulir yang harus diisi, anda akan mengisi data seperti nomor telepon, KTP, dan KK dengan lengkap dan benar agar proses bisa diterima.

Kelengkapan dan kebenaran data yang diisi merupakan kunci dari suksesnya proses registrasi pada nomor Telkomsel yang baru, dan merupakan cara mengatasi registrasi kartu SIM gagal.


5. Datangi Grapari

Cara Mengatasi Registrasi Kartu SIM Gagal
Datangi Grapari
Ketika registrasi tidak kunjung selesai dan selalu gagal dalam melakukan registrasi, serta sudah mencoba segala hal namun tetap gagal, anda bisa datang ke grapari merupakan solusinya dari permasalahan ini.

Grapari adalah tempat anda bisa mengadukan keluhannya terkait dengan kendala yang dialami pada saat melakukan registrasi pada jaringan Telkomsel, ajukan keluhan anda jika tidak bisa melakukan registrasi pada customer service.

Jangan lupa untuk membawa beberapa data pribadi seperti nomor kTP dan KK, jika diminta untuk mendaftar disana, saat anda berada disana buat surat pernyataan jika tidak bisa melakukan registrasi kartu SIM.

Jangan khawatir untuk mendaftarkan data pribadi secara benar dan baik, hal ini karena dinas Kominfo menjamin jika data-data yang didaftarkan akan aman, karena memiliki pengamanan yang ketat dari operator selular.

Dengan mendatangkan Grapari merupakan cara mengatasi registrasi kartu SIM gagal dan anda pasti akan di bantu oleh customer service agar bisa melakukan registrasi tanpa gagal.


Penyebab Registrasi Kartu SIM Gagal

Cara Mengatasi Registrasi Kartu SIM Gagal
Penyebab Registrasi Kartu SIM Gagal
Sejak pemberlakuan pada tahun 2017 silam, registrasi kartu SIM ini sudah mengalami banyak permasalahan dan perubahan, mulai dari prosesnya yang sangat rumit hingga pembatasan pendaftaran nomor KTP untuk 3 nomor SIM prabayar saja.

Namun, kebanyakan hal yang terjadi yaitu proses pendaftaran yang masih gagal dilakukan oleh banyak orang, dan sangat membutuhkan kesabaran dalam melakukan registrasi kartu SIM ini.

Menurut Kominfo dalam situs resminya, ketika seseorang akan mendaftarkan kartu SIM dan KTP-nya namun tetap saja gagal, bisa disebabkan karena berbagai hal lainnya.

Salah satu faktor terbesar yang kerap terjadinya hal tersebut adalah karena nomor NIK dan KK yang belum tervalidasi atau belum diperbaharui dari database dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri.

Hal tersebut bisa disebabkan karena Nomor KK yang belum diperbaharui oleh keluarga yang pindah rumah atau yang telah menikah, bisa juga karena kepala keluarga yang sudah meninggal dunia sehingga terjadi perubahan pada KK.

Oleh karena itu cara mengatasi registrasi kartu SIM gagal adalah anda harus melakukan registrasi, dengan memasukkan Nomor KTP dan KK yang sudah sesuai dengan data di Dukcapil.


Akhir Kata

Itu tadi beberapa cara mengatasi registrasi kartu SIM gagal 2022 dan penyebab pada saat melakukan registrasi kartu SIM selalu gagal, anda harus perbaharui nomor KK terlebih dahulu apabila memang bermasalah.

Anda tidak akan bisa gunakan kartu SIM tanpa melakukan registrasi terlebih dahulu, dan tanpa registarsi tidak akan bisa berkomunikasi dengan baik ke orang lain.

Jangan lupa bagikan informasi artikel ini ke akun sosial media dan ke teman atau kerabat dekat anda yang belum tahu atau selalu gagal pada saat melakukan registrasi kartu SIM.

Itulah seluruh pembahasan kami pada artikel kali ini tentang cara registrasi kartu SIM yang selalu gagal, yang bisa anda gunakan untuk keperluan pribadi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel