Cara Mengatasi Notifikasi WA Tidak Muncul 2022

Cara Mengatasi Notifikasi WA Tidak Muncul
Cara mengatasi notifikasi wa tidak muncul yang terkadang membuat para penggunannya bingung karena aplikasi wa tidak memunculkan notifikasi adanya pesan masuk.

Hanya saja para pengguna akan mengetahui pesan masuk ada pada saat para pengguna membuka aplikasi whatsapp.

Sebenarnya, notifikasi sangatlah penting baik itu SMS, Whatsapp, Messenger, Instagram, Signal dan yang lainnya.

Apabila notifikasi tidak muncul tentunya hal tersebut membuat para penggunannya sulit dalam berkomunikasi terutama melallui chattingan.

Terdapat banyak sekali hal yang membuat notifikasi tidak muncul atau tidak berbunyi, silahkan anda simak ulasan ini sampai selesai.

Karena pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara untuk mengtasi notifikasi whatsapp tidak muncul.

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda simak cara mengatasi notifikasi wa tidak muncul yang sudah ada di bawah ini sampai selesai yaa gess yaa!!!


1. Penyebab Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul

Cara Mengatasi Notifikasi WA Tidak Muncul
Penyebab Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul
Notifikasi whatsapp yang tidak muncul biasanya disebakan karena dua hal, bisa jadi karena anda belum melakukan pengaturan pada notifikasi.

Selain itu, bisa jadi aplikasi whatsapp sedang error atau terjadi masalah yang menyebabkan tidak muncul notifikasi.

Di bawah ini sudah ada beberapa penyebab notifikasi whatsapp tidak muncul sebelum masuk ke dalam cara mengatasi notifikasi wa tidak muncul, yaitu sebagai berikut:

Penyebab yang pertama mungkin handphone anda dalam mode diam, karena jika handphone dalam mode diam bisa dipastian semua notifikasi yang ada masuk tidak akan berbunyi.

Tapi biasanya pesan whasapp tetap akan muncul pada bar notifikasi, untuk itu anda perlu memastikan kembali apakah handphone anda dalam mode silent, getar atau dering.

Adapun kemungkinan yang lainnya, setelah notifikasi pada aplikasi whatsapp tidak aktif atau "disable" anda bisa mengeceknya melalui aplikasi wa atau pengaturan notifikasi.

Bisa jadi juga aplikasi whatsapp sedang tidak berjalan pada latar belakang entah karena menggunakan penghemat daya karena memori RAM dan internal tidak cukup.

Memori RAM yang sudah penuh bisa menyebebkan semua aplikasi yang terinstall berjalan kurang maksimal, termasuk juga notifikasi whatsapp.

Karena pada umumnya hal tersebut terjadi pada handphone dengan RAM di bawah 3 GB.


2. Cara Mengatasi Notifikasi WA Tidak Muncul Terbaru

Cara Mengatasi Notifikasi WA Tidak Muncul
Cara Mengatasi Notifikasi WA Tidak Muncul Terbaru
Setelah anda mengetahui beberapa penyebeb yang memungkinkan notifikasi whatsapp anda tidak muncul, selanjutnya anda akan memasuki cara untuk mengatasi hal tersebut.

Untuk mengatasi masalah tersebut terdapat beberapa tips atau cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Silahkan anda simak langkah-langkah di bawah ini mengenai cara mengatasi notifikasi wa tidak muncul, yaitu sebagai berikut:


A. Pastikan Handphone tidak dalam Mode Diam

Cara Mengatasi Notifikasi WA Tidak Muncul
Pastikan Handphone tidak dalam Mode Diam
Cara mengatasi notifikasi wa tidak muncul yang pertama adalah dengan memastikan bahwa handphone anda tidak dalam mode diam atau silent.

Jika hal tersebut teradi bisa dipastikan bahwa semua notifkasi yang masuk tidak akan berdering termasuk juga panggilan telepon, SMS dan yang lainnya.

Apabila anda sudah memastikan bahwa mode yang anda gunakan bukanlah mode diam, hening atau silent anda bisa mengikuti cara yang selanjutnya.


B. Cek Setelan Notifikasi WhatsApp

Cara Mengatasi Notifikasi WA Tidak Muncul
Cek Setelan Notifikasi WhatsApp
Cara untuk mengatsai masalah notifikasi whatsapp yang kedua adalah mengecek setelan notifikasi whatsapp anda, cara tersebut bisa anda lakukan langsung pada aplikasi whatsapp.

Bisa jadi anda belum melakukan pengaturan pada aplikasi whatsapp misalnya pada bagian nada, pop up, getar atau yang lainnya.

Simaklah langkah-langkah cara cek setelan notifikasi mengenai cara mengatasi notifikasi wa tidak muncul yang sudah ada di bawah ini, yaitu sebagai berikut:
  • Langkah yang pertama, silahkan anda buka aplikasi whatsapp.
  • Lalu anda bisa klik ikon "titik garis tiga" yang berada di bagian atas layar.
  • Setelah itu anda bisa memilih "setelan" lalu "notifikasi".
  • Nantinya pada bagain tersebut anda harus mengecek semua fitur yang ingin anda aktifkan.
  • Notifikasi apa yang anda inginkan misalnya seperti, Nada Notifikasi, Getar, Notifikasi pop up, Lampu, Grup dan yang lainnya.
  • Silahkan anda bisa mengaturnya sesuai dengan keninginan dan juga kebutuhan anda.
  • Selesai!!!


C. Cek Perizinan Notifikasi WhatsApp

Cara Mengatasi Notifikasi WA Tidak Muncul
Cek Perizinan Notifikasi WhatsApp
Pada bagian yang satu ini bisa bisa bilang sangat penting dan juga memiliki pengaruh yang besar terhadap aplikai tersebut.

Karena jika anda tidak mengizinkan andaroid untuk menampilkan notifikasi maka sampai kapanpun whatsapp tidak akan mendapatkan pemberitahuan pesan masuk.

Untuk melakukannya anda bisa masuk ke dalam setelan notifikasi android yang pastinya setiap smartphone memiliki metode yang berbeda.

Simaklah langkah-langkah di bawah ini mengenai cara mengatasi notifikasi wa tidak muncul dengan mengecek perizinan notifikasi whatsapp, yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama anda bisa langsung buka menu "pengaturan" yang ada pada handphone anda.
  • Setelah itu anda bisa pilih " aplikasi dan notifikasi" lalu anda bisa memilih "aplikasi dan temukan aplikasi whatsapp".
  • Selanjutnya anda bisa pilih "notifikasi" dan aktifkan pada bagian "izinkan notifikasi".
  • Selain perizinan notifikasi anda juga bisa cek perizinan notifikasi pesan anda pada fitur "notifikasi whatsapp" lalu pilih "notifikasi pesan".
  • Pastikanlah pada bagian "izinkan notifikasi, nada dering dan juga getar dalam keadaan yang aktif.
  • Selesai!!!
Setelah anda selesai melakukan perubahan yang di atas, anda bisa coba untuk restart pada handphone anda.

Jika sudah anda bisa coba meminta teman anda untuk mengirimkan pesan ke anda untuk di jadikan sebagai testing apakah notifiksi dan nada dering whatsapp sudah muncul atau tidak.


D. Update WhatsApp ke Versi Terbaru

Cara Mengatasi Notifikasi WA Tidak Muncul
Update WhatsApp ke Versi Terbaru
Selain mendapatkan fitur dan juga perubahsan antarmuka whatsapp anda bisa update juga memperbaiki error atau bugs pada aplikasi.

Untuk melakukannya anda juga bisa mengunjungi google play store kemudian temukan aplikasi whatsapp.

Silahkan anda simak langkah-langkah update whatsapp ke versi terbaru mengenai cara mengatasi notifikasi wa tidak muncul, yaitu sebagai berikut:
  • Silahkan anda klik link yang sudah kami sediakan untuk anda berikut ini untuk update whatsapp anda (Kunjungi Situs Google Play Store).
  • Kliklah opsi "Update" dan tunggulah sampai proses update sampai selesai.
  • Selesai!!!


E. Coba Hapus Data Aplikasi

Cara Mengatasi Notifikasi WA Tidak Muncul
Coba Hapus Data Aplikasi
Metode yang berikutnya anda bisa coba untuk menghentikan dan juga menghapus data aplikasi whatsapp, metode yang satu ini akan mengembalikan whatsapp pada kondisi default.

Menghapus data aplikasi akan membersihkan file yang bersifat sementara seperti basis data, file, cache, history, bookmark, chat dan yang lainnya.

Untuk itu anda bisa melakukan backup chat whatsapp terlebih dahulu sebelum menghapus semua data dari aplikasi whatsapp.

Simaklah langkah-langkah di bawah ini mengenai cara mengatasi notifikasi wa tidak muncul dengan menghapus data aplikasi, yaitu sebagai berikut:
  • Silahkan anda bisa buka menu "pengaturan > aplikasi dan notifikasi > aplikasi".
  • Temukan dan pilih juga aplikasi "whatsapp".
  • Terlihat info pada aplikasi whasapp, pilihlah "penyimpanan".
  • Kemudian anda bisa pilih "hapus data" untuk menghapus data pada whatsapp.
  • Klik "OK" untuk konfirmasi.
  • Selesai!!!
Setiap perangkat pastinya mempunyai metode yang berbeda, anda perlu menyesuaikan dengan perangkat yang anda gunakan.

Setelah menghapus data aplikasi anda bisa login kembali ke akun whatsapp dengan menggunakan nomor telepon yang anda gunakan.


Akhir Kata

Itu dia beberapa cara mengatasi notifikasi wa tidak muncul yang bisa kami berikan untuk anda pada pembahasan kali ini.

Dengan adanya beberapa cara di atas, kami sangat berharap semoga aplikasi whatsapp anda bisa normal kembali.

Tips di atas bisa anda lakukan pada semua perangkat android seperti samsung, oppo, realme, asus, xiomi, vivo dan yang lainnya.

Semoga ulasan yang sudah kami berikan untuk anda di atas bisa menambah wawasan anda mengenai aplikasi whatsapp.

Apabila anda rasa informasi yang sudah kami berikan di atas penting, jangan lupa untuk membagikannya ke teman ataupun kerabat anda yang belum mengetahuinya.

Mungkin hanya itu saja seluruh pembahasan yang sudah kami berikan untuk anda pada artikel kali ini, sekian dan semoga bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba yaa gess yaa!!!
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel